31 Tempat wisata di Sukabumi Terbaru

Tempat wisata di Sukabumi ada begitu banyak pilihan. Dimana, hampir keseluruhannya mempunyai keindahan yang sayang untuk kamu lewatkan sedikit pun. Mulai dari pantai-pantai yang mengesankan, Gunung yang menjulang tinggi, hingga taman yang bisa dinikmati oleh semua kalangan tidak hanya orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak pula.

Kota yang mendapat julukan sebagai kota sejuk ini terkesan tidak berlebihan. Karena, hampir semua kawasannya, kamu akan merasakan kesejukan yang benar-benar luar biasa. Di sukabumi pula, tersimpan sebuah geopark terbesar yang konon menjadi cikal bakal dari pulau jawa. Terdapat pula beberapa curug yang tidak kalah menawannya.

Berikut daftar tempat wisata di Sukabumi terbaru yang rekomended untuk dikunjungi:

1. Pantai Cimaja

tempat wisata di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/yoedibackpacker/

Alamat: Pantai Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Objek wisata di Sukabumi Jawa Barat ini menyajikan keindahan yang sulit untuk dilupakan. Tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Selain itu, bagi anda pecinta surfing, kawasan ini bagaikan surga, baik untuk pemula apalagi profesional.

Kontur pantainya pun menarik, ada bebatuan dan pasir berwaena abu-abu. Bagi anda yang ingin melihat pesonanya, waktu paling tepat mengunjunginya adalah bulan mei hingga oktober.

Alasan dipiliha bulan tersebut karena, ombak dipantai sejak asik-asiknya. Para surfer pun akan melakukan aksi memukaunya di atas papan seluncur mereka.

Tidak hanya dari dari wisatawan nusantara saja, melainkan wisatawan mancanegara yang psnasaran ibgin menaklukkan ombaknya. Bagi anda para pemula alangkah baiknya bergabung terlebih dahulu ke club surfing yang asa si tempat ini.

Tidak hanya para surfer saja, keindahan dan pesonanya bisa anda lihat dari jajaran batu karang yang memang tidak bisa dibohongi. Salah satu fasilitas yang menarik yang paling ditunggu-tunggu adalah toko souvenir.

Tidak jauh dari objek wisata anda bisa menikmati beberapa penginapan yang siap melayani segala kebutuhan anda.

2. Bukit Karangnumpang

wisata Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/andi_haz/

Alamat: Kampung Legok Nyenang, Cikujang, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Sukabumi memang terkenal dengan berbagai objek wisata nan elegan dengan pemandangan yang tampak mengesankan. Disini, anda akan disuguhkan dengan bebatuan karang yang berbentuk hiu, atap, masjid, goa  dan masih banyak lagi.

Nama objek wisata ini juga disebut dengan nama karang para. Atau juga disebut dengan jembatan hati karena, ada sebuah jembatan yang bentuknya menyerupai jantung hati.

Latar belakang dari bukit karangnumpang memang nengesankan. Perbukitan hijau, sawah dan gunung yang menjulan menyenangkan hati, seakan menjadi daya tarik yang sulit untuk diabaikan begitu saja.

Dari segi fasilitasnya pun cukup bagus. Dimana, anda akan menemukan beberapa warung mekanan yang sudah tersedia bsrnagai macam sarana dan prasarana seperto toilet, musholla dan beberapa warung makan yag tidak kalah dengan berbagai restoran.

Salah satu pesona yang tidak boleh anda lewatkan adalah spot sunset yang tampak megah menawan di depan matam warna berubah dari biru menjadi oranye. Lalu, tak lama kemudian kerlap-kerlip bintang perkotaan muncul menyambut malam yang dingin di kota ini.

3. Curug Cikaso

wisata di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/reinhaiwan/

Alamat: Desa Ciniti, kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Tempat wisata menarik di Sukabumi ini anda harus menyiapkan diri secara fisik. Karena, menuju ke titik lokasi kurang lebih 1 kilometer. Jarak yang cukup jauh bukan? Tetapi, bagi anda yang tidak ingin lelah berjalan, sudah disediakan perahu dan juga pemandu wisata yang siap mengantar anda.

Selain pemandangannya yang esoktis, curug cikaso juga mempunyai sebuah mitos. Dimana, banyak masyarakat sekitar yang berpendapat bila curug ini konon ada penunggunya yaitu nyi blorong.

Pesona curuh cikaso bisa anda nikmati dengan melihat pancurannya. Dimana, terdapat 1 curahan dan memiliki 3 tumpahan. Menarik sekali memang menikmati pemandangan yang ditambah dengan pophonan hijau yang rimbun dan menambah kesejukan di area lokasi.

Airnya juga cukup jernih, sehingga anda diwajibkan membawa baju ganti bila ingin berenang. Hanya saja, anda perlu perhatikan tingkat kedalamannya yabg berbeda-beda.

