18 Tempat Wisata Di Ngawi Terbaru

Tempat wisata di Ngawi memang tidak begitu banyak. Tetapi, kota kecil di jawa timur ini memiliki pesona yang tidak boleh tidak anda nikmati. Pemandangan yang wajib anda kunjungi saat di Ngawi adalah air terjunnya. Perlu diakui, wilayah ngawi sebagian berada di kaki gunung lawu.

Dari segi akomodasi kota yang mempunyai slogan kota ramah ini sudah berdiri beberapa penginapan yang bisa anda jadikan pilihan. Mulai dari hotel berbintang dua hingga empat, homestay yang bersih dan asri.

Dari segi pelayanan juga tidak mengecewakan. Untuk transportasinya sendiri, menuju ngawi bisa menggunakan bus. Walau bisa menggunakan kereta tetapi, bukan merupakan stasiun kelas 1 sehingga, hampir dipastikan hanya sebagai stasiun persinggahan saja.

Mengenal Kota Ngawi

objek wisata di Ngawi Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/shalahudins/

Ngawi sendiri berasal dari kata awi yang artinya adalah bambu. Maklum saja, kawasan ngawi terletak di samping sungai bengawan solo dan bengawan madiun sehingga, ditumbuhi bambu-bambu. Oleh karena itu, kota ini disebut dengan nama ngawi.

Hari jadi kota ngawi ditetapkan pada tanggal 7 Juli 1358. Menurut sejarahnya tanggal ini ditetapkannya ngawi sebagai daerah penambangan dan daerah swatantra hingga akhirnya, ditetapkanlah sebagai hari jadi kota ngawi.

1. Benteng Van Den Bosch

obyek wisata di Ngawi terbaru
foto; https://www.instagram.com/diah.masfulloh/

Alamat: Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 3.000,-

Objek wisata di Ngawi Jawa Timur ini dulunya adalah sebuah markas milik Belanda yang digunakan juga untuk sebuah penjara bagi para pejuang bangsa Indonesia. Nama lain dari benteng ini adalah benteng pendem.

Dimana, Van den Bosch sendiri terletak di bawah daripada tanahnya yang ternyata juga digunakan sebagai tanggul sungai bengawan solo agar tidak meluap. Pengambilan nama Van den Bosch ini sendiri didasari akan jenderal belanda yang mempunyai ide untuk membangun benteng ini.

Konon menurut sejarahnya, pangeran diponegoro juga pernah mencoba menduduki benteng ini sebagai bentuk perlawanan terhadap para penjajah. Bila anda mencoba menjelajah kawasan ini, anda akan menemukan sebuah sumur yang memiliki kedalaman kurang lebih 100 hingga 200 meter.

Tahukah anda, bila sumur ini katanya adalah sebuah kuburan massal pada masa G30S/PKI. Selain itu, ada pula makam KH.  Muhammad Nursalim seorang utusan kepercayaan dari pangeran diponegoro yang dipercaya melawan kebengisan belanda.

Beliau pula yang menyebarkan ajaran islam di tanah ngawi. Keunggulan beliau adalah tidak mempan ditembak atau di clurit. Oleh karena itu, Belanda menangkapnya dan menguburnya hidup-hidup

Benteng ini dahulu dihuni oleh 250 prajurit dengan beberapa amunisi kurang lebihnya ada 6 meriam,  dan 60 pasukan berkuda. Pada tahun 1942 – 1943, benteng ini pernah di bom oleh pasukan jepang. Sampai saat ini, anda masih bisa melihat bekas bom yang saat ini sudah ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan.

Jangan lupa membawa kamera jahat anda, karena bentuknya seperti coliseum dan beberapa burung yang bertebangan layak untuk masuk galeri media sosial anda.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 14 Menit 7,1 Kilometer Jl. Raya Solo dan Jl. Raya Trunojoyo

2. Air terjun Srambang

tempat wisata keluarga di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/gischa.a.pitaloka_/

Alamat: Kawasan Hutan Jogorogo, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Rp 15.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata alam di Ngawi ini mempunyai sebuah mitos yang menarik untuk anda nikmati. Menurut cerita legenda yang berkembang, ada kurang lebih 40 bidadari yang mandi di tempat ini. Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan bahwa mandi di tempat ini anda akan awet muda.

