25 Tempat Wisata di Dieng Terbaru

Tempat wisata di Dieng, saat ini sudah berkembang pesat. Tidak hanya beberapa objek wisata saja yang menjadi unggulan dan ikon sejak lama.

Hampir setiap sudutnya sudah dikemas sedemikian rupa. Sehingga, menjadi zona pariwisata yang sayang untuk dilewatkan, setidaknya satu kali seumur hidup, anda harus sempatkan berkunjung ke kawasan ini.

Tidak hanya alamnya saja, Tempat wisata ini juga hadir dengan gelaran kesenian dan kebudayaan yang bertajuk Dieng Culture Festival.

Daya tarik utama dari gelaran ini adalah hadirnya proses ruwatan dengan cara memotong rambut gimbal yang tumbuh pada anak usia 3 tahun. Menariknya, proses ruwatan ini tidak sembarang dilakukan.

Harus mematuhi aturan yang sudah ada turun-temurun. Salah satunya adalah keinginan anak itu sendiri untuk melakukan ruwatan tersebut.

Biasanya si anak akan meminta sesuatu. Bila tidak dikabulkan, rambut yang telah terpotong itu akan tumbuh kembali. Bagi anda yang ingin menikmati keseruan dan kesakralan dari adat istiadat ini, anda bisa membayarnya dengan harga 350 ribu rupiah.

Harga ini sudah termasuk dengan tiket semua objek wisata Dieng Culture dan akses VIP pada saat proses ruwatan,

Setelah puas menikmati prosesi ruwatan, saatnya kita pergi ke tempat wisata di dieng apa saja yang bisa kita kunjungi saat berlibur, ke Dataran Tinggi Dieng.

1. Telaga Pengilon

objek wisata di dieng terbaru
foto: https://www.instagram.com/yunan_arif45/

Alamat: Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, jawa tengah.
Jam Buka: 08:00 – 17:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Week Day Rp 100.000,-
Week End Rp 150.000,-
Tiket Masuk Nusantara Week Day Rp 12.000,-
Week End Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Tempat pertama yang mungkin bisa anda tujuan adalah telaga pengilon. Tempat wisata di dieng dan sekitarnya ini mempunyai air yang sangat jernih.

Sehingga, anda yang datang kemari bisa berkaca. Dalam bahasa jawa, pengilon artinya adalah kaca. Oleh karena itu tempat ini di sebut dengan Telaga Pengilon.

Ada sebuah mitos yang dipercaya yaitu, bila anda berkaca di telaga ini dan memuculkan wajah yang enak dipandang maka, anda mempunyai hati yang bersih. Jikalau, melihat sebaliknya atau kurang enak dipandang maka, hati yang anda miliki pun sama.

Menurut warga sekitar, telaga ini terbentuk dari sebuah sayembara yang diadakan oleh seorang putri siapa yang bisa membuatkan nya danau cantik dia akan mempersuntingnya.

Diantara beberapa ksatria yang mendaftar hanya satu orang yang mampu membuat danau seperti yang diinginkan sang putri. Danau itu sekarang kita kenal dengan nama telaga pengilon.

2. Gardu Pandang Tieng

obyek wisata di dieng wonosobo
foto: https://www.instagram.com/wisnu_gates/

Alamat: Jalan Dieng, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo
Jam buka: 05:00 – 18:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Retribusi Pengunjung Rp 2.000,-
Restribusi Kendaraan Rp 1.000,-
Parkir Motor Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Karcis terusan Rp 16.000,-

Obyek wisata di dieng wonosobo terletak di ketinggian 1800 mdpl membuat kawasan ini diselimuti dengan kesejukan dan keindahan berupa panorama yang menawan.

Kabut-kabut tipis sering terlihat membuat pesona di tempat ini semakin menawan. Daya tarik utama dari gardu pandang tieng adalah landscape pedasaan serta negeri diatas awannya dengan kabut-kabut tipis yang hadir di kala pagi.

Gardu Pandang Tieng menjadi alternatif untuk melihat matahari terbit yang menghadirkan pesona siluet nan mengesankan.

Bila anda merasa kedinginan, jangan lupa menyempatkan diri untuk menikmati minuman khas wonosobo yaitu purwoaceng yang sudah tersedia di berbagai warung yang tersedia disini.