4. Gunung Sunda

objek wisata di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/dhinie.hikari/

Alamat: Kampung Jambelaer, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Mungkin, saat ini anda baru mendengar nama dari gunung sunda yang terletak di salah satu kawasan Geopark Ciletuh. Konon katanya, gunung ini pernah masif di zaman prasejarah yang menyebabkan terbentuknya kaldera sunda.

Bagi para pendaki, mungkin nama gunung sunda dirasa kurang tepat karena, tinghinya hanya 600 mdpl. Oleh karena itu, ada yang menyebutnya sebagai nama bukit sunda.

Daya tarik yang tidak boleh anda lewatkan adalah jajaran gunung yang benar-benae menakjubkan. Apalagi, pemandangan gunung gede pangrango yang tampak menjulang. Membuat bukit sunda adalah titik tertinggi yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya bisa dinikmati saat siang hari saja tetapi, pada malam hari pun anda bisa menikmati keindahan yang tiada tara dengan kerlap-kerlip lampu perkotaan yang tak menawan.

Jangan lupakan sunset dan sunrisenya yang juga indah dipandang mata. Cantik dan tidak ada yang bisa mengalahkannya. Bagi anda yang ingin naiknke atas puncaknya, tidak isah takut.

Menuju ke Gunung sunda hanya butuh berjalan 700 meter. Dengan jalanan dan track yang bakal buat anda ngos-ngosan di jalan. Menariknya lagi, jalanan ke puncaknya sudah di bangun dengan semen. Sehingga anda jalanan tidak akan licin.

Saat tiba diatas, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam fasilitas seperti gazebo, tempat duduk. Dan beberapa warung yang menjajakan makanan serta minuman.

5. Pantai Pangumbahan

obyek wisata di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/mrifkisuwandi/

Alamat: Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat

 

 

Tidak hanya sekedar puncak ketinggian saja. Di tempat ini kita juga bisa menikmati kawasan pantai yang menghadirkan segarnya ombak pantai selatan. Wisata di Sukabumi dan sekitarnya ini memiliki berbagai macam fasilitas mulai dari penginapan. Dengan harga yang terjangkau dan fasilitas memadai.

Selain ombak, kamu juga bisa menikmati pasir putih yang bagus. Ombaknya yang tinggi juga bisa anda nikmati untuk bermain surfing yang konon katanya bisa mencapai 3 meter.

Di pantai pangumbahan ini, anda juga bisa melihat bagaimanan penyu-penyu di penangkaran dan hingga waktunya tiba mereka akan dilepasksn ke alam kembali.

Jenis penyu yang ada disini cukup banyak salah satunya yang bisa anda nikmati adalah penyu hijau yang konon katanya cukup langka.

Garis pantai di objek wista ini mencapai 30 meter.. tidak luas memang tetapi, cukup untuk anda bersenang-senang. Untuk fasilitas warung, tempat ini juga sudah tersedia lengkap.

6. Pantai Penganten

tempat wiasta di Sukabumi jawa barat
foto: https://www.instagram.com/priagungsekarlangit/

Alamat: Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat

 

Wisata di  Sukabumi dan sekitarnya ini menghadirkan pesona sunset dan sunrise yang tidak kalah dengan lainnya. Perpaduan warna langit yang menggoda iman membuat anda tidak boleh lupa membawa kamera. Agar setiap momen dan setiap keindahannya bisa diabadikan ke dalam sebuah foto.

Selain itu, pesona foto yang tidak bisa anda lewatkan adalah rona siluet yang tampak mengesankan. Apalagi, background lautan biru yang tampak sekali elegan.

Bagi anda yang ingin menyatu dengan alam, anda bisa menikmati kawasan ini dengan mendirikan tenda. Tetapi, anda wajib membawa sensiri dari rumah lantaran disini belum tersedia dengan baik.

Daya tarik lainnya adalah wisata memancing. Banyaknwarga sekitar memanfaatkannya apalagi, ikan-ikan disini memang cukuo banyak dan juga ramah-ramah. Tetapi, jangan lupa membawa peralatannya sendiri dari rumah ya.

Nah, dari asal-usul penamaan penganten ternyata di sekitar pantai ini terdapat dua buah pulau yang mirip dengan pengantin. Oleh karena itu, nama aslinya pamunguan diganti menjadi penganten.

Datang juga ke –> 21 Tempat wisata di Cianjur Terbaru

7. Pantai Cicaladi

tempat wisata alam di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/resti.rahayu35/

Alamat: Sukatani, Surade Kabupaten Sukabumi, Jawa barat

Wisata di  Sukabumi dan sekitarnya ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi dari jawa barat. Dimana, para warga sering menyebutnya dengan nama pantai Ganok. Tetapi, wisatawan lebih mengenalnya dengan nama pantai cicaladi.

Disini, ada sebuah pulau kecil yang biasanya dimanfaatkan para warga untuk menangkap ikan. Jala akan disiapkan dan di gantung di ujung banbu. Bila air laut sedang ramah, jala ini akan diangkat setiap 2 jam sekali. Tetapi, bila sedang ganas akan diangkat setiap 4 jam sekali.