Perjalanan dari area parkir menuju ke titik lokasi kurang lebih 1 jam. Sehingga, sebelum anda pergi ke tempat ini, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik terlebih dahulu tidak hanya keindahan air terjunnya saja yang bisa anda nikmati.

Jangan khawatir di sepanjang perjalanan anda akan menemukan beberapa serangga, burung, yang membuat perjalanan anda tidak akan terasa melelahkan. Tetapi, di kawasan ini ada beberapa spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

Ada gazebo-gazebo yang sudah dibangun untuk anda yang lelah melakukan perjalanan. Ada pula payung-payung warna-warni yang menjadi titik favorit pengunjung untuk mengabadikan momen di tempat ini.

Untuk fasilitas pendukungnya sudah cukup baik dengan kebersihan yang terus terjaga. Sehingga, kenyamanan sangat terasa di tempat ini. Bila anda lapar, di air terjun srambang park juga sudah hadir beberapa tempat makan yang menyediakan berbagai menu nan menarik, Ada berbagai makanan khas yang bisa kamu cicip dengan harga yang bersahabat.

Menuju ke objek wisata ini sebaiknya tidak lebih dari jam 3 sore. Perjalanannya yang cukup melelahkan dan panjang, serta kondisi lapangan yang masih gelap membuat pihak pengelola melarang pengunjung untuk kembali di waktu gelap.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 55 Menit 34,1 Kilometer Jl Jl. Raya Solo dan Jl. Raya Kedunggalar

3. Watu Jonggol

tempat wisata anak di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/bwnd_/

Alamat: Desa Pandansari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat liburan di Ngawi ini terletak di lereng gunung lawu. Pesona dan keindahannya begitu luar biasa, sehingga anda akan tertarik untuk mengunjunginya. Biasanya, di akhir pekan, banyak wisatawan yang datang dan pergi ke Watu Jonggol ini.

Batu-batu yang tersusun unik menjadi suguhan utama dari Watu jonggol. Apalagi, disini anda bisa menikmati air terjun yang tingginya kurang lebih 45 meter. Namanya adalah air terjun kamulyan yang letaknya berada di tengah hutan pinus yang menghadirkan aroma kesegaran dan suasananya yang sangat tenang.

Pemandangan yang akan anda dapatkan memang benar-benar berbeda. Sangat asri dan alami, maklum saja, banyak wisatawan yang belum mengerti tentang air terjun yang mengesankan ini.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 1 Jam 16 Menit 46,1 Kilometer Jl Raya Kedunggalar

4. Air terjun teleng

wisata di Ngawi dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/tri_hariyadi69/

Alamat: Area Hutan Jogorogo. Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 -17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Menuju ke Objek wisata ini anda harus melintasi hutan pinus dan juga kolam renang selondo. Ikuti arus sungai sejauh 1,5 kilometer. Apalagi, tempat ini berada di lereng gunung lawu sehingga, suasana dan nuansanya membuat anda akan terbuai dan enggan untuk pergi.

Bagi anda yang membutuhkan tempat untuk menyendiri, kawasan ini menjadi tempat yang paling tepat. Di bawah air terjun ini ada sebuah kolam yang bisa anda manfaatkan untuk berenang.

Rasakan kesegaran air yang benar-benar bisa membantu anda keluar dari sengatan matahari. Debit air yang tidak terlalu besar memang. Dengan perpaduan pepohonan yang hijau nan mengesankan. Jadi, jangan sampai lupa membawa kamera jahat anda ya, agar setiap momen bisa anda abadikan ke dalam foto dan gambar.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ngawi 1 jam 1 Menit 33,4 Kilometer Jl Raya Paron

6. Taman Wisata Tawun

tempat wisata alam di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/iam.mhndra/

Alamat: Jl. Sunan Lawu, Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Objek wisata ini sudah ada sejak tahun 1952. Menariknya di tempat ini adalah hadirnya, upacara adat yang dinamakan keduk beji. Biasanya, upacara adat ini akan diadakan setiap selasa kliwon dalam kalender jawa.

