Waduk Mrica Banjarnegara

Waduk Mrica merupakan sebuah bendungan buatan yang membendung sungai serayu yang melintasi wilayah Kabupaten Banjarnegara. Menariknya, bendungan buatan yang ada di Waduk Mrica Banjarnegara menjadi yang terpanjang se Asia Tenggara lho dengan panjang 6,5 km

Bangunan Waduk Mrican yang memiliki luas mencapai 1.250 Ha sejatinya memiliki fungsi utama sebagai sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air. Dimana listrik yang dihasilkan dari Waduk Banjarnegara ini mencapai 184,5 MW dengan melayani area Jawa serta Bali.

Selain berfungsi sebagai PLTA, Waduk Mrica Banjarnegara di Jawa Tengah ini juga digunakan sebagai destinasi wisata. Mengingat daya tarik yang ditawarkan begitu luar biasa sehingga destinasi waduk ini dimanfaatkan juga sebagai salah satu tempat wisata Banjarnegara.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk waduk mrica
Foto : https://www.instagram.com/khaidarmaarif/

Hamparan luasnya air waduk tentu menjadi hidangan utama yang akan menghipnotis banyak pasang mata ketika memandangannya. Suasana waduk yang disuguhkan hampir sama seperti pantai karena luasnya bendungan tersebut tampak seperti lautan.

Suara gemercik air seolah-olah menjadi backsound utama ketika para wisatawan mengisi hari libur dengan explore wisata Waduk Mrica. Bagi para pengunjung tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa rekreasi di Waduk terpanjang Asia Tenggara ini.

Harga tiket masuk Waduk Mrica sangat terjangkau, yakni hanya sebesar Rp3.000 saja per orangnya, sangat murah sekali bukan? Disamping itu anda juga perlu membawa uang lebih, karena disini tersedia ragam wahana permainan tentunya dengan tarif yang sangat bersahabat.

Anda bisa kapanpun dengan sesuka hati berkunjung ke Waduk Mrica karena tidak ada jam operasional wisatanya. Namun tentunya sangat tidak disarankan datang ketika hari sudah gelap atau terlalu larut malam.

Pagi dan sore adalah waktu yang paling digemari pengunjung untuk berlibur dan rekreasi di Wisata Waduk Mrica.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi waduk mrican
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115304334279121202977

Lokasi Waduk Mrica berada di sebelah barat kota Banjarnegara, lebih tepatnya berada di dua kecamatan yakni Bawang dan Wanadadi. Jarak dari Alun-Alun Kota Banjarnegara untuk menuju ke waduk ini sejauh 10,9 km dengan waktu tempuh berkendara sekitar 20 menit.

Alamat Waduk Mrica sendiri berada di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Akses jalan menuju sini sudah cukup baik dan mudah dilalui oleh semua jenis kendaraan yang melintas.

Jika anda tak tahu jalan, sebaiknya gunakan saja maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan. Dengan rute akuratnya akan membuat laju kendaraan bebas hambatan dan berjalan lancar.

Datang juga ke –> Bukit Asmara Situk

Fasilitas

fasilitas waduk mrica
Foto : https://www.instagram.com/tricivic/

Telah di dukung oleh berbagai sarana prasarana yang memadai sebagai penunjang ragam kegiatan dan aktivitas di waduk ini. Dan berikut fasilitas Waduk Mrica di Banjarnegara antara lain adalah :

  • Tempat parkir memadai
  • Kamar mandi / toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Sarana wisata air
  • Perahu motor
  • Dayung
  • Area pemancingan
  • Play ground
  • Rumah makan
  • Panggung terbuka
  • Warung aneka jajanan
  • Padang golf 8 hole
  • Spot arung jeram
  • Gazebo / tempat istirahat
  • Spot foto menarik

Bagi anda penggemar olahraga ekstrim, cobalah untuk bermain arung jeram yang menantang adrenalin. Dengan panjang rute lintasan arung jeram mencapai 12 km yang dimulai dari Desa Tunggoro hingga desa Singomerto.

Kunjungi juga –> Telaga Dringo

Spot Wisata

spot wisata waduk mrica
Foto : https://www.instagram.com/mizanstory.id/

Dapatkan pengalaman liburan yang tak akan pernah terlupakan dengan menjalajahi keindahan alam dan bermain di Waduk Mrica. Panorama alamnya yang mempesona terbukti ampuh mampu mengusir rasa penat dan lelah yang tengah melanda.

Tak ketinggalan, sarana wisata air yang tersedia juga tak boleh anda lewatkan pada saat bersenang-senang. Ditemani angin sepoi-sepoi yang akan memberikan rasa nyaman dan membuat anda betah berlama-lama disini.

Momen liburan akan kurang lengkap jika anda tidak mengabadikannya ke dalam sebuah foto ataupun video. Hasilkan foto menarik dengan menjadikan spot terbaik di Waduk Mrica sebagai latar belakangnya.

Hamparan luas Waduk Mrica yang menakjubkan semakin membuat cantik hasil fotografi anda saat berwisata bahagia disini. Maka dari itu, jangan lupa bawalah kamera atau smartphone kesayangan anda saat eksplorasi Waduk Mrica Banjarnegara.

Review sebelumnya –> Telaga Merdada

Tips Berkunjung

tips berkunjung waduk mrica
Foto : https://www.instagram.com/indrobrekele/

Berikut tips berkunjung ke Waduk Mrica sebagai tambahan referensi anda sebelum berkunjung.

  • Persiapkan dengan baik semua kebutuhan yang anda perlukan selama jalan-jalan dan liburan.
  • Hari yang cerah dan tidak turun hujan menjadi saat terbaik liburan dan rekreasi disini.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu yang sangat kami sarankan untuk datang ke Waduk Mrica.
  • Jika anda datang pada saat siang hari sebaiknya kenakan penutup kepala agar terlindungi dari terik matahari.
  • Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan demi berlangsungnya liburan impian yang berkesan.

Demikian tadi informasi singkat yang mengulas tentang Waduk Mrica di Banjarnegara Jawa Tengah yang memikat. Wisata alam Waduk Mrica yang rekomended sebagai tujuan alternatif mengisi waktu senggang di akhir pekan dan musim liburan.