16 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru

Tempat Wisata di Cirebon memang belum cukup terkenal. Namun, jika Anda ingin menjelajah kota yang disebut dengan kota tilang ini, tidak perlu dan bahkan bisa digunakan sebagai salah satu untuk Anda yang mungkin jenuh dengan berbagai kota yang hanya menyediakan kawasan itu-itu saja.

Menariknya lagi, Cirebon memiliki fasilitas yang cukup bagus. Bahkan, saat Anda tiba di sini pada malam hari, di stasiun depan Anda sudah siap dengan berbagai macam akomodasi yang cukup nyaman dan membuat Anda betah. Dari segi makanan pun, Cirebon memiliki cita rasa yang unik dengan harga yang bersahabat.

Penasaran, mana saja yang bisa kamu kunjungi saat singgah di kota ini. Berikut ini, beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang dapat Anda nikmati:

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

tempat wiasta di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/kenprst/

Objek wisata di Cirebon Jawa Barat ini merupakan keraton termegah di Indonesia. Kemegahannya bisa Anda lihat dari tempat yang sangat bersih dan terawat, bahkan hal sekecil pun masih menunggu. Didirikan pada tahun 1529 dan saat ini menjadi cagar budaya yang masih kokoh berdiri.

Keunikan lain dari keraton ini adalah bangunannya. Masih berhubungan kerajaan hindu padahal, merupakan bagian dari kerajaan islam. Bentuk gapuranya dirancang oleh budaya tionghoa dengan motif dan corak yang khas. Tidak hanya disuguhkan dengan bangunannya saja, Anda juga bisa melihat berbagai macam koleksinya.

Meliputi, kereta singa barong dan setiap 1 syawal akan disucikan. Biasanya, proses pencuciannya dikunjungi banyak wisatawan bahkan beberapa wisatawan. Luas keraton ini sendiri mencapai 26 hektar. di salah satu sudutnya adalah bangsal pagelaran yang digunakan untuk acara-acara penting, masjid dan masih banyak lagi fasilitas yang disuguhkan.

Di dalam keraton ini Anda juga dapat melihat museum pusaka yang merupakan peninggalan kerajaan Cirebon di masa lalu. Diantaranya, yang paling menarik adalah kujang wayang. senjata khas sunda yang juga digunakan sunan drajat dalam membasmi musuh-musuhnya.

2. Ade Irma Suryani

wisata Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/hanyssvt/

 

Sebelumnya, pasti Anda sudah mengira bahwa ini adalah taman. Jawabannya benar. Hanya saja, itu dulu, pada tahun 2015 dirombak hingga saat ini Anda bisa melihat taman air panorama yang cukup menawan. Area kolam renangnya terbagi menjadi dua, yaitu anak-anak dan orang dewasa dengan tinggi kurang lebih 1,5 meter.

Tersedia pula seluncuran dengan ketinggian 10 meter dan tersedia dua slider. Selain itu, di tempat ini pula tersedia perahu bebek yang bisa Anda manfaatkan untuk berkeliling. Setelah puas bermain, mungkin rasa lapar akan datang menyerang, di sini Anda bisa menikmati makan di atas kapal cheng ho yang sangat megah.

Bila ingin menginap, di tempat ini sudah disediakan rumah apung lengkap dengan berbagai fasilitas hotel berbintang. Sebelum bisa menginap di sini, kamu harus tetap menyusuri jembatan yang digunakan wisatawan untuk mengabadikan setiap momen.

Fasilitas yang paling menarik di rumah apung ini adalah pemandangan matahari terbit yang bisa Anda nikmati langsung dari balkon. Sungguh, kawasan yang paling cocok digunakan untuk berbulan madu. Selain itu, untuk memanjangkan pengunjung ada wahana mini coaster, ATV, hingga tempat pernikahan yang super romantis.

3. Setu Patok

wisata di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/danusmariki/

 

Wisata hit di Cirebon ini memang patut dikunjungi karena pesona mistisnya yang luar biasa. Dihuni oleh siluman membuat acara televisi rahasia ini. Biasanya, waduk ini digunakan penduduk sekitar untuk mencuci motor atau mobil. Gratis tanpa dipungut biaya hanya saja, tidak boleh menggunakan sabun takut mengotori Lingkungan.