Fungsi dari upacara ini adalah sebagai sebuah pembersihan sumber mata air yang ada di wilayah sekitar serta penggantian air yang ada di dalam beji. Keunikan dari upacara adat ini adalah gotong royong yang dihadirkan oleh warga seakan menumbuhkan rasa nasionalisme yang cukup tinggi.

Setelah sekian lama, kawasan ini pun sempat mengalami pengembangan. Dimana, saat ini anda bisa melihat beberapa pepohonan seakan tumbuh subur. Selain itu, beberapa satwa pun juga tampak seperti  monyet, burung, dan bulus yang menjadi ikon.

Bagi anda yang membawa anak-anak, mereka bisa bermain air di wahana waterboom yang dilengkapi dengan area waterboom.

Danaunya cukup menarik untuk dijelajahi menggunakan perahu dan bebek air yang bisa anda sewa untuk mengelilinginya. Bagi anda yang menyukai aktifitas memancing, di tempat ini juga sudah disediakan kawasan khusus dengan ikan lele yang cukup banyak.

Terakhir, anda bisa menginap di penginapan yang tak jauh dari kawasan wisata. Selain itu, ada juga restoran yang memberikan berbagai macam makanan dan minuman.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 18 Menit 10,9 Kilometer Jl Raya Solo

7. Perkebunan teh Jamus

tempat liburan di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/eeemastarno/

Alamat: Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Rp 8.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Menurut sejarah yang beredar mengenai objek wisata ini berawal dari Van Der Rappart yang menjadi pelopor membangun perkebunan ini pada tahun 1866. Beliau memimpin hingga tahun 1910 sebelum digantikan oleh putranya. Selanjutnya, saat kemerdekaan Indonesia perkebunan ini pun dikelola oleh  Pt. Candiloka

Tempat wisata menarik di Ngawi ini terletak di lereng gunung lawu dan lokasinya tidak jauh dari objek wisata kebun teh kemuning. Luas dari perkebunan ini sendiri kurang lebih 478 Hektar. Menariknya anda bisa menemukan berbagai macam jenis teh mulai dari yang hijau, hitam, putih dan benalu yang bisa digunakan untuk obat.

Bagi anda yang ingin menikmati Perkebunan ini dengan cara lain, yaitu camping ground dan juga outbond. Sekaligus, anda juga bisa menikmati kolam renang yang mempunyai suhu dingin dan menyegarkan

Di dalam kolam renang ini sendiri anda bisa menikmati aliran air yang memiliki panjang kurang lebih 25 meter. Pesonanya yang mengesankan membuat banyak wisatawan yang memutuskan untuk mengadakan foto prewedding di tempat ini.

Di tempat ini pula anda bisa menikmati Borobudur hills, dimana bukit ini cukup unik, bentuknya hampir menyerupai candi Borobudur. Memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter dan menuju ke atas, anda bisa naik melalui anak tangga yang sudah disediakan.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 1 Jam 9 Menit 42,3 Kilometer Jl Raya Kedunggalar

8. Museum Trinil

tempat wisata baru di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/indahsyamc/

Alamat: Kedunggalar, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka:

  •       Senin Tutup
  •       Selasa – Minggu 08:00 – 20:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata anak di Ngawi ini memang cukup menyenangkan. Karena, anda akan disuguhkan dengan penemuan fosil-fosil zaman purba. Dimana, banyak makhluk hidup meliputi hewan, manusia, dan tumbuhan purba. Kemudian, masyarakat sekitar pun sepakat untuk membangun sebuah museum

Nama Trinil sendiri diambil dari tiga desa yang dulunya digunakan sebagai objek penelitian Eugene dubois mengenai beberapa fosil yang beliau temukan di desa  kawu, gemarang, dan ngancar yang disingkat dengan nama Tri.

