31 Tempat Wisata di Lumajang yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

Tempat wisata di Lumajang saat ini memang tumbuh ke tahap yang menggembirakan. Seakan wilayah ini tidak ingin kalah dengan berbagai daerah yang terlebih dahulu mengembangkan objek wisatanya.

Ada berbagai macam pesona yang dihadirkan untuk anda. Mulai dari wisata alamnya yang mengesankan hingga, wisata sejarahnya yang sulit untuk ditolak sedikit pun.

Menuju ke kota Lumajang pun sudah dilengkapi dengan berbagai macam alat transportasi seperti bus dengan fasilitas yang nyaman. Jika, anda memutuskan untuk naik kendaraan pribadi, sepanjang jalan sudah halus dan nyaman untuk melintas.

1. Mengenal Kota Lumajang

objek wisata diLumajang terbaru
foto: https://www.instagram.com/arudnano/

Sebelum kita pergi menyusuri setiap sudut kota, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan Lumajang.

Menurut prasasti yang ditemukan dahulu nama kota ini adalah Lamajang. Dalam prasasti tersebut dikatakan bahwa Nararya kirana diangkat menjadi raja di kerajaan Lumajang. Ditetapkan pada tahun 1177 saka.

Bila di lihat dari kalender nasional maka akan ditemukan tanggal 15 Desember 1255. Oleh karena, itu tanggal ini ditetapkan sebagai hari jadi Kota Lumajang.

Nama kota ini juga disebutkan kembali dalam kitab negarakertagama. Dimana nama lumajang adalah wilayah pojok timur yang luas dan masih wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda kota ini ditetapkan sebagai kecamatan. Tetapi,  tahun 1929, status pemerintahannya dinaikkan menjadi kabupaten.

Baiklah setelah mengenal bagaimana catatan sejarah kota ini, tanpa harus panjang lebar lagi. Mari kita simak, hasil penjelajahan pesona wisata Lumajang yang tidak akan pernah bisa anda lupakan.

2. Alun-alun Kota

obyek wisata di Lumajang jawa timur
foto: https://www.instagram.com/yani.cetol/

Alamat: Jl. Alun-Alun Utara, Rogoturunan, Jogoyudan, kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa timur 67316

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000.-

Tempat menarik di Lumajang ini menjadi kawasan pertama yang bisa anda kunjungi. Salah satu ciri khas yang bisa menjadi penanda di objek wisata ini adalah hadirnya pohon besar yang usianya sudah ratusan tahun.

Kawasan ini menjadi ikon bersejarah dimana, menjadi tempat bertemunya para pejabat dan rakyatnya. Alun-Alun kota ini menjadi  taman kota yang sangat indah dan asri dijamin, anda akan betah berlama-lama disini.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati disini adalah sarana. Seperti, fitness Center, Area taman khusus lansia, playground, dan Air mancur yang menarik dijadikan sebagai spot foto. Serta hadirnya sudut religi yang terlihat menentramkan hati.

Rute menuju ke objek wisata ini bisa ditempuh dari terminal Minak koncar melalui Jalan jendral Ahmad Yani. Jarak yang harus ditempuh 7,6 Kilo meter dengan estimasi waktu 13 menit.

3. Bromo Tengger Semeru Nasional Park

wisata Lumajang dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/davyandry/

Alamat:  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Mancanegara Rp 220.000,- – Rp 320.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 29.000,- – Rp 34.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000.-

Obyek wisata di Lumajang jawa timur ini memang sangat menarik dengan luasnya kurang lebih 800 kilo meter persegi. Dari sini, anda bisa melihat bagaimana keindahan Gunung Semeru yang benar-benar elok.

Daya tarik dari taman nasional ini adalah kaldera yang sangat luas dan menjadi yang terluas di Pulau Jawa. Kaldera ini merupakan padang pasir yang luasnya 10 km, dan ditemukan tujuh buah pusat letusan yang berada dalam dua jalur.

