18 Tempat wisata di Ciamis Terbaru

Tempat wisata di Ciamis merupakan salah satu kawasan yang menjadi pemekaran beberapa tahun yang lalu. Meski demikian, berdiri sendiri Ciamis memiliki berbagai macam objek wisata yang benar-benar menarik. Kota yang dijuluki sebagai kota galendo ini memiliki perkampungan adat dan curug-curug nan mengesankan.

Tidak hanya soal pesona alamnya saja. Kota ciamis juga memiliki beberapa taman, juga taman air yang tidak kalah dengan taman udara di kota-kota lainnya. Dari segi akomodasinya pun bisa disajikan cukup banyak. Anda pun pasti dibuat bingung mana yang Anda pilih, di mana ada hotel berbintang dengan kelas melati dengan fasilitas yang tidak mengecewakan.

Berikut daftar tempat wisata di Ciamis terbaru yang bisa dijadikan sebagai refrensi liburan akhir pekan:

1. Situ Lengkong Panjalu

Tempat Wisata di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/ciamis.info

Objek wisata religi ini mulai terkenal di kalangan wisatawan mulai tahun 2000an. Tempat bersemayam putra raja panjalu ini memiliki keunikan khusus. Dimana, kamu bisa melihat danau yang cukup asri dan menghadirkan suasana berbeda.

Menuju ke makam ini kamu harus naik perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Karena, makam menyanyikan prabu sendiri berada di tengah pulau. Ciri khas lainnya dari wisata ini adalah hadirnya zam-zam yang dihadirkan berkah bagi peziarah yang datang.

Sebenarnya, itu diambil dari situ lengkong panjalu. Kemudian, di putuskan melalui saluran yang disalurkan melalui sebuah kan. Hal ini tidak terlepas dari cerita masyarakat tentang Prabu borosngora yang diterbitkan adalah pemeluk agama Hindu yang menjadi raja sakti mandraguna.

Kemudian, pergi ke markah dan pergi sayyidina Amli. Dalam pertarungan tersebut, pertempuran Rabu kalah dan diakui kehebatan beliau. Selanjutnya, siap menjadi murid dan beragama islam. Setelah, ilmunya cukup menyanyikan Rabu pulang dengan membawa air zam-zam. Dilemparkannya, udara tersebut menuju cekungan yang lebarnya mencapai 51 hektar. Dalam sekejap, udara itu memenuhi cekungan tersebut.

Selain itu, kamu juga masih bisa melihat beberapa benda purbakala yang disimpan rapi seperti menhir, pedang cis dan genta yang menjadi peninggalan prabu. Cubalah datang saat bulan maulud tiba, kamu bisa melihat tradisi nyangku yang masih di junjung oleh masyarakat sekitar sebagai wujud penghormatan bagi leluhur kerajaan panjalu.

2. Waterboom Sukahaji

wisata Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/sukahajiwaterboom

Tempat wisata anak di Ciamis ini menyajikan berbagai macam wahana dan wisata seru. Taman air biasa ini digunakan untuk outbond mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa.

Di kolam anak-anak kamu bisa menikmati permainan ember tumpah, perosotan dengan tinggi berbeda, dilengkapi berbagai ornamen-ornamen cantik nan indah. Panorama lain yang bisa kamu nikmati adalah gunung Galunggung yang menawan dan eksotik yang benar-benar eksotis.

Bagi orang dewasa, kamu sudah disediakan dengan 3 slider, kolam busa, ada pula yang dikhususkan untuk balita dengan ukuran kurang lebih 30 cm hingga 40 cm. Selain itu, kamu bisa menikmati permainan outbound, Fun game, origami, memancing ikan, menanam pohon, dan masih banyak lagi.

Masih kurang dengan permainan air di sini, kamu juga bisa menikmati becak mini, dan beberapa mobil-mobilan. Dengan harga yang cukup murah mulai dari 10 ribu rupiah saja. Murah bukan? Dengan harga yang ditawarkan di sini.

