21 Tempat Wisata di Madura Terbaru

Tempat wisata di Madura saat ini mulai berkembang pesat. Luas wilayahnya yang mencapai 5.186 kilometer persegi membuat kawasan ini, memiliki banyak tempat-tempat yang eksotis dan menawan. Selain itu, saat ini menuju ke Madura sudah cukup mudah di tambah dengan mengakses jembatan suramadu yang lebih memudahkan akses ke tempat ini.

Menariknya, di Madura memiliki suku asli yang menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia. Banyak penduduknya yang melanglang buana ke seluruh penjuru Indonesia dan mempopulerkan kuliner yang khas terdiri dari sate yang rasanya cukup menggelitik di lidah.

Keunikan lainnya adalah masyarakatnya ramah dan ramah walau logat mengobrol terasa kasar. Namun, tali persaudaraan yang mereka ikatkan cukup baik sehingga Anda bisa bertahan di lingkungan keluarga sendiri.

Sejarah Madura memang tidak terlepas dari kerajaan di tanah jawa. Dijana, jika Anda menyemak buku negarakertagama, dahulu Madura dan jawa merupakan satu pulau yang didukung oleh Hindu dan Buddha yang membangun kerajaan-kerajaan yang terdiri di jawa timur seperti Ke Kura, Singa sari, dan Majapahit.

Bupati pertama Madura waktu itu bernama Ara Wira raja yang konon katanya diangkat oleh Raja kertanegara yang memimpin kerajaan Singa sari. Sejak pengangkatan Ara, Madura pun memiliki kerajaan yang berpusat di batu putih, Sumenep. Pada proses pengangkatan, Raja Singasari itu menghantarkan beberapa kebudayaan seperti menari gambuh dan Tari satria.

Pada perjalanannya, pada tahun 1500 – 1624, pulau ini mulai dikuasai oleh kerajaan Mataram Islam. Kemudian, 1882 mulailah kolonial Belanda berkuasa di tanah ini. Selanjutnya, pada tahun 1920. Madura ditetapkan sebagai provinsi di Jawa Timur. Sejak saat itu pula, kawasan ini mempunya destinasi menarik untuk dikunjungi. Berikut, daftar pilihannya.

1. Pantai Slopeng

tempat wisata di Madura
Foto: https://www.instagram.com/q_qrylia/

Alamat: Jl. Raya Slopeng, Desa Sema’an, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000, Sewa Kuda Rp 10.000, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Selanjutnya, mari kita mulai perjalanan kita di Maduran dari Pantai Slopeng. Objek wisata di Madura Jawa Timur, memiliki ombak yang cukup tenang, cocok untuk Anda yang ingin berenang atau hanya bermain air. Selain itu, disini juga sudah menyediakan fasilitas pelampung yang bisa Anda sewa.

Pantai Slopeng sendiri cukup luas, untuk mengelilinginya Anda perlu menggunakan kuda yang perlu Anda nikmati setiap sudutnya. Keunikan yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung kesini hadir hadir hamparan pasir yang mirip dengan gurun pasir.

Jangan berpikir panas dulu? Karena, ada pohon cemara yang siap melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Bagaimana pun, Anda bisa duduk di bawahnya menikmati semilir angin-angin sepoi yang berhembus hampir setiap detik.

Jangan lupa menikmati sajian hidangan nusantara seperti, pecel, soto, rujak, bakso dan aneka seafood yang hadir dan berjajar. Ada pula es kelapa muda yang harganya murah dan rasanya benar-benar segar. Membasahi tenggorokan yang kering.

Terakhir, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam di pantai slopeng. Senja madura yang membuat Anda mudah diingat, manis dan cantiknya suguhan yang hanya bisa berjalan singkat ini. 

2. Air Terjun Toroan

wisata Madura
Foto: https://www.instagram.com/indraiswanto84/

Alamat: Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur

Jam Buka: 06:00 – 18:00

Harga Tiket Masuk: Gratis, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Wisata di Madura dan sekitarnya menghadirkan keindahan luar biasa. Bila Anda pernah pacitan dengan air terjun banyunibonya. Maka, air terjun toroan ini tidak jauh berbeda. Dimana, air terjun yang langsung bermuara ke laut. Tinggi dari air terjun toroan kurang lebih 20 meter. Debit airnya pun cukup membuat pesonanya semakin mengesankan.

