18 Tempat Wisata di Bantul Terbaru

Tempat wisata di Kota Bantul memang sangat banyak dan lengkap. Dimana, Anda bisa melihat keindahan pantai dengan pesona matahari terbit dan senja yang tidak akan pernah bisa Anda lupakan. Selain itu, makanan tradisional disajikan di hampir semua pasar tradisional tampak sangat nikmat untuk disantap.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, ke arah Bantul dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi. Ada kereta api, bus, dan pesawat terbang yang bisa Anda pilih. Kemudian, Anda bisa menggunakan bus kecil yang menghubungkan terminal giwangan ke terminal bantul dan beberapa daerah.

Bantul sudah ramah dengan beberapa penginapan. Mulai dari hotel berbintang hingga homestay yang nyaman. Menuju berbagai objek wisata akan ditemani dengan hijaunya sawah-sawah yang menghadirkan kesejukan. Suasananya pun tampak tenang dan damai. Direkomendasikan, sangat direkomendasikan sebagai tempat liburan.

Dalam perkembangan sejarahnya, Kabupaten Bantul menjadi satu kesatuan kerajaan mataram yang akhirnya harus pecah menjadi Yogyakarta dan Surakarta. Setelah dibagi ini, Yogyakarta membagi wilayahnya menjadi tiga kabupaten.

Wilayah baru ini bernama kabupaten Bantul Karang yang ditetapkan pada tanggal 20 juli. Dan, tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai hari jadi kabupaten Bantul. Pada zaman penjajahan, jenderal soedirman pernah memimpin perang gerilya pada tahun 1948. Di mana, beliau bersama para pejuang mulai dari wilayah Bantul.

1. Pantai Parangtritis

tempat wisata di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/finalsnaps/

Alamat: Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 24 Jam

Informasi Harga:

  • Tiket Masuk Rp 10.000
  • Parkir Mobil Rp 5.000
  • Parkir Motor Rp 2.000
  • Naik Delman Rp 20.000 per putaran
  • ATV Rp 100.000
  • Sewa Tikar Rp 10.000

Objek wisata di Bantul Yogyakarta ini memang menjadi kunjungan wisata wajib yang tidak boleh dilupakan untuk kunjungan. Kami datang sebagai wisata klasik, karena pantai parangtritis sejak dulu masih menyandang status ikon wisata kota yogyakarta.

Saat ini, parangtritis sudah berkembang pesat. Tidak hanya memiliki mitos tentang ratu nyi roro kidul dan kaos hijaunya yang terbantahkan oleh proses ilmiah bernama palung laut. Ada pula beberapa wahana yang menarik untuk dicoba seperti naik delman istimewa, ATV, naik jeep, bermain layang-layang, dan permainan anak-anak mulai dari kolam renang mini, ayunan, perosotan.

Pantai ini tidak hanya digunakan untuk melihat senja yang tenggelam saja. Melainkan, gunakan para keluarga untuk duduk bersama, bawa bekal, bawa bantal, dan nikmati sejuknya udara di pagi hari.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati berbagai macam jajanan yang dijual di bibir pantai. Mulai dari camilan khas terdiri walang goreng, hingga aneka seafood tersaji di sini. Pesona terakhir yang bisa Anda nikmati adalah air terjun air tawar yang turun dan bermuara ke lautan.

2. Puncak Becici

wisata Bantul
Foto: https://www.instagram.com/Objek_Wisata_Jogja/

Alamat: Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 08:00 – 00:00

HargaTiket Masuk: Gratis, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000, Gardu Pandang Rp2.000, Perjalanan Rp 5.000.

Beberapa tahun yang lalu, objek wisata gempar dan heboh dengan kabar kedatangan mantan presiden Amerika, Barack Obama yang tampak takjub melihat keindahan Puncak Becici. Setelah kejadian viral tersebut, kawasan ini semakin berkembang dan semakin meningkat.

Tempat wisata baru di Bantul ini memiliki pohon pinus yang menjulang tinggi. Keindahannya benar-benar mengesankan, memberikan keteduhan dan kenyamanan yang tidak bisa mendukung. Disini, ada gardu yang digunakan oleh wisatawan untuk selfi-selfi.

Selain itu panorama hijau dari deretan pepohonan yang berjajar rapat menjadi pemandangan sempurna. Selain itu, gunung-gunung yang menjulang tinggi dapat Anda nikmati dan merapi. Elok nian pesona ini ditambahkan, pada saat senja datang.