Para pencari ikan ini akan tiba disana pada pukul 4 sore dan menutup aktifitasnya pukul 7 pagi. Bagi anda yang ingin datang ke pantai cicaladi, disarankan untuk membawa perbekalan dari rumah. Karena, warung-warung masih belum ada yang buka.

Selanjutnya, anda harus membuang rasa malu dengan bertanya kepada orang. Rute menuju ke kawasan ini memang belum tersedianya papan petunjuk. Jalanan yang harus anda lalui pun cukup terjal dan memiliki kontur warna berwarna merah.

Setibanya dilokasi, anda akan menemukan sebuah padang rumput yang biasanya ada banyak hewan-hewan ternak. Cobalah mengelilingi padang rumputnya, anda akan dimanjakan dengan pesona-pesona yang sangat esoktis.

8. Pantai Cikembang

tempat wisata keluarga di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/rei__harris/

Alamat: Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat

 

Wisata di  Sukabumi dan sekitarnya ini mempunyai keindahan berupa pemandangan goa karang. Biasanya di titik ini, banyak wisatawan yang memanfaatkan pesonanya sebagai spot foto.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, pemandangan lainnya adalah matahari terbenam dan matahari terbit. Untuk bisa melihat pesonanya anda bisa naik ke atas bukit yang terletak di belakang pantai. Warga sekitar menamakannya sebagai puncak pasir randu.

Pemandangan di tempat ini memang benar-benar nyata. Bahkan, anda pun akan terbuai dengan tempat ini. Selanjutnya, anda bisa menikmati olahraga surfing karena, ombak di tempat ini pun cukup mengesankan.

Terakhir anda juga bisa menikmati malam bersama dengan bintang-bintang dilangit dengan mendirikan tenda. Terakhir, jangan lupakan  sajian kuliner yang kenikmatannya harus diakuim aneka makanan sea food yang fresh dengan berbagai macam olahan bisa anda nikmati. Ada berbagai macam pilihan ikan yang bisa anda nikmati mulai dari kakap, nila, kepiting, cumi dan masih banyak lagi.

9. Situ Gunung

tempat wiasta anak di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/expedition_nusantara/

Alamat: Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Setelah menikmati berbagai pesona pantai. Saatnya, anda menikmati pesona gunung yang juga menjadi andalan tempat liburan di Sukabumi. Situ gunung sendiri memiliki ketinggian 850 mdpl.

Suasana dan nuansanya memang sudah Tidak akan pernah bisa anda lupakan. Pepohonan yang menjulang tinggi dan kondisi air yang sangat jernih membuat rasa di hati menjadi semakin nyaman.

Anda juga bisa menikmati objek wisata ini dengan menggunakan perahu. Andalan dari situ gunung ini adalah jembatan panjang yang melintang. Dimana, di bawah jembatan ini anda bisa melihat jurang yang menganga.

Tetapi, pemandangan nan elok pun juga bisa anda nikmati dengan jajaran pepohonan yang menghadirkan panorama nan epik.

Panjang dari jembatan gantung ini sendiri mencapai 250 meter. Lebarnya 2 meter dengan tinggi yang mencapai 150 meter. Nah, untuk tingkat keamanannya jangan kuatir. Karena, sudah memenuhi standar internasional.

Rasakan adrenalin yang akan terpacu dimana, jembatan ini akan bergoyang-goyang dengan sendirinya.

10. Karang Aji Beach Villa

wisata baru di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/elnaagusti/

Alamat: Jl. Raya Cisolok, KM.24, Cikahuripan, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43366

 

Bingung mau menginap dimana? Kamu bisa memilih karang aji beach villa. Dari segi pelayanan tempat penginapan ini cukup nyaman dan membuat anda terbuai dalam mimpi untuk waktu yang lama.

Dari segi harga kamar pun tidak terlalu mahal. Anda harus mencoba menginap di tempat ini bila berkunjung ke Sukabumi.

11. Pantai Citepus

wisata Sukabumi dan sekiatarnya
foto: https://www.instagram.com/munaditr/

Alamat: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu No.16, Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, 43364

 

Sukabumi memang terkenal dengan banyak pantai. Dimana, salah satunya adalah pantai citepus. Disini anda bisa menikmati pesona senja dan fajar yang menjadi salah satu spot fotografer yang mengesankan.

Dari segi suasana dan nuansanya pun bisa dikatakan paling juara. Sehingga, anda yang sedang membutuhkan tempat untuk menyendiri, objek wisata ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat alternatif kunjungan.

Unggulan lain dari pantai citepus adalah kondisinya yang sangat bersih dengan hadirnya tempat sampah. Selain itu, anda bisa melihat pemandangan kapal-kapal yang sedang berlalu lalang di tengah laut menangkap ikan.

Fasilitas lain dari pantai citepus ini adalah tersedianya beberapa warung makan yang akan menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman yang pasti menggoda anda untuk menikmatinya. Jangan lupa pula untuk menikmati kesegaran air kelapa yang dipetik langsung dari buahnya.

