Pesona Puncak B29 Negeri Di Atas Awan

Bukit / Puncak B29 dapat disebut sebagai puncak tertinggi yang terdapat di Lumajang. Dari atas puncak ada banyak tempat yang terlihat dengan jelas dari puncak tersebut. Mulai dari dataran lembah, gunung hingga pesona awan langit.

Harga Tiket Masuk Puncak B29

Harga Tiket Masuk Puncak B29
foto: https://www.instagram.com/rhean_miho/

Harga tiket masuk puncak B29 sebesar 5.000 IDR per orang. Tarif tersebut berlaku setiap hari baik pada weekday maupun weekend.

Selain tiket retribusi, pengunjung juga harus mengeluarkan biaya untuk kontribusi parkir. Besarnya tarif tersebut tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan.

Kunjungi Juga: Ranu Pane dan Sejuta Keindahan Alam Yang Menakjubkan.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Dan Rute Lokasi Puncak B29
foto: https://www.instagram.com/abyatourtravel/

Alamat dan rute lokasi dari puncak / bukit B29 terletak di Ds Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura, Lumajang, Jawa Timur. Meskipun secara geografis bukit tersebut terletak di Lumajang, namun tidak perlu melewati wilayah Lumajang.

Ada 3 buah rute jalan yang dapat membawa menuju puncak / bukit B29,yaitu Bromo, Jempang Bromo dan Lumajang itu sendiri. Ketiga jalur tersebut membutuhkan waktu selama berjam – jam.

Untuk rute dari Lumajang membutuhkan waktu selama ±2 jam. Dari pusat kota Lumajang, ambil arah yang menu lain ke Ds Argosari, Senduro. Setelah sampai di desa senduro, terdapat gerbang pintu masuk menuju ke bukit B29.

Tepat di depan gerbang, terdapat beberapa tukang ojek yang akan mengantarkan pengunjung ke puncak bukit. Tarif jasa ojek dibandrol mulai dari 50.000 IDR – 100.000. Tetapi jika pandai dalam melakukan tawar – menawar, dapat memperoleh harga yang jauh lebih murah.

Hanya sekedar tips untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke puncak bukit, terutama mobil. Sebaiknya gunakan jasa tukang ojek yang ada. Sebab kondisi jalan sangat ekstream dan terjang dengan tingkat kemiringan mencapai 70 derajat. Kondisi jalan juga penuh dengan batu – batuan gempur yang penuh dengan debu.

Untuk rute yang kedua adalah rute dari Bromo. Rute yang satu ini melalui kaki gunung Bromo. Kemudian ambil arah yang menuju ke kaki bukit B29. Setelah sampai di kaki bukit tersebut, perjalanan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Apabila terlalu malas untuk berjalan kaki menuju ke puncak, dapat memanfaatkan jasa tukang ojek. Jadi tidak perlu capek serta membuang tenaga hanya untuk tracking. Tracking ke puncak bukit jauh lebih melelahkan daripada berjalan kaki selama ±1 km.

Untuk rute yang terakhir adalah rute Jempang Bromo. Rute Jempang ini di tempuh dari arah gunung semeru. Dari gunung tersebut, ambil arah jalan yang menuju ke ranu pane. Kemudian ambil arah ke bukit jemplang. Dari perjalanan tersebut akan menjumpai gerbang pintu masuk bukit B29.

Setelah sampai di gerbang pintu masuk, harus melakukan tracking dengan waktu ±3,5 jam. Rute yang satu ini mungkin hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang baru saja hiking di puncak Gunung Semeru.

Dari ketiga rute tersebut, menawarkan jasa ojek menuju ke lokasi Puncak B29. Hal tersebut memang cukup aman dengan kondisi bukit yang mencapai kemiringan hingga 70 derajat. Tetapi bagi yang cukup berani, dapat menaiki motor langsung ke atas bukit. Di atas bukit pun telah disediakan fasilitas parkir yang akan menjaga keamanan motor.

Datang juga ke Menikmati Spot Wisata Gunung Semeru dan Puncak Mahameru.

Jam Buka

Jam Buka Puncak B29
foto: https://www.instagram.com/afri_scoot/

Destinasi wisata tersebut mempunyai waktu operasional selama 24 jam. Jadi dapat mengunjungi puncak tersebut kapan pun.

Meskipun dibuka seharian penuh, ada suatu moment yang terbaik untuk menikmati pesona sekitar bukit. Moment tersebut adalah pada saat fajar dan sore, tepatnya pada jam 04.00 WIB dan 15 WIB.