Tidak hanya aliran udara dan tebing serta pepohonan yang menjadi perpaduan nan sempurna. Namun, ada bebatuan unik yang membuat Anda berusaha untuk melanjutkan. Menikmati kesenangan pun memanfaatkannya untuk selfie spot.

Bagi yang sudah pernah mengunjungi tempat ini pasti menyetujui titik air terjun toroan adalah titik terbaik melihat matahari terbenam. Oleh karena itu, disetujui untuk datang ke tempat ini pada sore hari. Maka, perpaduan langit, seruan air terjun dan ombak menjadi perpaduan yang sempurna berlalu sakit.

Keindahan yang tiada bandingannya ini juga sering dilakukan sebagai lokasi foto prewedding lho. Dari titik mana pun menikmatinya air terjun toroan memang menarik.

Anda bisa melihat lukisan air terjun, pohon yang menjulang, dan ombak pantai di bagian tebing. Bila dari Arah Pantai, Anda akan disuguhkan dengan udara turun, tebing, bebatuan, pasir pantai yang tak kalah dikembalikannya.

Di air terjun ini, Anda bisa berenang dan berendam di kolam yang cukup dalam dengan kedalaman kurang dari 2 meter. Selain itu, ada pula hewan-hewan yang lucu seperti, kera-kera hutan nepa yang lucu dan imut. 

3. Pantai Siring Kemuning

wisata di Madura
Foto: https://www.instagram.com/grapher_gabut

Alamat: Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Madura, Jawa Timur 69156

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Rp 3.000, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Objek wisata di Madura terbaru ini diminati oleh wisatawan mancanegara. Sementara mereka rela untuk menginap hingga hari-hari demi melepaskan penat dan lelah. Bibir pantainya memang cukup luas. Memungkinkan, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti olahraga voli atau juga sepakbola.

Keunikan dari tempat ini hadir matahari terbenam dan matahari terbit yang sayang untuk dilewatkan. Rangkaian siluetnya tidak bisa kamu lupakan dan dipindahkan begitu saja. Ada banyak sisi instagramable yang bisa kamu jadikan bahan galerimu di instagram.

Menariknya di sini, kamu bisa merasakan kehangatan masyarakat madura yang sejatinya halus dan bersahaja. Hal itu bisa kamu rasakan saat berkunjung ke warung-warung untuk menikmati sajian kuliner khas yang sulit untuk dilupakan.

Sayangnya, saat ini pantai siring kemuning meningkat pengikisan jadi, bibir pantai yang berubah 100 m hanya tersisa 25 m karena, penambangan pasir yang dilakukan terus menerus. 

4. Vihara Avalokitesvara

objek wisata di Madura
Foto: https://www.instagram.com/davit.villa

Alamat: Jalan Teja Pamekasan, Dusun Montok, Desa Larangan, Kecamatan Polagan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, 69382

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga Tiket Masuk: Seikhlasnya, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Setelah puas bermain-main ke pantai menikmati gedung yang cukup bersejarah dan memiliki tempat sudut foto yang menarik. Nah, di madura sendiri memiliki 3 klenteng dengan vihara avalokitesvara menjadi salah satunya.

Sebelumnya, bagunan ini difungsikan sebagai tempta penyimpanan patung-patung majapahit. Pada tahun 1800 seorang petani menemukan patung-patung ini yang kemudian, dipindahkan ke daerah pamekasan. Kemudian, seorang saudagar kaya dari tionghoa membeli tanahnya yang kemudian mulai membangun kelenteng ini.

Keunikan dari vihara ini terletak di kerukunan antar umat beragama yang sangat kental. Di mana, kamu bisa menemukan mushola yang ditemukan di depan vihara. Cobalah untuk menyusuri setiap sudutnya.

Kamu akan mendapatkan pengetahuan baru tentang ajaran agama Buddha dan juga kerajaan majapahit. Perlu mengingat tempat ini adalah rumah ibadah, oleh karena itu menunggu sikap dan kebersihan diminta, jika prosesi sedang berlangsung. 