Sedangkan nama nil sendiri terinspirasi dari sungai nil. Mengapa sungai nil, karena ketiga desa ini terletak di aliran sungai bengawan solo yang tampak besar seperti sungai nil. Maka jadilah nama dari museum ini Trinil.

Hampir semua zaman prasejarah terdapat disini semua lengkap dan tertata rapi. Ada pula deskripsi singkat yang membuat kita paham dan bisa belajar banyak. Ada pula keramik batu,  terakota, dan logam yang bisa anda nikmati.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 15 Menit 10,2 Kilometer Jl Raya Solo

9. Waterboom Tirto Nirmolo

tempat wisata menarik di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/kasep_ian/

Alamat: Jl. Raya Ngawi – Madiun K<.7,Tempuran, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka:

Tabel Harga

Tiket Masuk Weekend Rp 20.000,-
Tiket Masuk Weekday Rp 15.000,-
Paket Silver Rp 45.000,-
Paket Gold Rp 50.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,
Parkir Motor Rp 2,000,-

Tempat wisata keluarga di Ngawi memiliki luas kurang lebih 5 hektar yang dibangun pada tahun 2010. Disini pula anda bisa menikmati area jogging yang bisa anda lakukan untuk pemanasan sebelum berenang.

Tidak cukup sampai disitu saja, anda bisa pula menikmati arena bermain seperti, flying fox, boom boom car, ATV motor elektrik, ada pula panggung yang akan menghibur anda. Fasilitas lainnya seperti toilet dan tempat ibadah pun juga sudah tersedia di sini dikelola dengan bersih sehingga membuat anda merasa nyaman lama-lama di tempat ini.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 13 Menit 9,4 Kilometer Jl Raya Maospati – Ngawi

10. Air Terjun Pengantin

Wisata hits di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/poetot22/

Alamat: Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, kabupaten Ngawi, jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Rp 6.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata di Ngawi dan sekitarnya ini menghadirkan objek wisata yang menarik dengan suasana dan nuansa yang benar-benar berbeda diantara beberapa air terjun yang ada di ngawi. Dinamakan dengan nama air terjun pengantin karena, disini anda bisa menikmati dua curug yang terlihat berdampingan.

Karena, penampakan inilah mereka menyebut wisata ini sebagai air terjun pengantin. Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh warga sekitar. Dimana, anda yang datang ke tempat ini bersama dengan pasangannya maka akan semakin awet dan tambah jatuh cinta.

Bahkan, mereka yang statusnya hanya sepasang kekasih bisa berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Tidak hanya mitos saja, anda juga bisa menikmati cerita legenda mengenai eyang galiman. Beliau adalah  penyebar agama islam di dusun besek.

Eyang Galiman pun dipercaya untuk memimpin upacara pernikahan. Sebelum menikahkan pengantin, beliau sempat  berpuasa dan mengambil air suci di kawasan air terjun ini. kemudian, diminumkan ke kedua pengantin yang akan menikah.

Tinggi dari curug ini sendiri kurang lebih 12 meter dengan alirannya yang berasal dari lahar gunung lawu. Untuk menambah daya tarik dari objek wisata ini pihak pengelola sudah membangun beberapa spot foto kekinian yang diberi nama jembatan kapal dan jembatan cinta.

Bagi anda yang masih belum juga dapat penginapan. Di sekitar air terjun ini sudah ada penginapan dengan harga yang cukup bersahabat.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 1 Jam 1 Menit 38,5 Kilometer Jl Raya Kedunggalar

11. Waduk Pondok Ngawi

Wisata di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/jenderal__pilik/

Alamat: Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 17:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata di Ngawi ini di bangun pada tahun 1992 yang digunakan sebagai pengairan. Luasnya sendiri mencapai 2.596 hektar. Tidak hanya waduknya saja yang eksotis, anda juga akan disuguhkan dengan beberapa pohon mahoni yang membuat pemandangan di tempat ini semakin asri.

Bagi anda yang menyukai memancing, di tempat ini bisa dikatakan sebagai surganya, dimana banyak sekali ikan-ikan bertebaran di kawasan ini. ada Tawes, Tombro dan Mas yang cukup banyak. Tidak jauh dari waduk ini juga terdapat budidaya ikan gurame.