Sebagai pesona terakhir, anda bisa menikmati penginapan yang tidak akan jauh dari pantai. Anda juga bisa membeli beberapa souvenir seperti gantungan kunci, kaos dan beberapa hiasan yang dibuat dari kerang dan khas sukabumi.

12. Kawah Ratu

Kawah Ratu
foto: https://www.instagram.com/frns.handika/

Alamat: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa Sukamaju, Kecamatan Kedudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Objek wisata ini berada dj ketinggian 2.221 mdpl. Menuju ke sana, asa beberapa jalur pendakian yang bisa anda nikmati. Menurut sejarahnya kawah ratu ini teebentuk dari letusan dahsyat gunung salak.

Keunikan dari kawah ratu terlihat sari warnya. Bila kejauhan anda bisa melihat warna biru tosca. Tetapi, setelah datang dan melihatnya dari dekat, anda bisa melihat warnanya kuning yang ternyata berasal dari endapan belerang.

Disarankan, bagi anda yang mengunjungi objek wisata ini dengan membawa masker khusus. Karena, sengatan belerangnya cukup kuat. Bisa-bisa anda jatuh pingsan.

Bagi yang pernah mendaki gunung salak, pasti mengetahui bila kawah ratu merupakan pos terakhir sebelum anda sampai di puncaknya. Kurang lebih ada 3 tempat yang bisa anda jadikan sebagai titik pendakian.

Pertama, bumi perkemahan gunung bunder. Dimana jarak yang akan anda tempuh kurang lebih 5 kilometer. Sebelum berkunjung titik lokasi, anda harus menyiapkan fisik anda benar2 lantaran jalur tracknya pun cukup terjal dan menguras tenaga.

Kunjungi juga –> 24 Tempat Wisata di Bogor Terbaru

13. Pantai Cipanarikan

tempat menarik di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/rozi.fahrur36/

Alamat: Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat

 

Tempat wisata alam di Sukabumi ini memang cukup unik dimana ada aliran air sungai yang menjadi muara dari sungai cipanarikan. Menariknya, sungai ini sangat jernih, bersih, dan sangat cocok bermain bersama dengan keluarga. Hanya saja, untuk mengunjungi sungai ini, anda harus berjalan kurang lebih 30 menit.

Tidak hanya sampai disitu saja, anda juga bisa menikmati sungai hutan bakau. Dimana, tempat ini merupakan pemcampuran antara air laut dengan air tawar. Hutan mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi ini menjadi salah satu spot foto terbaik yang dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Di pantai cipanarikan ini, anda akan disuguhkan dengan hamparan ombak-ombak yang mengesankan. Sehingga, bagi para pecinta surfing, berkunjung ke kawasan ini merupakan pilihan tepat.

Pantai cipanarikan ini mempunya tanah yang luas dan juga datar. Sehingga, cocok bagi anda yang ingin berkemah. Walau, anda harus membawanya sendiri dari rumah. Jangan lupakan kehadiran senja di sore hari yang membawa kedamaian. Pesona siluet yang dihadirkan pun membuat mata seakan enggan berkedip.

Fasilitas penunjang seperti musholla, toilet dan warung-warung sudah tersedia di tempat ini. Jadi anda tidak perlu risau dan khawatir. Bagi yang ingin mencari penginapan, tidak jauh dari objek wisata terdapat beberapa pilihan dengan harga mulai dari 200 ribuan.

14. Taman Rekreasi Selabintana

tempat rekreasi di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/ryp17/

Alamat: Jl. Karawang selabintana, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Tempat wisata baru di Sukabumi ini menjasi salah satu kawasan yang wajib anda kunjungi bila pergi ke sukabumi. Karena, anda akan dimanjakan dengan berbagai macam pesona yang sayang untuk terlewatkan.

Di taman ini anda bisa menikmati hotel yang letaknya di kawasan taman. Hotel inilah yang menjadi ikon dari taman selabintana. Dimana, berbagai macam fasilitas menarik hadir disini. Pastinya anda akan termanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang disuguhkan.

Menurut sejarah yang ada, taman ini sudah ada sejak zaman belanda. Oleh karena itu, jangan heran bila suasananya akan mirip seperti eropa klasik dengan bangunan khasnya.

Pemandangan lainnya adalah hamparan rerumputan yang berwarna hijau. Rerumputan ini bagaikan sebuah karpet panjang yang memghadirkan rasa nyaman luar biasa. Sarana outbond dan kolam renang menyajikan kualitas udara yang tidak akan pernha bisa terlupakan.

15. Curug Cimarinjung

tempat wisata di Sukabumi jawa barat
foto: https://www.instagram.com/rizkisetiawant/

Alamat: Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Wisata hits di  Sukabumi ini terletak di geopark ciletuh yang konon menjadi cikal-bakal terbentuknya pulau jawa. Dimana, curug ini memberikan kesan yang luar biasa. Berada di aliran sungai cimarinjung, dengan ketinggian 100 mdpl.