Bila Anda Beruntung, Anda bisa menikmati garis pantai. Itulah pesona pantai selatan yang menambah keelokan kawasan ini. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah tempat tidur gantung. Atau, nikmati susu di malam hari dengan memancing. Namun, Anda harus membawa peralatannya sendiri dari rumah.

Bagi kamu yang terkesan dengan kawasan ini, kamu bisa memanfaatkannya dan digunakan sebagai lokasi prewedding. Banyak yang sudah membuktikan keindahan tempat ini.

3. Seribu Batu Songgo langit

Wisata di Bantul Yogyakarta
Foto: https://www.instagram.com/dwi_attha/

Alamat: Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 08:00 – 18:00

Harga Tiket Masuk: Rp 2.500, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp 2.000, Flying Fox Rp 25.000.

Masih di kawasan mangunan, di mana Anda juga masih disuguhkan dengan pesona pinus. Namun, perbedaannya adalah seribu batu songgo langit memiliki panorama dan wahana yang berbeda dari yang lain. Salah satunya adalah kuliner jajanan yang bisa dinikmati.

Wahana flying fox pun siap membantu adrenalin Anda. Walau, wahana ini hanya diperuntukkan untuk anak-anak saja.Dari sisi spot foto, jangan ditanya lagi. Ada banyak sekali tempat yang bisa menguntungkanmu. Jadi, untung untung kalau pergi ke tempat ini jangan bawa kamera jahat kamu.

Ada ayunan romantis, jembatan selfie, rumah hobbit, rumah adat, rumah negeri dongeng, dan panggung hiburan yang dibuat dari alam. Di sini, Anda juga dapat melihat gardu yang menjadi alasan kawasan ini disebut dengan songgo langit.

Namun, untuk menikmati gardu ini, Anda harus berjalan kurang lebih 1 kilometer atau 30 menit lamanya. Menyusuri hutan pinus dengan rute yang cukup menguras tenaga. Namun, setelah sampai di lokasi, semua rasa lelah ini akan hilang seketika.

Keunikan dari seribu batu songgo langit adalah batu besar yang konon katanya adalah batu dari letusan gunung merapi yang terlontar hingga ke tempat ini. Entah benar atau tidak, batu besar ini cukup ikonik.

4. Watu Lumbung

objek wisata di Bantul
foto: https://www.instagram.com/eiinafiati/

Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 08:00 -00: 00

HargaTiket Masuk: Gratis

Obyek wisata di Bantul terbaru ini menghadirkan panorama menawan pantai parangtritis bila dilihat dari atas ketinggian. Pepohonan hijau seakan menyapa Anda saat tiba di kawasan ini. Memberikan kesaksian tentang tempat ini layak untuk Anda jadikan alternatif wisata bersama orang tercinta.

Tidak hanya tentang wisata alamnya saja, tetapi Anda juga disuguhkan dengan wisata edukasi yang berisi perpustakaan kecil dan sederhana namun, dengan buku bacaan yang luar biasa. Ada pula program menanam pohon atau cara memasak bisa Anda nikmati di tempat ini.

Panorama terbagi saat sakit hari, di mana Anda bisa menikmati sajian teh hangat dan gorengan. Kemudian, matahari mulai dimulai salam perpisahan. Sungguh langit bantul saat ini sangat menakjubkan. Hanya saja, langit kota ini lebih sering ditutup.

Setiap hari jumat kawasan watu lumbung akan menyajikan musik akustik. Bagi Anda yang hobi menyanyi juga bisa ikut dalam nada lantunan yang dipetikkan melalui gitar. Menariknya lagi, kamu bisa memanfaatkan area camping ground yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Di sini pula, Anda bisa memasang peralatan berkemah yang sudah sangat lengkap.

5. Pantai Pandansari 

obyek wisata di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/ayodya_narutama/

Alamat: Ds, Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 08:00 – 20:00

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000

Wisata hits di Bantul ini memiliki satu ciri khas yang tidak dimiliki oleh beberapa pantai di wilayah Bantul. Adanya mercusuar yang menjulang tinggi seperti mengundang, mercusuar yang ada di pantai baron.