Saking banyaknya pemancing yang datang ke tempat ini. Hampir setiap tahun disini diadakan lomba memancing, Bila anda lapar, anda juga bisa menikmati nikmatnya ikan gurame yang di jual di beberapa warung makan.

Pemandangannya yang indah akan tampak sempurna bila anda menikmatinya saat senja akan tenggelam atau saat fajar akan menyingsing. Nah, sembari menanti fajar anda bisa mendirikan tenda menikmati hasil pancingan dan menikmati indahnya bintang0bintang dilangit.

Disini, para nelayan juga sudah sadar akan potensi dimana, mereka menyewakan perahu-perahu yang disediakan untuk berkeliling waduk.

Suasana akan tampak lebih syahdu bila anda naik perahu saat sore hari. Pemandangan langit oranye tampak mengesankan.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 31 Menit 21,8 Kilometer Jl Raya Ngawi – Caruban

12. Air Terjun Suwono

Tempat foto di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/ryanferryhandoko/

Alamat: Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 16:00

Tabel Harga

Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata baru di Ngawi ini memang terletak di lereng gunung lawu. Letaknya begitu terpencil dan seakan tersembunyi. Keindahan dari objek wisata ini adalah air yang turun di antara tebing dengan perpaduan pepohonan hijau nan mengesankan.

Bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun suwono disarankan untuk membawa beberapa makanan dan minuman. Lantaran, di sepanjang perjalanan anda tidak akan menemukan warung satupun untuk membeli perbekalan.

Kurang lebih anda akan melakukan perjalan sekitar 600 meter dari area parkir. nah, suara-suara burung yang berkicau menjadi teman di setiap perjalanan yang cukup melelahkan ini. Ketinggian dari objek wisata ini kurang lebih 20 hingga 30 meter.

Menariknya, di tempat ini anda bisa berenang dan berendam karena, ada sebuah kolam yang tidak terlalu dalam yang bisa anda manfaatkan untuk bermain air.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 1 Jam 3 Menit 38,9 Kilometer Jl Raya Kedunggalar

13. Waduk Sangiran

foto: https://www.instagram.com/endahsw___/

Alamat: Krompol, Kecamatan Bringin, kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Tabel Harga

Tiket Masuk Gratis
Sewa Perahu Rp 150.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Ada lagi objek wisata di ngawi berupa waduk yang tidak kalah mengesankan. Udara sejuk dengan sambutan semilir angin yang seakan tidak akan pernah berhenti. Di objek wisata ini anda akan menemukan sebuah taman yang biasa dinamakan taman bambu air.

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling waduk. Selain sebagai kawasan wisata yang menghadirkan spot instagramable. Anda juga bisa menikmati spot area memancing yang memang sudah sangat terkenal. Walau disini kebanyakan hanya berisi ikan nila saja.

Bila anda lihat dari harga perahunya pasti terlihat begitu mahal tetapi, angka tersebut anda bisa menggunakan perahu sepuasnya. Bisa untuk mengelilingi waduk atau untuk memancing.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 33 Menit 23,6 Kilometer Jl Raya Ngawi – Caruban

14. Alun-Alun Ngawi

foto: https://www.instagram.com/alfadyrrhma_/

Alamat: Ketanggi, kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Tabel Harga

Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata hits di Ngawi ini adalah sebuah alun-alun yang menjadi tempat berkumpulnya sebagian besar warga ngawi. Luasnya kurang lebih 68 ribu meter persegi. Menjadi pusat taman terbesar  dengan fasilitas yang cukup lengkap di Ngawi.

Disini, anda bisa menikmati taman yang sangat ramah untuk anda sekeluarga. Biasanya setiap pagi dan sore, kawasan ini akan dipenuhi oleh pengunjung. Tidak hanya untuk duduk dan santai saja, tetapi alun-alun ngawi juga digunakan sebagai tempat untuk berolahraga seperti jogging atau hanya jalan kaki saja.