Tinggi daei curug ini sendiri kurang lebih 44 meter. Dimana, samping kanan dan kirinya adalah pepohonan yang menjulang tinggi. Sehingga, kesan alami dan asri sangat terasa disini.

Terkadang kicauan burung yang bernyanyi sempat terdengar sehingga, anda dibuat betah berlama-lama disini.

Penampakan elok lainnya adlaah dua bongkahan batu yang cukup besar mengapit aliran air sebelum turun ke bawah. Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini pastikan kendaraan anda dalam keadaan prima.

16. Pantai Amandaratu

wisata pantai di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/farra.diba/

Alamat: Jl. Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Tempat wisata keluarga di Sukabumi ini memang menarik. Tidak hanya dari segi nama saja yang ternyata diambil dari sebuah hotel yang ada di sekitaran pantai yang terletak di salah satu perbukitan.

Nama dari pantai ini sendiri sebenarnya adalah ujung genteng. Hanya nama ujung genteng kurang begitu menjual hingga akhirnya ditetapkan sebagai amandaratu.

Tidak hanya pesona pantainya yang esotis tetapi, disini anda akan disuguhkan dengan panorama menawan dari sebuah mitos yang berkembang pesat.

Dimana, di salah satu kawasan terdapat sebuah bangunan yang konon katannya tidak pernah di rawat sehingga menjadiz kawasan yang angker.

Objek wisata ini disebut juga sebagai tanah lot mini. Bila anda perhatikan secara seksama, anda akan melihat sebuah pulau kecil yang terletak di tengah laut. Sajian utama dari pantai amandaratu adalah keindahan dari sunsetnya yang tidak akan kalah dengan kawasan lainnya.

17. Santa Sea Waterpark

tempat wisata di kota Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/magdalenz14/

Alamat: Jl. Lio, Santa, Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Sukabumi, Jawa Barat.

Tempat wisata anak di Sukabumi ini mempunyai luas kurang lebih 2,5 hektar dan digadang-gadang sebagai tempat berenang terbesar di Sukabumi. Beberapa wahana siap meluncur siap meluncur dan memacu adrenalin anda.

Ada yang mempunyai tinggi 15 meter dengan 4 buah seluncuran yang berderet. Seluncuran ini, biasanya dijadikan sebagai perlombaan adu cepat. Selain itu, anda juga bisa merasakan bagaimana serunya terombang-ambing di ombak seperti di pantai.

Ada ban pelampung yang siap digunakan agar anda tidal tenggelam. Mau permainan seru, di kawasan imi sudah tersedia wahana bernama gebuk bantal. Permainan dengan pipa yang bisa dimainkan kurang lebih 15 – 20 orang. Sayangnya, permainan ini tidak disarankan untuk mereka yang berusia 8 tahun ke bawah.

Selanjutnya, anda juga bisa menikmati kolam air panas dengan suasana khas jepang. Kemudian, ada lagi amazon river yang akan membawa kalian berkeliling melintasi air terjun niagara, walau hanya replikanya. Hingga, neverland yang dikhususkan untuk anak-anak. Terakhir, anda alan disuguhkan dengan jungle forest yang menyajikan berbagai macam hewan-hewan lucu.

18. Danau Batu Bacan

wisata murah di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/arman_stya/

Alamat: Desa Bojong, kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi

Siapa sangka, sukabumi mempunyai keindahan yang tak bisa diungkapkan dengan kata. Sebuah pemandangan yang terhapar nyata di depan mata. Namanya adalah danau batu bacan.

Sekilas, objek wisata ini mirip dengan bukit jaddih yang ada di madura. Perbedaannya ada di warna airnya. Bila di danau ini anda akan mendapati warna hijau yang mengesankan.

Warna ini tampak akibat pantulan sinar matahari yang berwarna hijau. Keunikan lain dari objek wisata ini adalah adanya air resapan yang keluar melalui bebatuan dan sekelilingnya.

Menurut kabar yang terdengar, danau ini terbentuk dari air hujan yang tertampung selama bertahun-tahun. Danau ini sebelumnya merupakan sebuah tambang zeolit.

Lihat juga –> 17 Tempat Wisata di Depok Terbaru

19. Situ Sukarame

objek wisata alam di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/wilie.dt/

Alamat: Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

 

Objek wisata ini terletak di kaki gunung salak memiliki pemandangan yang begitu elegan dan suasana yang begitu indah serta menyegarkan. Disini anda akan disajikan dengan sebuah danau yang menjadi tempat bertemunya 7 aliran sungai sekaligus.

Objek wisata ini susah ada sejak zaman penjajahan belanda yang ditemukan oleh tuan hola. Bila anda memperhatikan lebih dalam lagi, pasti anda akan merasa takjub karena, di tempat ini airnya sangat jernih dan bersih.

