11 Makanan Khas Demak Jawa Tengah Paling Enak

Makanan khas Demak memang sangat banyak dan mempunyai berbagai macam pilihan yang patut untuk dinikmati. Kota yang terkenal dengan masjidnya yang agung dan mengesankan ini memang mempunyai berbagai macam makanan halal yang aman untuk di konsumsi.

Ada makanan berat, makanan ringan, yang mungkin sulit untuk ditemui oleh makanan di berbagai daerah. Rasanya pun cukup unik, sehingga kota wali ini mampu menghadirkan suasana rindu untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Baiklah, tidak perlu menunggu senja tenggelam. Mari kita simak, hasil penjelajahan makanan khasnya di bawah ini.

1. Nasi Kropokhan

demak, makanan khas demak jawa tengah
nasi kopokhan – foto : https://travel.kompas .com

Berkunjung ke Demak akan kurang lengkap bila tidak menikmati sajian kuliner yang menggoda di lidah dan di hati. Makanan khas demak jawa tengah ini konon katanya dahulu merupakan makanan para raja-raja.

Menariknya, kuliner satu ini bukan menggunakan daging ayam atau sapi melainkan, menggunakan daging kerbau. Di tambah dengan labu putih sayangnya, saat ini kuliner yang nikmatnya tidak tertahankan ini mulai tergerus oleh zaman.

Kuliner satu ini memang sangat mengesankan karena menggunakan bumbu rempah-rempah yang mampu menghangatkan tubuh. Alasan lain mengapa Nasi Kropokhan sangat nikmat karena hadirnya, helai daun kedondong yang katanya mampu meluruhkan segala kolesterol yang tersaji di sini.

Selain itu, daging kerbaunya memang sangat empuk sehingga, sangat ramah untuk semua umur. Bagi anda yang tidak suka pedas jangan takut karena, makanan ini tidak terlalu pedas lantaran cabai yang digunakan dibiarkan utuh begitu saja.

Untuk mencari Nasi Kropokhan memang sedikit sulit, anda harus mengunjungi beberapa pasar tradisional. Tetapi, perjuangan inilah yang akan membuat rasa dari kuliner satu ini akan sangat berkesan dan menghadirkan rindu bagi siapa pun yang menikmatinya.

Kunjungi juga daftar objek wisata di Demak yang paling indah dan menarik.

2. Kerupuk Udang Tambak

makanan ringan khas demak
kerupuk udang tambak – foto : https://www.instagram.com/168lim/

Oleh oleh makanan khas demak ini memang sebuah kerupuk yang sangat nikmat. Nentuknya kotak persegi dan biasa disajikan sebagai makanan pendamping di beberapa warung, tidak hanya yang ada di demak saja melainkan hampir di berbagai kota.

Bahan utama dari kerupuk ini adalah udang segar maklum saja, di pesisir demak memang banyak para petani tambak udang yang sudah bertahun-tahun lamanya menggeluti bisnis ini. Menariknya lagi, pengolahannya pun tanpa menggunakan bahan kimia sedikitpun.

Sehingga, saat kita mengkonsumsinya, rasa nikmat benar-benar akan sangat terasa, Apalagi, makanan satu ini cukup tahan lama. Cobalah membelinya dan dipadukan dengan nasi hangat, sambal, serta lauk favorit, makan akan menjadi lebih nikmat 5 sampai 10 kali lipat.

3. Nasi Brongkos

makanan khas demak jawa tengah
nasi brongkos – foto : https://www.instagram.com/eattemptationsby/

Makanan khas kabupaten demak selanjutnya menjadi yang oaling diminati oleh setiap warga. Biasanya, menyantap kuliner satu ini lebih baik di pagi hari untuk sarapan, Oleh karena itu tidak heran bila saat pagi akan ada banyak pedagang yang sudah menyajikan kuliner khas ini.

Harganya pun juga tidak mahal hanya 10 ribu rupiah sudah di tambah dengan lauk tahu atau tempe dan minuman. Cara pembuatannya pun cukup mudah, menggunakan beberapa bahan seperti, buah kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, minyak goreng, dan garam.

4. Wingko Salem

oleh oleh makanan khas demak
wingko salem – foto : https://www.instagram.com/hanhanny/

Masih bingung mau membawa buah tangan apa dari kota wali ini? Jangan bingung, saatnya pergi ke toko dan membeli oleh-oleh khasnya yaitu wingko salem.