Purwaceng sendiri adalah minuman tradisional berupa tumbuhan yang di seduh dan konon katanya memiliki khasiat yang cukup bagus bagi tubuh. Serta sore hari untuk melihat senja yang terbenam.

3. Goa Semar

tempat wisata di dieng dan sekiatranya
foto: https://www.instagram.com/kahuaii/

Alamat: Dieng, Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa tengah

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 2.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Keindahan alam selanjutnya adalah Goa Semar yang konon katanya dijaga oleh Eyang Semar dan menjadi salah satu tempat bersemedi soeharto.

Selain Goa semar yang bisa anda nikmati ada juga beberapa goa yang cukup menarik untuk anda kunjungi pula seperti, Goa pengantin, Goa kuda, Goa Sumur.

Objek wisata ini termasuk dalam kawasan wisata yang cukup keramat sehingga, anda harus berhati-hati bila datang ke tempat ini. Belum masuk saja anda sudah merasakan aura mistis yang sangat kuat.

Luasnya hanya 4 meter saja dan disana, sudah tersedia tikar bagi beberapa wisatawan yang ingin melakukan pertapaan. Khususnya pada masa pencalegan, banyak yang akan mengunjungi tempat ini.

4. Telaga Menjer

tempat wisata di dieng jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/fakhrurozifakhrurozi/

Alamat : Maron, Garung, Kabupate Wonosobo, Jawa Tengah 56353

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Sewa Perahu Rp 15.000,-

Tempat wisata keluarga di dieng ini mempunyai kedalaman kurang lebih 45 meter dan terletak di 1300 mdpl. Terbentuk dari sebuah letusan gunung pakujawa yang dulunya sebagai gunung aktif.

Telaga Menjer merupakan sebuah mata air kecil yang saat ini dibuat sebuah bendungan dan dimanfaatkan untuk pembanglit listrik tenaga air.

Daya tarik utama dari objek wisata ini terletak di fasilitas perahu yang akan mengantarkan anda berkeliling telaga selama 1 jam. Selain itu, anda juga bisa menikmati aktifitas memancing. Ada beberapa ikan seperti ikan mujair, ikan mas, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa untuk mengunjungi bukit seroja yang masih satu wilayah dan nikmati keindahan jajaran pegunungan nan mempesona.

5. Telaga Warna

tempat wisata di dieng apa saja
foto: https://www.instagram.com/lulukhamdyah/

Alamat: Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, jawa tengah.
Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Week Day Rp 100.000,-
Week End Rp 150.000,-
Tiket Masuk Nusantara Week Day Rp 12.000,-
Week End Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Objek wisata ini terletak di ketinggian 2000 mdpl dengan warna biru, hijau, toska, kuning hingga ungu. Kandungan belerang yang cukup tinggi menyebabkan warna di telaga ini berubah dengan bantuan dari sinar matahari.

Konon katanya, telaga ini digunakan sebagai tempat mandi dewi nawang wulan. Sementara itu, lima warna yang terbentuk di telaga merupakan peruwujudan dari sifat manusia.

Selain itu anda juga bisa menikmati kabut-kabut tipisnya, yang akan menambah kesan romantis yang seakan dipamerkan kepada anda.

Menurut cerita yang berkembang, telaga warna sendiri terbentuk dari sebuah tangisan penduduk kerajaan yang menangis karena hadiah pemberiannya di tolak sang putri kerajaan.

6. Candi Bima

tempat wisata keluarga di dieng
foto: https://www.instagram.com/hajarmutz/

Alamat : Jalan Dieng No.37, Karangsari, dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Di wilayah Dieng memang terkenal dengan berbagai cerita pewayangannya. Termasuk dengan kisah Mahabharata. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya candi yang menggunakan para tokoh pewayangan tersebut.

Bila kita lihat lebih dalam lagi, kita akan melihat arsitekturnya yang begitu mengesankan. Lebih tepatnya mirip dengan arsitek candi-candi di India.

Ciri khas dari objek wisata ini adalah hadirnya Arca kudu yang berada di sisi dindingnya yang menyimbolkan sebuah kemegahan sebuah candi. Tingginya mencapai 8 meter dengan ukuran 4,55 mm x 4,5 mm dengan bentuk yang menyerupai segi delapan.

