Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru, adalah wisata air terjun yang baru dibuka sekitar empat tahun yang lalu, yaitu pada tahun 2015. Wisata ini belum terlalu sesak oleh pengunjung namun menawarkan keindahan alam yang benar-benar asri dan mempesona.

Wisata alam ini termasuk ke dalam deretan air terjun yang terbentuk di tepian tebing dan lembah curam sungai Basukbang – Glidik. Contoh air terjun lainnya adalah air terjun tumpak sewu. Letaknya masih termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Lumajang, namun berbatasan langsung dengan kabupaten Malang.

Wisata air terjun kapas biru Lumajang disebut sebagai surga yang tersembunyi di antara kesunyian. Karena letaknya yang tersembunyi di antara tebing curam. Airnya yang deras tampak gagah dengan dasar tebing berwarna kemerahan dan lumut-lumut hijau yang berada di sekitar air terjun.

Nama kapas biru diambil dari derasnya debit air yang jatuh sehingga memunculkan buih-buih berwarna putih seputih kapas dengan dasar air terjun yang berwarna kebiruan. Ketinggian air terjunnya kira-kira mencapai 100 m dengan 2 tingkat, 90 m untuk tingkat pertama dan 10 m untuk tingkat kedua.

Meskipun terbilang baru dibuka dan jarang didatangi wisatawan, kawasan ini sudah memiliki fasilitas jalan yang mudah dan mapan. Terbukti dengan jalan menuju air terjun yang sudah bagus dengan anak tangga yang tersusun rapi lengkap dengan pegangan tangan yang kokoh. Selain itu, di sepanjang jalan sudah terpasang petunjuk arah yang mudah dipahami, sehingga mengurangi resiko tersesat.

Jadi, anda tidak perlu khawatir akan medan yang ekstrim, jika ingin menghabiskan liburan dengan berpetualang di kawasan air terjun kapas biru jawa timur ini. Selain itu, terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi, musholla, warung makan dan lainnya, yang akan semakin mempermudah liburan anda.

Namun kawasan wisata ini tetap belum disarankan untuk anak – anak, meskipun jalanan sudah nyaman dengan dan rapi, medannya yang cukup curam akan tetap sulit dilewati.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru
foto: https://www.instagram.com/choyfaizah/

Pada tahun – tahun awal dibukanya wisata ini, para pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, mereka hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Namun berdasarkan informasi terbaru, kini ada tiket masuk sebesar Rp. 7000/orang, masih terbilang terjangkau.

Kunjungi juga: Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Luamjang

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Air Terjun Kapas Biru
foto: https://www.instagram.com/jess_travel18/

Air terjun kapas biru terletak di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang Jawa Timur. Lokasinya dapat dilewati melalui dua jalur, yaitu jalur dari Kabupaten Lumajang dan jalur dari Kabupaten Malang,

Jika anda mengambil jalur dari arah pusat Kota Lumajang,anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 51 KM dengan kendaraan pribadi. Rute perjalanan tersebut adalah melalui jalan nasional Lumajang – Malang, yakni melewati Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – lapangan Pronojiwo, kemudian 30 meter setelahnya anda akan menemukan pintu masuk wisata.

Rute kedua yaitu dari arah kota malang, yang berjarak sekitar 70 KM dengan kendaraan pribadi. Rutenya dapat melewati Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading kemudian menyeberang ke Lumajang menuju Pronojiwo, setelahnya sama seperti jalur melalui Lumajang.

Setelah mencapai tempat parkir, anda masih harus berjalan menuju air terjun dan menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 10 KM. Perjalanan inilah yang memerlukan stamina yang prima dan ketelitian yang bagus, karena jalur yang dilewati cukup curam.

Menurut catatan seorang wisatawan, tracking menuju air terjun harus melewati anak tangga yang  menurun kebawah. Setelah jauh dilewati, jalan akan semakin curam dengan jurang yang cukup dalam di sebelah kanan, oleh karena itu ketelitian sangat diperlukan.sedangkan waktu yang diperlukan untuk sampai ke air terjun sekitar 45 menit.

Datang juga ke Wisata Pantai Tlepuk Lumajang yang Mengagumkan

Spot Wisata di Air Terjun Kapas Biru

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan selama berada di kawasan wisata ini, yang mana semuanya berhubungan dengan alam.