5. Kota Tua Kalianget

obyek wisata di Madura
Foto: ht/ps://www.instagram.com/potretmadura

Alamat: Jl. Raya Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, 69471

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga Tiket Masuk: Gratis, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000

Ternyata, tidak hanya ada di semarang atau juga surabaya. Namun, di kawasan madura juga ada kota tua kalianget yang sangat mengesankan. Dimana, tempat ini mulai dibangun pada zaman voc.

Dahulu, menjadi pelabuhan yang paling sibuk di selat madura. Dikutip di pelabuhan. Benteng dibangun oleh VOC pada tahun 1785.

Setelah itu, ada banyak penduduk Eropa yang datang dan pergi ke tempat ini. Oleh karena itu, saat kamu tiba disini tidak heran ketika masih banyak bangunan indis.

Peninggalan sejarah lainnya yang bisa kamu temui di sini adakah bangunan pabrik garam yang paling modern di waktu itu. Dibangun sekitar tahun 1899 dengan berbagai macam fasilitas hiburan yang super lengkap. 

Datang juga –> 20 Tempat Wisata di Madiun Terbaru

6. Gili Labak Madura

tempat menarik di Madura
Foto: https://www.instagram.com/sumenep_tour_86/

Alamat: Pulau Gili Labak, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis, Sewa Kapal Rp 200.000 Hingga Rp 500.000, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Wisata hit di Madura ini memiliki pesona yang cukup istimewa. Banyak wisatawan yang datang dan pergi ke tempat ini. Panorama pasir putih dan birunya laut menjadi sajian utama yang tidak boleh Anda sukai.

Menariknya, sebelum dikenal dengan nama gili labak. Obyek wisata ini diberi nama pulau tikus. Konon katanya ada banyak tikus yang bisa kamu lihat di sini. Menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan bus menuju ke terminal sumenep terlebih dahulu.

Kemudian, bisa membeli kapal dengan harga 350 ribu rupiah. Perjalanannya kurang lebih 2 jam perjalanan. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini adalah snorkeling. Ada banyak karang dan ikan hias yang bisa kamu nikmati. Hanya saja, kamu wajib membawa sendiri peralatannya ya.

7. Pantai Rongkang

tempat wisata anak d Madura
Foto: https://www.instagram.com/po_toyok

Alamat: Kejawanan Barat, kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Rp 20.000, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Tempat wisata menarik di Madura ini memiliki daya tarik yang menawan dengan pasir putih dan hamparan bebatuan yang cukup mengesankan. Dengan keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai lain di Madura.

Kamu juga bisa melihat bukit berundak-undak dengan tinggi kurang lebih 25 meter. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Tidak hanya pagi saja, di kala malam kamu juga bisa melihat lampu-lampu yang berderet yang mengesankan terutama gemerlap jembatan suramadu.

Asal nama Rongkang sendiri berasal dari bahasa ngangrang yang artinya berlubang. Disini ada banyak fasilitas yang lengkap mulai dari penginapan, toilet, mushola, dan kamar mandi. 

8. Masjid Agung Sumenep

tempat wisata keluarga di Madura
Foto: https://www.instagram.com/q_qrylia

Alamat: Bangselok, Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, 69416

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Seikhlasnya, Parkir Mobil Rp 5.000,-Parkir Motor Rp2.000.

Masih berada di Madura, jangan lupa mengunjungi masjid agung sumenep. Tidak hanya sebagai sarana beribadah saja. Namun, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana belajar tentang edukasi islam dan sejarah yang terkandung di dalamnya.

Masjid ini masih berhubungan erat dengan kesultanan sumenep. Dibangun mulai tahun 1779 hingga 1787. Bangunan bersejarah ini memiliki nama masjid jamik.

Di halamannya kamu bisa melihat dua buah pohon yaitu sawo dan tanjung. Dimana memiliki filosofi dan makna yang tak terelakan. Menyiratkan sebuah pesan yang berarti adalah shalat lima waktu jangan meminta sebagai wujud menjunjung tinggi Allah.

