Kedung Kayang Magelang

Kedung Kayang – Ketika mendengar nama tersebut masih tak sedikit orang yang merasa bingung dan asing, khususnya warga Magelang itu sendiri. Padahal Kedung Kayang merupakan salah satu wisata alam yang menyajikan nuansa dan pemandangan yang menyehatkan mata.

Buat kalian yang belum tahu, jadi Kedung Kayang Sawangan ini merupakan sebuah air terjun yang lokasinya berada disekitar pegunungan. Ketinggian air terjun ini diperkirakan sekitar 40 meter tentunya dengan volume air yang cukup tinggi.

Menulusuri air terjun bisa menjadi salah satu aktivitas untuk mengisi kegiatan kamu saat liburan. Wisata alam tak melulu naik gunung, menikmati derasnya air terjun dengan udara sejuk khas pegunungan bisa menjadi pilihan.

Harga Tiket Masuk Kedung Kayang

Harga Tiket Masuk Kedung Kayang
Foto : https://www.instagram.com/gunadieko/

Sebelum kalian masuk tentu anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar harga tiket masuk. Dimana untuk setiap pengunjung yang akan masuk dikenakan biaya sebesar Rp.4.000 dan tarif parkirnya hanya Rp. 2.000.

Sungguh harga yang sangat murah untuk bisa menikmati keistimewaan pemandangan yang luar biasa dari air terjun Kedung Kayang.

Jam operasional wisata ini di mulai pada pukul 05.00 – 17.00 wib, buka setiap hari ya kecuali hari jum’at. Karena hari jumat libur.

Alamat dan Rute Lokasi Kedung Kayang

Alamat dan Rute Lokasi Kedung Kayang
Foto : https://www.instagram.com/linda_mayangsari.lm/

Air Terjun Kedung Kayang termasuk masih sangat asri, karena memang belum terlalu banyak orang yang mengunjunginya. Berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu tentu memberikan kesan sejuk dingin khas pegunungan. Buat kamu yang pengin kesini, air terjun ini ber alamatkan  di Dusun Ngagrong, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Untuk sampai ke lokasi ini bisa menempuh jalan utama Boyolali – Magelang. Kemudian akan di pertemukan dengan plang penunjuk arah bertuliskan Kedung Kayang. Area perkirpun sudah tidak jauh lagi.

Usai membayar tiket Kedung Kayang dan tarif parkirnya, Perjalanan menuju air terjun Kedung Kayang dilakukan dengan cara berjalan kaki. Bertemu dengan jalur setapak menurun itulah jalur yang harus di lalui. Meskipun sudah di lakukan pengecoran pada jalan namun jalur yang dilalui tetap masih licin, dikarenakan ada lumut tipis diastasnya. Jika anda ingin aman selama perjalanan melewati jalur yang berlumut, maka gunakanlah alaskaki yang cocok untuk kegiatan alam.

Berikut peta navigasi untuk kamu yang akan pergi ke Air Terjun Kedung Kayang ini, semoga membantu.

Fasilitas

Fasilitas Kedung Kayang
Foto : https://www.instagram.com/amaryusufes/

Fasilitas di Air terjun Kedung Kayang ini hanya ada di bawah saja, atau lebih tepatnya dekat dengan area parkir. Karena memang selama perjalanan ke atas tidak ada penjual minuman ataupun makanan termasuk toilet sekalipun.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kamu akan berkunjung ke sini siapakanlah segela keperluan pada saat di area parkir.

Namanya juga wisata alam apalagi yang belum terlalu ramai dikunjungi, tentu masih banyak sesuatu yang kurang. Wajar saja bila fasilitas disini  masih sangat kurang.

Tentu kita hanya bisa berdoa dan berharap semoga air terjun Kedung Kayang lebih ramai lagi pengunjungnya. Sehingga jika banyak pengunjung maka fasilitasnya pun akan ditunjang dengan baik.

Spot Wisata di Kedung Kayang

Spot Wisata di Kedung Kayang
Foto : https://www.instagram.com/chieeanggraeny/

Perjalanan untuk sampai pada titik air terjun kita harus menyeberangi sungai terlebih dahulu. Saat musim hujan debit aluran sungai ini cukup deras, sehingga butuh tekat yang kuat untuk melewatinya.

Sebenarnya ada dua cara untuk melewati / menyeberangi sungai ini. Bisa dengan berjalan melewati arus atau berusaha melompat di atas bebatuan. Kondisi medan di sekitar air terjun Kedung Kayang terdiri dari bebatuan,

Karena pengunjung air terjun ini belum terlalu ramai, sehingga membuat suasana disekitar begitu adem dan membuat damai. Cukup dengan duduk di atas batu, sambil mendengarkan kerasnya deru air terjun rasanya begitu syahdu.

Keindahan air terjun Kedung Kayang begitu mengagumkan. Aliran deras tampak seperti tirai putih raksasa. Di dukung dengan pemandangan keindahan alam sekitar membuat semuanya terasa indah dan baik saja saja

Derasnya aliran air bisa dijadikan background untuk berfoto. Mengabadikan gambar dengan di depan air terjun menjadi aktivitas atau hal yang wajib dilakukan saat mengunjungi sebuah air terjun.

Hasil foto dengan latar belakang air terjun atau pemandangan sekitar akan menjadi kenang kenangan di masa akan datang.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Kedung Kayang
Foto : https://www.instagram.com/arrohmasukmapmd/
  • Datanglah di saat cuaca sedang cerah. Karena jika hujan biasanya akan terjadi banjir dan akan sangat membahayakan
  • Hindari datang saat hari / awan mulai gelap. Wisata alam apalagi air terjun tentu tidak akan memiliki lampu penerangan jalan.
  • Gunakanlah alas kaki yang mendukung untuk trek curug atau wisata alam. Hindari menggunakan alas kaki yang alasnya licin dan membuat mudah terpeleset.
  • Lindungi barang bawaanmu, khususnya barang elektronik seperti hp. Karena untuk sampai air terjun ini kita melewati sungai.

Demikian ulasan singkat tentang Air Terjun Kedung Kayang, semoga bermanfaat dan masuk dalam daftar tujuan wisatamu selanjutnya.

Travel Vlog ke Pulau Panjang Terbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.