Rasa dan teksturnya sangat lembut dengan gula halus yang membuat rasa kue ini sangat nikmat dan lezat. Bahan yang dibuat untuk membuat kuliner satu ini adalah tepung ketan yang dipadukan dengan kelapa, gula serta garam.

Satu alasan memang cita rasanya begitu nikmat adalah cara mengolahnya yang masih menggunakan cara tradisional. Dimana, kue satu ini akan dipanggang dengan oven dan diatas tungku serta kayu bakar.

Tingkat kesusahan dalam membuat kue satu ini adalah mendapatkan tingkat kematangan yang pas. Untuk menikmatinya, anda hanya perlu mengeluarkan ruang sebesar 20 ribu rupiah saja, murah sekali bukan untuk cita rasa yang akan menghadirkan rindu.

5. Nasi Ndoreng

makanan khas demak jawa tengah
nasi ndoreng – foto : https://www.instagram.com/vendhri/

Kalau di atas tadi kita sudah menyimak makanan kesukaan para raja, saatnya menyimak masakan kesukaan warga sekitar yaitu Nasi Ndoreng. Dimana, nasi yang hangat akan di campur dengan botok yang super lezat.

Nah, kalau kalian lihat lagi kuliner ini hampir mirip dengan brongkos, hanya saja perbedaannya menggunakan bumbu kelapa. Sehingga, menghadirkan cita rasa masakan yang gurihnya benar-benar menggoda.

Ingin mencicipi makanan ini anda harus sedikit untuk bangun pagi. Karena, penjualnya hanya akan buka pada pagi saja, sejak dari dulu kuliner ini memang digunakan sebagai sarapan dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah tergantung lauk pendampingnya.

6. Brayo

makanan kering khas demak
brayo – foto : https://www.instagram.com/yoenitaa/

Diantara semua kuliner yang ada di Demak mungkin, satu ini yang terasa masih sangat asing baik di telinga maupun di gambar. Tetapi, saat anda mendengar nama keripik bayam pasti sebagian besar dari anda akan tahu.

Keripik ini dahulunya pernah dijadikan sebagai salah satu jajanan sekolah dasar waktu di kantin. Rasanya nikmat, gurih dan sedikit asin, pokoknya membuat nagih deh.

Nah, di Demak ternyata brayo adalah nama lain dari keripik bayam yang nikmat menggoda itu. Lebih tepatnya berada di wilayah konservasi hutan mangrove. Harga yang di tawarkan pun cukup murah hanya 3 ribu rupiah saja.

Daun brayo yang digunakan ternyata mengandung beberapa efek yang cukup menguntungkan bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak pengunjung yang sering berebutan untuk menikmati kuliner khas demak ini.

7. Botok Telur Asin

makanan khas kabupaten demak
botok telur asin – foto : https://www.instagram.com/mataharitelurasin/

Telur asin adalah makanan yang paling nikmat dan unik, karena rasanya yang asin apalagi,  saat makan telur kuningnya. Di Demak, makanan ini ternyata dikreasikan menjadi sebuah hidangan khas yang nikmatnya bikin ketagihan.

Untuk membuat makanan ini anda hanya perlu menggunakan telur asin, tahu, parutan kelapa, cabai merah besar, cabai rawit, daun pisang, dan terakhir adalah daun salam.  Ada pun bumbu-bumbu yang menjadi pelengkap dari kuliner satu ini adalah bawang merah, lengkuas, kencur, garam, bawang putih.

Biasanya, kuliner ini akan disajikan selagi masih hangat, dan di tambah dengan nasi yang masih hangat. Sangat cocok bila dinikmati saat hujan, atau cuaca sedang sangat dingin.

Uniknya dari makanan ini adalah rasa yang seakan menyatu ke dalam makanan semua rempah dan bumbu terasa sangat pas di mulut. Sedikit pedas memang tetapi, karena itu lah nafsu makan menjadi bertambah.

Botok Telur asin bisa anda temui di berbagai warung-warung yang ada di Demak. Untuk menikmatinya, anda hanya perlu membayar 5 ribu hingga 7 ribu rupiah saja. Penasaran mencoba kuliner satu ini?

8. Kerupuk Catak

oleh oleh makanan khas demak
krupuk catak – foto : https://www.bukalapak .com/p/food/makanan/aauoa-jual-krupuk-catak

Makanan kering khas demak selanjutnya adalah kerupuk yang terbuat dari ikan. Demak bisa dikatakan sebagai daerah pesisir hingga menghasilkan berbagai macam ikan, uniknya kota ini bisa menghadirkan makanan khas yang super lezat.