Gapura masjid ini terinspirasi dari budaya tionitasi. Arsitekturnya memadukan beberapa unsur dari cina, eropa, dan jawa. Maklum saja, sang arsitek masjid ini memang berkebangsaan Tiongkok. 

9. Pantai Lombang

tempat liburan di Madura
Foto: https://www.instagram.com/danythedox

Alamat: Desa Lombang, Kecamatan Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Objek wisata selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah pantai lombang. Ombaknya tidak terlalu deras sehingga, kamu bisa berenang kesana kemari. Kesan yang tidak bisa dilupakan adalah pohon cemara yang menarik hati bagi siapa saja yang datang berkunjung.

Bagi yang hobi memancing, disini sudah disediakan spot mancing yang tidak akan pernah sepi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian laut dengan berbagai macam olahannya. Berbagai macam ikan yang disetujui kesegarannya.

Jangan lupa beli beberapa pernak-pernik kerajinan tangan oleh-oleh. Bagi kamu yang ingin suasana baru dan tenang, bisa juga mendirikan tenda di lahan yang sudah disediakan.

10. Mercusuar Sembilangan

Tempat wisata di Madura Jawa Timur
Foto: https://www.instagram.com/pesonamadura.official/

Alamat: Jl. Sembilangan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, 69161

Jam Buka: 08:00 – 16:00

Harga Tiket Masuk: Rp 3.000, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp2.000.

Mercusuar sembilangan ini merupakan tonggak sejarah yang cukup menarik dikunjungi. Dimana, tugu ini sudah berdiri sejak zaman pemerintahan hindia belanda lho. Saat ini umurnya kurang lebih 137 tahun.

Bagi kamu yang berjuang, diantar untuk naik sampai ke puncak menara. Dimana, kamu akan disuguhkan dengan keindahan madura dari atas ketinggian. Tidak hanya digunakan untuk wisata saja, tetapi juga digunakan untuk navigasi kapal-kapal yang melintas. 

Kunjungi juga –> 20 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru

11. Pantai Nepa

daftar pantai di madura
Foto: https://www.instagram.com/heri_milanisti/

Alamat: Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp 3.000

Menuju ke objek wisata ini kamu bisa menggunakan angkutan umum berupa bus atau juga L300. Hamparan pasirnya bisa mencapai 1 kilometer lho. Dengan hamparan hutan bakau dan aliran sungai berkelok yang cukup menawan.

Jangan hanya mengunjungi ke pantainya saja, kamu juga bisa bermain-main bersama dengan kera ekor yang tampak bergelantungan. Waktu yang paling tepat untuk datang ke objek wisata ini sakit hari.  

12. Jembatan Suramadu

wisata murah di madura
Foto: https://www.instagram.com/eventsuroboyo/

Alamat: Kota Surabaya dan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Selanjutnya jembatan Suramadu yang dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Indonesia kurang lebih 5,348 meter dan masuk ke dalam museum peringkat Indonesia.

Dengan jembatan ini, perjalanan surabaya menuju ke Madura bisa ditempuh 15 menit hingga 20 menit. Terbagi menjadi tiga bagian, mulai dari jalan layang, jembatan penghubung, hingga jembatan utama.

Konon katanya konstruksinya bisa mencapai 100 tahun lho. Paling baik menuju ke kawasan ini saat malam hari. Karena, pesona lampunya benar-benar mengesankan yang membuat para fotografer berbondong-bondong membuat jembatan suramadu sebagai tempat atraksi mereka.

13. Kepulauan Kangean

Dunia bawah lautnya pun juga mengesankan. Menuju ke objek wisata kamu bisa melalui pelabuhan kalianget. Waktu tempuhnya kurang lebih 4 jam menggunakan kapal ekspress. Sayangnya, kapal ini hanya ada di malam hari lho.

Memiliki jembatan yang memiliki panjang 1,5 kilometer dengan lebarnya mencapai 7 meter. Terbuat dari batu gunung yang pastinya aman terkendali.Warga pulau ini sebagian besar menggunakan bahasa melayu sebagai bahasa sehari-hari mereka.

Selalu begitu, tetaplah bersahabat dengan baik lho. Diperlukan, kamu berasa pulang ke kampung halaman lho. Panorama yang bisa kamu lihat di sini adalah pantai dan pasir putihnya.

