7 Tempat Wisata di Pamekasan Terbaru

Tempat wisata di Pamekasan sangat beragam. Kabupaten Pamekasan sendiri terletak di antara Kabupaten Sampang (selatan) dan Kabupaten Sumenep (arah timur). Sedangkan sisi utara dibatasi oleh laut Jawa dan sisi selatan oleh Selat Madura. Pamekasan adalah ibu kota Madura yang hanya berjarak 33 km di timur Sampang.

Kabupaten Pamekasan kaya wisata alam, seni dan juga budaya. Mau tahu apa tempat wisata populer di Pamekasan saja? Berikut adalah ulasanya.

Wisata di Pamekasan Terbaru

Berikut dafatar objek wisata di pamekasan yang kami rekomendasikan untuk anda.

1. Vihara Avalokitesvara

tempat wisata paling bagus di pamekasan
foto: https://www.instagram.com/andrie_setiawanofficial/

Ketika Anda berada di Pamekasan, pastikan Anda mengunjungi vihara atau kelenteng (istilah lokal kuil Buddha dengan arsitektur Cina) bernama ‘Vihara Avalokitesvara’. Sama seperti sebuah kuil Buddha arsitektur vihara ini memiliki pengaruh yang sangat besar dari India dan terdiri dari patung Buddha.

Vihara ini juga merupakan kuil Buddha, tetapi dengan arsitektur Cina dan terdapat di patung Bodhisattva Cina. Meskipun Madura kental dengan ajaran Islam yang sangat terkenal, tetapi ada juga sebuah kuil besar bernama Vihara Avalokitesvara. Vihara Avalokitesvara yang terletak di Candi Pamekasan Madura, Jl. Kabupaten Pamekasan, Teja. Pamekasan, Jawa Timur menjadi tempat ibadah umat Buddha Tionghoa.

Vihara ini adalah bukti bahwa kerukunan beragama di Indonesia terjaga  dengan sangat baik. Di tempat ini masyarakat Buddha didominasi oleh etnis Cina melakukan kegiatan ibadah mereka.

Di Indonesia, vihara sebenarnya dapat ditemukan di semua kota di mana komunitas etnis Tionghoa tinggal, tetapi vihara ini memiliki sejarah yang menarik. Pada awal abad ke 19, seorang petani di pulau Madura utara secara tidak sengaja menemukan beberapa patung di ladangnya.

Kemudian, ditemukan bahwa patung-patung itu telah dikirim dari kerajaan Majapahit di abad ke-13. Namun, patung-patung itu ditinggalkan, karena orang-orang tidak tahu nilai patung-patung itu.

Sekitar 100 tahun kemudian, sebuah keluarga etnis Tionghoa membeli ladang dan menemukan patung-patung itu, yang mirip dengan yang dipuja oleh Budhis China. Salah satu patung itu ternyata adalah Dewi Mercy yang juga dikenal sebagai Avalokitesvara dalam bahasa Sanskerta.

Penemuan ini menyebar di kalangan komunitas etnis Tionghoa di pulau Madura dan mereka membangun vihara ini beberapa tahun kemudian, mengadopsi nama Dewi untuk vihara tempat patung-patung tersebut disimpan.

2. Gua Blaban

tempat hunting foto di pamekasan
foto: https://www.instagram.com/lailalmuna_firdaus/

Objek wisata Madura selanjutnya adalah Goa Madura yang terletak di dusun Rojing, desa Blåbär, kecamatan Batumarmar Pamekasan. Warga setempat mengatakan bahwa gua itu awalnya ditemukan oleh Sati, salah satu warga desa Rojing.

Sati awalnya berencana untuk membuat sumur di dekat rumahnya, tetapi ketika secara tidak sengaja menggali kedalaman sumur sekitar 7 meter, dia terkejut. Penduduk lain yang membantu Satupun ikut terkejut dengan lubang di galianya yang bagus dan jika diintip memancarkan kilau cahaya. Hingga akhirnya tempat itu terbuka untuk umum dan menjadi wisata Pamekasan terbaru.

Kunjungi juga: 9  Wisata Pantai di Madura terbaru paling indah dan menarik.

3. Api Tak Kunjung Padam

tempat nongkrong di pamekasan
foto: https://www.instagram.com/arizka_madani/

Tempat wisata lainnya di Madura, yang unik dan menarik untuk dikunjungi adalah Api Tak Kunjung Padam yang merupakan fenomena alam api yang tidak pernah padam.

Api  ini padam dan biasanya mengembalikan nyala api ke dalam tanah yang digali. Tentu saja, tidak ada keajaiban di sini karena api sebenarnya berasal dari alam. Obyek wisata ini berada di Desa Tokol Larangan, Kecamatan Tlanakan. Lokasi ini juga sangat mudah dikenali, karena terletak hanya 4 km dari pusat kota.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Sampang dan sekitarnya paling menarik dikunjungi.