Rute menuju ke objek wisata ini bisa ditempuh dari terminal Minak koncar melalui Jalan Probolinggo – Wonorejo. Jarak yang harus ditempuh 75,2 Kilo meter dengan estimasi waktu 2 jam 30 menit.

Bila anda memutuskan menggunakan kendaraan pribadi maka, anda wajib untuk memperhatikan betul mobil anda. Jalanan naik turun dengan tikungan tajam menjadi sajian utamanya.

4. Gunung Semeru

 tempat wisata alam di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/shamroslee/

Alamat: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Semeru, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Mancanegara Rp 210.000,- – Rp 310.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 19.000,- – Rp 24.000,-
Sewa Jeep Rp 900.000,- – Rp 1.200.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000.-

Siapa yang tidak mengenal Gunung semeru yang memiliki puncak tertinggi di pulau jawa. wisata Lumajang hits ini memang sering dikunjungi oleh banyak pendaki. Pesona matahari terbit di atas puncak mahameru menjadi daya tarik yang sayang untuk dilewatakan.

Selain itu, disini ada sebuah mitos mengenai tanjakan cinta. Dimana, saat anda menanjaknya dan membayangkan siapa yang anda cintai maka, dialah jodoh anda.

Untuk bisa mencapai titik ini, anda harus berjuang dengan mendaftar online terlebih dahulu. Dengan surat sehat dari dokter sebagai salah syaratnya. Menariknya, tempat ini hadir dengan batasan kuota.

5. Ranu Pane

tempat wisata anak di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/elzyjazayantim/

Alamat: Desa Ranu  Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Bagi anda yang pernah mendaki ke Gunung Semeru pasti anda akan mengenal objek wisata bernama Ranu Pane. Tempat wisata ini merupakan danau paling rendah diantara tiga danau yang terdapat di kaki gunung Semeru.

Danau ini terletak di Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro, kabupaten Lumajang. Berada di paling ujung desa, atau tepatnya berada di samping pos pendakian.

Air yang terlihat sangat jernih sehingga, mampu memantulkan pepohonan sekitar. Selain itu, kawasan ini juga bisa dijadikan sebagai tempat memancing bagi para warga dan wisatawan yang datang.

Awalnya kawasan ini memiliki luas kurang lebih 1 hektar, hanya saja saat ini menipis menjadi 0,75 hektar saja.

6. Situs Biting

tempat wisata keluarga di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/diyan.chan/

Alamat: Desa Kutorenon, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lumajang,

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Situs ini sangat dekat dengan Terminal Minak Koncar Lumajang. Hanya butuh jalan kaki selamam 25 menit, melalui jalan pepaya anda sudah sampai di tempat tujuan.

Objek wisata ini adalah sebuah benteng sekaligus sebuah pemukiman yang sudah berdidri sejak masa majapahit hingga kerajaan mataram islam. Pendirinya bernama Menak Koncar, seorang tokoh legendaris penguasa Lumajang yang menjabat pada akhir masa kerajaan Majapahit.

Menak koncar sendiri memiliki hubungan ddengan Nambi yaitu Arya Wiraraja. Setelah itu, berita mengenai benteng ini tidak lagi terdengar.

Hanya saja, setelah masa mataram islam, objek wisata ini kembali terdengar. Sungai Biting sendiri merupakan daratan yang dikelilingi oleh sungai-sungai

Sepanjang sungai ini terdapat dinding dan enam menara benteng yang terbuat dari batu bata. Diletakkan lebih tinggi dari dinding benteng dan berada di antara kelokan sungai.

7. Pura Mandara Giri Semeru Agung

 tempat menarik di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/resi.bagus/

Alamat: Jalan serma dohir, Kecamatan senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Indonesia memang memiliki berbagai macam pura yang menjadi tempat peribadatan umat hindu. Dari sekian banyaknya, tempat ini menjadi Pura tertua di Nusantara.

Kawasan ini pun diumpamakan sebagai sebuah mitos yang memindahkan puncak mahameru dari india menuju ke pulau jawa. Arsitekturnya cukup menarik dengan khas majapahit, terdapat ornament patung gajah.