3. Astana Gede Kawali

wisata di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/bunga_pecah_beling

Tempat wisata menarik di Ciamis ini adalah ibu kota dari kerajaan galuh yang konon berdiri pada tahun ke 7. Ada banyak peninggalan yang terdiri dari batu dan prasasti, menhir dan juga makam yang tersedia dan dapat Anda nikmati.

Nah, salah satu batu yang merupakan situs budaya besar dari astana gede kawali. Penduduknya menyebut batu jubleg. Ada ritual yang memindahkan beberapa wisatawan untuk membuang sinyal. Dengan membuang celana dalam sehabis mandi di situs ini baik ke dalam kolam maupun ke pohon.

Bagi perempuan ritual ini terpercaya mampu mempercantik diri. Nah, untuk ritual ini hanya bisa kamu lakukan setiap selasa malam dan kamis malam. Untuk melaksanakannya, peziarah harus mandi terlebih dahulu. Caranya pun cukup mudah, melepaskan kemana hanya pakaian ini dengan membelakangi dan membelanjakan menuju Bambu atau semak belukar.

4. Taman Raflesia

objek wisata di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/alunalunciamismanis

Tempat wisata keluarga di Ciamis ini adalah ikon Ciamis yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari dalam kota. Taman ini dilengkapi dengan berbagai pepohonan rindang untuk berteduh dari panasnya terik matahari.

Ada banyak tempat duduk yang bertebaran di kawasan ini. Tempat ini biasa digunakan untuk jogging dan nongkrong bersama keluarga atau teman-teman kamu. Wahana permainan sudah disediakan di sini, becak cinta, domba, serta pedagang kaki lima siap pakai berbagai jajanan yang siap untuk kamu lahap sampai habis.

Hijaunya rerumputan juga menjadi sajian utama yang benar-benar menawan. Jangan lupa bawa kamera jahat kamu, karena ada berbagai macam spot yang instagramable. Cocok untuk kamu yang ingin memasukkan berbagai macam foto dan gambar ke dalam media sosial.

5. Jembatan Sasak Cirahong

obyek wisata di Ciamis
Foto: https://www.liputan6.com/

Wisata di Ciamis ini menjadi batas antara kabupaten tasikmalaya. Konon katanya dibangun pada tahun 1893 yang merupakan jalur kereta api hindia belanda dari jalur selatan. Panjangnya kurang lebih 202 meter yang memiliki dwifungsi.

Bagian atas digunakan sebagai jalur kereta api dan bagian bawahnya difungsikan sebagai jalur sepeda motor. Melintasi kawasan ini, memang memacu adrenalin dimana, hanya melintaskan papan saja. Jadi, harus hati-hati karena, bawahnya adalah jurang yang menganga.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawasan sakit hari ini. Dimana, ada banyak spot-spot menarik dengan panorama sunset dengan langit senja yang benar-benar menarik. Kamu juga bisa melihat langit-langit yang berubah warna menjadi jingga nan menawan. Banyak pula, wisatawan lain datang dan pergi ke tempat ini.

Datang juga ke –> 14 Tempat wisata di Pangandaran Terbaru

6. Green Canyon Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis jawa barat
Foto: https://www.instagram.com/banez_mell

Kawasan ngarai hijau ini merupakan bagian dari ciamis dan pangandaran. Sayangnya, banyak yang lebih menyukai kawasan ini sebagai bagian dari Pangandaran. Warga sekitar sendiri sering bertemu dengan nama jembatan tanah. Tersedia jembatan yang akan melintasi Desa Kertayasa dan Desa Batu Karas. Menariknya, tempat ini bukan orang Indonesia lho. Melainkan, orang perancis.

Nama grand canyon ini terinspirasi dari amerika karena, tempat ini sangat mirip. Kamu bisa menjelajah sungai dan berkemah yang bisa kamu dapatkan setiap malam. Pemandangan tebing yang akan berwarna-warni dengan hijaunya benar-benar menawan hati. Tersedia jaket pelampung yang akan dilindungi kamu.

7. Majingklak Ciamis

tempat wisata anak di Ciamis
Foto: https://www.dontoku.blogspot.com/

Majingklak adalah tempat yang menyediakan jasa perahu. Dimana, perahu membawa cilacap dan ciamis. Menjadi dermaga menuju pulau nusa kambangan bila diambil dari ciamis.

Waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam saja dari cilacap ke.ciamis. lebih cepat, lebih murah dan pengalaman yang tidak akan pernah bisa terlupakan sedikit pun. Jangan lupa bawa kamera jahat kamu. Karena, ada banyak spot-spot menarik yang bisa kamu temui di tempat ini.

8. Wisata Desa Jelat

tempat wisata keluarga di Ciamis
Foto: https://www.desa-jelat.blogspot.com/

Wisata lain yang bisa kamu temui di ciamis adalah desa jelat. Saat berpindah tempat ini kamu akan membahas tentang diskusi antar warga sekitar. Mereka terlihat santun dan santun.

Rasa-rasanya seperti kembali ke rumah setelah lama merantau. Disini kamu akan disuguhkan dengan kekerabatan yang hebat dari penduduk desa. Mata pencaharian dan semua kebiasaan yang membuat kamu akan terpukau dibuatnya.

Selain itu, ada banyak pelajaran yang dapat dipelajari seperti yang diminta, pelajari menanam padi yang benar, cara memanen ikan gurame dan nila. Semuanya bisa kamu nikmati sesuai dengan jam yang sudah dibuat oleh para penduduk.

Menariknya lagi, kamu juga bisa menikmati setiap sudut pedesan yang ada di sini. Sungguh kamu akan ditemani oleh salah seorang warga. Berjalan di samping pematang sawah, di tengah hutan pengalaman utama yang tidak akan pernah bisa kamu lupakan.

Kamu akan ditemani oleh seorang warga. Disini kamu bisa bertanya lebih banyak tentang Desa Jelat. Tidak hanya untuk berjalan kaki saja. Namun, jalur untuk meluncurkan pun sudah disediakan. Kamu bisa memilih jalur mana yang cocok dengan jalur batu, tanah, aspal bekas, atau berbukit.

Bagi yang hobi memancing, di tempat ini juga sudah disediakan fasilitas memancing lho. Tidak hanya sampai disitu, kamu juga bisa menikmati beragam kuliner khas dan cara makan yang sudah tersaji sampai temurun.

Mulai dari oncom, sambel, sayuran yang cara memasaknya masih menggunakan kayu lho. Untuk fasilitas penginapan kamu bisa tidur di rumah-rumah warga yang akan sangat senang kamu bisa tidur di sana.

9. Sirkuit BMX Ciamis

wisata hits di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/chep_agan

Inilah salah satu tempat bersejarah. Dimana, waktu itu Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia itu. Disini kamu bisa merasakan sirkuit dengan lintasan yang cukup tajam.

Sirkuit ini juga sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas tidak hanya untuk orang dewasa dan anak-anak saja. Melainkan, sudah ada pula fasilitas seluncuran dan perosotan yang cukup licin. Terbukti, mereka bisa diluncurkan dengan cepat

Untuk sirkuitnya sendiri saat ini sedikit terbengkalai karena sudah tidak digunakan lagi. Kamu juga bisa dilihat ditutup dengan plastik. Sayang sekali memang melihat keadaan ini, mau bagaimana lagi.

10. Batu Ngampar

Wisata Alam di Ciamis
Foto: https://www.tour.koropak.com/

Objek wisata ini merupakan peninggalan sejarah yang dipertemukan dengan kerajaan kawasen yang berdiri sekitar abad ke 17.

Dimana, mereka membentuknya dengan formasi yang berbeda. Batu pipih ini memiliki ketebalan 15 hingga 25 cm. Dan ditemukan di kedalaman 50 hingga 100 cm.

Kunjungi juga –> 17 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru

11. Taman Surawisesa Kawali

wisata terbaru di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/windaps10

Taman Surawisesa merupakan taman yang masih terkait erat dengan situs astana gede kawali. Membahas dari sejarahnya.

Kamu bisa menikmati berbagai macam wahana permainan. Mulai dari wahana otoped, dan berbagai macam permainan yang seru dan menyenangkan. Ada pula pedagang kaki lima yang siap menyediakan berbagai macam menu kuliner yang enak.

