12 Makanan Khas Banjarnegara yang Sayang Untuk Dilewatkan

Makanan Khas Banjarnegara, seperti yang diketahui memang banyak dan beragam. Saking beragamnya, kita pun sampai bingung mau memilih yang mana karena, hampir semua yang disajikan disini mempunyai cita rasa tinggi dan bumbu yang sangat kuat.

Jenisnya pun juga beragam ada yang berkuah dan tidak berkuah. Ada yang hanya sekedar camilan ada juga yang memang makanan berat.

Sehingga, menikmati Banjarnegara tidak hanya dengan objek wisatanya saja melainkan, bisa juga dengan berbagai sajian kuliner yang membuat liburan anda semakin menyenangkan dan terasa lengkap.

Mungkin, saat ini anda sedang berpikir dan tidak sabar untuk mengetahui apa saja yang merupakan kuliner khas dari kota ini. Mari kita simak hasil penjelajahannya di bawah ini.

1. Bakso Ketupat

makanan ringan khas banjarnegara
foto : https://www.instagram.com/tsaniwismono/

Siapa yang tidak mengenal bakso, sajian menu ini memang sangat familiar karena bentuknya yang unik. Rasa nikmatnya ada di dua tempat baksonya, dan juga kuahnya yang biasanya di buat dengan menggunakan kaldu ayam atau sapi, banyak yang mengira bahwa kuliner ini berasal dari wonogiri.

Tetapi, ternyata Banjarnegara pun juga menjadikannya sebagai cita rasa khas. Hanya saja, ada yang berbeda dari tampailannya, makanan khas banjarnegara jawa tengah ini di tambah dengan ketupat sehingga, bisa dijadikan makanan berat yang perpaduannya cukup unik dan menggemaskan.

Selain di tambah dengan ketupat, makanan ini juga di tambah dengan bihun yang lembut dan nikmatnya kebangetan. Di Banjarnegara, banyak warung-warung yang menyediakan sajian menarik ini, harganya pun beragam ada yang 10 ribu hingga 20 ribu tergantung dengan sajian yang akan disajikan untuk anda.

Kunjungi juga daftar rekomendasi 25 tempat wisata di Banjarnegara yang paling hits dan instagramable.

2. Carica

makanan ringan khas banjarnegara
foto : https://www.instagram.com/caricasumbing/

Masih berada di Dieng? Jangan pulang terlebih dahulu sebelum membawa buah carica yang konon katanya hanya ada di Dieng saja. Khasiat dari buah ini memang sangat banyak satu diantaranya adalah melancarkan pencernaan.

Buah ini di olah sehingga menjadi sebuah manisan yang sangat nikmat nan menyegarkan apalagi, bila disajikan dingin dan dinikmati pada saat siang hari. Perlu diketahui pohon carica sendiri mempunyai pohon mirip papaya, hanya saja memiliki cabang lebih banyak, tanamannya lebih kecil.

Saat anda mencoba untuk menikmati kuliner ini, rasa manis akan langsung menyeruak ke dalam mulut. Selain itu, rasa dari buah caricanya sendiri memang sedikit manis dan empuk sekali, sehingga ramah di makan oleh siapa pun.

Hampir di semua warung akan menjual manisan ini dengan berbagai macam harga mulai dari 20 ribu rupiah saja. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya.

3. Mie Ongklok

makanan khas banjarnegara jawa tengah
mie ongklok – foto : https://www.instagram.com/anggraeniperwita19/

Pesona wisata Banjarnegara salah satunya adalah pegunungan dieng yang berada di dua wilayah yang berbeda, satu wilayah lainnya berada di Wonosobo, makanan khas dieng banjarnegara yang memang cukup terkenal bagi para pengunjung yang berkunjung ke dieng adalah mie ongklok.

Untuk membuat menu kuliner ini pun cukup unik dimana mie ini di buat dengan menggunakan mie telur. Lalu, di rebus pada saat tiga perempat matang kemudian, di kocok dengan menggunakan air panas. Selanjutnya, disiram dengan kuah yang cukup kental lalu, disiram dengan menggunakan ayam, sapi, dan ebi,

Nah, di salah satu warung banjarnegara ada sebuah kuliner dengan rasa yang sangat cocok di lidah. Biasanya, menu satu ini akan dihidangkan dengan sate sapi yang benar-benar mengesankan. Harganya pun mulai dari 15 ribu rupiah. Jadi, jangan sampai terlewatkan keunikan dari makanan ini ya.