Bentuk atap candinya  terdiri dari 5 tingkat. Masing-masing tingkat memiliki betuk lekuk tubuh yang makin kecil dan mengecil.

Di depan area candi bima terdapat sebuah pelataran yang cukup luas, biasanya digunakan sebagai tempat upacara adat yaitu upacara pradaksina.

7. Museum Kailasa

tempat wisata anak di dieng
foto: https://www.instagram.com/dieng_midnight/

Alamat : Jalan Dieng, Karangsari, dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Buka : 07:30 – 16:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Selama ini, kita hanya mengetahui bahwa Dieng hanya punya keindahan dari segi alam dan sejarahnya berupa candi saja. Tetapi, tidak banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi museum kaliasa ini.

Padahal, kawasan ini mempunyai keindahan berupa sejarah mengenai Dieng meliputi flora, fauna, kebudayaan, kehidupan masyarakat dan sistem keprcayaan yang dianut oleh masyarakat Dieng. Tempat wisata di dieng jawa tengah ini mempunyai luas kurang lebih 560 meter persegi yang terdiri dari dua bangunan

Didirikan pada tahun 1984 bangunan ini menyimpan berbagai macam arca, mala, makara, candi, lingga, dan yoni.

Ada juga patung-patung para dewa dan juga beberapa tempat untuk menaruh pemujaan. Kemudian, pada juli 2008 dibangunlah bangunan kedua yang berisi tentang dataran tinggi dieng setelha letusan Gunung Prau tua.

Disini, anda bisa menikmati berbagai macam keragaman kesenian dan juga kebudayaan yang tumbuh dan berkembang.

Anda juga akan disajikan dalam sebuah film yang menceritakan kehidupan sehari-hari masyarakat Dieng.

8. Kawah Sileri

tempat wisata baru di dieng
foto: https://www.instagram.com/purwadi_siswana/

Alamat : Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 53456

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Masih ingat dengan meletusnya sebuah kawah yang beritanya sempat menggemparkan semua orang? Ya, itulah kawah sileri yanga saat ini anda bisa melihatnya lebih dekat.

Luas kawahnya mencapai 4 hektar dan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga uap. Disini, anda akan disuguhkan dengan gazebo-gazebo  dan pesona uap yang muncul dari dasar kawah.

Nama sileri ini diambil dari nama leri yang artinya adalah air bekas cucian beras. Hal ini disebabkan oleh air yang terdapat di kawah ini berwarna silver yang mengalir ke sungai Dolok.

9. Kawah Candradimuka

wisata dieng wonosobo
foto: https://www.instagram.com/prd.vishal/

Alamat : Desa Pekasiran, Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Timur

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Menurut cerita pewayangan jawa, Gatotkaca, putra dari Bima ini memperoleh kesaktiannya dari kwasa Candradimuka. Tempat tersebuit ada di daerah Dataran Tinggi Dieng. Menuju ke objek wisata ini anda akan di suguhkan dengan track yang cukup sulit.

Tetapi, setelah tiba di lokasi anda sudah di sambut dengan gardu pandang yang berada di lantai 2 untuk melihat kondisi kawah dari atas. Selain itu, ada juga tangga kebawah yang juga dibuat.

Terdapat tiga sumber air panas sekaligus yang memiliki khasiat jitu bagi tubuh anda. Sayangnya, anda tidak bisa menikmati kawah ini lantaran, suhunya yang mencapai 100 derajat celcius.

Ada juga sumber mata air yang bisa anda manfaatkan untuk membasuh muka dan menciptakan kesegaran. Ada pula kisah yang menyatakan siapa yang bertapa di kawah ini akan mendapatkan kesaktian mandraguna.

10. Dieng Plateu Theater

tempat wisata di dieng yang indah
foto: https://www.instagram.com/dezychezy/

Alamat: Dieng, kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, 56354
Jam Buka: 07:00 – 18:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 10.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Diantara semua kawasan yang berada di Dieng mungkin, tempat ini bisa dijadikan tujuan utama. Wisata dieng wonosobo ini menawarkan sebuah sajian pertunjukan yang menarik soal sejarah, letak geografis, dan seluruh kebudayaan yang ada di Dataran Tingg Dieng dalam durasi 23 menit.

Arsitekturnya begitu menarik dengan bentuk berundak-undak. Kapasitas ruangan yang disediakan mampu menampung kurang lebih 100 orang, menakjubkan sejkali bukan.