Di tempat ini anda bisa menikmati upacara keagamaan seperti pamlapas alit dan mapulang  dasar sarwa sekar yang akan digelar pada hari minggu manis, wuku menal. Menariknya disini, kita bisa melihat 3 tempat ibadah sekaligus yang merupakan cerminan dari keberagaman agama.

Ada  masjid, gereja,  dan pura yang letaknya cukup berdekatan. Disini, kita juga bisa melihat berbagai macam suku seperti, jawa, Madura, tengger yang hidup berdampingan.

Selain itu, beberapa wisatawan yang ingin bermeditasi disini pun juga dipersilahkan hanya tinggal izin saja ke pemangku Pura. Disini pun anda juga bisa menikmati berbagai macam pepohonan yang rindang.

Tidak jauh dari sini kita juga bisa menemukan mata air yang dianggap suci untuk melakukan kunjungan tirta yatra, atau kunjungan ke tempat suci.

Menuju ke objek wisata ini cukup mudah, anda hanya perlu berjalan dari Alun-Alun Kota Lumajang. Melalui jalan Semeru, dengan jarak 19 kilo meter dengan estimasi waktu 26 menit.

8. Pantai Dampar Wisata di Lumajang

wisata Lumajang hits
foto: https://www.instagram.com/fabriaan_/

Alamat: Dusun Dapar, Desa  Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Jawa Timur

Jam Buka:

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil dan Motor Rp 10.000,- dan Rp 5.000,-
Sewa Perahu Rp 5.000,-

Pantai Dampar terletak di Jarak dari kota kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kontur jalanan yang mulus dan halus.

Tetapi, anda tetap harus berhati-hati karena, juga digunakan sebagai jalur truk-truk besar yang nemuat pasir besi. Daya tarik dari kawasan ini adalah menjelajah pantai dengan sampan dimana, kita bisa menikmati danau yang air tawar yang bersebelahan dengan air asin.

Perjalannya pun kurang lebih selama 20 menit. Seru dan menyenangkan sekali memang, jadi anda wajib untuk mencobanya.

Selain bisa menikmatinya dengan perahu, anda juga bisa menikmatinya dengan berbagai macam menu ikan yang mempunyai cita rasa nan nikmat. Anda juga bisa menikmati keindahan Pulau Barong dari pasir hitam yang menawan.

Anda bisa menempuhnya dari alun-alun lumajang melalui jalan Nasional III, denga waktu tempuh mencapai 1 jam 7 menit dengan jarak kurang lebih 32,7 Kilo meter.

9. Coban Pawon

wisata baru di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/ikone_art/

Alamat: Pucangalit, Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa timur, Jaw Timur 67535

Jam Buka: 07:00 – 17:00 (Pukul 15:00 sudah tidak menerima pengunjung lagi)

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Selanjutnya, Pesona Lumajang yang bisa anda nikmati adalah Coban pawon. kita akan menjelajah air terjun yang cukup unik dan seru. Apalagi, bagi anda para petualang yang suka akan tempat-tempat yang tersembunyi.

Tempat wisata alam di Lumajang memang terkesan sangat unik dimana, antrukannya berada di dalam goa yang mirip dengan pawon. Oleh karena itu, kawasan ini disebut dengan nama Coban Pawon.

Ketinggiannya kurang lebih 15 m dengan perjalanan menuju ke tempat ini anda harus mempersiapkan fisik.  Anda akan melewati perkebunan warga serta medan yang menantang dengan sudut kemiringan kurang lebih 45 derajat.

Bila anda dari Puncak B29. Anda bisa menempuhnya melalui jalan Raya Gucialit dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit. Jaraknya mencapai 38,6 km.

10. Gunung Wayang

wisata di daerah Lumajang
foto: https://www.instagram.com/dindakumiiss/

Alamat: Sawah dan Hutan,  Sumberwuluh, Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67373

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Selain Gunung Semeru, dan juga Puncak B29, wisata baru di Lumajang ini pun menghadirkan keindahan diatas ketinggian. Dimana, akhir-akhir ini tempat ini muncul sebagai area camping di dataran tinggi yang hangat diperbincangkan.