Memiliki luas kurang lebih 30 hektar membuat setu patok dapat digunakan sebagai sarana olahraga. Saat mereka akan mengunjungi pada sore hari, kemudian jalan-jalan atau jogging, sembari menikmati pemandangan alam yang menawan. Dari sini, kamu juga akan disuguhkan dengan pesona matahari menempel yang memukau lho.

Obyek wisata yang terletak di kaki gunung ciremai ini, di tengahnya merupakan pulau yang merupakan perbukitan. Kamu bisa mengunjungi kesana menggunakan perahu atau hanya bisa menjelajahi danau saja. Menariknya, bila datang musim panas, danau ini akan mengering dan menghadirkan wahana baru yang tak kalah eksotisnya.

4. Wisata Kura-kura Belawa

objek wisata di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/bredekaasa/

Nama lain dari kawasan ini adalah Cikunya yang memiliki luas kurang lebih 2 ribu meter persegi. Tidak hanya melihat bagaimana kehidupannya, kamu juga bisa belajar tentang satwa ini dengan masuk ke dalam museum yang berisi kura-kura belawa mati yang diawetkan.

Di luar ruangan yang bisa kamu kunjungi adalah tempat penetasan telur dan tukik-tukik yang imut dan lucu. Hewan ini cara perkembangbiakannya dengan bertelur dengan panjangnya yang mencapai 21 mm dan 33 mm. Umurnya konon bisa mencapai 150 tahun lho, dengan berat mencapai 80 kilo dan tinggi 1 meter.

Makanannya pun tidak sembarangan biasanya diberi daging ayam, singkong, atau juga ikan rucah. Kurang lebih ada 400 ekor yang bisa kamu lihat. Masih di sekitar kawasan ini di sumur pamuruyan yang merupakan tempat suci. Dimana, masyarakat sekitar percaya bila wudhu disini akan mendapatkan keuntungan dari setiap tetes yang ada di kulit.

Mitos selanjutnya adalah batu altar yang tidak boleh diinjak oleh siapa pun. Bila dilanggar, hal buruk akan menimpanya. Kono katanya batu ini dikubur agar seluruh warga terhindar dari mara bahaya.

Menuju ke kawasan ini kamu bisa naik transportasi umum. Turun di stasiun cirebon kejaksaan. Selanjutnya, naik angkutan umum menuju ke sindang kemudian naik di pasar cipeujeuh. Kemudian, dari pasar kamu bisa naik ojek, mudah sekali bukan?

5. Keraton Kanoman

obyek wisata di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/destinasiasianindonesia/

 

Seperti yang kita ketahui bersama, Cirebon masih berdiri kerajaan layaknya di Yogyakarta dan Surakarta. Pada tahun 1678, kekuasaan Kota udang ini dibagi menjadi dua Kasepuhan dan Kanoman. Sampai saat ini masih populer dan menjadi yang terbaik Wisata di Cirebon.

Keunikan di Keraton Kanoman masih menjunjung tinggi adat istiadat. Seperti diadakannya grebeg syawal. Bila kamu membaca seluruh bangunannya, kamu akan disuguhkan dengan panorama bangunan tua yang klasik dan elegan. Selain itu kamu juga bisa melihat berbagai macam peninggalan berupa piring-piring porselen cantik dari Tiongkok.

Di halamannya kamu bisa melihat bagaimana sosok singa yang merupakan perwujudan dari Prabu Siliwangi. Gaya arsitektur Hindu sangat terasa di sini. Ada yang disebut dengan Balai Manguntur, berfungsi sebagai sultan berpidato saat para prajurit kerajaan atau dalam upacara adat.

Disini juga kamu bisa melihat dua kereta kencana yang merupakan peninggalan Sunan Gunung Jati yang disebut Paksi Naga Liman dan Jempana. Pada gerbang keraton kamu akan disuguhkan dengan piring-piring keramik. Ada pula kandang mini yang menyediakan hewan-hewan peliharaan.