Berdasarkan informasi yang berhasil kami kumpulkan, anda dapat melakukan tiga kegiatan menarik berikut ini :

1. Menikmati Keindahan

Menikmati Keindahan Air Terjun Kapas Biru
foto: https://www.instagram.com/dididyudid/

Air terjun kapas biru merupakan curug tunggal dengan tebing berwarna kecoklatan yang terlihat kontras dengan warna air yang putih dan kehijauan dari lumut-lumut. Suara derasnya aliran air terjun, hijaunya pemandangan sekitar serta hawa yang sejuk akan membuat pikiran anda rileks.

Setelah sampai di dasar air terjun anda akan merasakan keagungan Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menciptakan air terjun yang menjulang tinggi dan tampak gagah. Suasananya yang belum ramai dikunjungi dapat anda manfaatkan untuk menenangkan pikiran sembari belajar lebih dalam mengenal alam.

Jika beruntung, anda juga akan mendapati pelangi yang membentang indah melewati derasnya aliran air terjun. Hal tersebut memang jarang bisa ditemui namun bukanlah hal yang mustahil. Anda hanya perlu mencocokan waktu kunjungan dengan cuaca di kawasan wisata ini.

Lihat juga: Pantai Watu Pecak Lumajang

2. Spot Untuk Berfoto

spot untuk berfoto di Air Terjun Kapas Biru
foto: https://www.instagram.com/shofi.ullah/

Bagi pengunjung yang mempunyai hobi fotografi, tempat ini akan memberikan spot-spot foto yang indah dengan air terjun sebagai backgroundnya. Ada banyak keunggulan foto yang dapat diambil di dasar air terjun ini. Salah satunya komposisi foto yang terlihat segar dan menyejukkan hati.

Spot foto paling diminati pengunjung selama ini adalah dengan berdiri di sebuah batu yang terletak tepat di tengah air terjun. Dalam foto-foto yang beredar di media sosial terdapat banyak pose yang bisa dilakukan. Seperti pose membelakangi kamera, pose dengan gaya sedang yoga, atau pose berdua dengan pasangan.

Anda juga dapat bersiap dengan membawa barang – barang pelengkap ketika berfoto, seperti topi, bunga, kain tenun atau busana yang indah. Tapi pastikan barang tersebut tidak memerlukan wadah atau tas yang besar untuk dibawa. Karena itu akan menyulitkan anda ketika melewati anak tangga curam tadi.

Setelah anda selesai berfoto dan mendapatkan foto-foto yang bagus, jangan lupa publikasikan di media sosial dengan caption yang menarik. Hal tersebut dapat membantu mempromosikan tempat-tempat indah di Indonesia. Dan memberitahu dunia luas bahwa Indonesia memiliki banyak tempat-tempat wisata yang indah.

3. Pendakian dengan Jalur Nirwana

Pendakian dengan Jalur Nirwana
foto: https://www.instagram.com/indrabagas05/

Kegiatan ini akan menarik bagi anda yang suka berpetualang dan merasa tertantang dengan medal yang curam. Perjalanan menuruni tebing menuju dasar air terjun ini memberikan keseruan tersendiri yang akan sulit anda lupakan nantinya.

Jalan setapak yang curam menjadi satu-satunya pilihan yang dapat anda lewati menuju dasar air terjun. Dengan curah hujan yang cukup besar membuat sekeliling selalu basah dan menjadikan jalanan licin. Anda sebaiknya menggunakan sandal gunung atau semacamnya agar tidak gampang tergelincir.

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hutan yang masih sangat alami. Dengan bermacam pepohonan yang hijau, seakan sedang melewati jalan menuju nirwana.

Lihat juga: Pemandian Alam Selokambang Luamjang

Jadi apakah informasi di atas menarik dan membuat anda tertarik untuk mengunjungi air terjun kapas biru ini ? jika iya, semoga dapat membantu anda mempersiapkan liburan anda menjadi lebih menarik. Tetap jaga kebersihan dan jangan sembarang corat-coret di fasilitas publik yang disediakan, agar tempat wisata kita tetap terawat dan indah.

Review Air Terjun Kapas Biru

100%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.