Di puncaknya anda akan menemui sebuah pohon besar yang terlihat seperti sebuah wayang. Konon katanya tempat ini tersimpan makam putri yang sering didatangi warga, dan ditemukan pula keputren atau bekas bangunan yang dibangun untuk sang putri.

Tinggi dari Gunung Wayang ini hanya 1000 mdpl saja, dari area parkir menuju ke atas hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit hingga 45 menit. Setelah sampai di atas puncaknya kita akan disuguhkan dengan pesona indah semeru yang benar-benar berdiri gagah tepat di depan kita.

Tidak hanya itu saja, pesona pantai pun juga bisa kita temui disini. Di puncak ini pula anda bisa mendirikan tenda yang hanya mampu menampung 5 sampai 7 tenda saja.

11. Goa Tetes

 lokasi wisata di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/luckymarsal/

Alamat: Desa Sidomulyo, Kecamatan Ponowijoyo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Goa ini menjadi sangat menarik karena, tempat ini mempunyai keindahan berupa air terjun yang merembes di dinding gua. Inilah yang menjadi latar belakang mengapa nama objek wisata ini dinamakan sebagai Goa Tetes.

Ada mitos yang tersaji di kawasan ini. Dimana, saat anda mandi di sini maka, anda akan awet muda, entah benar ataukah tidak hanya anda yang pernah mencobanya yang bisa menjawabnya.

Selain itu bagi and ayang masih jomblo setelah mandi disini anda akan enteng jodoh. Bahkan, bagi anda dan pasangan yang sedang bersitegang, setekah mandi disini hubungan mereka akan baik kembali.

Anda bisa menempuhnya dari Coban Pawon dengan menggunakan jalan Nasional III dengan waktu tempuh mencapai 2 jam 7 menit. Dengan jarak yang harus anda tempuh adalah 73 Kilo meter.

12. Ranu Bedali

wisata outbound di Lumajang,
foto: https://www.instagram.com/mochmaruf61/

Alamat: Dusun Jatian, Tegalrandu, Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Bisa dikatakan objek wisata ini adalah salah satu bukti bahwa lumajang juga punya surga tersembunyi yang belum terekspos dengan baik. Sehingga, pengunjung yang datang masih seputaran wisatawan lumajang dan sekitarnya saja.

Tempat ini mempunyai spot foto yang instagenik dengan sudut yang mengarah ke pesona air terjun ranu bedali. Di sini, anda bisa menikmati malam yang dingin bersama dengan bintang-bintang kemudian, menikmati keindahan sang fajar yang terbit dari ufuk timur.

Ranu ini memiliki 3 kawasan danau kecil yaitu Klakah,  pakis, dan bedali sendiri. Menariknya lagi, saat anda lihat di peta akan terbentuk segitiga. Oleh karena itu, namanya penduduk sekitar menamakannya sebagai segeitiga ranu.

13. Pantai Bambang

objek wisata diLumajang terbaru
foto: https://www.instagram.com/indahsabrinazulfa/

Alamat: Rekasan, Bago, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 67372

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Batu Hias Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Bagai warga Lumajang, Pantai Bambang mungkin sudah tidak terdengar asing lagi. Salah satu tempat wisata anak di Lumajang ini menghadirkan keindahan alam yang luar biasa.

Saat anda menginjakkan kaki di tempat ini, anda akan disuguhkan dengan pesona pasir pantai yang menawan hati. Pasir ini berfungsi sebagai tadah air hujan sehingga, anda bisa menikmati air tawar yang berpadu dengan air laut.

Pasirnya berwarna hitam, saat anda melihat ke sisi barat, anda akan dimanjakan dengan deretan pegunungan yang menawan. Bagi anda yang berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk berhati-hati karena, ombak yang besar selalu datang menghampiri.