11. Telaga Cebong

wisata dieng atas awan
foto: https://www.instagram.com/indhifp/

Alamat : Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 15.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Sewa Perahu Rp 10.000,-
Sewa tenda dan lahan Rp 150.000,-

Sebelum anda menikmati keindahan sunrise dan bukit sikunir. Terlebih dahulu kita menikmati keindahan lain berupa rumah Telaga cebong, pesonanya tidak kalah dengan telaga lainnya  yang ada di Dieng.

Telaga ini terbentuk dari bekas kawah purba yang luasnya mencapai 18 ha.  Tetapi, saat ini hanya 12 ha saja dan menjadi sumber pengairan bagi sawah sekitar.

Bila masuk musim dingin suhu yang ada disini bisa mencapai 0 derajat celcius. Bahkan sampai minus.

Bagi anda yang mencari penginapan tapi sudah kehabisan. Jangan takut karena disini kita sudah menyediakan area camping ground yang berada di sisi telaga. Anda bisa menyewa tenda dengan kapasitas 1 matras untuk 4 orang.

Selain itu, disini juga sudah tersedia warung-warung yang siap memberikan minuman dan makanan hangat.

12. Sumur Jalatunda

objek wisata di dieng terbaru
foto: https://www.instagram.com/afzalu_rahman/

Alamat : Desa Pekasiran Batur, perbatasan antara kabupaten banjarnegara dengan kabupaten wonosobo.

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Kalau pergi ke dieng, jangan lewatkan pesona mistis sumur jalatunda yang berbalut dengan berbagai mitos menarik. Sebelum anda sampai di titik lokasi, anda akan disuguhkan dengan pemandangan menarik sawah-sawah yang membentang luas.

Perbukitan dengan lahan kentang nan mengesankan. Menuju ke objek wisata ini anda harus naik kurang lebih 257 anak tangga.

Sumur Jalatunda ini terdapat sebuah mitos dimana, tidak ada seorang pun yang bisa menghitung berapa jumlah anak tangganya.

Setiap orang mempunyai perhitungan yang berbeda-beda. Kemudian, ada lagi mitos bila anda meleparkan sebuah batu ke sumur ini, kemudian sampai di dasarnya maka, keinginan kita akan terwujud, entah benar ataukah tidak, anda sendiri wajib mencobanya.

Konon katanya, sumur ini, memiliki kedalaman kurang lebih 100 meter dengan air yang berwarna hijau. Nama Jalatunda sendiri terdiri dari dua nama yaitu Jala dan Tunda yang berarti wejangan atau bermakna.

Ada banyak versi mengenai sumur Jalatunda ini. Tetapi, dari sekian banyak versi hanya ada satu yang pasti yaitu keindahan dan pesonanya yang wajib dikunjungi.

13. Candi Arjuna

 obyek wisata di dieng wonosobo
foto: https://www.instagram.com/herry_prasetyo_utama/

Alamat : Desa karangsari, Dieng kulon, Batur, banjanegara, Jawa tengah 53456.
Jam Buka :  07:00 – 17:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 15.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 7.500,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Sudah bukan rahasia umum lagi, bila Dieng memiliki candi di atas ketinggian. Kawasan yang sering menghadirkan es di kala musim pancaroba datang.

Tempat wisata anak di dieng ini bernama candi arjuna yang pesonanya sudah terdengar hampir ke seluruh pelosok nusantara.

Candi ini menempati kompleks seluas 90 hektar dan menjadi kompleks terluas di Dieng. Sementara, candi arjunanya sendiri menempati luas area 1 hektar yang terdiri dari lima candi yaitu, Semar, Srikandi, Puntadewa, Sambadra serta arjunanya.

Dilihat dari candinya sendiri, keempatnya diperkirakan di bangun pada masa yang berbeda. Arjuna menjadi yang pertama kali di bangun dan sembadra menjadi terkkhir kali yang dibangun.

Dilihat dari sisi arsitekturnya, Candi Arjuna memiliki gaya india yang cukup kental. Sementara keempat lainnya, merupakan perpaduan antara india dan juga budaya lokal.

Theodore Van Elf, seorang tentara belanda yang menemukan objek wisata ini pada abad ke 18. Dimana, saat penemuan, semuanya masih tergenang air.