Tingginya mencapai 30 meter. Jika, Anda berjuang, Anda bisa naik ke atas dan melihat megah dan indahnya pantai pandansari. Sampai saat ini menara suar masih digunakan dan digunakan sebagai penanda serta pemandu bagi para nelayan yang sedang berlayar.

Tidak jauh dari menara mercusuar ini, Anda bisa menikmati buah naga yang dikelola oleh warga sekitar. Dimana, kamu bisa memetik sekaligus memasaknya.

Kesegarannya, bisa dibuat buah tangan. Keunikan lain yang bisa Anda nikmati adalah hamparan pepohonan cemara laut yang berjajar kesana-kemari, menghadirkan kesejukan dari angin yang seakan tidak terhenti berhembus.

Datang juga ke –> 16 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru

6. Kampung Batik Giriloyo

Tempat Wisata di Daerah Bantul
Foto: https://www.instagram.com/Widhiartati/

Alamat: Jl. Imogiri, Dusun Karangkulan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Berawal dari rasa takut akibat gempa yogyakarta 2006 lalu. Masyarakat giriloyo pun kembali dari rasa mereka untuk kembali membuat batik.Dimana, saat ini mereka memiliki 12 kelompok batik yang bisa kamu kunjungi.

Berbagai motif bisa kamu lihat mulai dari wahyu tumurun, parang srimpi, sido mukti, sido luhur dan udan liris. Berbagai motif ini memiliki makna sendiri-sendiri.Jadi, kamu bisa memilih makna yang mungkin, bisa dilihat sendiri.

Pewarna yang digunakan adalah pewarna alami. Seperti, mahoni, buah jelawe, daun mangga, dan masih banyak lagi. Untuk harga batiknya sendiri sudah cukup murah mulai dari 40 ribu rupiah saja kamu sudah bisa mendapatkan.Kualitas terjamin dan tidak mudah luntur.

7. Goa Selarong

Tempat Wisata Alam di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/afnieku/

Alamat: Watu Gedog, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga Tiket Masuk: Rp 7.000

Kawasan ini sudah terkenal sejak zaman dahulu. Lantaran menjadi benteng pertahanan pangeran diponegoro. Oleh karena itu, tak heran jika kamu bisa melihat patung yang diletakkan di gapura.

Goa ini sendiri berada di perbukitan kapur yang memiliki ketinggian kurang dari 35 meter. Di samping kanan dan kirinya, kamu bisa melihat pepohonan yang tumbuh berjajar.Menghadirkan panorama nan elok.

Untuk mencapai tujuan, kamu harus berjalan kurang lebih 400 meter dengan melewati anak tangga terlebih dahulu. Keunikan lain dari goa ini hadir air terjun walau, hanya bisa kamu nikmati saat musim.penghujan saja.

Di sampingnya, ada pula mata air atau sendang. Manik moyo dan Umbul moyo yang airnya sangat segar bila dibutuhkan kulit. Tersebar mitos yang berkembang saat malam jumat kliwon dan selasa kliwon. Disini, kamu bisa mendengar suara gamelan.Satu larangan keras untuk pengunjung adalah, tidak menggunakan tempat ini karena pesugihan karena, bisa terjadi malapetaka yang besar akan menimpa.

8. Tirta Tamansari

Tempat Liburan di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/endy_mamahe_qaireen_zafran/

Alamat: Jl. Pramuka No.30, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 07:00 – 18:00

HargaTiket Masuk: Rp 10.000

Tempat liburan di Bantul ini adalah kolam yang memiliki luas kurang dari 1,5 hektar dengan pepohonan yang menjulang tinggi, membuat kamu bisa merasakan bagaimana pesona kawasan ini.

Konon katanya, kolam renang ini dibangun pada tahun 1987 dan sudah sejak lama menjadi kawasan wisata penduduk bantul. Ada 3 kolam yang bisa kamu manfaatkan di sini. Dua kolam dewasa dengan tinggi mencapai 1,2 meter dan satu untuk anak-anak dengan tinggi 50 cm. Airnya sangat bersih dan super jernih membuat siapa pun akan betah berlama-lama di sini.

Beberapa permainan bisa kamu lompat seperti ember tumpah, slider, dan busa sabun yang siap menghadirkan keceriaan maksimal. Ada pula fasilitas outbond seperti flying fox yang sudah siap memacu adrenalin kamu. Di tempat ini tersedia food court yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli minuman.