Selain itu, Pantai Bambang juga terkenal dengan penghasil batu hias yang bentuknya bulat atau juga lonjong. Harganya pun beragam semakin susah cara menghias batu maka, harga yang akan ditawarkan pun semakin tinggi.

Dari Pantai Dampar, anda akan menempuh waktu 47 menit melalui jalan  gondoruso dengan waktu tempuh kurang lebih 28,4 kilo meter.

14. Ranu Klakah

wisata Lumajang hits
foto: https://www.instagram.com/habib_day/

Alamat: Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, jawa Timur

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata di daerah Lumajang ini menghadirkan pesona matahari terbit yang luar biasa. Dengan latar belakang Gunung Lemongan yang tampak mempesona dan mengesankan dengan ketinggian 1668 mdpl.

Bagi anda yang suka memancing, tempat ini bisa dijadikan sebagai alternatif. Apalagi, warga sekitar juga sering terlihat melakukan aktifitas mengambil ikan-ikan yang konon katanya cukup besar-besar.

Di samping danau, juga sudah tersedia berbagai macam warung-warung yang menyediakan berbagai olahan kuliner yang rasanya benar-benar menakjubkan, anda pasti ketagihan dibuatnya.

15. Ranu Lading

wisata baru di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/rmasky/

Alamat: Desa Papringan, kacamatan Klakah, kabupaten Sukoharjo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Daya tarik dari objek wisata ini adalah perkebunan kopi peninggalan Belanda. Disini, anda akan menemukan sebuah rumah loji yang masih terawat. Fasilitas di tempat ini pun cukup mumpuni dengan hadirnya beberapa warung makan dan area musholla untuk umat muslim beribadah.

Menuju objek wisata ini anda bisa mulai dari Ranu Klakah melalui Jalan salak. Waktu tempuhnya kurang lebih 23 menit. Dengan jarak tempuh mencapai 10,3 kilo meter.

16. Air Terjun Watu Lapis

wisata di daerah Lumajang
foto: https://www.instagram.com/senengdolen_id/

Alamat: Pasropan, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang,  Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Satu lagi pesona air terjun di lumajang yang tidak boleh anda sia-siakan. Objek wisata ini berada di tengah-tengah kebun kopi milik warga.

Untuk menambah instagramable dari kawasan ini, penduduk sekitar sudah membangun pondok-pondok untuk anda yang ingin berteduh. Selain itu,  hadir juga jembatan kecil yang bisa anda jadikan sebagai latar belakang foto yang menyenangkan.

Rute menuju ke objek wisata ini anda bisa melalui jalan semeru  dengan waktu tempuh 48 menit. Jaraknya kurang lebih 29,5 kilo meter.

17. Ranu Kumbolo

wisata di daerah Lumajang
foto: https://www.instagram.com/kubiiilll_/

Alamat: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Semeru, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 20.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Satu lagi keindahan danau yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Lumajang. Ranu Kumbolo, nama yang pastinya tidak asing lagi bagi anda para pendaki gunung semeru.

Pesonanya yang luar biasa membuat semua pendaki memilih untuk bermalam disini baik akan naik atau setelah naik. Wisata outbound di Lumajang ini menghadirkan keindahan pagi yang sangat romantis, sangat cocok untuk anda yang ingin melamar atau menyatakan cinta pada orang yang anda cintai.

Danau ini berada di ketinggian 2.389 mdpl dan menjadi ikon yang tidaka akan pernah tergantikan di Gunung Semeru. Menuju ke objek wisata ini anda harus mepersiapkan segalanya terutama fisik anda.

Butuh waktu kurang leih 4 jam hingga 6 jam perjalanan dari pos pendakian semeru. Anda tidak perlu khawatir soal treknya, karena bisa dibilang cukup landai sehingga, anda hanya perlu mengatur nafas anda.

18. Pantai Watu Pecak

wisata outbound di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/ncuuut_/

Alamat: Krajan Dua, Selok Awar, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67372

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata keluarga di Lumajang ini menghadirkan keindahan alam berupa pantai dengan gulungan ombak yang memukau.

