Curug Sirawe, Wisata Indah di Tengah Hutan

Curug Sirawe merupakan air terjun yang ada di dataran tinggi Dieng dengan ketinggian sekitar 80 meter.

Tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke tempat wisata yang satu ini ketika Anda sedang mengunjungi Dieng.

Rasakan sensasi air terjun Sirawe yang begitu jernih dengan paduan pemandangan alam yang eksotis.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Dan Rute Lokasi Curug Sirawe
foto: https://www.instagram.com/aryadidarwanto/

Curug Sirawe sering disebut sebagai air terjun perawan karena memang air terjun ini tersembunyi di tengah lebatnya hutan. Tidak heran jika akses jalan menuju lokasi tidak dapat dikatakan mudah. Anda akan melewati jalan yang menantang dengan medan yang cukup terjal.

Lokasi Curug Sirawe yaitu berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Letakair terjun Sirawe tepatnya berada di area perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo. Sehingga banyak orang yang mengenal bahwa Curug Sirawe merupakan air terjun yang ada di Wonosobo.

Meskipun medan yang akan dilalui cukup menantang, namun Anda dapat menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat. Jalan yang akan Anda lalui belum beraspal sehingga perjalanan kan memerlukan perjuangan. Anda juga harus melewati jalan setapak di dalam hutan yang rimbun.

Rute menuju Wisata Curug Sirawe yang dapat Anda pilih yaitu melalui Dukuh Pawuhan. Dari dukuh Pawuhan Anda arahkan menuju Dukuh Bitingan kemudian berjalan kaki menyusuri hutan perawan kemudian sampai di lokasi.

Rute kedua yaitu Anda dapat melewati Kepaskisan kemudian menuju Kawah Sileri. Setelah sampai di Kawah Silerim Anda arahkan menuju Bitingan dan memarkir kendaraan disana. Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju air terjun dengan berjalan kaki.

Jika Anda masih kebingungan, Anda dapat menggunakan aplikasi google map untuk mengetahui jalan menuju lokasi wisata. Caranya tuliskan Curug Sirawe pada bagian pencarian kemudian pilih rute mana yang ingin Anda pilih.

Harga Tiket Masuk Curug Sirawe

Harga Tiket Masuk Curug Sirawe
foto: https://www.instagram.com/jejak_ian/

Harga Tiket Masuk Curug Sirawe yaitu Rp. 0 alias gratis. Siapapun yang ingin mengunjungi air terjun ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar biaya masuk.

Wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Jam Buka

Jam Buka Curug Sirawe
foto: https://www.instagram.com/achmad.bustomi.rohim/

Meskipun lokasi Air Terjun Sirawe yang cukup susah dijangkau, namun tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi. Wisatawan selalu berdatangan baik ketika hari kerja maupun liburan. Wisata ini sangat indah dan akan memberikan sensasi yang berbeda dari aktivitas sehari-hari.

Wisata yang menyajikan air terjun begitu indah ini buka dari jam 00.00 hingga 24.00 alias 24 nonstop. Gemericik suara curug yang bersumber dari dua mata air yaitu dingin dan panas akan membuat Anda ingin segera sampai di lokasi.

Fasilitas

Fasilitas di Curug Sirawe
foto: https://www.instagram.com/_fahridinho/

Meskipun letak air terjun berada di tengah hutan, namun fasilitas umum di sana cukup memadai. Curug Sirawe sudah difasilitasi dengan area parkir kendaraan yang cukup luas dan aman. Sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir mengenai tidak kebagian tempat maupun tingkat keamanannya.

Di dekat area curug juga telah disediakan kamar mandi dan toilet umum yang dapat digunakan oleh wisatawan. Wisatawan dapat menggunakannya untuk mandi, buang air kecil maupun buang air besar.

Selain itu, di sekitar Curug Sirawe juga dilengkapi dengan tempat istirahat atau gazebo. Tempat tersebut dapat digunakan para wisatawan yang ingin beristirahat sejenak di area air terjun.

Curug Sirawe menjadi pilihan wisata tepat bagi Anda yang menginginkan suasana wisata yang berbeda dengan yang lainnya. Meskipun medan yang akan dilewati tidak mudah, namun semua terasa sirna ketika Anda telah sampai di lokasi air terjun.

Review Curug Sirawe

100%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.