Museum Karst Pilihan Wisata Edukasi di Wonogiri

Museum Karst menjadi wisata edukasi dan pusat penelitian kawasan karst di area Gunung Sewu Wonogiri.

Bagi Anda yang bosan dengan wisata  gunung, pantai atau tempat yang lainnya, tempat ini bisa menjadi pilihan wisata Anda. Tidak sekedar berwisata saja, tetapi Anda juga akan memperoleh wawasan yang lebih luas.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Dan Rute Lokasi Museum Karst
foto: https://www.instagram.com/yoki_osanai/

Museum Karst menawarkan wisata pra-sejarah, penelitian berskala internasional dan pengetahuan geografi.

Tidak ada ruginya memilih museum ini menjadi wisata keluarga Anda. Sang buah hati tidak hanya dimanjakan dengan wahana permainan saja, namun sekaligus mendapatkan pendidikan melalui wisata edukasi yang diberikan.

Apa itu Karst? Karst merupakan topografi atau bentuk permukaan bumi yang terbentuk dari pembubaran batuan terlarut.

Wisata Museum Karst terbagi menjadi tiga lantai yaitu Karst untuk Kehidupan, Karst untuk Pengetahuan dan lanai ketiga digunakan untuk pemutaran film maupun pertemuan.

Lokasi Museum Karst terletak di sepanjang perbukitan karst Gunung Sewu tepatnya di desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Untuk sampai di lokasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Karena kawasan museum berada di perkampungan dan jauh dari pusat kota.

Jika menggunakan kendaraan umum, Wisatawan dapat menyewa ojek dari terminal Pracimantoro. Dengan menyewa ojek, Anda akan sampai di lokasi sesuai yang diharapkan tanpa harus menunggu kendaraan di jalan.

Jika Anda melakukan perjalanan bermula dari kota Wonogiri, Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam. Arahkan kendaraan menuju ke Kota Wonogiri kemudian arahkan menuju Pracimantoro. Setelah itu, Anda akan melintasi kawasan Wuryantoro, Eromoko.

Jam Buka

Jam Buka Museum Karst
foto: https://www.instagram.com/noktaviana13_/

Museum Karst buka mulai dari jam 08.00 hingga jam 18.00 WIB. Anda dapat berwisata edukasi sepuasnya dalam waktu kurang lebih 10 jam lamanya.

Harga Tiket Masuk Museum Karst

Harga Tiket Masuk Museum Karst
foto: https://www.instagram.com/its.zbt/

Setiap tempat wisata memiliki kebijakan sendiri mengenai tarif pembayaran tiket. Ada wisata yang menjual tiket dengan harga yang sama dan ada juga yang menjualnya dengan harga berbeda sesuai hari kedatangannya.

Seperti halnya wisata lain, museum ini memiliki tarif yang berbeda-beda tergantung hari kedatangan wisatawan. Harga Tiket Masuk Museum Karst sebesar Rp. 4.000 untuk hari Senin hingga Sabtu. Sedangkan untuk hari Minggu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.

Jangan sampai Anda mengunjungitempat ini di hari Jumat karena hari tersebut museum libur. Selain tiket masuk museum, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk memarkir kendaraan yang dibawa.

Bagi Anda yang membawa kendaraan roda dua atau motor akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.500 dan mobil sebesar Rp. 3.000. Jika menggunakan mini bus akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 dan bus sebesar Rp. 10.000.

Spot Wisata

Spot Wisata di musium karst
foto: https://www.instagram.com/kylstha/

Museum Karst Wonogiri diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010. Berikut ini beberapa spot wisata yang menarik yang bisa anda nikmati.

1. Berfoto

Berfoto di musium karst
foto: https://www.instagram.com/ajandutz/

Museum Karst memiliki banyak benda-benda bersejarah yang indah dan cocok digunakan sebagai background foto.Anda bersama rombongan dapat berfoto ria dengan aneka ragam spot foto menarik.

2. Menambah wawasan tentang Karst

Menambah wawasan tentang Karst
foto: https://www.instagram.com/apriliakusuma17/

Sesuai dengan nama tempat wisata ini, museum karst menyimpan berbagai batuan karst yang begitu cantik. Aneka ragam karst yang ada di museum akan menambah wawasan Anda menjadi lebih luas berkenaan dengan karst tersebut.

Selain aneka ragam bentuk karst, Anda juga akan mengetahui mengenai kehidupan masyarakat yang tinggal di kawasan karst sejak zaman dahulu. Anda juga akan mengetahui mengenai berbagai gua yang dihasilkan dari bentukan batuan karst.

3. Panel- Panel LED

musium karst
foto: https://www.instagram.com/kopralbeny/

Museum Karst juga menyediakan panel-panel LED yang merupakan sarana audio visual dimana memudahkan anak-anak dalam memahaminya. Panel-panel LED yang terpasan disajikan lebih menarik yang menjelaskan mengenai gambar dan miniatur yang ada di museum.

4. Menikmati Perjalanan dalam Goa

wisata musium karst
foto: https://www.instagram.com/jemi_afrison/

Di area Museum terdapat gua asli yang berjumlah 7 yaitu Goa Micro, Goa Sapen, Goa Tembus, Goa Potro-Bunder, Goa Gilap dan Goa Sodong. Gua yang ada di dekat loket masuk yaitu Goa Tembus. Dinamakan Goa Tembus karena goa tersebut akan menembus i sisi belakang goa.

Lihat juga –> Cagar Alam Danalaya Wonogiri

Museum Karst dapat menjadi pilihan wisata keluarga. Tidak sekedar berwisata saja namun sekaligus menambah pengetahuan terutama mengenai karst.

Review Museum Karst

95%
Recomended
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.