9. Bukit Lintang Sewu

Tempat Menarik di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/explorealamjogja/

Alamat: Karang asem muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: 07:00 – 00:00

Harga Tiket Masuk: Rp 2.500

Bantul memang memiliki berbagai macam perbukitan yang mengesankan dan pesona yang cukup mengesankan. Tempat wisata menarik di Bantul ini, paling menarik jika kamu berkunjung saat malam hari.

Lampu tampak seperti bintang-bintang yang membuat kamu enggan untuk membuatnya. Hamparan pohon pinus dan pepohonan putih menjadi pemandangan yang berbeda.

Selain itu, ada pula burung alap-alap yang kadang-kadang melintas dan berdiri di atas pohon. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan jajaran pendaratan yang sangat menawan. Mulai dari sumbing, menoreh, merapi, serta merbabu.

Saat sakit hari kamu bisa menghampiri pesona matahari terbit yang cantik dan membuat rindu hadir seketika begitu saja. Lalu, kamu juga bisa menikmati area rekreasi dan taman untuk melihat keindahan yang lebih indah.

Jangan lupa bawa kamera jahatmu, karena ada banyak spot-spot yang cantik bisa kamu dapatkan. Seperti, rumah pohon dan bintang mini yang membuat hasil fotomu akan lebih terpancar.

10. Pabrik Gula Madukismo

tempat wisata anak di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/

Alamat: Desa Padokan, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka:

  • Senin – Kamis 07:30 – 15:00
  • Jumat – Sabtu 07:30 – 11:30

Harga Tiket Masuk: Rp 7.000

Pabrik gula ini dibangun pada tahun 1955. Pernah dihancurkan dan dibangun kembali oleh sultan hamengkubuwono IX. Saat ini pabrik menjadi kawasan wisata yang memang mengesankan.

Kamu bisa naik kereta yang ditarik menggunakan loko uap. Ingin melihat pembuatan gula dari tebu hingga jadi? Kamu bisa datang pada bulan mei sampai september dimana, proses penggilingan bisa kamu lihat. Ada juga ritual cembengan.

Ritual ini, kamu bisa melihat kirab tebu dengan menari jathilan, dan wayang kulit semalam suntuk. Kamu juga bisa melihat jembatan sungai kwai seperti di thailand lho. Nikmati berbagai macam peralatan penggilingan tebu yang masih digunakan hingga saat ini.

Kunjungi juga –> 20 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru

11. Tebing Watu Mabur

Tempat Foto di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/jogja.istimewa/

Alamat: Lembah Bang Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Suka foto selfie dan unggah di media sosial? Mungkin objek wisata ini bisa kamu jadikan tempat untuk memanjakan diri.Ada banyak tempat yang bisa kamu manfaatkan. Tidak hanya itu saja, pemandangan menawan juga bisa kamu dapatkan di sini. Seperti, sawah terasering, sungai oyo yang memiliki air berwarna hijau.

Nama watu mabur sendiri diambil dari waktu yang berarti batu, mabur yang berarti terbang. Terbang, berada di sini kamu seperti terbang dengan bebatuan yang cukup tinggi.

Waktu yang paling tepat menuju tempat wisata ini adalah pagi hari. Dimana, pesona matahari terbit bisa kamu nikmati dengan jelas. Perlahan tapi pasti, sang fajar menampakkan sinarnya. Jika sakit hari, memang tidak bisa melihat matahari terbit, tapi pemandangan langitnya membuat kamu enggan pulang. Langit berubah menjadi oranye.

Jangan lupa pula goa gajah yang masih ada di kawasan tebing watu mabur. Karena goa gajah karena, pintu masuknya yang sangat besar seperti gajah.

12. Galaxy Waterpark

Tempat Wisata keluarga di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/galaxywaterpark

Alamat: Jl. Wonosari Km. 6, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 07:00 – 17:00

HargaTiket Masuk: Rp 30.000

Satu lagi tempat di Bantul yang wajib kamu kunjungi. Dimana, panoramanya menawan hati. Sungguh, hanya taman air dan kolam renang. Namun, sudah cukup memberikan keseruan maksimal.

Tema yang digunakan sesuai dengan namanya adalah galaksi dan antariksa. Oleh karena itu, tidak heran jika kamu bisa melihat beberapa roket-roket di taman air. Luas kawasannya kurang lebih 2,5 hektar, menyediakan berbagai macam wahana permainan.