12. Situs Gunung Susuru

tempat wisata alam di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/journeyoficha

Tempat Wisata Baru di Ciamis ini menyimpan banyak sejarah untuk Kabupaten Ciamis dan juga Banjar.Merupakan peninggalan dari, kerajaan Galuh Kertabumi, yang didirikan oleh Tanduran Ageung.

Di situs ini kamu bisa melihat benteng kuno yang terbentang sepanjang 2 kilometer dengan batu setinggi 1 meter. Mengapa disebut dengan gunung susuru? Karena, di kawasan ini kamu bisa melihat kembang susuru.

Kembang ini sendiri merupakan kaktus yang bisa tumbuh di kawasan ini dan menjadi penghias tanaman di taman keraton Galuh kertabumi.

Sayangnya, saat ini kamu tidak dapat melihat tanaman ini. Pada tahun 60 an, tanah ini diganti dengan jagung, dikembalikan hanya bertahan selama 15 tahun saja. Setelah itu, tanah yang ditinggalkan dan tidak terurus sejak sekarang.

13. Masjid Agung Ciamis

Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat
Foto: https://www.instagram.com/pesonagaluh

Bagi kamu warga muslim yang pergi ke ciamis. Jangan lupa untuk datang ke Masjid Agung Ciamis. Di sini, kamu akan senang dengan berbagai macam.pohon seperti, kurma kelapa dan masih banyak lagi

Konon katanya, masjid ini pernah dibakar oleh kelompok Di / Tii lho. Terjadi pada tahun 1958. Masjid yang dibangun pada tahun 1882 ini dibangun di atas tanah seluas 8500 meter persegi. Atapnya memiliki 3 tingkat dan bentuk kerucut.

14. Alun-Alun ciamis

Wisata Keluarga di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/husna88habibah

Saat ini alun-alun ciamis sedang dalam pembangunan. Rencananya kawasan ini akan dibangun super megah, ada kawasan kuliner, taman, teater swadaya akan menjadi sajian istimewa yang memanjakan setiap wisatawan.

Food Court menjadi salah satu sajian istimewa. Disini, akan diputar pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di sekitar alun-alun. Diharapkan bangunan 3 lantai ini tidak akan mengotori kawasan alun-alun.

Tidak hanya itu, tidak jauh dari alun-alun akan dibangun ciamis square. Pusat pengeluaran yang terdiri dari 5 lantai. Untuk saat ini alun-alun masih sebatas area olahraga, rekreasi, hiburan dengan keberadaan pentas seni. Taman raflesia yang baru berdiri. Kamar mandi lengkap, kamar mandi, dan beberapa penginapan yang sudah berdiri di sekitar kawasan.

15. Ciung Wanara

Wisata Hits di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/aderam23

Wisata hits di Ciamis ini merupakan bukti dan sejarah dari kerajaan Galuh yang masih tersisa. Berada di kawasan hutan lindung. Bagi kamu yang ingin menjelajah kawasan wisata alam ini, kamu bisa membeli panduan wisata yang senang hati akan menceritakan tentang banyak hal.

Ada beberapa yang sampai sekarang. Di mana, di sana ada situs sabung ayam. Di sini, ayam sang raja kalah dengan ayam ciung wanara. Meninggalkan bekas lubang di pohon. Barang siapa yang bisa memegangnya dengan mata tertutup maka setiap keinginannya akan terwujud.

Lalu batu pamangkon, cubalah kamu angkat batu ini. Bila berat maka penyelesaian menuju hajatmu akan berat pula. Namun, ringan maka, juga akan ringan selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati berbagai macam situasi seperti batu panyandaan, makam adipati panaskan dan patimuan.

Lihat juga –> 19 Tempat wisata di Karawang Terbaru

16. Curug Tujuh Cibolang

wisata air terjun di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/abdurrahman_photography

Sesuai dengan namanya, jika kawasan ini memiliki curug yang mengundang tujuh. Menurut cerita para orang tua, curug ini berasal dari air mata raja yang disetujui karena kekeringan. Terburuk, ia pun menangis sampai akhirnya air mata berubah menjadi curug tujuh. Air terjun ini memiliki ketinggian dari 50 hingga 120 meter.

