7 Tempat Wisata Anak di Solo Yang Asik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata anak di Solo – Surakarta adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Karena banyaknya peninggalan sejarah yang berbau kebudayaan, kota ini sering juga disebut dengan kota Budaya. Hal ini juga didukung oleh banyaknya bangunan-bangunan tua yang kaya akan nilai sejarah yang tinggi.

Selain menarik dari segi budaya, kota ini juga berbatasan langsung dengan beberapa destinasi wisata menarik. Seperti Boyolali, Klaten dan Pacitan yang sangat identik dengan pantai yang indah. Tidak ketinggalan dengan hal tersebut, kota Solo juga menyediakan berbagai destinasi wisata anak yang bisa anda kunjungi.

Meskipun belum banyak diketauhi oleh khalayak umum. Beberapa tempat wisata ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tujuan wisata bersama anak dan sanak saudara. Nah bagi anda yang sedang berada dikawasan tersebut. Tidak ada salahnya untuk mencoba tempat-tempat menarik di Surakarta yang belum pernah anda kunjungi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tempat wisata keluarga di Solo.

Wisata Anak di Solo Terbaru

Berikut daftar lengkap wisata anak solo yang kami rekomendasikan untuk anda:

1. Pandawa Water World

wisata anak di solo
foto: https://www.instagram.com/evanputra5/

Tempat wisata pertama yang bisa anda kunjungi adalah pandawa Water World yang terletak di jalan Cernaya Raya, Solo Baru. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi keluarga yang unik dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata untuk keluarga. Tempat ini sangat sesuai karena wahana yang disuguhkan cocok untuk semua kalangan baik dari anak-anak hingga dewasa.

Di tempat ini anda juga bisa merasakan deburan ombak seperti di pantai dengan wahana yang disebut ombak pantai.

Selain itu masih banyak pula wahana menarik yang bisa anda kunjungi. Nah bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, anda bisa berkunjung setiap hari. Jika anda berkunjung pada hari biasa yaitu hari senin sampai jum’at. Anda bisa berkunjung mulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 dengan harga tiket sebesar Rp 8.000 saja.

Namun jika anda berkunjung pada akhir pekan atau hari libur. Anda bisa berkunjung lebih pagi mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dengan biaya Rp 10.000 per orang.

Dengan harga tersebut, anda bisa menikmati lebih dari 40 wahana sehingga sangat terjangkau untuk berwisata keluarga. Selain dilihat dari segi wahana, tempat wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas menarik dan lengkap seperti dokter yang siaga di setiap permainan anak.

Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, masih terdapat berbagai fasilitas lain yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung.

Datang juga ke Tempat Makan di Solo yang mempunyai spot hits dan harga murah.

2. Naik Kereta Api Uap Jaladara Solo

wisata keluarga di solo
foto: https://www.instagram.com/novian_rf_daop6yk/

Menaiki kereta api uap jaladara juga merupakan salah satu objek wisata anak di Solo yang harus anda kunjungi. Kereta api bahtara ini merupakan satu-satunya kereta uap di Solo yang saat ini dijadikan sebagai kereta wisata.

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi anak karena mereka dapat mengetahui kereta yang digunakan pada zaman dahulu dengan berbagai sistemnya. Kereta ini dijalankan dengan bahan bakar berupa kayu bakar sehingga menghasilkan uap guna menggerakkan kereta.

Tempat wisata anak di Solo menyediakan beberapa jalur wisata yang biasa digunakan. Adapun jalur yang digunakan untuk kereta wisata ini bermula dari stasiun Purwosari, kota Solo hingga melewati Jalan Slamet Riyadi.

Kereta ini memiliki dua gerbong kereta yang mampu menampung hingga 72 penumpang dengan kecepatan yaitu 50 km setiap jamnya. Jadi dengan menaiki kereta tersebut anda bisa berkeliling kota Solo dan menikmati keindahan kota yang masih alami dengan pohon-pohon hijau yang masih rimbun.

3. Berkeliling Dengan Bus Wisata

tempat bermain anak di solo
foto: https://www.instagram.com/soloindonesia/

Kota ini menyediakan berbagai cara dalam  memfasilitasi pengunjung agar dapat berkeliling kota Solo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kereta wisata yang khusus digunakan untuk berkeliling kota Solo. Bahkan perlu anda ketahui bahwa kereta tingkat werkudara adalah bus wisata pertama yang berada di Indonesia. Bus ini mulai dioperasikan pada bulan Januari tahun 2001 lalu.