Ada 3 kolam yang bisa dinikmati, mulai dari balita yang memiliki tinggi 50 cm, serta kolam untuk para remaja dan dewasa yang memiliki tinggi 1 meter. Diantara dua kolam ini, sudah disediakan slider atau perosotan mulai dari 2 meter hingga 10 meter. Ada dua jenis slider yaitu menggunakan ban dan meluncur langsung melalui pipa-pipa. Untuk kolam balita ditambah dengan ember tumpah, percikan udara, pipa, dan jembatan tali.

Selanjutnya, kamu bisa menikmati area kolam arus dengan menyiarkan seluruh taman udara, arema flying fox dengan tinggi 15 meter dan 80 meter yang bisa dinaiki 2 orang.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan fasilitas wifi gratis, mushola, dan masih banyak lagi. Galaxy waterpark juga menerima reservasi acara seperti gathering dan lain-lain. Coba datang di hari minggu, kamu akan dihibur dengan penampilan band-band lokal yang akan menghentak seluruh isi waterpark.

13. Jurang Tembelan

Tempat Wisata Alam di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/cashinjaplin/

Alamat: Desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Rp 3.000

Bantul memang memiliki segalanya soal perbukitan. Dimana, ada wisata bernama jurang tembelan yang bisa kamu kunjungi dan dinikmati dengan panorama perbukitan hijau nan mengesankan.

Ada tanjakan sewu dan sungai oyo yang siap menghadirkan keindahan untuk mendapatkanakan mata kamu. Gardu pandangnya menjadi daya tarik utama wisata ini.Selain itu, ada banyak foto tempat selfie yang bisa juga kamu temukan.

Ada yang berbentuk seperti perahu raksasa yang menjadi ikon dari jurang tembelan. Bila berkunjung di atas pukul 10, kamu bisa melihat kabut-kabut tipis mulai berdatangan.Membawa panorama baru yang mengasyikkan.

Di dekat area ini, kamu juga bisa menikmati beberapa menu makanan khas. Karena, sudah ramahnya warung-warung yang siap naikakan kamu.

14. Watu Amben

Tempat Wisata malam di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/wonderfulljogja/

Alamat: Jl. Dlingo – Patuk, Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Gunung tidak jauh dari bukit bintang dan menjadi bagian dari gunung seribu yang ada di Gunung kidul. Watu amben sendiri memiliki arti batu yang mirip tempat tidur. Saking luasnya, batu yang biasa digunakan untuk selfie ini disebut dengan tempat tidur.

Sebelum menjadi kawasan wisata, tempat ini dulu digunakan sebagai kawasan mencari rumput. Pemandang hijau yang akan memanjakan mata kamu tersaji di depan mata. Sungguh indah nian alam bantul yang seakan tidak pernah ada habisnya.Jajaran gunung seperti merbabu, merapi, dan sumbing bisa jadi alasan kuat mengapa kamu wajib kesini.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata alam di bantul ini cukup lengkap mulai gazebo yang dibangun khusus buat kamu tenang. Nah, waktu yang paling tepat untuk dikunjungi objek wisata ini adalah malam hari.Dimana, kamu bisa menyaksikan panorama bintang-bintang yang indah dan memanjakan mata itu

15. Pantai Baru

daftar pantai di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/saskiaadean/

Alamat: Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: 07:00 – 18:00

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000

Tempat wisata alam di Bantul ini merupakan pantai yang tidak kalah menawannya dari kawasan pantai di gunung kidul.Sayangnya, pamor pantai baru masih kalah dengan depok dan parangtritis.

Konon katanya, pantai baru menjadi tempat pertapaan keluarga keraton. Sampai saat ini petilasannya masih ada dan dikeramatkan oleh beberapa warga dan pihak pengelola.Luas kawasannya mencapai 4000 meter persegi.

Ada pula wisata edukasi, di mana kamu bisa melihat pembuatan biogas yang dimanfaatkan dari kotoran hewan. Tersedia pula kincir angin yang dapat digunakan menjadi tenaga hybrid.Ada pula panel surya yang biasa digunakan untuk tenaga matahari.

Kamu juga bisa melihat teknologi aquaponik yang memanfaatkan kolam ikan air tawar. Ikon yang bisa kamu sukai adalah patung hiu tutul dan harimau. Biasanya di hari minggu, kamu akan disuguhkan dengan penampilan live musik.

