11 Makanan Khas Banyumas Yang Sayang Dilewatkan

Makanan Khas Banyumas yang saat ini mencuat ke permukaan memang tidak banyak, bahkan bisa di bilang sedikit. Tetapi,  saat anda berkunjung ke wilayah yang ada di Jawa Tengah ini, anda akan mendapati begitu banyaknya makanan khas.

Menariknya lagi, makanan ini hampir ada di warung-warung kuliner dan restoran besar. Mereka seakan berlomba-lomba untuk menjajakan budaya makanan yang sudah ada dan coba dilestarikan seperti daerah-daerah lainnya.

Kalau dilihat dari cita rasanya, beberapa kuliner disini cenderung ke rasa manis. Tetapi, tidak terlalu manis karena, rasa gurih sedikit hadir di beberapa makanan yang akan kita jumpai saat berburu di pasar-pasar Banyumas.

Baiklah, tidak perlu berlama-lama lagi untuk menunggu apa saja makanan khas yang disajikan saat anda berkunjung di Banyumas. Mari kita simak hasil penjelajahannya, berikut ini.

1. Soto Sokaraja

makanan khas banyumas jawa tengah
soto sokaraja – foto : https://www.instagram.com/doyan__kulineran/

Makanan khas banyumas jawa tengah yang pertama adalah soto, pasti anda sudah tahu bukan menu kuliner satu ini. Siapa pun yang menikmatinya pasti akan setuju bila menu ini adalah soto ternikmat di Indonesia

Dilihat dari tampilannya, memang terlihat sangat menarik dimana, kita akan disuguhlan dengan ketupat, daging sapi, toge, kerupuk merah, serta penggunaan sambal kacang yang menambah kenikmatannya. Saat masuk kedalam mulut, kita akan merasakan aroma yang meledak-ledak di mulut.

Nah, sambal kacang yang digunakan untuk membuat makanan ini sama persis dengan yang digunakan untuk menyantap pecel. Cara penyajiannya pun ada dua, pertama dengan bumbu yang di campur menjadi satu dan kedua adalah bumbu yang dipisah, karena ada beberapa pengunjung yang tidak terlalu suka dengan rasa manis dari sambal kacang ini.

Kuahnya pun juga di bagi menjadi dua, pertama dengan kuah kaldu ayam, sehingga sajiannya pun juga menggunakan daging ayam. Kedua menggunakan daging sapi dimana, kuah kaldunya menggunakan sapi.

Untuk mencari kuliner satu ini kita tidak perlu bersusah payah mencarinya karena, di berbagai tempat sudah menyediakannya. Diantara beberapa warung tersebut, ada satu tempat yang memang sudah memiliki nama.

Satu tempat yang bisa bisa dijadikan rekomendasi disini adalah soto kecik. Konon katanya, tempat ini sudah menyajikannya sejak tahun 1972, letaknya berada di pinggir jalan raya Purwokerto – Sokaraja.

Biasanya pendamping dari makanan ini adalah tempe mendoan hangat khas banyumas yang nikmat dan menggoda lidah untuk selalu bergoyang.

Jangan lupa untuk berkunjung daftar 25 objek wisata di Banyumas yang paling indah.

2. Nopia

intil khas banyumas nopia khas banyumas
nopia – foto : https://www.instagram.com/aromart.id/

Makanan ringan Nopia khas banyumas ini memang terlihat sangat unik, bila diperhatikan secara mendalam bentuknya hampir seperti bakpia hanya saja bentuknya yang lebih kecil. Bahan untuk membuatnya pun juga cukup mudah dengan tepung terigu, Mentega, susu, dan minyak sayur.

Untuk membuat oleh-oleh satu ini, dibutuhkan sebuah tungku untuk di panggang dengan menggunakan kayu bakar dari pelepah pohon kelapa. Konon katanya, karena cara pembuatannya inilah rasa makanan ini menjadi lebih nikmat.

Nah, saat kita mencoba meniimatinya, tekstur kulitnya akan terasa keras tetapi, saat digigit akan terasa lembut dan bersahaja saat dikuyah. Jangan lupa juga menikmati mini nopia yang bentuknya lebih kecil.

Ada beberapa macam isi dari makanan ini biasanya, rasa coklat adalah yang paling di serbu oleh para pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh. Hadir juga rasa originalnya yaitu brambang goreng yang rasanya tidak kalah nikmat.

3. Gethuk Goreng Sokaraja

makanan khas banyumas jawa tengah
gethuk goreng sokaraja – foto : https://www.instagram.com/gethuk_gorengs/

Apabila, anda masih ingat beberapa puluh tahun yang lalu, saat pedagang asongan masih merajalela di kereta. Saat kita tiba di stasoun purwokerto, kita akan mendengar beberapa pedagang yang akan menjual makanan khas satu ini.