Cobalah datang saat malam minggu, ada banyak fasilitas termasuk pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai macam jajanan yang nikmat dengan harga yang cukup murah. Sehingga, tidak membuat kantong anda kempes.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 10 Menit 5,3 Kilometer Jl. Raya Solo

15. Monumen Soerjo

foto; https://www.instagram.com/KampoengNgawi/

Alamat: Jl. Raya Solo – Ngawi, Pelang lor, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Tabel Harga

Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Monumen ini diambil dari nama  Gubernur Jawa Timur kala itu yaitu Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo. Beliau meninggal akibat kekejaman PKI. Di monumen ini anda bisa menikmati sebuah taman yang cukup menarik dimana, ada 24 jenis tanaman langka serta hewan langka seperti kijang.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Kertonegoro 21 Menit 16 Kilometer Jl Raya Solo

Makanan dan Oleh-Oleh Khas Kota Ngawi

foto: https://www.instagram.com/telor.asin_f.trinil_ngawi/

Bagaimana dengan objek wisata di Ngawi yang bisa anda nikmati. Tetapi, semua liburan di Kota Ngawi ini tidak akan afdol rasanya bila tidak menikmati berbagai macam menu makanan khas dan juga membeli oleh-oleh khas yang mempunyai cita rasa nan mengesankan. Berikut ini, adalah beberapa rekomendasinya.

16. Tepo Tahu

foto: https://www.instagram.com/handijay/

Tepo Tahu adalah kuliner tradisional khas ngawi yang bisa anda nikmati. Bahan dasar pembuatan menu kuliner ini adalah tahu, tepo, dan beberapa bahan tambahan lainnya. Bila anda lihat dengan seksama, makanan ini lebih mirip dengan kupat tahu.

Sebagai perbedaannya adalah penggunaan tepo atau yang disebut dengan lontong. Hanya saja, dari tekstur sedikit berbeda, terasa sangat lembut. Kemudian, ditambah dengan telur dadar digoreng dan disiram dengan kuah yang terbuat dari kecap, asam jawa,  dan beberapa bumbu halus.

Sehingga, saat anda menikmatinya, akan terasa manis dan asam yang menyegarkan. Biasanya, tepo tahu ini akan ditambah dengan bumbu rempah dan cabai. Agar rasa pedas terasa dan membuat rasa nikmat tiada tara di lidah anda.

17. Lethok

foto: https://www.instagram.com/melariana_binti_suyono/

Makanan khas Ngawi ini berbentuk seperti sambal tumpang yang mengandung racikan bumbu-bumbu yang menyegarkan. Bahan utama pembuatan menu satu ini adalah penggunaan tempe semangit yaitu tempe yang difermentasi lebih tetapi belum berbau busuk.

Untuk mendapatkan cita rasa yang menyegarkan makanan ini akan ditambah dengan kencur dan daun jeruk.

18. Wedang Cemue

foto: https://www.instagram.com/harukenyi11/

Selanjutnya, bila anda berada di kota ngawi adalah menikmati wedang cemue yang merupakan minuman tradisional khas Ngawi. Menu satu ini dibuat dari santan, gula pasir, roti tawar, kacang tanah, jahe. Sehingga, saat anda menyantap minuman ini rasa pedas hangat akan sedikit terasa. Kacang tanah dan roti tawarnya pun cukup nikmat untuk disantap.

Nah, wedang cemue ini bisa anda dapatkan pada malam hari. Dimana, saat udara dingin menyerang minuman ini terasa sangat tepat untuk diminum. Harganya pun cukup bersahabat, sehingga tidak ada alasan untuk membelinya.

Kata Perpisahan Untuk Ngawi

Tempat wisata di Ngawi
foto: https://www.instagram.com/afnanfauzani/

Makan sudah, berkeliling seluruh objek wisata sudah. Akhirnya selesai sudah mengunjungi seluruh tempat wisata di Ngawi. Keindahannya memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan kota ngawi sebagai bagian dari liburan anda.

Review Wisata Ngawi

100%
Terbaik Untuk Foto Instagram
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.