Adalah HC Cornelius, pria berkebangsaan inggris berupaya penuh menyelamatkan situs bersejarah ini. Kemudian, perjuangannya dilanjutkan oleh J Van Kirnberges.

Walaupun di buat pada masa yang berbeda, ke lima candi ini memiliki kesamaan yaitu ornament yang sama yaitu ornament penil. Ornamen yang terdapat bagian tengah candi yang berbentuk seperti pegangan.

Candi arjuna, sembadra, dan sembadra di buat untuk menyembah dewa syiwa. Sementara, Srikandi di buat untuk menyembah tiga dewa yaitu Brahma, Syiwa, dan Wisnu.

Sayangnya, arca-arca yang biasanya menghiasi dalam candi dipindahkan di museum kailasa Selaian kelima candi tersebut di kompleks ini masih berdiri dengan megah candi setyaki.

14. Kawah Sikidang

tempat wisata di dieng dan sekiatranya
foto: https://www.instagram.com/sewa.mobil.murah.lengkap/

Alamat : Bakal Batu, Dieng Kulon Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Buka  : 07:00 – 17:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 15.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 7.500,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Spot Foto Rp 5.000,-
Sewa Motor Trail Rp 50.000 / 30 Menit
Flying Fox Rp 25.000,-

Setelah puas menikmati candi arjuna, saatnya kita pergi ke kawah sikidang yang jaraknya hanya 10 menit saja. Tempat wisata di dieng yang indah ini menawarkan pesona kawah yang sangat panas dengan bau belerang sangat menyengat.

Selain kawah utama yang cukup besar, disini juga ada kawah kawah kecil yang memiliki suhu cukup tinggi kurang lebih 80 hingga 90 derajat celcius. Coba saja, anda merebus telur disini, pasti bisa matang.

Objek wisata ini terletak di. Nama sikidang sendiri di berikan lantaran, kawah ini sering berpindah-pindah titik lokasinya.

Untuk meningkatkan minat pariwisata di Kawah sikidang, pihak pengelola sudah membangun beberapa spot foto menarik. Seperti, Foto bersama dengan kuda, burung hantu, love, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga wahana flying fox yang suap menguji adrenalin  kawasan ini juga digunakan sebagai sarana off road yang terkadang sering digunakan sebagai atraksi.

Anda juga bisa menyewa motor trail dan melakukan atraksi. Tidak hanya sampai di situ, sebelum memasuki area kawah, anda akan di bawa berkeliling sebentar ke area pasar yang menjadi pusat oleh-oleh.

Disini, kita akan disuguhkan dengan carica, kacang, keripik jamur yang menjadi oleh-oleh khas dieng dan juga berbagai macam cinderamata yang cukup menarik.

15. Wisata Batu Ratapan Angin

tempat wisata di dieng jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/destiyapangestika/

Alamat : Jl. Raya Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka : 06:00 – 18:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 20.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata baru di dieng ini menjadi tempat terbaik bagi anda untuk melihat keindahan dari telaga warna dieng. Berada di ketinggian 2010 mdpl, kawasan ini merupakan dua buah batu besar yang saling berdampingan dan terletak di atas bukit tepatnya, tidak jauh dari dieng plateu theater

Konon katanya dahulu, ada seorang pangeran tampan dan putri cantik jelita yang hidup rukun, Tetapi, tiba-tiba munculah orang ketiga diantara keduanya.

Sang istri yang awalnya selalu setia mendampingi suami, akhirnya goyah. Akhirnya, kedua berselingkuh di telaga warna.

Sang suami yang mengetahuinya pun berkelahi dan merubah mereka berdua menjadi sebuah batu besar. Sang istri di rubah menjadi batu yang menunduk, sementara selingkuhannya dirubah menjadi batu yang berdiri.

Saat mengunjungi objek wisata ini, anda harus sedikit berhati-hati karena angin yang bertiup sangatlah kencang. Tetapi, pesona yang anda nikmati benar-benar esoktik perpaduan antara telaga, sawahm dan pegunungan yang berada dalam satu kedipan.

