Telaga Claket Tempat Wisata Wajib Dikunjungi

Telaga Claket adalah salah satu objek wisata yang ada di Wonogiri, Jawa Tengah. Telaga ini mulai terkenal sejak foto-fotonya beredar di media sosial. Banyak yang bilang tempat ini mirip dengan Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru, Jawa Timur.

Telaga Claket sepintas memang terlihat seperti Ranu Kumbolo. Telaga yang jernih berada berdampingan dengan bukit nan hijau. Bukit ini diberi nama bukit Widodari.

Untuk mencapai puncak bukit ini pun cukup mudah. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki selama beberapa menit saja. Dari puncak bukit ini akan terlihat keindahan telaga Cleket.

Karena letaknya yang dekat dengan telaga biasanya pengunjung yang berwisata ke telaga ini menyempatkan waktu juga untuk berjalan mencapai puncak bukit. Berfoto di atas bukit tentu akan menciptakan keindahan yang berbeda kala berfoto di telaga.

Harga Tiket Masuk Telaga Claket

Harga Tiket Masuk Telaga Claket
foto: https://www.instagram.com/fisca_fauziah/

Setiap pengunjung dikenakan harga tiket masuk Telaga Cleket. Untuk bisa menikmati keindahan tempat ini pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang. Harga yang termasuk murah untuk berlibur bukan?

Harga tiket tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Selain itu ada beberapa tempat spot foto instagramable yang bisa digunakan sebagai background foto pengunjung. Untuk bisa berfoto di spot itu pengunjung dikenakan biaya tersendiri.

Disarankan ketika berkunjung, wisatawan membawa botol minum serta tempat makan sendiri. Agar tidak banyak sampah yang berserakan di tempat ini.

Mengingat biaya tiket masuk yang tidak mahal, maka diharapkan setiap pengunjung menjaga kebersihan dan keamanan tempat ini. Bentuk nyatanya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Telaga Claket
foto: https://www.instagram.com/villapitaloka/

Lokasi Telaga Claket berada di Wonogiri, Jawa Tengah. Tepatnya alamat dan rute lokasi telaga ini adalah di desa Sendang Ijo, Kecamatan Selo Giri, Kabupaten Wonogiri. Telaga ini dekat dengan Bendungan Colo.

Jika dari pusat kota Solo membutuhkan waktu sekitar 60 menit perjalanan. Banyak pengunjung yang datang ke lokasi ini untuk menikmati keindahannya.

Wisata Telaga Claket Wonogiri

Wisata Telaga Claket Wonogiri
foto: https://www.instagram.com/alfanisaew/

Banyak hal yang bisa dilakukan saat wisata di Telaga Claket Wonogiri. Mulai dari rekreasi bersama keluarga di sekitar pinggir telaga hingga melakukan foto pre-wedding. Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, bisa menghabiskan waktu dengan duduk-duduk santai dipinggir telaga.

Bagi yang ingin mencoba tantangan bisa mencoba naik gethek keliling telaga. Selain itu bisa pula mencoba tracking menuju puncak bukit Widodari yang ada di sekitar telaga.

Bagi sepasang kekasih, tempat ini sering juga digunakan sebagai tempat foto pre-wedding. Hal ini tak lepas dari keindahan alam yang disajikan oleh tempat ini. Pada musim-musim tertentu, bunga warna-warni akan mulai bermekaran menambah keindahan tempat ini.

Satu hal yang pasti wajib dilakukan adalah berfoto sebanyak-banyaknya. Karena dari sudut pengambilan gambar tertentu tempat ini persis seperti Ranu Kumbolo. Sehingga seringkali disebut sebagai miniature Ranu Kumbolo.

Telaga Claket perlahan tapi pasti menambah list objek wisata yang bisa dikunjungi di Jawa Tengah. Pemerintah setempat pun terlihat terus berusaha mengembangkan tempat ini. Agar tempat ini bisa menjadi tujuan wisata nomor satu di Wonogiri.

Peran serta masyarakat pun turut berpengaruh atas ketenaran tempat ini. Masyarakat setempat terus menjaga dan mengelola tempat ini agar semakin layak dikunjungi. Dan peran serta pengunjung dengan menyiarkan keindahan tempat ini di media sosial mereka.

Kini berkunjung ke Wonogiri tak melulu berbicara tentang bendungan. Ada sudut keindahan yang terselip diantaranya. Telaga Claket jawabannya.

Review Telaga Claket

95%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.