Tidak hanya pesonanya saja yang eksotis. Namun, kamu juga bisa menikmati pepohonan yang menjulang tinggi yang akan menjadi teman selama perjalanan. Jarak antara curug satu dengan yang lain pun cukup dekat antara 100 meter.

Di bawah alirannya kamu bisa memanfaatkan kolam yang cukup luas. Untuk berenang atau juga berendam dan menikmati pemandangan alam yang benar-benar mempesona. Nah, bagi kamu yang mau berkunjung ke bulan kemarau, kamu juga bisa datang walau, debit airnya kurang deras.

17. Kampung Adat Kuta

wisata budaya di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/ngarumus_official

Tempat wisata baru di Ciamis ini menjadi daya tarik yang menawan. Nah, salah satu yang tidak boleh kamu inginkan jika ke kampung adat adalah acara tradisi nyuguh atau juga hajat bumi.

Tradisi ini memang sudah digelar sejak dahulu. Sederhana dibuka dengan pergelaran kesenian. Seni ibing, gondang buhun, serta gembyung. Pada puncak tradisinya kamu bisa menikmati dongdang.

Dimana, makanan terdiri dari ketupat dan beberapa hasil bumi, dengan ubi-ubian yang ada di sekitar kampung. Dan, diakhiri dengan doa bersama. Tradisi ini memiliki hikmah

18. Puncak Bangku Rancah

Tempat wisata baru di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/selviarahmatinanurena

Tempat wisata baru di Ciamis ini berada di perbatasan antara ciamis dan juga kuningan. Disini, kamu bisa menikmati bangunan dua buah pohon besar. Dimana, pemandangan alam dan pemandangan yang mengesankan.

Banyak fasilitas yang dapat Anda nikmati mulai dari warung, gazebo, mushola, masih banyak spot-spot menarik yang membuat Anda wajib membawa kamera jahat agar setiap momen bisa Anda masukkan ke dalam galeri media sosial.

Makanan dan Oleh-Oleh Khas Ciamis

Nah, setelah lelah melintasi seluruh objek wisata di Ciamis. Saatnya kamu menikmati berbagai macam makanan dan minuman khas yang tidak boleh kamu dapatkan. Berikut ini, berbagai macam menu yang wajib kamu santap selama di Ciamis.

Pindang Gunung

Tempat Wisata Kuliner di Ciamis
Foto: https://www.instagram.com/ar.restocafe

Pindang Gunung adalah menu makanan yang tidak boleh kamu dapatkan. Menu ini merupakan sop ikan yang memiliki berbagai macam bumbu khas seperti asam, pedas, dan gurih yang benar-benar mengesankan di mulut.

Ikan yang digunakan adalah kepala ikan kakap, ikan mangmung, tongkol, kakap merah. Ada lagi tambahan bumbu yang membuat menu ini bertambah sedap.

Namanya adalah Honje atau daun kecombrang. Citra rasanya membuat segar. Aroma menghirup yang benar-benar langsung merasuk ke sukma. Ditambah dengan jahe, kunyit, kencur bawang merah dan putih.

Galendo

Foto: https://www.instagram.com/trisulapro

Selanjutnya, menu makanan yang harus kamu nikmati saat berada di Ciamis. Namanya adalah Galendo, yang merupakan ampas kelapa yang dipadukan dengan nasi yang sangat gurih dan ditambah santan kelapa.

Menu makanan ini disusun dengan persegi. Warnanya coklat akibat hasil penggorengan. Harganya pun cukup murah hanya 50 ribu rupiah.

Review Sebelumnya –> 19 Tempat wisata di Bekasi Terbaru

Tempat wisata di ciamis saat ini sudah berkembang pesat. Meski begitu, belum tergarap dengan baik. Namun, menunjukkan progres yang bagus. Ayo datang dan kunjungi kota ciamis. Agar pesona sejarah yang sangat kental di sini tidak hilang begitu saja.

Travel Vlog ke Pulau Panjang Terbaru

Review Wisata di Ciamis

95%
Menarik dan Cantik
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto
Leave A Reply

Your email address will not be published.