18 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru

Tempat wisata di Pasuruan memang banyak dan beragam, Tidak hanya bangunannya saja, lengkap keindahan alamnya pun tidak kalah menawannya. Menariknya, pasuruan memiliki dua wilayah yaitu daerah kota dan juga kabupaten yang memiliki dua hari jadi yang berbeda pula.

Sayangnya, pasuruan belum setenar malang atau banyuwangi yang selalu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Namun, dengan perkembangan zaman dan sudah berkembang masyarakat akan dunia pariwisata. Pasuruan pasti akan menjadi kawasan wisata yang wajib dikunjungi bila ke Jawa Timur.

Sejak zaman Kerajaan Airlangga, kota ini dikenal dengan nama paraban yang merupakan kota pelabuhan. Banyak orang yang mengenalnya dengan sebutan Tanjung Tembikar. Kawasan ini merupakan transit pelabuhan dan perdagangan. Banyak para saudagar yang tinggal di sini.

Pada tahun 1545, wilayah pasuruan berhasil ditaklukkan kerajaan Demak. Setelah sekian lama, dikuasai oleh raja-raja hindu. Melalui perkembangan zaman, kota ini dikuasai oleh Belanda. Kemudian, pada tanggal 21 desember 1982, wilayah pasuruan pun dikembangkan menjadi 3 kecamatan dan 19 kelurahan.

Hingga, akhirnya pada 12 januari 2012 terjadi sebuah pemekaran. Kotamadya diubah menjadi kota. Selanjutnya, wilayah ini terpecah dengan berdirinya kabupaten Pasuruan. yang beribukota di Bangil dan mendeklarasikan diri dengan hari jadinya tanggal 18 November 929.

Sudah selesai dengan sejarahnya yang menarik di Pasuruan. Saatnya kita mencoba menjelajahi berbagai objek wisata di Pasuruan. Berikut ini, ada beberapa pilihan tempat wisata yang bisa kamu jelajahi saat menjelajah kota ini.

1. Candi Jawi

wisata Pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/achmad_a1998

Objek wisata di Pasuruan Jawa Timur ini memiliki suhu udara yang cukup sejuk. Maklum saja, terletak di atas ketinggian 290 mdpl dengan latar belakang gunung penanggungan. Sungguh mahakarya Ilahi yang tidak bisa terbantahkan sedikitpun.

Nama candi ini diambil dari sumber sejarah yang ditulis di kitab negarakertagama. Dimana, candi ini disebut jawa jawa atau jawi. Diundang, disebut juga dengan nama candi jawi. Dalam buku ini diperbaiki, candi ini dibangun pada masa pemerintahan raja kertanegara atau raja terakhir kerajaan singasari pada abad ke 13.

Tujuan didirikannya objek wisata ini adalah sebagai tempat peribadatan umat budha. Tidak hanya itu saja, candi jawi ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan abu jenazah raja kertanegara yang sebagian tersedia juga disimpan di candi singosari.

Luas tanah candi ini terletak 40 x 60 meter persegi yang dibangun oleh batu bata setinggi 2 meter yang dialihkan oleh parit dan menggunakan bunga teratai yang dipindahkan di antara pelataran belakang candi dengan perkampungan warga.

Bentuk candi ini sendiri tinggi dan ramping dengan dimensi 14,24 mx 9,55 mx 24,5 m. Bentuk atapnya merupakan penggabungan antara stupa dan kubus yang disusun runcing. Tersedia bantuan yang hanya bisa dibaca menggunakan teknik prasawiya. Teknik yang berlawanan dengan Arah jarum jam.

Candi ini pernah mengalami perbaikan pada tahun 1931 hingga 1941. Pada saat itu, kondisi candi ini runtuh dan hancur. Sayang pemugaran tidak selesai dan diperbaiki pada tahun 1975 hingga 1980 dan diresmikan tanggal 1982.

2. Banyu Biru Pasuruan

wisata di Pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/seputar_pasuruan

Menyenangkan menyenangkan udara masih menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Dimana, tidak hanya anak-anak saja yang senang, orang dewasa pun juga senang. Objek wisata di Pasuruan terbaru ini menyuguhkan kolam yang cukup besar.

Anda bisa bermain air, berenang, berendam, atau bermain dengan ikan-ikan yang ada di sini. Hanya saja, ada sebuah mitos yang berkembang dikalangan masyarakat di mana, tidak diperbolehkan membawa atau mengizinkan ikan di tempat ini. Konon katanya, bisa menyebabkan dikeluarkannya musibah luar biasa.