Objek wisata ini juga digunakan umat beraga hindu untuk upacara melasti yang biasanya diadakan setiap malam satu suro.

Disini pula terdapat sebuah mitos mengenai Batu besar, dengan sebuah batu yang terdapat tapak harimau dengan aroma mistis yan cukup kuat.

Jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni agar setiap momen bisa anda abadikan melalui foto dan gambar.

Rute menuju ke  Pantai Watu pecak anda bisa dari pantai Bambang menuju sepanjang jalan yang sudah ada dengan jarak 4,5 km dengan waktu 16 menit.

19. Pantai Tlepuk

objek wisata diLumajang terbaru
foto: https://www.instagram.com/diankristantinadewi/

Alamat: Krajan Dua, Selok Awar, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67372

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata di lumajang  memiliki daya tarik cukup menawan dari objek wisata lain hadirya sebuah rawa yang bisa anda gunakan untuk memancing.

Selain itu anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbeanm yang memang sangat menawna. Sayang bila harus dilewatkan sedikit pun.

20. Air Terjun Tumpak Sewu

tempat wisata anak di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/syarif_eiger/

Alamat:  Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

lokasi wisata di Lumajang ini memang sangat mengesankan. Bagaikan sebuah potongan surga yang dimiliki Jawa Timur.

Menuju ke titik lokasi, anda harus menurunui kurang lebih 800 tangga. Dari perjalanan ini anda sudah bisa melihat keindahan dari air terjun Tumpak sewu. Sebelum anda sampai di lokasi, anda akan menemui goa tetes terlebih dahulu.

Anda bisa menuju objek wisata ini dari Puncak B29. Melalui Jalan Bromo dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 56,2 kilo meter.

21. Air Terjun kapas Biru

obyek wisata di Lumajang jawa timur
foto: https://www.instagram.com/choyfaizah/

Alamat: Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Inilah dia pesona lumajang yang seakan tidak pernah ada habisnya. Dimana, air terjun kapas biru ini mempunyai pesona yang tidak kalah dengan objek wisata lainnya.

Asal-usul dari kapas biru lantaran, dari jauh air terjun ini berbentuk seperti kapas yang jatuh dari atas menuju ke bawah. Debit airnya yang cukup deras membuat sisi air terjun tampak berwarna biru.

Menuju ke objek wisata ini memang tidak mudah. Anda harus mempersiapkan fisik anda karena, perjalanan menantang siap untuk anda jelajahi.

Tinggi airnya sendiri mencapai 20 meter. Di sekitar objek wisata ini ada berbagai macam air terjun yang mempesona.

22. Pemandian Alam selokambang

wisata di daerah Lumajang Lumajang
foto: https://www.instagram.com/selokambang_lumajang/

Alamat: Purworejo, Senduro, pancen, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67361.

Jam Buka: 05:00 – 17:30

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 6.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Pemandian ini memang esoktis, selain airnya yang menyegarkan. Ada mitos yang dipercaya oleh warga sekitar dimana, pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Arti dari selokambang adalah  batu terapung. Konon cerita ada seseorang  yang menyelamatkan diri dari sebuah peperangan yang menyembunyikan sesuatu di bali danau tersebut.

Danau tersebut di geser ke danau menariknya, batu besar tersebut tidak tenggelam melainkan, terapung. Air nya tampak jernih sehingga, anda akan puas menikmati kawasan ini.

Luas kawasan ini mencapai 12 hektar, dimana selain kolam renang anda pun bisa menikmati aktifitas lain seperti seperti bermain becak air,  perahu, dan olahraga tennis.

23. Air terjun Manggisan

lokasi wisata di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/arrizfrds/

Alamat: Kandangan, Senduro. Krajan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Masih seputar air terjun yang sangat mempesona . Nama manggisan sendiri diambil dari sebuah pohon manggis yang dahulu sempat terlihat di tempat ini.

Sayangnya, air hujan yang turun membuat kawasan ini membuat pohon manggis yang menjadi pesona utama tempat ini harus tumbang, karena aliran airnya yang cukup deras menerjang.