Disini, kamu juga bisa melihat sumur yang diambil 7. Ada 2 yang berada di lingkungan keraton. Kamu hanya bisa melihat waktu maulid nabi saja. Konon katanya, beberapa sumur ini cukup keramat dan angker lho.

Datang juga ke –> 20 Tempat Wisata di Majalengka Terbaru

6. Sentra Batik Trusmi

tempat wisata di Cirebon terbaru
Foto: https://www.instagram.com/arishwijaya.photo

 

Mau melihat batik khas dari Cirebon, Anda bisa mengunjungi Sentra Batik Trusmi. Disini pula kamu bisa membeli berbagai macam batik di Pasar Grosir. Banyak motif-motif menarik seperti megamendung. Warnanya cukup tegas dan tajam.

Konon katanya corak megamendung ini merupakan percampuran dari budaya yang dibawa oleh Tiongkok dan islam. Selain itu ada pula motif yang bisa diajukan paling mahal, yaitu Paksi Naga Liman. Nama ini diambil dari kereta kencana yang diambil oleh keraton kanoman.

Corak ini merupakan perwujudan dari tiga hewan yang merupakan simbol kekuatan dari kerajaan Cirebon. Harga yang ditawarkan untuk Paksinaga Liman mulai dari Rp100 ribu.

7. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

tempat wisata keluarga di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/aboutcirebonid/

 

Inilah dia masjid yang membahas di Cirebon yang masih menjalankan tradisi yang terdiri dari adzan tujuh. Konon katanya, pembangunannya bersamaan dengan klenteng Jamblang pada tahun 1480. Sunan Gunung Jati adalah sosok pemimpin pembangunan masjid ini.

Konon katanya mendatangkan kurang lebih 500 orang dari Demak. Namanya mengandung arti yang terkandung, Sang artinya Keagungan, Cipta berarti dibangun dan Rasa digunakan. Tidak memiliki kubah menara, atapnya memiliki prisma atau limasan seperti atap-rumah yang ada di jawa.

Gaya arsitektur merupakan perpaduan antara budaya dan etnik hindu yang mirip dengan candi. Bisa kamu lihat di pintu gerbang atau gapura masjid. Dibuat dari batu yang tersusun rapi.

Ada pula etnik islam yang terlihat di ukiran yang bertuliskan huruf arab. Ada pula ukiran bunga teratai di mihrab yang dibuat sendiri oleh Sunan Kalijaga. Keunikan lain adalah langit-langitnya yang terbuat dari balok kayu, saling menopang dan berpotongan.

8. Wanawisata Ciwaringin

tempat wisata anak di Cirebon
Foto: https://www.wanawisataciwaringin.com/

Tempat wisata menarik di Cirebon ini adalah kawasan pedesaan yang masih asri dengan pemandangan hijau, gunung, seperti lukisan jika kamu melihatnya dari atas. Kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang seru dan menyenangkan di tempat ini.

Kamu bisa menjelajahi hutan dengan tanaman ikonik dari pohon minyak kayu putih. Pohonnya memang tidak terlalu besar. Keunikannya ada di daunnya yang berbentuk seperti bulan sabit.

Hobi perahu? Kamu juga bisa lho, menikmati danau dan membawa pail kail. Ada banyak ikan yang bisa kamu tangkap walau butuh kesabaran. Suasananya sangat tenang dan teduh cocok untuk mencari inspirasi.

Butuh yang menegangkan? Kamu bisa mencoba arena motor cross. Konon katanya, arena yang ada di sini sudah berstandar nasional lho. Masih ada lagi foto spot yang bisa kamu bidik di Danau Ciranca yang panjangnya hanya 300 meter saja.

9. Makam Sunan Gunung Jati

tempat menarik di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/roma_sondhuk/

 

wisata di Cirebon dan sekitarnya terletak di antara gunung jati dan bukit gunung sembung. Pergi ke tempat ini kamu harus melepas kaki dan mengisi buku tamu yang sudah disediakan.