Jika melewati moment tersebut, dapat menyaksikan sensasi berada di puncak dunia. Biasanya pengunjung selalu terpukau dengan suasana sunrise serta sunset di laut maupun di bukit. Khusus untuk moment sunset dan sunrise di puncak tersebut diselimuti awan. Dengan kata lain moment sunset dan sunrise pun terjadi di atas awan.

Lihat juga: Wisata Gunung Bromo Lengkap Siap Temani Liburan Anda.

Spot Wisata Di Puncak B29

Spot Wisata Di Puncak B29
foto: https://www.instagram.com/richo_adtf/

Destinasi wisata yang dijuluki sebagai negeri di atas awan mempunyai spot – spot yang sangat mempesona. Inilah macam – macam spot wisata di puncak B29 :

1. Spot religi Tri padma mandala

Spot religi Tri padma mandala
foto: https://www.instagram.com/dienokw/

Untuk spot ini merupakan sebuah ritual penghormatan yang dilakukan secara rutin oleh penduduk setempat yang beragama Hindu. Ritual tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan kepada sang leluhur yang mendapat julukan sebagai Tri padma mandala. Pendahulu yang mendapat julukan tersebut adalah Eyang Sapu Jagat, Joko Niti dan Joko Noto.

Ritual yang diadakan secara terbuka membuat pengunjung dapat menyaksikan prosesi ritual tersebut. Meskipun ritual Hindu merupakan hal yang wajar, namun cukup menarik dijadikan sebagai wisata religi.

Datang juga ke Oro Oro Ombo Lumajang Hadirkan Kemegahan Puncak Gunung Semeru.

2. Spot Sunrise dan Sunset

Spot Sunrise dan Sunset puncak B29
foto: https://www.instagram.com/dienokw/

Spot yang satu ini merupakan spot favorit setiap pengunjung. Karena hanya di kawasan B29 dapat menyaksikan suatu fenomena alam langka, yaitu menyaksikan pesona sunrise dan sunset atas awan.

Fenomena langka itulah yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata Puncak B29 negeri atas awan ini. Pengunjung pun rela berbondong – bondong hanya sekedar menyaksikan fenomena alam yang memukau itu.

3. Camping di Bukit B29

Camping di Bukit B29
foto: https://www.instagram.com/andi.trimaulana20/

Bukan hanya pesona sunrise dan sunrise saja yang istimewa dari puncak tersebut. Moment camping / berkemah pun Menjadi hal yang sangat istimewa.

Biasanya suasana camping identik dengan hutan dan dikelilingi dengan pepohonan lebat. Tetapi tidak untuk camping di puncak ini.

Bukan sensasi alam hutan yang diperoleh ketika camping di atas bukit B29, namun pesona dari langit malam. Ketika malam hari, bukit akan diselimuti dengan langit malam dengan hiasan lautan bintang dan bulan.

View lautan bintang dan bulan di atas puncak B29 Lumajang pun terlihat sangat jelas. Dengan tidak ada benda apapun yang menghalangi pandangan ketika menyaksikan suasana lautan bintang dan bulan. Sensasi bermalam pun menjadi lebih istimewa dan terasa lebih dekat dengan langit.

4. Spot perkebunan luas

Spot perkebunan luas puncak B29
foto: https://www.instagram.com/ivansapuetra/

Selain menikmati suasana di atas bukit, pegunungan dapat mengeksplorasi perkebunan – perkebunan milik penduduk setempat. View dari atas perkebunan juga tidak kalah menarik dari pesona sunset, sunrise ataupun lautan bintang.

5. Memanjat pohon

Memanjat pohon di puncak B29
foto: https://www.instagram.com/ahmad.nadhori/

Pengunjung dapat pula menyaksikan pesona alam puncak B29 dari atas pohon. Untuk kondisi pohon di bukit tersebut sangat berbeda. Di tempat tersebut dapat memanjat pohon dengan mudah, bahkan hampir menggapai puncak pohon. Sebab tinggi bukit dan pohon hampir sama. Beberapa dahan pohon pun hampir sejajar dengan bukit.

6. Spot observasi puncak gunung

Spot observasi puncak gunung
foto: https://www.instagram.com/anwar_sahadad/

Dari atas bukit suasana aktivitas gunung terlihat sangat jelas. Ada 4 buah gunung sekaligus yang terlihat dengan cukup jelas dari puncak bukit B29. Gunung tersebut adalah Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Arjuna dan Gunung Kawi. Hal yang lebih istimewa, ketika gunung terlihat dalam kondisi aktif, semburan wewe gombel terlihat dengan jelas.

Selain spot tersebut, masih banyak lagi spot menarik lainnya yang disajikan di puncak B29. Fenomena alam langka pun juga dapat dinikmati dari atas bukit.

Review Puncak B29

100%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.