16. Telaga Merdada

tempat wisata di dieng apa saja
foto: https://www.instagram.com/tjiptotjupu/

Alamat : Pauan, Karang Tengah, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jam Buka: 07:00 – 16:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Inilah telaga terluas di dieng yang menawarkan ketenangan dan kesejukan nan menawan. Fungsi utama dari kawasan ini sebagai tadah air hujan. Bila dimusim kemarau, air ini akan surut dan kita bisa melihat bagian tengahnya.

Menariknya, danau ini tidak bisa dilintasi dengan berjalan kaki. Di dalamnya terkandung sebuah lumpur berbahaya yang tidak bisa begitu saja dilewati.

Luasnya mencapai 25 hektar dan melintasi dua buah bukit yaitu Bukit pangonan dan bukit semurup. Nama merdada sendiri diambil dari nama dada yang mengandung makna lapang.

Pada tahun 1950 sampai 1988. Kawasan ini digunakan untuk pembibitan jamur tetapi, setelah krisis moneter pembibitan ini pun harus gulung tikar. Hanya saja, anda bisa melihat sisa-sisa bangunannya yang tampak megah.

Selain digunakan sebagai air tadah hujan. Telaga Merdada juga digunakan sebagai tempat pengairan lahan kentang milik warga, bila beruntung anda bisa menyaksikan kegiatan mereka di ladang lho.

17. Curug Sikarim

tempat wisata keluarga di dieng
foto: https://www.instagram.com/peak_up/

Alamat : Desa Sembungan, kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, 56354

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 10.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 6.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Sudah berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk mengunjungi curug sikarim. Dimana, keindahannya begitu luar biasa, latar belakangnya bukit sikunir menghadirkan pesona yang sayang untuk anda lewatkan.

Ketinggiannya mencapai 30 meter, dimana menuju ke objek wisata ini anda wajib menyiapkan tenaga dengan kuat. Lantaran, tracknya yang cukup menantang, berliku-liku, naik turun, serta berlubang.

Tetapi, tidak ada kesulitan di balik keindahan dimana, anda akan melihat ladang-ladang milik warga yang sangat mengesankan. Dedaunan tumbuh subur, membuat anda akan merasakan ketenangan dan kesejukan yang berbeda.

Aliran air dari curug ini terbagi menjadi dua, Suaranya begitu indah dan mesra, seakan menjadi melodi alam yang tidak boleh anda nikmati

Anda juga bisa menikmati kesegaran dari curug sikarim ini dengan berdiri tepat dibawah guyuran air terjunnya.

Jangan lupa untuk siapkan tenaga anda, karena menuju ke objek wisata ini membutuhkan keringat dan rasa tak kenal lelah. Maklum saja, tempatnya cukup tersembunyi.

Disini, anda akan disuguhkan dengan berbagai tanaman perdu dan juga tanaman langka yang hanya ada di sekitar curug sikarim.

18. Bukit Sikunir

 tempat wisata anak di dieng
foto: https://www.instagram.com/agung_rtama/

Alamat : Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 10.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Dari sekian banyak tempat wisata di Dieng, pasti bukit sikunir menjadi tujuan utama bagi sebagian besar wisatawan. Disinilah letak golden sunrise yang sesungguhnya, Konon menjadi yang paling indah se asia tenggara.

Sayangnya, wisata dieng atas awan ini lebih sering kurang ramah. Karena, kabut dan awan-awan yang menyebalkan sering terlihat yang membuat pesona sang fajar tidak tampak menarik.

Jalanan menuju ke atas puncak sudah ramah dan dilengkapi tangga yang cukup melelahkan. Atur nafas anda perlahan agar bisa mendaki sampai di puncak.

Ada beberapa titik yang bisa anda manfaatkan untuk menikmati sunrisenya. Ketinggian dari Gunung sikunir ini kurang lebih 2.463 mdpl.

Banyak wistawan mancanegara dan wisatawan nusantara yang datang untuk menyaksikan keindahannya. Dari titik ini, anda juga bisa melihat pesona telaga cebong dan rumah-rumah warga yang menawarkan pesona nan elok.

Waktu terbaik menuju ke objek wisata ini adalah juli hingga oktober, atau pada musim kemarau. Pada saat musim ini, kabut-kabut tidak akan tebal sehingga, pemandangan matahari terbitnya akan terlihat begitu menawan.

Setelah turun, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner nikmat yaitu tempe kemul. Tempenya tipis-tipis, dilapisi dengan tepung yang sudah di beri kucai kemudian di goreng.

