12 Makanan Khas Boyolali Terbaru paling Enak

Makanan khas Boyolali memiliki cita rasa tinggi, setiap detail sangat dipikirkan sehingga saat menikmati segala sajiannya kita akan puas menyantapnya dan bahkan ingin tambah lagi dan lagi. Tidak hanya itu, Boyolali yang sempat terkenal di panggung politik itu terkenal dengan olahan susu sapinya.

Itu saja, tunggu dulu masih ada lagi dimana,  kota yang mempunyai patung sapi nan megah ini pun juga memiliki berbagai macam oleh-oleh yang menarik untuk di beli. Harganya pun juga sangat bersahabat di kantong.

Pasti saat ini anda sedang berpikir apa saja yang termasuk dalam sajian khas dari Boyolali? Mari kita simak hasil penjelajahannya di bawah ini,

1. Marning

makanan khas boyolali jawa tengah
marning – foto : https://www.instagram.com/goli_snacker/

Makanan ringan khas boyolali ini mungkin disarankan bagi kaum-kaum muda yang giginya masih kuat dan bertenaga. Bukan maksud untuk membedakan lantaran marning ini sedikit keras sehingga, akan menghadirkan bunyi yang khas pula.

Perlu diketahui bila kuliner satu ini terbuat dari butiran jagung di goreng hingga garing sehingga menghasilkan tekstur yang renyah. Tetapi, sebelum di goreng jagung pilihan ini akan di cuci hingga bersih kemudian, di rendam dengan bumbu yang sudah disiapkan selama satu hari.

Sebenarnya untuk menikmati oleh-oleh ini tidak sulit. Tetapi, anda bisa membelinya di Pasar Sunggingan dan penggung yang cita rasanya benar-benar sudah teruji dengan harga kurang lebih 30 ribu rupiah saja..

Tidak hanya gurih saja, disini anda juga bisa membeli dengan rasa pedas dan juga manis. Beberapa saat ini sedang dikembangkan rasa yang lebih kekinian agar marning selalu dikenal banyak pengunjung yang datang ke Boyolali.

Kunjungi juga daftar tempat wisata di Boyolali terbaru yang paling rekomended.

2. Soto Seger

makanan khas daerah boyolali
soto seger – foto : https://www.instagram.com/soto_mbokpadmi/

Hari masih sangat pagi, lelah sudah menanti karena habis lari-lari. Kalau sudah begini paling nikmat untuk makan sesuatu yang berkuah, pilihan yang paling tepat adalah soto panas dan membuat badan kembali bugar.

Makanan khas boyolali jawa tengah ini memiliki kuah yang bening. Di tambah dengan daging sapi atau ayam yang empuknya luar biasa.

Sehingga, anda bisa menikmatinya tanpa takut gigi akan linu. Semua penjual makanan ini akan disajikan dengan menu tambahan seperti tempe, bergedel, sate paru, usus, dan masih banyak lagi.

karena, alasan inilah kuliner di Boyolali ini selalu diminati oleh semua pengunjung baik yang hanya berkunjung untuk istirahat maupun untuk menetap.

Satu rekomendasi bagi anda yang ingin menikmati soto ini adalah soto seger mbok giyem yang namanya sudah terkenal. Jangan heran pula, bila anda harus antri cukup panjang karena, konon ceritanya mbok giyem adalah penjual makanan khas ini pertama kali.

3. Nasi Tumpang

makanan tardisional khas boyolali
nasi tumpang – foto : https://www.instagram.com/jajanboyolali/

Ciri khas dari makanan ini adalah sayuran yang cukup banyak dan beragam, ada  tauge, kacang panjang, bayam dan beberapa jenis sayuran yang di rebus. Menariknya lagi ada di sambal yang digunakan.

Makanan tardisional khas boyolali ini menggunakan bumbu yang berbahan dasar tempe yang sudah busuk. Bagaimana ceritanya tempe busuk ini dijadikan sebuah makanan yang lezat dan nikmat?

Jadi, tempe ini fermentasi atau dibiarkan begitu saja hingga matangnya melebihi batas. Nah, warna dan teksturnya pun berbeda dengan yang masih fresh. Anda akan melihat teksturnya yang berwarna kecoklatan, agak basah, dan aromanya menyengat.

Sebagian masyarakat jawa memang menyukai jenis yang seperti ini untuk keperluan masakan. Seperti halnya bumbu yang digunakan disini. diolah layaknya membuat sambal pecel, hanya saja sedikit encer.

Makanan ini biasa digunakan untuk sarapan pagi dan selelu diburu oleh banyak wisatawan. Biasanya, akan disajikan dengan gorengan dan juga rempeyek. Harganya pun cukup murah, hanya 5 ribuan saja.