Bahan utama dalam pembuatan kuliner ini adalah singkong. Nah, konon katanya dahulu wilayah banyumas, atau lebih tepatnya adalah sokaraja sebagian besar sawahnya adalah sawah tadah hujan.

Oleh karena itu, tak heran bila banyak yang menanam singkong disini maka, tidak heran bila makanan ini menjadi kuliner khas. Konon katanya gethuk goreng ini merupakan makanan kelas atas karena, cara pembuatannya harus di goreng dengan menggunakan minyak.

Saat ini, sudah banyak di beberapa warung yang menjual makanan ini dengan harga mulai dari 30 ribu rupiah saja untuk satu kilonya. Dari segi rasa memang sedikit manis, teksturnya sedikit kasar dan juga sedikit keras.

Dahulu hanya ada varian rasa original yang terbuat dari gula jawa merah tetapi, saat ini sudah ada beberapa varian rasa yang ternyata semakin digandrungi. Durian, coklat, nanas, dan nangka adalah variannya.

Menariknya lagi, bahan makanan ini di buat tanpa menggunakan bahan pengawet sedikit pun sehingga, sangat aman dan nyaman untuk di konsumsi. Jangan sampai tidak membelinya untuk oleh-oleh ya, karena salah satu camilan yang cocok untuk keluarga saat sedang santai.

4. Jenang Jaket

ciwel makanan khas banyumas,
jenang jaket – foto : https://www.instagram.com/jenang_jaket/

Inilah dia kuliner khas banyumas selanjutnya yang mempunyai cita rasa manis dan menjadi salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya, kuliner satu ini akan dihidangkan pada saat acara hajatan.

Menariknya lagi, kuliner satu ini ternyata sudah hadir secara turun –temurun dan jadi hidangan wajib. Beberapa warga pun mengatakan bila hajatan akan kurang greget bila tidak hadir menu yang satu ini.

Bahan baku utamanya adalah tepung ketan, gula merah, santan kelapa dan membutuhkan perjuangan yang panjang untuk menjadikannya menjadi sebuah jenang. Biasanya, untuk menikmati makanan ini kita bisa membelinya di berbagai toko atau langsung datang ke tempat pembuatannya langsung.

Lalu mengapa disebut dengan nama jaket? Nah, konon katanya merupakan sebuah singkatan bahan-bahan utamanya, karena rasa penasaran ini menjadikan makanan khas banyumas selalu di serbu oleh wisatawan.

5. Kraca Khas Banyumas

makanan khas banyumas jawa tengah
kraca – foto : https://www.instagram.com/adiponco28/

Masih di Banyumas, jangan lewatkan untuk menikmati kuliner lautnya yang ternyata tidak kalah menggoda. Adalah Kraca, sebuah kerang yang diolah dengan bumbu sedemikian rupa sehingga menjadi sajian makanan yang super nikmat.

Bumbu rempah akan sangat terasa disini seperti pala, merica, bawang, garam sehingga menghadirkan sebuah rasa yang berbeda. Menikmatinya juga cukup unik yaitu dengan cara dicukil dengan menggunakan garpu.

Bagi anda yang penasaran dengan aroma dan juga rasanya, anda bisa berkunjung ke banyumas menjelang bulan ramadhan. Kuliner satu ini biasanya sering dijadikan pilihan untuk berbuka puasa.

6. Kluban

Melihat sekilas, makanan ini mirip dengan sajian urap yang menggunakan sayuran dan juga sajian kelapa. Lalu, apa yang menjadi perbedaan dari kedua, menu ini, penggunaan bahan kelapanya bila, urap di masak terlebih dahulu kalau kluban langsung di campurkan.

Jangan di tanya soal cita rasanya, karena menghadirkan kenikmatan yang benar-benar nikmat. sayuran yang masih fresh dengan gurihnya kelapa menjadi satu di mulut.

7. Intil

 intil khas banyumas
intil – foto : https://www.instagram.com/dapoersikoko/

Makanan Intil khas banyumas adalah salah satu kuliner yang menunjukkan bahwa kota ini memang dikdaya soal Singkong. Rasanya cenderung ke manis dan gurih, cara pembuatannya dengan memarut singkong ini, kemudian di peras dan di campur dengan gula jawa.

Oleh karena itu, warna dari makanan ini berwarna coklat pekat. Setelah itu, di kukus hingga matang dan siap di santap. Konon katanya, sejak dahulu makanan ini digunakan sebagai pengganti nasi yang mengenyangkan.