Menuju ke titik lokasi anda harus mempersiapkan fisik karena, dari parkiran anda harus berjalan menempuh waktu kurang lebih 1 jam 30 menit lamanya. Selama perjalanan anda akan melewati 2 perbukitan dan 1 sungai yang airnya sangat jernih dan cukup dingin bila tersentuh oleh kulit.

Bila anda dari Pura mandara Giri Semeru Agung, anda bisa menempuhnya melalui jalan Brojosari dengan waktu tempuh 13 menit. Jaraknya mencapai 5,8 Kilo meter.

24. Gunung Lemongan

tempat wisata keluarga di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/ryandediis/

Alamat: Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 1676 mdpl, bentuknya kerucut seperti gunung fuji yang berada di jepang. Dikelilingi 3 danau sekaligus yang pesonanya tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Untuk mendaki kawasan ini anda hanya perlu menuju ke desa klakah atau mencari rute danau klakah. Setelah itu, anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada.

Perjalanan menuju ke puncaknya pun tidak bisa dibilang mudah, karena anda harus menanjak ke atas dengan bebatuan yang berjajar kesana-kemari memberikan tantangan tersendiri. Tidak hanya itu saja,  kemiringannya pun bisa dikatakan sangat curam.

Tetapi, setelah menempuh perjalanan hampir 5 jam. Semua kelah anda akan terbalaskan dengan keindahan yang tidak akan pernah bisa anda bayangkan sedikit pun.

25. Oro-Oro Ombo

wisata di daerah Lumajang
foto: https://www.instagram.com/tryanha/

Alamat: Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Gunung semeru memang tidak hanya berhenti dengan satu objek saja yaitu Ranu kumbolo. Tetapi, ada juga oro-oro ombo yang sangat mengesankan hati.

Berada di ketinggian 2400 mdpl. Kawasan ini merupakan pada savanna yang berada di balik bukit cinta yang menghadirkan mitos mengenaik cinta.

Cobalah berkunjung pada bulan April, dimana kawasan ini akan terlihat dengan berbagai macam bunga verbena yang sedang tumbuh bermekaran.

Bila disentuh anda akan merasakan batang-batangnya yang terasa kasar. Serta bulu-bulu putih yang berbentuk segi empat.

26. Sumber Brutu

lokasi wisata di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/ciplukan_gunung/

Alamat: Mrutu, Kandangsari, Kedung jajang, Kabupaten Lumajang Jawa Timur,  67358.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Kalau anda mengunjungi objek wisata ini, anda akan di bawa ke pesona yang ada di klaten yang terkenal dengan berbagai macam sumber mata air. Sumber Brutu ini bisa dibilang seperti sebuah surga yang tersembunyi.

Lantaran, menuju ke objek wisata ini anda harus melampaui hamparan sawah-sawah, dan sungai. Sumber mata airnya pun sangat alami, jernih dan cocok bagi anda yang membutuhkan tempat untuk meluruhkan segala beban yang ada

Lokasinya masih sangat asri dengan pepohonan lebat yang tumbuh hampir di sepanjang sudut. Telaga kecilnya cukup menarik dijadikan sebagai spot berenang atau hanya berendam saja.

Keindahannya semakin memakau dengan pesona bebatuan yang terhampar di sepanjang sumber mata air. jarak tempuhnya kurang lebih 12,3 km dengan estimasi waktu 23 menit.

Jangan lupa membawa kamera waterproof agar anda bisa mengambail spot dan gambar saat menyelam di bawahnya.

27. Kebun Teh Kertowono

tempat menarik di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/jeffrey_afriel/

Alamat: Desa gucialit,  kecamatan gucialit, dan kabupaten Lumajang

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Bisa dikatakan objek wisata ini adalah kawasan bersejarah karena, menjadi salah satu dari sekian banyak peninggalan Belanda untuk Indonesia. Terletak di atas ketinggian 1200 mdpl.