4. Pantai Jumiang

wisata pantai di pamekasan
foto: https://www.instagram.com/sifanisaa/

Wisata pantai di Pamekasan ini menjadi pantai yang menarik untuk dikunjungi karena pantai ini adalah yang paling terkenal di Pamekasan. Pantai ini terletak di Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan dan hanya berjarak 12 km di Kota Pamekasan Tenggara.

Akses menuju pantai ini bisa dikatakan sangat  baik, dapat dicapai dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Pantai Jumiang Turki berbeda dengan beberapa pantai lainnya di Pamekasan, karena terletak di dataran tinggi dan tebing sehingga sangat indah.  Untuk dapat menikmati keindahan pantai, Anda harus membayar Rp 3.000 per orang, murah sekali bukan?

5. Bukit Cinta Pamekasan

wisata pamekasan terbaru
foto: https://www.instagram.com/putripratiwi_adinata/

Bukit Cinta adalah tempat hunting di Pamekasan yang sangat bagus dan terletak di Jl. Lawangan Daya, Kalahan Sentol, Kecamatan Pademayu. Bukit Cinta Pamekasan Madura memiliki berbagai jenis permainan wahana dan merupakan tempat rekreasi yang sangat tepat untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Tujuan yang menarik adalah perbukitan yang dapat dinaiki melalui tangga. Uniknya, tangga dirancang dalam bentuk yang sangat indah dan unik dengan bentuk simbol hati atau cinta. Dari ketinggian di atas bukit, wisatawan dapat melihat pemandangan alam di sekitar kawasan tersebut dengan jelas. Di belakang perbukitan ada menara khusus, yang berfungsi sebagai wahana permainan flying fox.

Tidak jauh dari pos pengamatan, ada deretan payung yang dirancang dan diatur sedemikian rupa untuk melindungi pengunjung dari panasnya matahari. Namun disamping itu juga sangat menarik untuk digunakan sebagai selfie dan spot foto.

Bukit Cinta juga menyediakan wahana khusus lainnya, yaitu kolam renang atau taman air yang memiliki dua nomor dan dibangun di area yang sama. Masing-masing digunakan untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Khusus untuk kolam anak-anak, dilengkapi dengan slide dalam  bentuk seperti ular, hiu dan sebagainya.

Kunjungi Juga: Objek Wisata di Sumenep Paling indah dan murah.

6. Air Terjun Ahatan

air terjun di pamekasan
foto: https://www.instagram.com/muslimahhasanah/

Air  terjun di pamekasan yang cukup terkenal adalah Ahatan yang terletak di terletak di desa  Tlontoraja, Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Akses untuk menuju air terjun ini tidaklah mudah.

Banyak panorama indah di sisi kiri dan kanan yang akan membuat Anda puas. Untuk sampai ke air terjun ini, Anda harus berjalan, dan kendaraan Anda harus diparkir di lokasi yang jauh dari air terjun.

Air terjun Ahatan memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran yang cepat, air yang jernih dan dingin. Lokasinya tersembunyi di tengah pepohonan yang membuat Anda terasa segar.

Tidak banyak orang yang mengunjungi lokasi ini karena belum dikelola secara profesional, dan tidak ada fasilitas yang lengkap. Jika Anda ingin mengunjungi obyek wisata ini, Anda harus membawa air minum dan makanan. Akan lebih baik jika Anda datang di musim panas karena akses dapat dilewati lebih mudah.

7. Sari Laut Rumah Makan Citra

Tidak lengkap rasanya jika sudah di Pamekasan tapi tidak merasakan kuliner di tempat ini. Ya, wisata kuliner Pamekasan yang bisa Anda coba adalah Sari Laut Rumah Makan Citra yang terletak di jl. Raya Ambat Km 10. Tempat wisata kuliner ini menyajikan berbagai masakan khas laut yang sangat enak dan lezat ala Pamekasan.

Nah, jika sudah selesai makan, Anda bisa bersantai di beberapa kafe Pamekasan. Salah satu tempat nongkrong di Pamekasan yang sangat nyaman untuk dikunjungi adalah Kafe Mark Us yang terletak di Jalan Bhayangkara. Selain kafe Mark Us adapula Demar Cafe & Resto yang terletak di Jl. Bahagia, Rw. V, Rong Tengah, Kec. Sampang.

Peta Wisata Pamekasan

Baca juga: Tempat Wisata di Bangkalan Madura

Jika Anda sudah berada di Pamekasan, Madura, rasanya sayang jika Anda melewatkan beberapa destinasi wisata yang telah ada. Selamat berwisata.

Review Wisata Pamekasan

87%
  • Keindahan Wisata
  • Fasilitas Wisata
  • Akses menuju Lokasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.