14. Museum Keraton Sumenep

tempat wisata sejarah di Madura
Foto: https://www.instagram.compotretmadura/

Alamat: Jl. Sutomo No.6, Lingkungan Delima, Kecamatan Pajagalan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416

Jam Buka: 07:30 – 15:30

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp2.000.

Tempat wisata keluarga di Madura ini sama seperti beberapa wisata keraton di daerah lain seperti Yogyakarta atau Surakarta. Menjadi tempat tinggal para raja yang saat ini menjadi tujuan wisata wajib bagi kamu yang berkunjung ke Madura.

Kamu bisa mengunjungi museum mana, banyak daftar nama raja yang ada sejak tahun 1269 hingga 1292. Disini kamu bisa melihat kereta yang konon usianya mencapai 1000 tahun lho. Masih banyak pula yang bisa kamu nikmati.

15. Bukit Jaddih

wisata terbaru di Madura
Foto: https://www.instagram.com/photomadura/

Alamat: Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Jam Buka: 08:00 – 18:00

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Tempat liburan di Madura selanjutnya adalah Bukit Jaddih. Dimana, wisata ini menghadirkan keindahan yang luar biasa. Berasal dari penambangan bukit kapur yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Membuat tempat ini terasa mengesankan.

Gua-gua kecil dan bongkahannya membuat kawasan ini semakin menarik hanya untuk kamu abadikan ke dalam foto dan gambar. Di tempat ini terdapat kolam pemandian alami berawal dari pengerukan tambang yang akhirnya dikeluarkan secara alami.

Lihat juga –> 18 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru

16. Pantai Batu kerbuy

tempat wisata baru di Madura
Foto: https://www.instagram.com/roxy_blue

Alamat: Jalan Raya Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

HargaTiket Masuk: Gratis, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp2.000.

Tempat wisata alam di Madura selanjutnya adalah Pantai Batu Kerbuy. Panorama terbaiknya adalah bebatuan karang yang tersebar luas di sepanjang pantai. Selain itu, kamu juga bisa berteduh di bawah pohon cemara tersebar luas di sepanjang area.

Konon katanya menurut cerita warga sekitar, bebatuan yang ada di sini adalah manusia. Mereka berubah menjadi kerbau sebelum akhirnya menjadi bebatuan. Oleh karena itu, kawasan ini diberi nama Pantai Batu Kerbuy.

Tidak hanya menikmati pesona bebatuannya saja, kamu juga bisa membeli perahu nelayan yang sedang bersandar. Berkeliling ke seluruh area pantai. Paling cocok pada saat sakit hari, saat senja datang.

Terakhir, jangan lupa nikmati sajian istimewa kuliner-kuliner laut yang disajikan dengan berbagai macam olahan. Ada banyak ikan yang bisa kamu pilih dan semuanya segar-segar.

17. Bukit Geger Bangkalan

tempat hunting foto di Madura
Foto: https://www.instagram.com/naShiefied

Alamat: Laok Kanong, Kecamatan geger, kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

HargaTiket Masuk: Rp2.000, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp2.000.

Wisata di Madura selanjutnya terdiri dari perbukitan yang disebut dengan Bukit Geger. Nama dari kawasan ini diambil dari cerita tentang Patih Prangguling yang ingin membunuh Putri Doro Gung.

Namun, karena tidak tega, sang patih membuangnya ke sebuah pulau yang harus dipindahkan ke pulau madura. Berada di ketinggian 200 mdpl. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan kayu mahoni yang sangat mengesankan.

Suasana dan nuasanya sangat sempurna untuk dijelajahi. Selain itu, bagi kamu yang membutuhkan tempat untuk menghilangkan penat. Ada banyak sekali pembohong yang bisa kamu temui. Mulai dari ayam hutan, burung, ular, monyet dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang membawakan makanan yang dibagikan memberi makan di ekor panjang. Ditakutkan, mereka akan terus meminta makanan dan menerima kamu. Bisa juga bertindak kasar lho. Jadi sedikit hati-hati ya.