Kebun teh kertowono  ini berada di . Dengan jarak kurang lebih 55 km dari kota Lumajang. Daya tarik dari tempat ini adalah dataran pegunungan mulai dari gunung semeru yang berada di sebelah barat. Kemudian, ada juga Gunung Lemongan, Raung, dan Argopuro yang berada di sebeluah timur.

Kebun teh ini pengelolaannya sudah ada sejak tahun 1910 terdapat. Ada sebuah bangunan yang berdiri sejak masa colonial belanda hingga saat ini.

Arsitektur belandanya sangat terasa dengan jendela dan pintu yang cukup besar. Rumah-rumah ini pun juga bisa anda jadikan sebagai tempat menginap.

28. Hutan Pinus Penanggal

wisata baru di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/lulisindrayanti/

Alamat: Rekasan Timur Penanggal, Candipuro, Kabupaten Lumajang, jawa Timur 67373

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat ini biasa digunakan sebagai lokasi preweddingdan tempat mengambil spot foto yang selalu ramai dikunjungi. Pohon pinus ini terletak di lereng Gunung semeru, jarak yang di tempuh kurang lebih 30 km dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit.

Berada di tempat ini anda akan merasakan kesejukan yang luar biasa. Kesegarannya, membuat anda tidak susah move on dan enggan untuk pergi.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa memuali dari terminal minak koncar. Melalui jalan semeru dengan waktu tempuh 50 menit dengan jarak yang harus ditempuh 31,4 Kilo meter.

29. Ranu Regulo

wisata baru di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/lailinaaal25/

Alamat: Hutan, Ranupani, Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Bila berada di Lumjang jangan lupakan objek wisata ini. Berada di ketinggian 2100 mdpl dengan luas kurang lebih 0,75 hektar. Menuju ke tempat ini anda akan disuguhkan dengan perkebunan warga yang tampak mengesankan.

Kawasan ini mempunyai keindahan air yang berwarna biru kehijauan. Pesona lainnya yang bisa anda nikmati adalah anggrek hijau yang benar-benar cantiknya bukan main. Kawasan ini pun bisa anda manfaatkan untuk mendirikan tenda dan melihat keindahan malam serta pagi disini.

30. Air Terjun Coban Sriti

tempat wisata anak di Lumajang
foto: https://www.instagram.com/cooln5455/

Alamat: Jogokereng,  Tamanayu, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, jawa Timur67374

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Objek wisata ini diperkirakan mempunyai ketinggian kurang lebih 120 meter. Dibawah gunung kukusan sriti yang juga disebut dengan coban wolu.

Nama coban wolu ini sendiri diambil dari sepanjang perjalanan yang harus melewati sungai sriti sebanyak 8 kali.

31. Puncak B29

Wisata Lumajang dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/richo_adtf/

Alamat: Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwarni, Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, 67254

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Sewa Ojek Rp 150.000,-
Parkir Motor dan Mobil Rp 5.000,- dan Rp 10.000,-

Wisata Lumajang dan sekitarnya ini adalah sisi lain dari Gunung Bromo yaitu Puncak B29 bisa dikatakan seperti, berada di negeri dongeng yang benar-benar nyata adanya.

Sepanjang perjalanan menuju ke objek wisata ini anda akan menmbus awan yang membuat perjalanan menjadi berkabut. Tetapi, setelah berhasil melewatinya, anda akan melihat kembali keindahan yang sempurna di depan mata.

Ketinggiannya mencapai 2900 mdpl, disini anda akan melihat bagaimana teras gunung yang benar-benar mempesona mata dan hati anda. Pemandangan dia tas awan dengan beberapa pepohonan yang menjulang tinggi memang sayang untuk anda lewatkan.

Berakhir sudah perjalanan kita berkeliling seluruh tempat wisata di Lumajang. Bagaimana, anda sudah tentukan mana yang akan jadi daftar kunjungan sewaktu pergi ke kota ini?

Jangan lupa ajak teman, saudara, dan keluarga untuk mengunjunginya. Seluruh objek wisata di sini sedang menunggu kedatangan anda.

Review Wisata di Lumajang

100%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.