Ranu Klakah Lumajang Sensasi Spot Terindah

Ranu Klakah merupakan salah satu dari 36 objek wisata yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Banyak pendatang yang jatuh cinta dengan suasana di Ranu Klakah sehingga selalu menimbulkan keinginan untuk datang lagi dan datang lagi. Hal ini dikarenakan sensasi keindahan yang jarang ditemui di tempat-tempat wisata lainnya.

Sebenarnya, Ranu Klakah merupakan sebuah danau segitiga karena adanya tiga danau yang saling berdekatan yakni Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis. Selain dua danau besar, di sekitarnya juga terdapat 13 danau mar yang terisi air akibat vulkanis Gunung Lamongan.

Jika Anda selama ini tinggal di perkotaan dengan pekerjaan yang monoton, Anda pasti akan sangat betah dan ingin berlama-lama di sini. Pasalnya, disini, Anda bisa menikmati suasana burung yang saling bersahut satu sama lain, suasana danau yang tenang dan hening, dan berbagai fasilitas yang tersedia. Dengan berkunjung ke sini, Anda akan memiliki stok foto yang mengagumkan dan mengundang banyak like.

Jika Anda kebetulan sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak, Anda juga tidak perlu khawatir karena ternyata di sini ada banyak permainan yang akan disukai anak-anak. Di lokasi terdapat perahu, bebek-bebekan, getek dan aneka permainan anak-anak lainnya. Sementara bagi Anda yang dewasa, Anda bisa memancing disini tanpa takut ada buaya, karena disini bebas buaya.

Spot Wisata di Ranu Klakah

Spot Wisata di Ranu Klakah
foto: https://www.instagram.com/erwinhzidane/

Ada banyak spot-spot menarik di Ranu Klakah yang bisa Anda nikmati atau Anda lakukan. Selain itu, di lokasi ini juga disediakan berbagai fasilitas menarik kano, jetsky, speedboat, perahu angsa, rakit bambu tradisional serta area pemancingan.

Anda bisa berkunjung dengan solo traveling, atau bersama orang-orang tercinta lalu mengukir sejarah bersama.

1. Mencari Ikan

Mencari Ikan di Ranu Klakah
foto: https://www.instagram.com/rizkydanar/

Sebagai danau yang memiliki kedalaman 28 meter, di danau ini hidup berbagai jenis ikan misalnya ikan gabus, mujair, wader dan lain-lain.

Di bulan-bulan tertentu yakni sekitar bulan Juli dan Agustus, ikan-ian di Ranu Klakah banyak yang pingsan sehingga mudah diambil.Hal ini dikarenakan adanya kenaikan kandungan belerang atau dikenal dengan musim koyok.

Datang juga ke Wisata pantai Bambang yang sangat menarik untuk dikunjungi.

2. Menikmati Sunrise

Menikmati Sunrise Ranu Klakah
foto: https://www.instagram.com/fathin_istianatul/

Hal yang paling menarik untuk bisa dilakukan di sini yakni menikmati sunrise atau matahari terbit.

Dimulai dari langit yang tadinya berwarna gelap yang berubah menjadi biru, merah dan kuning keemasan dengan latar belakang Gunung Lamongan.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati siluet para nelayan, dan rimbunnya pepohonan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

3. Menikmati kuliner

Menikmati kuliner di Ranu Klakah
foto: https://www.instagram.com/rmasky/

Hal lainnya yang bisa Anda nikmati Ranu Klakah yakni sajian kulinernya yang perlu Anda coba. Di setiap pagi di danau ini Anda bisa mencicipi ragam menu ikan.

Atau, Anda juga bisa mencoba berkunjung ke danau lain seperti danau Pakis yang letaknya hanya 1 km saja. Disini banyak masyarakat yang memanfaatkan danau sebagai budidaya ikan air tawar.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berkunjung ke Danau Bedali sekitar 5 km dari Ranu Klakah. Di danau ini Anda bisa menikmati waktu santai di pendopo-pendopo kecil yang sudah disediakan. Ranu Bedali sendiri berada di ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut dengan luas 25 hektar.

Datang juga ke Ranu Bedali yang tak kalah indahnya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Ranu Klakah
foto: https://www.instagram.com/har1_setiawan/

Dengan pemandangan menakjubkan itu, ternyata harga tiket masuk Ranu Klakah Rp 3,000,00 saja bak hari-hari biasa maupun saat libur nasional maupun akhir pekan.

Sementara itu untuk jam bukanya, Anda bisa berkunjung kesana sekitar pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB. Murah sekali kan?

Kunjungi juga: Wisata Goa Tetes Lumajang.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Ranu Klakah
foto: https://www.instagram.com/rmasky/

Jika Anda hendak berkunjung ke sini, lokasi Ranu Klakah berada di Kecamatan Klakah, Lumajang atau sekitar 20 km dari utara kota Lumajang. Tempat ini berada di dataran tinggi yakni sekitar 900 meter dari permukaan laut serta memiliki luas sekitar 22 hektar dengan kedalaman 28 m. Di danau ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Lamongan dengan ketinggian 1.668 m dari permukaan laut.

Jika Anda berangkat dari Kota Lumajang, waktu tempuh yang diperlukan hanya sekitar 40 menit jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Tetapi jika Anda ingin berkunjung menggunakan bus umum, Anda bisa mengambil point dari terminal bus Surabaya atau Malang. Dari situ bisa dilanjutkan menuju terminal Wonorejo, terminal Klakah dan langsung menuju lokasi.

Sebagai informasi tambahan, Danau Ranu Klakah ini akan dijadikan sebagai venue cabor perahu dayung untuk PORPROV 2021. Adanya tujuan tersebut tentu akan berimbas baik untuk pariwisata di Lumajang khususnya di tempat ini. Hal ini dikarenakan secara fasilitas dan infrastruktur pemerintah setempat tentu akan memperbaikinya menjadi lebih baik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Ranu Klakah yang ada di Lumajang, Jawa Timur. Semoga bermanfaat.

Review Ranu Klakah

95%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.