Jika, anda pernah pergi ke purwokerto yang terkenal dengan tempe mendoannya, makanan satu ini tidak jauh berbeda.

Ada lagi semur kentang yang memiliki cita rasa manis gurih dan sedikit pedas. Dieng memang penghasil kentang yang cukup melimpah Tidak heran bila sayuran ini menjadi santapan wajib warganya dan menjadi kuliner khas yang sayang dilewatkan.

19. Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidenkeng

 tempat wisata anak di dieng
foto: http://homestaysikunir.com

Alamat : Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 20.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Satu lagi tempat yang asyik untuk menikmati pesona telaga warna. Namanya adalah wana wisata petak 9 atau dikenal pula dengan nama bukit sidenkeng. Jarak dari gapura masuk menuju ke atas hanya 200 meter saja atau membutuhkan waktu 15 menit.

Tidak terlalu menanjak seperti halnya di bukit sikunir. Keunikan dari tempat ini adalah, anda bisa melihat eloknya telaga warna dan pengilon bersandingan.

Disini pula anda bisa menikmati pesona matahari terbit yang tidak kalah menariknya. Bagi anda yang tidak ingin kesiangan menikmatinya, anda bisa menikmati fasilitas camping ground yang bisa menampung kurang lebih 100 tenda

Pesona lainnya adalah hadirnya berbagai macam tanaman endemic yang bisa digunakan untuk sarana edukasi.

20. Padang Savana

tempat wisata baru di dieng
foto: https://www.instagram.com/dany.am/

Alamat : Desa Karangsari, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 10.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Ada tampilan baru yang bisa anda nikmati di Dieng. Hadirnya padang savanna gunung pangonan yang menarik hati wisatawan.

Anda harus tracking terebih dahulu sebelum sampai di tempat ini. Di tempat ini, anda juga bisa menikmati pesona telaga merdada dan kawa sikidang dari atas, sungguh indah dan elok nian.

Bagi anda yang ingin menikmati objek wisata ini, anda bisa melakukan titik pendakian melalui kawah sikidang, telaga merdada, atau juga museum kailasa lama perjalanan mulai dari 45 menit hingga 2 jam 30 menit dengan pemandangan yang tidak akan pernah mengecewakan anda.

21. Gunung Pakuwojo

wisata dieng wonosobo
foto: https://www.instagram.com/febbysuci1212/

Alamat : Desa Sembungan, Parikesit, Tieng,

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 10.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Tidak hanya bukit sikunir saja yang mempunyai pemandangan nan elok. Dieng masih punya gunung pakuwojo yang menghadirkan panorama jajaran gunung seperti sindoro, prau, ungaran, merbabu, nganjir, serta persawahan dan lembah yang menawan hati.

Waktu tempuh dari titik pendakian kurang lebih 1,5 jam sampai 3 jam. Berada di ketinggian 2.395 mdpl.

Nama dari pakuwojo ini sendiri diambil dari sebuah batu besar yang bentuknya seperti paku. Letaknya tepat diatas puncak diantara 2 telaga wurung, telaga yang berbentuk mangkok bekas letusan vulkanik.

Saat melintas turun, anda akan disuguhkan dengan panorama flora dan fauna yang menghadirkan kesan alami dan asri di tempat ini.

22. Bukit Scooter

tempat wisata di dieng yang indah
foto: https://www.instagram.com/yadisetiadi65/

Alamat : Simpangan, Dieng, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 5.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Dieng memang tidak pernah habis menghadirkan pesona wisata. Selalu saja ada yang baru dan menyenangkan untuk dinikmati.

Salah satunya adalah bukit scooter yang terletak di ketinggian 2200 mdpl. Letaknya hanya 4 km dari candi arjuna.

Disini, anda bisa melihat sunrise dan juga sunset yang keduanya mempunyai keindahan tak terhindarkan.

Selain itu, pemandangan pedesaan, perbukitan dan gunung berada dalam satu tatapan. Sungguh, tidak ada kata yang bisa diungkapkan lagi.

Anda juga bisa bermalam disini, konon katanya pemandangan malamnya tak kalah  menariknya dengan pagi atau siang yang terkenal dengan kabutnya.

Bintang-bintang di atas langit seakan hanya satu jengkal saja dengan kita. Apalagi, kalau langit cerah, kita seperti makhluk yang kecil dan tidak ada apa-apanya.