Mereka percaya bila ikan ini adalah ikan tombro atau disebut juga ikan dewa yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Bila ditarik sejarah kebelakang, maka objek wisata ini sudah ada sejak jaman Majapahit dan digunakan sebagai tempat mandi para raja dan para petinggi lainnya.

Mitos lain pun ikut berkembang di mana, objek wisata ini memiliki khasiat membuat Anda menjadi awet muda dan mampu mengelola berbagai macam penyakit. Bagi Anda yang ingin berenang di sini, hati-hati. Mulai dari 10 cm hingga 2,5 meter.

Pada hari-hari tertentu pemandian ini akan ramai dikunjungi. Biasanya pada jumat legi mana banyak orang percaya di tempat ini akan mendapatkan keberkahan. Selain itu, pada hari raya kuningan tempat ini akan ramai dikunjungi mereka yang ingin diundangnya.

3. Air Terjun kakek Bodo

objek wisata di Pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/agushadi_z/

Gunung arjuno memang tampak menarik dengan pesona alam saat berdiri di atas puncaknya. Namun, tahukah Anda bukit yang sempurna pun memiliki keindahan yang lebih sempurna. Tempat wisata alam di Pasuruhan ini memiliki pesona yang menawan dengan legenda yang menggelitik.

Namanya adalah air terjun kakek bodo. Tersembunyi di balik hutan dengan sejuk udara sejuk dan tenang nan damai.Sementara itu, saat tiba di titik lokasi, Anda akan disuguhkan dengan kolam alami yang telah menjadi 1 meter hingga 5 meter.

Konon katanya, dulu ada kakak yang mengabdikan dia ke saudagar belanda yang kaya raya. Kemudian, suatu hari dia memutuskan untuk bertapak di dekat air terjun.

Sang atasannya. Namun, kebodohannya memang mendukung kesaktian dan dibuatnya membantu semua orang. Menariknya lagi, tidak jauh dari air terjun Anda dapat menyaksikan makam kakek bodo. Hanya saja, Anda harus meminta terlebih dahulu untuk bisa masuk kenya.Karena, tidak sembarang orang bisa masuk.

Mari kita kembali ke pesona air terjunnya, di mana, bebatuan yang cukup besar menjadi sajian unik di sini. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk duduk atau menggunakan foto meludah yang menarik.

Fasilitas di tempat ini pun sudah cukup baik. Banyak kios makanan dan minuman yang siap memanjakan Anda yang haus dan juga lapar. Setelah berjalan cukup jauh dari area parkir menuju titik lokasi.

4. Masjid Cheng Hoo Pandaan

obyek wisata di Pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/emen_moslem/

Namun, pemandangan tampak berbeda sejak kepemimpinan bupati yang baru. Kawasan ini menjadi sangat ramai bahkan setiap kali sholat banyak warga berbondong-bondong datang. Arsitekturnya memang mengesankan.

Dibutuhkan, jangan lupa bawa kamera jahat kamu ya. Bila Anda pernah berkunjung ke surabaya, pasti Anda tahu keindahan masjid chengho ini.

Dimana, arsitektur etnis tionghoa akan terasa begitu kental. Sebelum menjadi masjid yang elok, kawasan ini sebelumnya merupakan tempat yang cukup kumuh dengan memenuhi pasar buah.

5 . Kawasan Tretes

tempat wisata di Pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/karuanikanza

Tidak hanya saat ini saja, kawasan Tretes sudah menjadi objek wisata sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. Bangunan villa dan penginapan berdiri menyediakan fasilitas yang akan memanjakan Anda.

Tempat liburan di Pasuruhan ini menghadirkan kesejukan yang tidak bisa disandingkan dengan daerah manapun. Terletak di kaki gunung Arjuno dan welirang membuat kawasan Tretes bagaikan kawasan puncak yang menjadi tujuan wisata utama kota.

Keunikan dari tempat ini adalah kumpulan air terjun yang bisa Anda kumpulkan. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menikmati berbagai jenis yang diambil dan dilestarikan selama ini.

Jika dilihat dari banyaknya air terjun yang ada di sini, maka tidak heran bila kawasan ini disebut dengan nama Tretes. Kata ini diambil dari air yang menetes. Tetesan ini berasal dari sumber mata air yang keluar dari celah-celah kecil.

Bila dilihat dari sisi sejarahnya, Anda tidak dapat menemukan banyak. Hanya saja, ada satu makam kuno yang bernama geng kramat 77 yang menjadi cikal bakal dari Tretes Ketinggian kawasan ini berada di 600-900 mdpl, tempat yang ideal untuk mendapatkan nuansa yang syahdu.