4. Dodol Susu

makanan ringan khas boyolali
dodol susu – foto : https://www.instagram.com/masakannusantaraku/

Bila masih berada di Boyolali tidak ada salahnya bila mengunjungi Dukuh Pentongan, Desa Samiran, Kecamatan Selo dimana, tempat ini akan menyajikan oleh-oleh khas yang wajib anda beli yaitu dodol susu.

Makanan khas daerah boyolali terbuat dari susu sapi murni, gula, tepung beras ketan, tepung terigu, serta sedikit margarin. Untuk membuat Dodol ini, kurang lebih membutuhkan waktu 3 jam.

Cita rasanya pun manis dan serta gurih. Menariknya lagi, makanan ini pun sudah dijual di berbagai toko-toko perbelanjaan atau juga toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh bagian boyolali.

Harganya, pun cukup murah hanya 7 ribu hingga 10 ribu rupiah saja, anda akan mendapatkan 1 kotak yang berisi 8 biji. Bila ingin membeli langsung di tempat produksinya, anda bisa mengikuti jalur menuju kearah selo dan ikuti papan petunjuk atau bertanya.

5. Jenang Pecel

makanan khas daerah boyolali
jenang pecel – foto : https://www.instagram.com/kundarmastuti/

Kota susu ini sepertinya sangat kreatif dengan memadukan unsur yang berbeda dari sebuah cita rasa makanan. Seperti halnya makanan khas satu ini dimana, cita rasa pecel akan berpadu dengan jenang atau bubur,

Rasa buburnya yang gurih dipadu dengan pecel yang mempunyai rasa sedikit pedas dan manis. Sayuran-sayurannya pun disajikan dalam kondisi yang segar. Sayangnya, saat ini keberadaan kuliner ini benar-benar langka.

Hanya berada di pasar-pasar tertentu saja, Maklum, kuliner satu satu ini mulai kalah pamornya dengan makanan yang lainnya, yang lebih menarik secara tampilan juga rasa. Harga satu porsinya kurang lebih 5 ribu hingga 8 ribu rupiah.

6. Keju Meneer

makanan khas cepogo boyolali
keju meneer – foto : https://www.instagram.com/kejukita/

Satu keunggulan dari Boyolali ini adalah produk susunya yang memang melimpah. Oleh karena itu, penduduk boyolali mencoba mengolahnya dan dijadikan sebuah makanan khas cepogo boyolali.

Di sini tersedia banyak sekali pabrik dan penjual keju yang mereka beri lebel meneer. Rasa yang dihasilkan dari produk ini memang gurih dan berbeda dari keju yang beredar di pasaran. Bila anda simpan di lemari pendingin akan mampu bertahan kurang lebih hingga 7 hari.

Tidak hanya jenis cheddar saja, melainkan ada juga jenis mozzarella yang ketahanannya bisa mencapai 4- 6 bulan. untuk harganya pun bervariatif mulai dari 10 ribuan dan bahkan bila anda membeli kiloan bisa mencapai 300 ribuan.

7. Tahu Susu

makanan khas daerah boyolali
tahu susu – foto : https://www.instagram.com/tasulumer_mamithasolo/

Dodol sudah, keju sudah, lalu apa lagi khas boyolali yang menggunakan susu? Jawabannya adalah tahu, lalu bagaimana rasanya?

Saat anda goreng, rasanya begitu nikmat dan mengenyangkan. Saat anda santap makanan ini akan menggelegar di dalam mulut, menghadirkan aroma rasa yang berbeda dari tahu-tahu biasanya.

Maklum saja, cara pengolahannya pun bukan sembarangan dimana, bahannya menggunakan perahan susu sapi murni yang baru pertama kali melahirkan. Konon katanya, perahan ini menghasilkan sajian yang berbeda dari rasa.

Bila anda pegang, teksturnya akan sangat lembut bahkan, ada yang sampai hancur walau hanya di pegang sebentar. Kuliner ini memang belum masuk di supermarket tetapi, sudah ada di berbagai macam toko oleh-oleh di Boyo lali dengan harga 5 ribu rupiah saja.

8. Mentho

makanan tardisional khas boyolali
mentho – foto : https://www.instagram.com/fajarsatritama/

Nama lain dari kuliner satu ini adalah lentho, makanan khas dari boyolali ini memang renyah dan sedikit gurih sehingga, sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan dan teman ngobrol bersama dengan keluarga atau juga sahabat.

