Pemandangan Puncak Gunung Brojo Wonogiri

Gunung Brojo merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di kabupaten Wonogiri.

Bagi Anda yang suka dengan travelling alam, tempat ini menjadi pilihan menarik sebagai pilihan perjalanan Anda. Nikmati indahnya alam dan pemandangannya di atas Gunung.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Dan Rute Lokasi Gunung Brojo
foto: https://www.instagram.com/alifabdulloh7/

Spot wisata ini menyuguhkan pemandangan yang indah membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum. Menurut cerita, gunung ini dulunya menjadi tempat pertapaan atau menyepinya orang-orang sekitar.

Lokasi Gunung Brojo tepatnya berada di Jalan Banaran, Rt 03 Rw 05. Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Untuk sampai di lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan Solo – Wonogiri.

Setelah menaiki bus tersebut, Anda akan sampai di Purwantoro dan turun di desa Jogo. Dari desa Joho Anda dapat memakai jasa ojek untuk sampai di Jalan Banaran. Nah, dari lokasi tersebut Anda dapat berjalan kaki menuju Puncak Gunung Brojo.

Tempat ini sudah terdaftar di google maps, sehingga Anda akan mudah menemukan petunjuk arah untuk sampai di lokasi. Jika belum memiliki aplikasi google maps, Anda dapat mengunduh atau menginstall terlebih di dahulu di play store atau yang sejenisnya.

Jika mengendarai roda dua yaitu motor, wisatawan dapat membawanya hingga sampai di puncak Gunung Brojo. Tetapi alangkah baiknya untuk menitipkan pada warga setempat saja karena jalanan tidak begitu luas dan untuk berhati-hati. Jika hujan sedang melanda, dapat dipastikan jalanan licin dan disarankan untuk menitipkan motor ke warga sekitar.

Meskipun mengendarai kendaraan pribadi, Anda perlu berjalan kaki kurang lebih 20 menit dengan jalan setapak. Perjalanan Anda akan ditemani dengan rimbunnya aneka tanaman dan kicauan burung-burung liar. Suasana begitu damai dan tenang ketika mendaki tempat ini.

Keadaan Puncak Gunung Brojo yang cukup tinggi membuat kita leluasa memandang hamparan pemandangan yang begitu indah dan eksotis. Bagian selatan berdiri tegak kaki gunung lawu.

Jam Buka

Jam buka gunung Brojo
foto: https://www.instagram.com/rudy_purwantoo/

Gunung Brojo tidak terikat waktu seperti halnya tempat wisata yang lainnya. Tempat ini buka dari jam 00.00 hingga jam 24.00 WIB alias buka selama 24 jam nonstop.

Sehingga Anda dapat mengunjunginya setiap saat bahkan diperbolehkan untuk camping di area tersebut.

Harga Tiket Gunung Brojo

Harga Tiket Gunung Brojo
foto: https://www.instagram.com/notobudiyanto/

Kono dulu kala ada seekor kera putih dan rayap yang berlomba-lomba membuat gunung. Gunung yang berhasil dibuat oleh kera putih yaitu gunung yang kini dikenal sebagai Gunung Brojo. Sedangkan gunung yang dibuat oleh rayap yaitu Gunung Lawu.

Pada awalnya si kera meremehkan rayap karena ukurannya kecil dan tidak memungkinkan untuk membuat gunung yang besar.

Namun hal tersebut salah dan si kera kalah karena gunung Lawu berukuran lebih besar dari Gunung Broto. Kera putih marah dan menendang Gunung Lawu hingga mencapai perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Gunung Brojo sebesar Rp. 0. Siapapun yang ingin mengunjungi tempat wisata ini tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraannya.

Meskipun Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun dan fasilitas belum memadai, sebaiknya Anda tetap menjaga kebersihan di Gunung Brojo. Agar kebersihan dan keindahan Gunung tetap terjaga.

Gunung Brojo dapat menjadi pilihan wisata alam dengan jarak pendakian yang relatif dekat. Nikmati indahnya pemandangan dengan hamparan pepohonan luas disini. Perjalanan Anda akan semakin indah ketika Anda mendaki bersama rombongan.

Review Gunung Brojo

90%
Recomended
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.