Review Cagar Alam Danalaya Wonogiri

Destinasi wisata Cagar Alam Danalaya / Donoloyo merupakan destinasi wisata alam dengan konsep hutan pohon jati alami.

Di tempat tersebut menyimpan berbagai macam keunikan dan sekaligus merupakan misteri dari Donoloyo itu sendiri.

Harga Tiket  Cagar Alam Danalaya

Harga Tiket  Cagar Alam Danalaya
foto: https://www.instagram.com/asep_seepp/

Destinasi wisata Cagar Alam Danalaya ini tidak menyediakan kontribusi dalam bentuk apapun. Dalam kata lain harga tiket Cagar Alam Danalaya adalah gratis.

Selain harga tiket masuk Cagar Alam Danalaya yang gratis, di destinasi wisata tersebut juga tidak terdapat biaya yang parkir. Jadi bagi pengunjung yang hendak datang tinggal masuk dan menemukan spot terbaik.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Dan Rute Lokasi Cagar Alam Danalaya
foto: https://www.instagram.com/bolotfak/

Alamat dan rute lokasi Cagar Alam Donoloyo / Danalaya terletak di Ds Watusomo Slogohimo, Wonogiri. Lokasi tersebut bukan tergolong dalam lokasi yang terpencil. Hanya saja karena pada dasarnya tempat tersebut berupa hutan, akses jalan hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Sementara untuk transportasi umum sangat jarang dijumpai di sekitar destinasi wisata hutan Danalaya. Beberapa kendaraan yang melintas di sekitar lokasi Cagar Alam Danalaya hutan pun juga tidak terlalu banyak.

Spot Wisata

Spot wisata di hutan tersebut cukup variatif. Tetapi hanya ada beberapa spot yang merupakan spot favorit di destinasi wisata tersebut, yaitu :

1. Koleksi pohon jati

Koleksi pohon jati cagar alam danalaya
foto: https://www.instagram.com/alifabdulloh7/

Spot alam yang paling utama di destinasi wisata alam Danalaya adalah jajaran pohon jati yang istimewa. Ada beberapa faktor uang membuat jajaran pohon jati terlihat sangat istimewa.

Faktor utama adalah usai pohon yang telah mencapai lebih dari 1 abad. Bahkan ada pula pohon yang berusia hampir 2 abad.

Faktor lain yang membuat pohon jati di cagar alam Danalaya istimewa adalah terdapat berbagai macam spesies pohon jati. Spesies pohon yang paling unik adalah pohon jati Denok. Pohon jati tersebut mempunyai bentuk seperti pohon beringin dengan lilitan pohon yang tumbuh mengelilinginya.

Lalu ada juga spesies pohon jati Cempurung, yang merupakan jenis jati yang tumbuh secara tinggi dan besar. Kemudian ada pula pohon jati petruk yang mempunyai karakter tinggi, namun tidak sebesar jati Cempurung. Selanjutnya adalah pohon jati kembar yang mana 2 buah pohon tumbuh dengan mempunyai bentuk yang sangat mirip.

Lalu masih ada spesies pohon jati lain yang mempunyai karakter yang unik pula. Misalnya pohon jati gondhel, jati jegod, dan lain – lain.

2. Spot pohon jati growong

Spot pohon jati growong
foto: https://www.instagram.com/obead_nawan/

Spot ini merupakan spot yang paling menyita perhatian. Sebab batang pohon jati bagian bawah berlubang dan membentuk seperti suatu terowongan pohon. Pohon jati yang berlubang itulah yang membuat kesan dari hutan mengandung aura mistik yang cukup kuat.

Menurut kepercayaan setempat pohon yang berlubang tersebut merupakan sebuah pohon hasil dari curian. Namun hal tersebut sangat tidak masuk akal karena yang yang menciptakan hutan tersebut adalah Ki Ageng Donoloyo yang merupakan abdi dalem Kerajaan Mataram.

3. Spot sungai fantastis

Spot sungai fantastis cagar alam donoloyo
foto: https://www.instagram.com/waysindi_official/

Di kawasan hutan tersebut terdapat sebuah sungai. Jika diperhatikan dengan seksama pesona dari sungai sangat mirip dengan latar dunia fantasi di sebuah film. Hasil foto dari sungai tersebut pun akan menghasilkan gambar yang sangat eksotis.

Itulah review lengkap mengenai pesona dari Cagar Alam Danalaya yang merupakan surganya pohon jati. Serta pesona tersebut dapat meminimalisir kesan mistis yang melekat di hutan tersebut.

Review Cagar Alam Danalaya Wonogiri

90%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.