4. Buntil

makanan khas banjarnegara jawa tengah
buntil – foto : https://www.instagram.com/ibu_bara/

Satu lagi makanan khas yang harus anda cicipi saat berada di Banjarnegara dimana, menu ini begitu nikmat dan menghadirkan rindu berat untuk menikmatinya lagi. Buntil ini sendiri terdiri dari dua bahan pertama menggunakan daun talas dan singkong.

Menu ini terbuat dari parutan kelapa kemudian, di beri bumbu pedas yang terbuat dari santan. Bila anda mencoba menyantapnya, maka cita rasa dari santan ini akan keluar dan berpadu dengan bumbu pedas dan gurih yang akan bergemuruh di mulut.

Konon katanya, menu khas ini juga hadir di beberapa negara di eropa seperti yunani dan juga turki yang membungkusnya dengan berbagai macam daun. Satu contohnya adalah daun anggur, yang rasanya pun masih melekat khas Indonesia.

Untuk menikmati menu ini, anda tidak perlu susah-susah mencarinya karena hampir di setiap warung menyediakannya. Bila anda pergi mengunjungi alun-alun, anda akan disuguhkan dengan buntalan daun ceklacikli yang rasanya sangat gurih, tak salah bila mau mencobanya,  harganya pun juga beragam mulai dari 15 ribuan saja.

5. Combro Kalipalet

makanan ringan khas banjarnegara
combro kalipatet – foto : https://www.instagram.com/ittaeatsandarts/

Menu makanan ini adalah yang paling tepat untuk dinikmati bersama dengan Soto krandegan. Seperti sebuah gorengan yang cukup renyah saat digigit dan akan sangat nikmat bila di makan saat masih hangat, itulah dia Combro kalipalet.

Bila kita pernah pergi mengunjungi bandung, maka kuliner satu ini akan sama. Tidak hanya bahannya saja, sampai dengan isi dan bahan yang digunakan, perbedaannya adalah ukuran dan rasa dari isinya.

Di Banjarnegara ini mempunyai ukuran sedikit besar,  rasa di isinya pun sedikit gurih dan pedas. Sehingga, saat kita gigit dan makan akan meledak-ledak di mulut jadi, jangan sampai tidak mencicipinya.

6. Soto Krandegan

makanan khas banjarnegara jawa tengah
Soto Krandegan – foto : https://www.instagram.com/soto.krandegan_pakagus/

Pasti diantara kita sudah tahu dengan cita rasa soto yang memang unik. Makanan khas ini memang hadir hampir di setiap kota dan juga daerah dimana, rasa yang dihasilkan dan tampilannya pun berbeda.

Seakan, soto ini mencerminkan daerahnya masing-masing begitu pula, dengan kuliner yang ada di Banjarnegara ini. Saat disajikan di depan kita, asap dan aroma dari kuah ini akan tercium dengan sendirinya.

Dari sini, kita sudah bisa mengerti bahwa makanan ini mempunyai cita rasa cukup tinggi diantara semua soto yang ada di Indonesia. Ada Potongan ketupat yang dipadukan dengan tauge, serta irisan ayam dengan kuahnya yang cukup pekat.

Jika, ingin menikmati sajian kuliner ini kita bisa menikmatinya pada pagi hari seperti kebiasaan sebagian warga Banjarnegara. Bila dilihat, menu satu ini memang seperti opor, hanya saja ketika sudah masuk ke mulut rasanya akan lebih dari sebuah opor.

Untuk menikmati Makanan ini kita bisa pergi ke alun-alun Banjarnegara dimana, di tempat ini sudah banyak sekali warung-warumg yang berdiri menjajakannya. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya 15 ribuan saja.

7. Tempe Mendoan

makanan ringan khas banjarnegara
tempe mendoan – foto : https://www.instagram.com/kuliner.banjarnegara/

Menu makanan selanjutnya adalah Mendoan yang memang hadir di berbagai daerah. Menariknya lagi,  setiap daerah pun juga mempunyai caranya sendiri seperti halnya yang ada di Banjarnegara ini.

Kuliner ini di buat dengan menggunakan tepung. Tempenya pun juga diiris tipis, menggunakan potongan daun bawang sehingga, memberikan rasa yang benar-benar nikmat menggoda.

Cobalah makanan ini pada saat hangat, maka anda akan tergiur untuk makan lagi dan lagi. Menu satu ini cocok digunakan sebagai lauk, atau juga sebagai camilan dan menjadi teman saat anda sedang bercengkrama dengan sahabat, teman, dan juga keluarga.

Jika, anda berada di Banjarnegara, biasanya penyajian tempe mendoan ini sedikit berbeda. Dimana, ada tambahan cabe rawit hijau dan juga kecap, ada juga yang hanya menyajikannya dengan sambal kecap yang menambah cita rasa makanan ini.