Ditambah lagi, situ sukarame juga mempunyai 2 hutan yaitu hutan damar dan hutan pinus. Selain itu kesegaran perkebunan teh juga bisa anda nikmati. Laku kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disini? Salah satunya adalah naik rakit yang bisa muat kurang lebih 30 orang. Jangan lupa pula membawa kamera jahat anda, karena banyak spot foto instagramable yang siap memanjakan mata anda.

20. Puncak Darma

Puncak Darma
foto: https://www.instagram.com/waragan_rahman/

Alamat: Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Wisata di Sukabumi ini masih ada di dalam kawasan geopark ciletuh dimana, pesona alam sukabumi bisa anda nikmati dari kawasan ini. Gardu menara pandangnya pun sangat mengesankan dan biasa dijadikan sebagai tempat selfie.

Hijaunya sawah-sawah saat panen menjadi sajian utama. Objek wisata ini terletak diatas ketinggian 230 mdpl. Jalan menuju ke kawasan ini pun memang cukup terjal sehingga, anda memerlukan kendaraan yang benar-benar prima. Kebun buah naga, ilalang dan bukit teletubies menyajikan panorama yang tidak biasa.

Disarankan bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini jangan di musim penghujan. Lantaran, jalanannya cukup licin sehingga, anda harus berhati-hati. Bila kamu beruntung, anda bisa melihat burung elang yanag bertebangan di langit geopark ciletuh.

Jangan lupa untuk menikmati pesona senja dan fajar yang tidak membuat anda lupa bila anda sedang berada di puncak darma. Terkadang, anda juga bisa melihat beberapa kapal yang mondar-mandir mencari ikan.

21. Geopark Cileteuh

Geopark Cileteuh
foto: https://www.instagram.com/apriscillala/

Alamat: Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barar

Tempat foto di  Sukabumi ini menjadi yang terbaik diantara beberapa tempat wisata di Sukabumi. Diman, ada beberapa tempat yang menghadirkan keindahan mulai dari air terjun, bukit, hingga pantai.

Disini pula anda bisa menikmati amfiteater alam terbesar yang dikeliling oleh pantai. Tetapi, satu hal yang harus anda ketahui sebelum menjelajah geopark ciletuh adalah persiapkan fisik anda karena, tidak ada jalan yang mudah mengunjungi berbagai kawasan wisatanya.

22. Bravo Advanture

Bravo Advanture
foto: https://www.instagram.com/indriyanisofyan/

Alamat: Sungai Citarik, Bantarselang, kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Obyek wisata di  Sukabumi terbaru ini menyajikan cara berkemah yang berbeda. Dimana, anda tidak perlu repot membawa tenda dari rumah. Karena, semua fasilitas campling kelas atas sudah disediakan di tempat ini. Dilihat dari bentuk tendanya cukup unik, ada yang berbentuk bawang putih dan lengkap dengan fasilitas yang membuat anda semakin nyaman.

Tidak hanya kenyamanannya saja, melainkan anda juga bisa menikmati berbagai macam panorama alam. Mulai dari matahari terbit dan matahari turun. Semua keindahan ini mampu mengalihkan dunia anda walau hanya sedetik pun.

Selain glamping di Bravo advanture, anda juga bisa menikmati berbagai pengalaman seru seperti rafting tour, paint ball, memanah dan melakukan tour dengan menggunakan jeep.

23. Curug Puncak Manik

tempat wisata alam di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/sukabumiexplore/

Alamat: Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Ketinggian air terjun ini mencapai 100 meter. Ketinggian ini membuat pesona Curug begitu esoktis dan menawan. Pepohonan yang menjulang tinggi, bebatuan yang bertebaran dimana-mana menjadi suguhan yang tidak boleh anda lewatkan.

Menuju ke objek wisata ini anda harus berjalan kurang lebih 700 meter dari parkiran hingga ke titik lokasi. Cukup jauh memang tetapi, pemandangan yang akan anda nikmati membuat rasa lelah dan keringat yang keluar akan terbayarkan lunas.

Disarankan bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan ini untuk membawa pakaian ganti. Karena, jalur yang akan dihadapi berupa sungai yang cukup deras apalagi, saat musim penghujan tiba.

24. Curug Cigangsa

wisata curug di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/atiefgilbert/

 

Bila dirunut dari sejarahnya, nama dari curuh cigangsa ini berasal dari nama eyang bernama gangsa. Selain itu, pada masa penjajahan belanda, curug ini juga digunakan sebagai tempat persembunyian tentara belanda.

Air terjun ini pun mempunyai tiga tingkatan yang teebentuk karena sebuah gempa. Selain itu, gempa ini pula mengakibatkan longsor sehingga volume air tanahnya cukup banyak.

Panorama lainnya yang bisa anda nikmati adalah bebatuan tebing yang dijadikan sebagai landasan air berwarna hitam dan cukup lebar. Udara di tempat ini sangat sejuk rugi rasanya bila berada disini hanya singkat saja.