Menuju ke makam, wisatawan harus melewati tangga yang berliku. Berada di tingkat kesembilan memiliki sembilan gapura. Sayangnya, tidak sembarangan peziarah yang bisa masuk kesana.

Keunikan lain dari makam ini adalah keramik yang berasal dari Tiongkok. Termasuk hiolo dan batang hio bakar. Arsitektur makamnya juga cukup mengesankan. Merupakan perpaduan tiga realitas yaitu, china, jawa, dan arab.

10. Pantai Kejawanan

wisata alam di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/rahmathl/

 

Tempat Liburan di Cirebon ini merupakan kebanggaan dari kota udang. Berada di sini, kamu harus menunggu sampai sakit. Karena, pesona sunset cantik bisa kamu nikmati. Apalagi, jika sudah masuk bulan Desember hingga Maret. Siluet langit yang menarik menjadi alasan Tepat kamu tidak boleh beranjak sampai senja.

Mau berkeliling pantai, kamu bisa berlayar sambil memancing yang sedang menganggur. Ada dua jenis perahu yang bisa kamu nikmati yaitu karet atau juga kayu. Jangan lupakan pula berbagai macam foto tempat yang bisa kamu temui di berbagai tempat.

Konon katanya, ada sebuah mitos yang dipercaya oleh warga sekitar, sedangkan air di pantai ini memiliki mitos. Dimana, bisa menyembuhkan berbagai macam.penyakit mulai dari diabetes, asam urat, hanya dengan membasuh diri saja.

Kunjungi juga –> 19 Tempat wisata di Tasikmalaya Terbaru

11. Taman Sari Gua Sunyaragi

wisata hits di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/noviamarahandhika/

 

Ikon baru dari Cirebon yang tidak boleh kamu lupakan. Taman Sari Gua Sunyaragi. Seni arsitekturnya memang terasa mengesankan. Luas kawasannya kurang lebih 15 hektar.

Kawasan ini pernah melakukan perbaikan mulai tahun 1852. Lalu, pada masa pemerintahan belanda dilakukan lagi pemugaran pada tahun 1937 – 1938. Sunyaragi sendiri memiliki arti dua kata. Sunya berarti adalah sunyi dan ragi artinya adalah raga. Jadi jika digabungkan akan dibuat tempat paling tepat untuk bermeditasi.

Kompleksnya memang menyenangkan karena, kamu akan senang suka berada di dalam negeri dongeng. Setiap sudutnya instagramable. Dibuka pada sore hari karena, saat siang hari tempat ini cukup panas.

Arsitekturnya merupakan perpaduan antara Hindu, Indonesia, dan islam. Ada banyak ukiran-seperti bunga matahari, atau teratai, dan bunga persik seperti pengaruh budaya Tiongkok yang pernah masuk ke sini.

Kawasan ini memiliki 12 ruangan yang berbeza. Diucapkan, bangsal jinem yang biasanya digunakan untuk sultan menyediakan wejangan. Gua pandekemasang tempat untuk membuat senjata. Gua pengawal tempat untuk para pengawal sultan. Langse sebagai tempat istirahat.

Padang ati untuk bersemedi, peteng untuk menyelamatkan tubuh, pawon adalah dapur untuk menyimpan makanan. Ada lagi Gua lawa sebagai tempat bersarangnya kelelawar. Kelanggengan untuk bersemedi, Simanyang adalah pos penjagaan dan kompleks.mande.

Konon disini juga ada mitos di gua kelangenan. Ada patung bernama perawan suti. Nah, kamu yang masih perawan jangan sekali-sekali menyentuhnya. Bisa jadi, kamu tidak mendapatkan jodoh lho. Benar atau tidaknya disebut juga mitos.

12. Alun-Alun Kejaksan Cirebon

wisata murah di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/omancrb/

 

Tempat wisata keluarga di Cirebon ini memang sedang menunggu tetapi, kamu masih bisa menikmatinya.

Karena, setiap pagi banyak yang datang untuk berolahraga. Jikalau sakit, kamu bisa melihat banyak orang berjualan di sini.