Selain pemandangan hutannya, kamu juga bisa menikmati beberapa gua alam yang bisa kamu manfaatkan pula untuk panjat tebing. 

18. Edu Wisata Selamat Pagi

tempat liburan keluarga di Madura
Foto: https://www.instagram.com/potretmadura/

Alamat: Jl. Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, 69323.

Jam Buka: 08:00 – 16:00

Harga Tiket Masuk: Rp 20.000, Parkir Mobil Rp 10.000, Parkir Motor Rp 5.000.

Tempat wisata anak di Madura ini memiliki luas kurang lebih 2 hektar. Dengan berbagai macam fasilitas yang dapat Anda nikmati mulai dari Flying Fox, kolam ikan, tempat memanah, taman bunga, taman bermain.

Sudah tersedia pula kolam memancing yang digunakan khusus untuk kamu untuk memancing. Ada pula yang menikmati sulap yang bisa kamu nikmati bersama keluarga.

Jangan lupa membawa kamera jahatmu. Karena, ada banyak spot-spot yang menarik yang bisa kamu abadikan dan masukkan ke dalam galeri media sosial kamu. 

19. Pulau Talango

Wisata di Daerah Madura Jawa Timur
Foto: https://www.instagram.com/syahidzone

Alamat: Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp2.000.

Tempat wisata baru di Madura merupakan pulau yang ada di sebelah timur. Menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan kapal yang sudah tersedia. Perjalanan kurang lebih 3 hingga 5 jam lamanya.

Disana kamu akan disuguhkan dengan panorama pantai pasir putihnya yang mengesankan. Ombak laut yang tenang juga menjadi alasan tepat bagi kamu untuk mengunjungi daerah ini. 

20. Wisata Karapan sapi

karapan sapi madura
Foto: https://www.instagram.com/muchamadkahfi

Alamat: Kecamatan Bancaran, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00-20: 00

Harga Tiket Masuk: Gratis, Parkir Mobil Rp 10.000,-Parkir Motor Rp 5.000.

Inilah tradisi yang tidak boleh kamu minta disebut karapan sapi. Konon katanya kegiatan ini digunakan untuk menyebarkan ajaran islam lho.

Jalur ini dibuat dengan panjang 100 meter. Siapa yang paling cepat memenangkan garis finish akan menjadi pemenangnya. Biasanya, dalam pacuan ini akan diiringi musik saronen.

Menariknya lagi, sapi-sapi mereka akan dihiasias. Digelar di beberapa wilayah di madura. Akan dimulai pada bulan Agustus hingga September.

21. Air Terjun Kokop

tempat wisata di Madura terbaru
Foto: https://www.instagram.com/mahmud_photohobby/

Alamat: Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Jam Buka: 24 Jam

Harga Tiket Masuk: Gratis, Parkir Mobil Rp 5.000, Parkir Motor Rp2.000.

Jalan menuju ke tempat ini memang cukup berbatu. Selama perjalanan menuju titik lokasi, kamu akan melewati bukit-bukit kecil, sawah dan ladang. Para penduduk yang berpapasan dengan kamu juga sangat ramah-ramah.

Tinggi air terjunnya kurang lebih 10 meter. Airnya cukup dingin dan menghadirkan kesegaran yang abadi. Di pinggirannya kamu bisa melihat pepohonan-pepohonan yang besar dan rindang.

Review Sebelumnya –> 18 Tempat wisata di Magetan Terbaru

Tempat wisata di Madura memang mengesankan. Terkadang, beberapa kali ada yang membuat kita terpukau. Oleh karena itu, jangan lupa jadikan Madura sebagai daftar liburan Anda. Rugi rasanya tidak pernah dinikmati ke tempat ini. Walau perlu menarik, nada bicara masyarakat Madura tinggi dan terkesan membentak.

Namun, percayalah hati mereka sangat baik, saat ke tempat ini Anda tidak akan mau. Seperti, pulang ke tempat saudara yang sudah lama tidak bertemu. Perlu diketahui bahwa, harga atas dapat diubah Saat-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Rewiew Hotel Murah di Kendal 30 menit dari Semarang

Review Wisata di Madura

95%
Alamnya Cantik dan Mempesona
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.