Sebelum menjadi makanan khas yang ada asal-usul kuliner ini  sangat menarik. Dimana, dahulu masyarakat boyolali yang memang berada dibawah garis kemiskinan kemudian, mereka menggunakan beberapa bahan masakan untuk menjadi sebuah makanan yang nikmat hingga akhirnya terbentuklah lentho atau mentho.

Bila anda ingin menikmati kuliner satu ini ada beberapa warung yang memang menjualnya. Tetapi, satu rekomendasi untuk anda adalah Mbah rukini yang menjualnya dengan harga 5 ribu rupiah dan isinya kurang lebih 50 biji.

9. Abon

makanan khas boyolalo jawa tengah
abon – foto : https://www.instagram.com/grosir_abon_sapi_dan_ayam/

Selanjutnya adalah abon sapi. Seperti kita tahu boyolali banyak sekali sapi oleh karena itu, hewan yang mempunyai tubuh besar ini dijadikan sebagai sebuah abon. Olahannya pun sedikit manis dan juga gurih.

Untuk menikmatinya, anda bisa membelinya di warung atau juga toko-toko yang tersebar luas. Bila anda ingin menikmatinya, maka anda akan dikenakan harga kurang lebih 20 ribu rupiah untuk satu toplesmya.

10. Dendeng Sapi

makanan khas daerah boyolali
dendeng sapi – foto : https://www.instagram.com/masterbeefdendeng/

Ada lagi olahan sapi yang wajib anda nikmati bila berada di kota ini yaitu, dendeng sapi yang mempunyai rasa nikmat dan enak. Makanan ini sendiri diambil dari daging yang dipotong tipis-tipis.

Setelah itu di beri bumbu berupa rempah-rempah dan beberapa bumbu lain, di rendam dan juga dikeringkan hingga sangat kering. Cita rasanya memang gurih dan berpadu dengan manis dan pedas sesuai dengan bumbu yang digunakan.

Ada beberapa warung yang sudah menjual makanan khas ini dengan harga 10 ribuan. Cobalah untuk makan dengan menggunakan nasi hangat dan juga sambal yang mantap, maka anda akan ketagihan untuk menikmatinya lagi dan lagi.

11. Keripik Ceker

makanan ringan khas boyolali
kripik ceker – foto : https://www.instagram.com/cemilanoma/

Suka akan ceker ayam mungkin, kuliner yang dijadikan oleh-oleh khas boyolali ini sangat cocok untuk anda. Bahan baku utamanya adalah kaki ayam diolah dengan menggunakan bumbu-bumbu pilihan dan juga bahan rempah-rempah yang sangat nikmat.

Cara pengolahannya pun cukup rumit, dimana kaki ayam dihilangkan dari semua kotoran dan juga kuku. Lalu di rendam ke dalam bumbu yang sudah dipersiapkan setelah itu, dikeringkan sampai kering kemudian, di goreng.

Bila anda tertarik untuk menikmatinya, anda bisa mengunjunginya di Dusun Gatak, Kelurahan Tanduk, kecamatan ampel yang memproduksi langsung makanan ringan satu ini. Harganya pun sangat bersahabat sehingga, bisa dijadikan sebagai buah tangan.

12. Keripik Lele

makanan ringan khas boyolali
keripik lele – foto : https://www.instagram.com/keripiklelesby/

Bukan masyarakat boyolali namanya bila tidak mempunyai kreatifitas makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan juga hewani. Satu diantaranya adalah keripik lele yang mempunyai cita rasa yang sangat nikmat.

Cara pembuatannya pun cukup mudah dimana, lele ini dibersihkan terlebih dahulu dari sisiknya. Kemudian, dimasukkan ke dalam bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan sebelumnya yaitu kencur, kemiri, ketumbar, bawang putih dan garam.,

Untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat lele-lele ini di potong kecil-kecil. Setelah di balur dengan bumbu diatas, diamkan kurang lebih selama 2 menit.

Lalu, di balur lagi dengan menggunakan tepung dan di goreng hingga kering. Menariknya lagi saat proses penggorengan ini akan dipisahkan antara daging, sirip dan kulit.

Saat melakukan penggorengan keripik-keripik ini akan terus diaduk agar matangnya merata. Bagi anda yang ingin membelinya bisa mengunjungi toko oleh-oleh dengan harga 20 ribuan saja.

Kalau dilihat dari deskripsi di atas pasti saat ini anda tidak sabar untuk menikmati makanan khas boyolali. Memang, kota satu ini tidak hanya mempunyai keindahan alamnya saja tetapi makanan yang benar-benar super nikmat.

Penasaran? Ayo berkunjung ke Boyolali, dan rasakan pengalaman menyantap segala jenis sajian makanan di kota ini.

Review Makanan Khas Boyolali

90%
Enak dan Murah
  • Rasa Makanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.