Jangan lupa untuk membeli kerupuk catak ini ya. Karena, rasaya begitu nikmat untuk dijadikan camilan atau juga sebagai teman makan. Nah, menurut para sejarahwan, kuliner satu ini ternyata dahulunya sebagai makanan kaum elite dan kaum bangsawan.

Makanan yang terbuat dari paru-paru ikan besar seperti patin besar dan juga manyung ini menyajikan rasa gurih luar biasa. Cara membuatnya tidak menggunakan tepung sama sekali. Tetapi paru yang sudah didapatkan akan langsung di jemur di hingga kering kemudian di goreng.

Harganya pun cukup mahal, karena sedikit sulitnya mencari bahan yang dibutuhkan. Walaupun begitu, makanan ini mempunyai tingkat protein yang sangat tinggi, sehingga sangat baik bila dikonsumsi.

9. Sop Balungan

makanan khas kabupaten demak
sop balungan – foto : https://www.instagram.com/menterikulinerpati/

Hujan-hujan memang paling nikmat bila menikmati sajian khas yang berkuah dan panas. Mungkin, Sop balungan adalah salah satu alternatifnya.

Hampir di setiap penjuru jalan menjual makanan khas yang memang terkenal dengan balungan. Nah, balungan yang di maksud disini adalah tulang sapi yang masih segar dan memiliki cita rasa sangat nikmat dan lezat.

Biasanya, makanan ini akan disajikan dengan wortel, kol, kentang, dan juga kacang merah. Menariknya dari kuliner khas demak ini adalah rasa kuah sapinya yang begitu kental dan gurih, saat anda mencicipi kuahnya, rasanya seperti ke langit-langit.

Untuk harganya pun juga tidak mahal mulai dari 20 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah saja., Harga yang tidak terlalu mahal bila menikmati sajian yang sangat nikmat ini.

Jadi, bagi anda yang suka sekali dengan yang namanya tulang sapi, wajib dan harus untuk berhenti sejenak ke Demak.

10. Kue Rangin

makanan kering khas demak
kue rangin – foto : https://www.instagram.com/doyanbaking/

Makanan ringan khas demak ini menjadi penyajian terakhir dalam perburuan oleh-oleh saat berkunjung ke sini. Bahan utamanya adalah serutan kelapa muda yang di tambah dengan tepung beras.

Sehingga, menghasilkan cita rasa yang sangat gurih menggoda. Bila anda perhatikan lagi, kue rangin ini akan sama dengan kue gandos, yang memang lembut dan sangat manis.

Di Demak, kue ini masih banyak yang menjualnya, harganya pun juga bisa di bilang sangat murah. Perbedaan yang mencolok antara gandos ini dengan yang lainnya adalah penggunaan serabut kelapa yang cukup banyak.

Jangan sampai anda lewatkan untuk menikmati makanan satu ini. Karena, akan sangat rugi bila sudah sampai disini tetapi tidak mencicipinya.

11. Asem-Asem Daging

makanan ringan khas demak
asem asem daging – foto : https://www.instagram.com/ocha_chupid/

Pernah menikmati atau bahkan memasak asem-asem? Mungkin, memang pernah tetapi, diantara anda pasti ada yang tidak tahu bila makanan yang anda masak tersebut berasal dari Demak.

Bahan utama pembuatannya adalah daging sapi yang lembut dan juga sangat empuk, sangat ramah di makan oleh semua golongan. Cita rasanya antara pedas, manis, dan asam semakin menjadi sebuah daya tarik yang sempurna untuk menikmatinya lagi dan lagi.

Di kota Demak, sudah banyak warung-warung yang menyajikannya. Bahkan, ada beberapa menjadikan kuliner ini sebagai suguhan di saat hajatan karena, menu satu ini benar-benar merakyat.

Harga satu mangkuk asem-asem daging adalah 10 ribu rupiah. Bila di tambah dengan nasi, maka harganya pun akan menjadi berbeda.

Bagaimana sudah puas menjelajah seluruh isi Demak bukan? Makanan khas Demak yang disajikan untuk anda memang mempunyai cita rasa unggulan.

Berkunjung dan berhenti sejenak untuk menikmatinya memang tidak ada salahnya. Jadi, jangan lupa mampir ke kota ini dan rasakan kenikmatan setiap sajian yang akan dihidangkan khusus buat anda.

Review Makanan Khas Demak

90%
Murah dan Lezat
  • Rasa Makanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.