Fasilitas lain yang bisa kamu rasakan adalah fasilitas hadir ATV, rimbunnya pohon-pohon cemara. Atau kamu juga bisa meminjam karpet dan menikmati sejuknya semilir angin pantai baru.

Lihat juga –> 25 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru Yang Paling Anda Nantikan

 

16. Pantai Baros

tempat wisata terbaru di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/Monica_alfi/

Alamat: Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Nama pantai baros mungkin belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Namun, keindahannya tidak kalah dengan kawasan pantai yang lain. Dimana, memiliki keistimewaannya sendiri yang kawasannya menjadi satu dengan hutan bakau.

Tempat wisata di bantul ini memiliki pasir putihnya bisa membuat kamu lupa. Selain itu, kawasan hutan bakau yang sangat sejuk, segar dan masih nyaman alami. Semilir angin seakan tidak pernah berhenti berhembus. Inilah Sejarah. Banyak wisatawan selalu datang dan pergi ke kawasan ini.

Jangan lupa bawa kamera jahat kamu. Karena, pesona pohon bakau dan burung-burung yang sedang bersantai di atas pohon bisa jadi tempat yang tidak bisa dilupakan.

Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati di pantai baros adalah camping ground yang sudah disediakan. Kami bisa pula menikmati malam dengan api unggun yang syahdu dan romantis bersama dengan bintang malam yang elok dilihat.

 

17. Puncak Sosok

Wisata di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/eksotika_jogja/

Alamat: Jambon Rt.04 Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Wisata di Bantul ini menyediakan pemandangan alam yang cukup menawan.Tapi, yang paling mengesankan adalah yang bisa digunakan untuk nongkrong.

Banyak gazebo dan foto tempat selfie yang disediakan di sini. Selain itu, kamu juga bisa memesan beberapa menu makanan, duduk, sambil bercengkrama menikmati senja.Bila malam tiba, gambar puncak akan dilengkapi dengan pertunjukan musik langsung.

Gardu pandangnya dibuat dari jerami, begitu pula dengan jembatan yang melintang berbahan bambu. Menariknya, kawasan ini biasa digunakan untuk kompetisi menurun Baik skala nasional maupun internasional.

Menuju ke kawasan ini kamu harus berhati-hati karena tanjakannya cukup tersedia, saat malam hari penerangan lampu belum memadai.

 

18. Air terjun Kedung Pengilon

air terjun di Bantul
Foto: https://www.instagram.com/dewikhanifa_utomo/

Alamat: Desa Petung, Kecamatan Bangunjiwa, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga Tiket Masuk: Gratis

Tidak hanya terkenal dengan keindahan tebing dan bukitnya saja. Bantul juga punya pesona air terjun yang tidak kalah menawannya. Namanya adalah Air terjun kedung pengilon.

Disini kamu bisa berenang di kolam yang tepat di bawah air terjun. Airnya cukup jernih dan bisa diubah.kamu juga bisa dipindahkan larangan disini lho. Maklum saja, kedalaman kolamnya mencapai 5 meter.

Nama kedung pengilon itu sendiri mempunya arti air terjun yang bisa digunakan untuk bercermin. Maklum saja, air terjun ini sangat bersih dan jernih.Konon katanya, di tempat ini ada penunggunya bernama nini blorong yang biasa dijahit dan dibagikan.

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata air di Bantul ini, kamu bisa datang di musim penghujan. Debit airnya akan lebih besar dari musim kemarau. Nikmati segarnya udara yang memiliki tinggi 10 meter.

review Sebelumnya –> 21 Tempat Wisata di Magelang Mampu Menjadi Destinasi Paling Ngehits

 

Tempat wisata di Bantul memiliki pesona yang tidak kalah dengan Bali atau Bandung, Pesaing bepergian wisata di kawasan ini adalah harga makanannya yang cukup murah, tiket masuk tempat wisata yang bersahabat, dan tempat wisata yang sangat ramah. Semua liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan tersedia di Bantul.Harga diatas merupakan harga saat ini yang sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Travel Vlog ke Pulau Panjang Terbaru

Review Wisata di Kabupaten Bantul

98%
Bagus Untuk Foto-Foto
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto
Leave A Reply

Your email address will not be published.