8. Es Dawet Ayu

makanan khas banjarnegara jawa tengah
es dawet ayu – foto : https://www.instagram.com/haryzwijanarko/

Banyak wisatawan pasti tahu akan minuman yang menyegarkan bernama dawet ayu, hampir setiap pasar tradisional akan menjual kuliner yang cita rasanya dominan di manis dan juga gurih. Konon katanya, kuliner ini pun hadir dari sebuah lagu yang diciptakan oleh seniman Banjarnegara.

Minuman ini memang sangat cocok untuk dinikmati pada saat siang hari. Harganya pun juga tidak terlalu mahal hanya 10 ribu rupiah saja.

Keunikan lain dari dawet dari banjarnegara adalah bahan yang digunakan yaitu tepung beras, sehingga rasanya pun kenyal dan nikmat.

Tidak hanya dawet atau cendol saja yang ada disini kita, juga akan disajikan dengan potongan buah nangka. Biasanya, potongan buah ini kecil-kecil dan seringnya berada di bawah, ada juga yang menggantinya dengan buah lain atau bahan lain.

9. Jenang Salak

makanan khas dieng banjarnegara
jenang salak – foto : https://www.instagram.com/rumah_salak/

Salak di Banjarnegara memang seperti menjadi sebuah primadona yang bisa menjadikan beberapa menu kuliner nan nikmat. Salah satunya adalah Jenang Salak yang bahan utamanya sudah pasti dari Salak yang sangat nikmat.

Rasanya memang sangat manis dari salak pondoh yang digunakan memang buah yang dikenal dengan cita rasa manisnya itu. Kuliner khas satu ini ada di beberapa oleh-oleh dengan harga yang cukup murah mulai dari 3 ribu rupiah saja.

10. Sirup Salak

makanan ringan khas banjarnegara
sirup salak – foto : https://www.instagram.com/rumah_salak/

Olahan terakhir dari buah ini adalah sirup, minuman manis ini memang paling laku dijual karena saat diminum rasanya akan sangat menyegarkan. Menariknya, sirup ini hanya bisa anda jumpai di Banjarnegara.

Bagi yang menginginkannya, kita bisa membelinya di berbagai macam toko oleh-oleh. Harganya pun sangat terjangkau hanya 10 ribuan saja.

11. Kerupuk Salak

kripik khas banjarnegara
krupuk salak – foto : https://www.instagram.com/zara.maykala/

Salak adalah buah yang mempunyai cita rasa manis yang menjadi buah yang cukup digandrungi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Nah, di Banjarnegara buah yang nikmat ini di rubah menjadi sebuah makanan ringan khas banjarnegara yang sangat nikmat dan tidak boleh anda lewatkan.

Satu hal yang mengapa kita wajib membeli makanan ini adalah rasanya memang hampir persis seperti buah salak. Apalagi, kripik ini aman untuk dikonsumsi dan menggunakan salah satu jenis salak yang paling nikmat yaitu salak pondoh.

12. Kerupuk Kentang Dieng

kripik khas banjarnegar
keripik kentang dieng – foto : https://www.instagram.com/keripik_kentang_dieng2/

Bukan Indonesia namanya bila tidak menyajikan berbagai macam oleh-oleh yang menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan. Kripik khas banjarnegara ini disajikan dengan kentang yang memang memiliki kualitas yang sangat bagus.

Bila dilihat dari komoditi utamanya tidak heran banjarnegara mempunyai oleh-oleh seperti ini.  Nah, disini kita akan disajikan dengan 2 kentang ada yang putih dan juga kuning.

Rasanya cukup menarik asin dan gurih meledak-ledak di mulut dan enggan untuk berhenti. Untuk bisa menikmati makanan ringan ini, anda hanya perlu berkunjung ke dataran tinggi dieng.

Dimana, banyak sekali toko yang sudah menyediakan makanan ini dan menjadi oleh-oleh unggulan, bahkan ada yang mengatakan belum ke Banjarnegara kalau belum beli kerupuk ini.

Bagaimana dengan apa yang disajikan diatas? Makanan khas Banjarnegara bila dilihat dan di baca memiliki rasa yang mantap sekali bukan, rasanya ingin menikmatinya berkali-kali.

Sayangnya, membaca dan melihat gambar saja tidak cukup untuk bisa mengungkapkan bagaimana pengalaman menikmati apa yang disajikan diatas. Jadi, kapan mau ke Banjarnegara dan makan semua menu khas di atas?

Review Makanan Khas Banjarnegara

85%
Murah dan Enak
  • Rasa Makanan
  • Spot Lokasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.