Baca juga –> 29 Tempat Wisata di Garut Terbaru

25. Curug Bibijilan

objek wisata terbaru di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/panda_dede/

 

Nama curug ini berasal dari bijil yang artinya muncul. Sehingga, bibijilan mempunyai arti bermunculan dengan ketinggiannya kurang lebih 100 meter. Air yang mengalir di tempat ini pun mengalir dari bebatuan kapur.

Di sekitar curug anda juga bisa melihat hutan pinus yang menyajikan suhu dan suasana damai. Sehingga, anda akan betah tinggal belama-lama disini. Curugnya sendiri terlihat bersih dan jernih.

Ada pula kolam-kolam kecil yang memiliki undakan-undakan. Bagi warga sekitar, curug ini sering dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mereka soal air. Sehingga, tidak heran bila anda akan melihat pipa yang cukup panjang. Fasilitas lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah flying fox dan panjat tebing.

Biasanya, panjat tebing ini dilakukan oleh beberapa pecinta alam yang ingin memacu adrenalin. Menariknya, peralatan keamanan yang diberikan sudah berstandar internasional. Sehingga, anda tidak perlu ragu untuk mencoba.

26. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar
foto: https://www.instagram.com/deey2/

 

Tidak hanya banyuwangi saja yang mempunyai kampung adat nan menakjubkan. Tetapi, sukabumi pun juga mempunyainya seperti kampung adat ciptagelar. Dimana, para warganya masih menjunjung tinggi yang namanya adat para leluhur yang sudah ada sejak 650 tahun yang lalu.

Di kampung ini anda bertemu dengan pemimpinnya yang bernama abah. Beliau pun akan dibantu oleh beberapa orang yang mempunyai tugas menjaga administrasi kampung, menjaga pertanian, dan wilayah kampung saat malam hari.

Pola pertaniannya pun cukup unik. Dimana, setiap tahunnya menghasilkan kurang lebih 8000 lumbung. Dari sistem pendidikannya pula cukup bagus dimana sudah ada sekolah dasar dan menengah pertama yang akan mengajarkan anda akan kearifan lokal.

Terakhir, anda akan disuguhkan dengan upacara adat yang kurang lebih ada 30 upacara yang selalu dilakukan tanpa ada jeda sedikit pun. Diantara semua tradisi tersebut, ada yang cukup terkenal yaitu seren taun, dimana tradisi untuk memasukkan padi ke lumbung.

27. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh
foto: https://www.instagram.com/selviabudiani/

 

Sukabumi memang terkenal dengan pesona air terjunnya yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Seperti curug cikanteh yang mempunyai kurang lebih 3 tingkatan air terjun.

Bila anda hanya ingin menikmati curug sodong, jaraknya hanya 10 menit saja dari parkiran. Alitan dari curug cikanteh cukup deras. Dimana, setelahnya akan terbelah menjadi dua sehingga, mengunjungi objek wisata ini adalah sebuah keharusan.

Ketinggian airnya sendiri mencapai 60 meter. Satu hal yang harus anda ketahui adalah, tempat ini mempunyai suasana yang sangat bersih. Sehingga, anda disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Fasilitas tambahan yang menjadi alasan mengapa anda wajib datang ke sini adalah hadirnya musholla, toilet, dan beberapa warung kecil. Semuanya dalam kondisi terawat dan bersih sehingga, terasa nyaman saat digunakan.

28. Curug Awang

Curug Awang
foto: https://www.instagram.com/ramdanibudi612/

 

Bisa dikatakan curug awang adalah keindahan di geopark ciletuh. Dari bentuknya, anda pasti akan teringat tentang air terjun niagara. Jika, anda ingin melihat bagaimana keindahan kawasan ini, maka datanglah pada saat musim penghujan. Dimana, seluruh tebingnya akan tertup oleh air.

Tidak hanya di musim penghujan saja, anda juga bisa menikmati curug saat musim kemarau. Dimana, anda bisa melihat dua air terjun yang turun dari pojok kanan dan pojok kiri. Fasilitasnya pun cukup lengkap yang membuat anda semakin betah berlama-lama disini.

29. Gua Buniayu

Gua Buniayu
foto: https://www.instagram.com/jovellinaverbideiminister/

 

Panorama alam sukabumi memang mengesankan. Salah satunya adalah Goa buniayu atau nama lainnya adalah goa siluman. Nama goa ini sendiri memiliki makna dan arti berbeda. Buni artinya tersembunyi dan ayu artinya cantik.

Sehingga, bila digabungkan maka goa ini sangat cantik. Caving goa ini memang bisa dikatakan juara. Tidak hanya mampu memanjakan mata tetapi, anda juga mampu memacu adrenalin.

Panjangnya sendiri mencapai 3,3 kilometer. Dengan berbagai lorong yang saling berhubungan. Ada gua bibijilan 717 meter, tanpa nama 400, adni 635 ada pula nyangkut 390. Jangan kaget bila di goa ini banyak berbagai macam hewan seperti kelelawar, jangkrik, dan burung wallet yang memukau.