23. D’Qiano Hot Spring Waterpark

tempat wisata di dieng yang indah
foto: https://www.instagram.com/aimswak_/

Alamat : Krajan, Kepakisan, Batur, Banjanegara, Jawa Tengah 53456

Jam Buka: 08:00 – 17:00

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 30.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 30.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Sewa Gazebo Rp 25.000,- / jam

Setelah puas berputar-putar mengelilingi setiap sudutnya. Saatnya santai sejenak di D’Qiano Hot Spring Waterpark.

Disini, anda akan disuguhkan dengan sensai berendam kolam air panas di dataran tinggi.  Kola mini bersumber dari kawah sileri yang mengandung belerang. Dimana, kandungan ini menyehatkan untuk tubuh dan kulit anda lho.

Selain, air panas anda juga akan disuguhkan aneka permainan yang seru seperti ember tumpah, slider, dan masih banyak lagi.

Keunikan kawasan ini berada di kolamnya, dimana anda akan disuguhkan kolam yang mempunyai kedalam 1,8 meter dan 1,2 meter.

Ada juga kolam yang hampir mirip dengan onsen, tempat  berendam air panas yang keluar dari perut bumi seperti di jepang. Anda pula Jacuzzi.

24. Pendakian Gunung Prau Via Dieng

tempat wisata di dieng yang indah
foto: https://www.instagram.com/bagong_neotech/

Alamat : Dieng

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Tiket Masuk Mancanegara Rp 15.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Siapa yang tidak mengenal Gunung Prau. Objek wisata yang tidak pernah sepi oleh pendaki ini memang menjadi sajian utama bagi mereka para pemula yang ingin belajar naik gunung.

Pendakian dari Dieng ini memakan waktu kurang lebih 3 jam hingga 4 jam. Tanjakan-tanjakan yang harus anda lalui pun begitu menarik.

Siapkan tenaga karena, saat datang hujan, jalur yang akan anda lalui sangat licin. Tetapi, percayalah keindahan di Gunung Prau akan setara dengan letih dan lelah yang anda keluarkan.

25. Mata Air Sungai Serayu

tempat wisata di dieng yang indah
foto: https://www.instagram.com/adityarevianur/

Alamat : Kalilembu, Dieng, kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Timur

                                                         Harga yang Harus Dibayar
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata di dieng terbaru ini merupakan rekomendasi terakhir yang bisa anda nikmati di Dieng. Kawasan ini juga disebut dengan Tuk Bima Lukar, yang benar-benar disakralkan.

Keberadaan dari tempat ini juga, dikaitkan dengan sosok pewayangan yaitu Bima. Dikisahkan, bila pandawa dan juga kurawa yang berlomba untuk sayembara.

Dimana, Bima mendapatkan sebuah wangsit untuk membuat sungai dalam keadaan lukar atau  tanpa busana. Dan melubanginya dengan menggunakan alat vitalnya dan mengairinya dengan air seninya hingga, Bima pun menjadi pemenang.

Bangunan di mata air ini terbuat dari tiga undakan, yang paling atas menjadi bagian paling suci yang digunakan untuk tempat sesaji. Di bawahnya terdapat sebuah kolam untuk menampung air.

Sementara untuk, bagian paling bawah terdapat dua buah pancuran. Ada pula kepercayaan dimana, anda yang mencuci muka dan mandi disini dipercaya akan awet muda.

Mengunjungi Dataran Tinggi Dieng memang mudah. Bisa menggunakan bus dengan terminal wonosobo sebagai tujuan pertama. Kemudian, pindah dengan menggunakan bus ¾ menuju ke Dieng.

Dari sini, anda bisa memanfaatkan ojek yang bisa mengantar kemana pun anda mau. Soal penginapan jangan ditanya lagi.

Ada penginapan dengan harga 200 ribu rupiah hingga yang paling mahal 1 juta rupiah. Dengan berbagai macam failitas yang sudah disediakan.

Selain itu, tempat dan pelayanannya  pun cukup baik membuat anda seperti berada di rumah sendiri.

Akhirnya, sekian dahulu penjelajahan kita ke tempat wisata di dieng. Semoga info diatas bermanfaat dan selamat berlibur.

Review Dieng

100%
Recomended
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.