Untuk menikmati kuliner kita wajib pergi ke berbagai pasar tradisional yang masih menjualnya. Maklum saja, makanan satu ini dari segi bentuk dan rasa memang kurang menarik di kalangan anak muda

8. Medoan Makanan Khas Banyumas

 mendoan khas banyumas
mendoan – foto : https://www.instagram.com/ceker_cakar/

Makanan khas selanjutnya adalah mendoan khas banyumas yang cita rasanya sangat menggemaskan. Menariknya makanan ini adalah ukurannya yang cukup besar sehingga, kita bisa menikmatinya dengan puas.

Biasanya, makanan akan menjadi pendamping dengan kuliner berat seperti soto, pecel, dan lain sebagainya. Nah, untuk menikmatinya, kita akan di beri sambal kecap dan juga beberapa cabai hijau, menikmatinya dengan selera pedas memang akan menambah kenikmatannya.

Untuk bisa makan tempe ini, kita akan di patok harga sebesar 2 ribu rupiah untuk 3 slice. Bila ingin lebih puas lagi menikmati sajian ini, anda bisa mengunjungi daerah Gombong. Disana, ukuran tempenya bisa 3 sampai 4 kali lebih besar, dengan cita rasa yang hampir sama.

9. Ciwel

ciwel makanan khas banyumas
ciwel – foto : https://www.instagram.com/rifqi_hs/

Makanan khas banyumas ini menjadi yang paling menarik untuk dinikmati lantaran jajanan pasar satu ini memiliki warna hitam dan konon katanya, mempunyai manfaat yang sangat baik bagi mereka yang menderita penyakit magh.

Jajanan Pasar ini memiliki tekstur yang sangat kenyal, lembut, dan rasanya juga manis gurih menyenangkan. Sayangnya, makanan satu ini sedikit mulai terpinggirkan sehingga, anda hanya bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional.

Bahan yang di buat pun juga cukup mudah yaitu tepung singkong yang di rendam dalam cairan rendaman jerami padi. Dari segi harganya tidak terlalu mahal, hanya 2 ribu rupiah saja. Cobalah saat anda mengunjungi ke Banyumas, pasti nikmatnya bikin rindu.

10. Badeg

makanan khas banyumas jawa tengah
es badeg – foto : https://www.instagram.com/wisata_kuliner_banyumas/

Setelah kita puas menikmati berbagai macam sajian makanan yang nikmat dan menyenangkan. Saatnya, kita menikmati berbagai minuman khas Banyumas yang tidak kalah nikmat dan menyegarkannya.

Badeg adalah minuman yang terbuat dari sari bunga kelapa. Sari bunga kelapa sendiri biasanya digunakan untuk membuat gula merah dan gula jawa.

Cairan yang dihasilkan di fermentasikan kurang lebih 1 sampai 3 hari. Disarankan jangan memfermentasikannya lebih dari 3 hari.

Karena, kandungan alkoholnya akan meningkat tajam sehingga, menjadi akan sangat memabukkan tetapi, bila kurang dari 3 hari maka akan menimbulkan rasa dan aroma yang sangat nikmat serta menyegarkan.

Cobalah untuk menikmatinya pada saat siang hari, disajikan pada saat dingin. Sehingga, saat air ini melewati kerongkongan kita akan merasakan kesegaran luar biasa, harganya pun hanya 5 ribu rupiah saja.

11. Lembutan

makanan khas banyumas jawa tengah
lembutan – foto : https://www.instagram.com/tanteocha_/

Makanan khas terakhir yang bisa direkomendasikan untuk anda bila mengunjungi Banyumas adalah Ikan lembutan ini. Uniknya, dari makanan ini adalah terbuat dari ikan-ikan kecil yang berada di sungai serayu dan juga logawa.

Ikan kecil ini merupakan air tawar yang memang rasanya benar-benar nikmat. menu satu ini akan menjadi lebih nikmat bila dipadukan dengan nasi hangat serta sambal yang mempunyai cita rasa pedas. Sungguh, menggoda dan wajib untuk dinikmati.

Menu ini pun bisa anda temukan di berbagai macam warung dan juga restoran yang ada di seluruh wilayah Banyumas. Harganya pun juga beragam, tergantung dari tempat yang akan anda pilih, jadi jangan sampai terlewat ya.

Berbagai macam makanan khas Banyumas memang wajib untuk dinikmati. Kenikmatannya memang sangat cocok untuk menamani dan melengkapi liburan anda jadi, Jangan sampai terlewatkan untuk menikmati berbagai macam sajian yang ada di sini ya.

Review Makanan Khas Banyumas

90%
Enak dan Murah
  • Rasa Makanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.