30. Pantai Batu Naga

pantai terindah di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/fikri_toro/

 

Batu naga diambil dari sebuah batu yang usianya sudah jutaan tahun yang lalu. Bagi anda yang ingin pergi ke tempat ini anda bisa menggunakan perahu yang terdapat di pantai palangpang dengan maksimal 10 hingga 15 orang.

Keunikan dari kawasan ini adalah bebatuan yang terhampar luas dengan usianya yang sudah ratusan juta tahun yang lalu. Selain usianya, anda juga bisa melihat warna dan berbagai macam motif batu yang cukup mengesankan.

Ada sisik naga yang berwarna cokelat yang membuat anda terperanga melihatnya. Selain itu, bagi anda yang suka memancing. Kawasan ini adalah tempat yang tepat untuk memancing. Walau anda harus membawa perlatan sendiri dari rumah.

Aktifitas lain yang tak boleh anda lewarkan pula adalah diving seru, menikmati berbagai macam terumbu karang dan ikan-ikam yang menawan. Untuk diving ini anda, sudah akan dipandu oleh beberapa orang yang sudah berpengalaman.

31. Curug Sawer

tempat wisata di Sukabumi
foto: https://www.instagram.com/fai_yoes/

 

Pesona terakhir yang tidak boleh anda lewatkan adalah curug sawer. Dimana, pemandangannya memang paling juara diantara beberapa air terjun yang ada di tempat ini.

Tinggi dari curug ini sendiei kurang lebih 35 meter. Kawasannya pun sudah sangat rapi dan tertata rapi. Ada sebuah jembatan yang melintas diatas sungai. Ada pula bebatuan besar yang terletak di sskitaran curug yang membuat objek wisata ini pun tampak memukau.

Setelah melintas jembatan, anda akan melintasi tangga dengan jarak kurang lebih 1 kilometee atau membutuhkan waktu 30 menit.

Wisata Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Kabupaten Sukabumi

Sudah menikmati berbagai macam kawasan wisata di sukabumi bukan? Saatnya untuk menikmati berbagai macam makanan yang nikmat dan juga lezat. Di bawah ini ada beberapa makanan khas dan juga oleh-oleh khas sukabumi yang sayang untuk dilewatkan. Harganya pun juga bersahabat.

Sate Aci

Sate Aci
foto: https://www.instagram.com/buluhijau/

Dari segi namanya saja, pasti kita sudah tahu bagaimana sate ini dibuat dengan menggunakan aci bukan ayam atau kambing. Salah satu penentu dari penentu terciptanya rasa adalah bumbu kacannya.

Roti Priangan

Roti Priangan
foto: https://www.instagram.com/rindusakinah/

Salah satu makanan khas sukabumi yang wajin anda beli adalah Roti Priangan. Bahkan, sampai saat ini ada beberapa pabrik yang bisa bertahan memproduksinya sampai saat ini.

Menariknya, roti priangan ini tidak menggunakan bahan pengwaet. Saat ini roti isi ini mempunyai berbagai macam varisan rasa dengan harga bersahabat.

Bubur Bunut

Bubur Bunut
foto: https://www.instagram.com/oetje/

Tidak hanya roti priangan saja, tetapi anda juga bisa menikmati sajian nikmat dari bubu ayam bunut. Dimana, sajian ini sudah ada sejak lama. Salah satu ciri khas yang tidak bisa terlewatkan adalah toping yang digunakan bisa dikatakan cukup lengkap.

Ada suwiran ayam, kerupuk, cakwe, bawang goreng. Untuk makanan pendampingnya pun cukup lengkap mulai dari resoles, kroket dan masih banyak lagi.

Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore
foto: https://www.instagram.com/auntielie/

Malam di sukabumi memang selalu menghadirkan udara dingin yang menyegarkan. Oleh karena itu, anda harus menikmati sekoteng singapore yang menjadi penghangat tubuh anda. Rasanya sangat nikmat rasanya, belum ke sukabumi bila belum menikmatinya. Bagi anda yang ingin meminumnya, anda cukup mencarinya di jalan ahmad yani.

Kue Jahe

Kue Jahe
foto: https://www.instagram.com/nicemoment_stuff/

Rekomendasi terakhir adalah kue jahe yang sudah hadir sejak zaman penjajahan belanda. Biasanya, kue ini dijadikan sebagai buah tangan karena, dari rasa jahenya yang begitu khas membuat banyak orang yang menyukainyainya.

Selain itu, saat dimakan anda akan merasakan kehangatan. Biasanya, disajikan bersama dengan secangkir teh atau kopi.

Review Sebelumnya –> 28 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru

Tempat Wisata di Sukabumi memang banyak dan menawan. Untuk harga tiket diatas merupakan harga saat ini. Kami tidak bertanggung jawab bila harga akan berubah ketika anda mengunjungi tempat ini esok. Jangan lupa menikmati sajian unik kota ini. Ingat, sukabumi selalu menunggu kedatangan anda. Jadi, jadikan kawasan ini sebagai salah satu daftar kunjungan saat liburan.