Salah satu fasilitas wisata di Solo ini akan mengajak anda berkeliling destinasi-destinasi wisata di Solo. Seperti Keraton Surakarta, Mangkunegaran, Laweyan dan beberapa tempat menarik lainya. Untuk menaiki bus tersebut anda bisa memesan tiket satu hari sebelum keberangkatan dengan membayar DP minimal 25 persen. Adapun tiket tersebut bisa anda dapatkan melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika yang bertempat di  Jl Menteri Supeno Nomor & Manahan Solo.

Untuk harga tiket ini juga sangat terjangkau karena anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 saja untuk perorangan. Bagi anda yang ingin menyewa bus ini untuk berbagai keperluan. Bisa juga dengan membayar biaya sebesar Rp 800.000 setiap tiga jam. Dengan adanya bus wisata tersebut, diharapkan setiap wisatawan mendapatkan kenyamanan untuk mengelilingi kota Solo.

4. Taman Balekambang Solo

obyek wisata anak di solo
foto: https://www.instagram.com/braarumkusumopradapa/

Bagi anda yang sedang mencari  wisata  ramah anak di Solo, tempat ini dapat dijadikan sebagai solusi. Taman ini berada di Jl Balekambang no 1 Solo. Dengan luas sekitar 10 hektar, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menarik dengan lingkungan yang hijau, bersih dan Asri.

Anak-anak dapat bermain di area yang luas dan bersih serta suasana yang masih sangat sejuk. Selain itu, untuk menikmati kesejukan tersebut, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena tiket  masuk yang murah meriah.

5. Wisata Sejarah di Keraton Solo

wisata ramah anak di solo
foto: https://www.instagram.com/reza_novriza/

Nah jika sebelumnya merekomendasikan tentang wisata anak yang ramah. Keraton  Solo ini sangat cocok sebagai wisata edukasi anak di Solo Raya. Keraton ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi sehingga sangat cocok sebagai media edukasi anak-anak

. Dari segi bangunan, ornamen, dan berbagai peninggalannya kita dapat mengetahui kehidupan sejarah yang terjadi di masa lampau.

6. Taman Sriwedari

wisata edukasi anak di solo
fott: https://www.instagram.com/yudhikurniawans/

Tempat bermain anak di Solo yang perlu anda kunjungi selanjutnya adalah Taman Sriwedari. Selain cocok digunakan untuk bermain anak, tempat ini juga menyediakan wisata sejarah.

Hal ini karena pada zaman dahulu taman yang terletak di kecamatan Lawijayan in merupakan tempat rekreasi keluarga kerajaan pada masa itu.

7. Wisata Kampung Batik Kauman

tempat bermain anak di solo terbaru
foto: https://www.instagram.com/aankhosihan/

Setelah berkeliling kota Solo, ada baiknya untuk menutup perjalanan wisata anda dengan mengunjungi  Kampung Batik Kauman. Di kampung ini, anda bisa melihat berbagai jenis batik khas Solo sekaligus berbelanja oleh-oleh batik khas Surakarta ini. Pusat Batik ini terletak di Jl Trisula, Kauman. Banyak memproduksi batik berwarna terang serta motif yang lebih banyak dari batik jenis Jogja dan Pekalongan.

Nah bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini. Tidak perlu khawatir karena letaknya sangat strategis dan berada di kawasan jalan protokol. Seperti Jl Rajiman, Jl Nonongan yang sangat mudah untuk diakses.

Peta Wisata Anak Solo

Review Sebeumnya: 6 Tempat Wisata Anak di Semarang yang menyenangkan.

Tempat Wisata Anak di Solo memberikan keunikan tersendiri sehingga anda bisa mengunjungi tempat yang sesuai dengan keinginan anda. Dari beberapa rekomendasi diatas. Anda bisa memilih tempat-tempat sesuai dengan jenisnya seperti tempat bermain bersejarah, ramah lingkungan dan lain sebagainya.  Yang pasti, kota Solo merupakan salah satu daerah yang menyimpan banyak destinasi menarik yang layak untuk anda kunjungi.

Review Wisata Anak di Solo

80%
  • Keindahan Wisata
  • Fasilitas Wisata
  • Akses menuju Lokasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.