13. Bukit Gronggong

Tempat Wisata Menarik di Cirebon Jawa Barat
Foto: https://www.instagram.com/mommykirana/

 

Bukit ini bisa mendapat tempat istimewa karena ada di atas ketinggian. Terlihat, kamu masih bisa melihat pemandangan yang menarik dan mempesona dari sini. Gemerlap lampu kota bisa kamu nikmati dari sini dengan pemandangan yang mengesankan.

Biasanya, para pengunjung yang datang ke tempat ini dapat menikmati sajian menarik seperti jagung bakar, dan berbagai macam menu pilih yang pastinya lezat

Waktu terbaik datang ke tempat ini sakit hari. Dimana, banyak wisatawan yang datang sehingga, kamu bisa memilih tempat duduk dengan tampilan yang kamu inginkan. Fasilitas utama yang bisa kamu nikmati adalah banyak restoran yang sudah menyediakan berbagai macam tampilan menarik.

14. Siwalk

Wisata Hits di Cirebon Jawa Barat
Foto: https://www.instagram.com/opangkalem/

 

Luas kawasan wisata ini mencapai 175 hektar. Dengan panorama alam berupa sawah, gunung, dan pepohonan yang menjulang tinggi.

Disini, kamu bisa membeli berbagai macam permainan seperti, flying fox, sewa ATV, atau sewa peralatan rekreasi.

15. Apita Waterboom

Wisata baru di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/anik_arnika/

 

Obyek wisata di Cirebon terbaru ini memiliki berbagai macam wahana yang menarik semua orang termasuk anak-anak untuk datang berkunjung. Ada kolam hujan yang memiliki 4 buah pilar. Tingginya kurang lebih 50 cm. Pilar ini akan mengeluarkan hujan

Lalu, ada kolam arus yang terbagi menjadi dua bagian. Anak dengan Kedalaman 75 cm dan juga Dewasa dengan Kedalaman 1 meter. Selain permainan seru, kamu juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas seperti ruang bilas, kantin, mushola, gazebo, dan masih banyak lagi.

16. Telaga Remis

Tempat Wisata di Cirebon
Foto: https://www.instagram.com/wira.depe/

 

Tempat wisata alam di Cirebon ini diambil dari kata remis. Hewan yang bentuknya seperti siput kecil berlapis kekuningan. Sebelum banyak wisatawan datang kala, raja siliwangi melakukan pertapaan di sini.

Untuk memenuhi kebutuhannya, sang raja menyediakan embun yang ada di dedaunan pisang. Hal ini dalam bahasa sunda disebut dengan reumis. Selanjutnya, beliau membuang air yang disisakan beberapa air embun. Sembari berkata, semoga apa yang ia buang bisa menjadi telaga. Hingga, akhirnya hal tersebut terjadi. Luasnya kurang lebih 3,25 hektar. Kawasan ini berada di dua kabupaten, kuningan dan Cirebon. Berada di suatu perbatasan wilayah.

Tidak hanya air saja, kamu juga bisa melihat flora dan fauna kurang lebih 160. Salah satu tanamannya adalah sonokeling. Dan, yang menjadi daya tariknya adalah pohon langka yaitu pisang hyang.

Ada beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati seperti, berkemah di telaga nilem, trekking atau offroad serta beberapa permainan outbond yang telah disediakan untuk memudahkan penampilan. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling telaga dengan menggunakan sepeda air dan perahu motor. Ada pupa saung-saung yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk sambil duduk.

Review Sebelumnya –> 18 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru

Tempat wisata di Cirebon ini memang menyuguhkan panorama yang tidak biasa. Selain itu, sajian kulinernya pun sangat nikmat dan pasti akan menggoyang lidah Anda tanpa henti. Perlu diketahui, daftar harga tiket diatas dapat diubah Saat-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jadi, kapan Anda akan pergi ke Cirebon?

Rewiew Hotel Murah di Kendal 30 menit dari Semarang

Review Wisata di Cirebon

95%
Paling Banyak Di Cari
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.