Namanya adalah Bantengan, sebuah pertunjukan yang membuat mereka kesurupan. Jadi, kamu harus berhati-hati saat berpikir, usahakan pikiran jangan pernah kosong. Khusus, upacara bantengan ini akan diadakan untuk mengisi acara hajatan warga.

Datang juga ke –> 18 Tempat wisata di Magetan Terbaru

6. Air Terjun Putuk Truno

Tempat Menarik di Pasuruan Jawa Timur
Foto: https://www.instagram.com/nofandra27

Wisata di Pasuruhan ini menjadi salah satu andalan dan ikon yang tidak bisa dilepaskan dari wisata pasuruan.Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat lagi pada akhir pekan.

Siapkan dirimu baik-baik mulai dari kamera, ganti baju, dan berbagai perlengkapan lainnya. Karena, rugi rasanya jika Anda tidak memanfaatkannya.

Tingginya sendiri mencapai 45 meter dengan debit udara yang cukup deras. Jadi, maklum saja jika banyak wisatawan menghabiskan waktu mereka dengan foto-foto selfie, atau membasuh muka dan tangan dengan udara. Sungguh, rasanya sangat segar, jika kamu datang saat siang hari.

Di air terjun ini ada kolam yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk berenang. Namun, diizinkan kompilasi di musim penghujan tidak boleh berenang, karena, udara yang mengalir bisa membuat Anda terhanyut bahkan tenggelam.

Ada pula mitos yang akan mengabadikan cinta kamu dengan sang kekasih. Bila Anda mengunjungi tempat ini bersama dengan kekasih saat berendam. Maka, cinta Anda akan abadi sampai mati.

Ada berbagai macam fasilitas yang sudah tersedia di tempat ini. Mulai dari gazebo-gazebo yang tersedia di sepanjang jalan menuju ke titik lokasi. Gazebo biasa digunakan untuk para pengunjung duduk-duduk dan melepas penat dan lelah. Ada pula toilet, musholla, dan beberapa warung yang menyediakan berbagai menu kuliner nan lezat. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya.

7. Air Terjun Alap-Alap

Tempat Wisata Alam di Pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/gondomayit268

Wisata hits di Pasuruhan ini masih berupa air terjun. Letaknya berada di kaki gunung Arjuno – Welirang. Lokasinya dapat dibuka, jadi sebelum pergi ke objek wisata ini Anda harus mempersiapkan fisik yang prima terlebih dahulu.

Nama alap-alap sendiri diambil dari nama burung pemangsa di hutan. Jarak tempuh dari air terjun kakek bodo kurang lebih 3 km. Bagi Anda yang menggunakan sepeda motor, Anda bisa naik ke bumi naik kakek bodo.

Selanjutnya, perjalanan akan dilanjutkan dengan jalan kaki kurang lebih 1 jam lamanya. Cukup menguras tenaga bukan? Satu lagi yang harus Anda suka suka pesona air terjun alap-alap. Trek yang menggemaskan seperti naik, kondisi tanah yang becek akan Anda hadapi.

Tidak hanya sampai disitu saja, untuk mencapai air terjun, Anda harus naik batu dengan setinggi 10 meter. Di sini, Anda membutuhkan konsentrasi tinggi, harus berhati-hati.

Semua lelah dan keringat Anda akan terbayarkan dengan pesona air terjun dengan tinggi yang mencapai 40 meter. Tebing-tebing berhamburan menambah kesan eksotis dari tempat ini. Terkadang kamu juga akan disuguhkan oleh kemegahan pelangi lho. Jangan lupa membawa bekal udara dan makanan, karena menuju ke tidak tersedia warung yang menjual kebutuhan logistik Anda.

8. Taman Safari Prigen

Tempat Wisata anak di Pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/mentarierin/

Tempat wisata keluarga di Pasuruan yang wajib Anda jadikan tempat kunjungan wajib adalah Taman safari Prigen. Luasnya mencapai 350 hektar. Sungguh, menjadi teman safari terluas di Indonesia. Sisi menarik yang bisa Anda dapatkan di tempat ini adalah konsep ala afrika.

Bebas, Anda dapat melihat kehidupan sehari-hari hewan ini di alam bebas. Satu yang penting yang harus kamu taati tidak boleh membunyikan klakson. Karena, bisa membuat hewan-hewan ini terkejut dan terkejut.

Sisi menarik lainya adalah, Anda bisa merasakan kerumitan didatangi beberapa hewan seperti singa, jerapah, dan masih banyak lagi. Atau, Anda harus berhenti karena rusa sedang melakukan perjalanan.

Selain melihat aksi hewan di alam bebas, Anda juga bisa melihat aksi seru mereka di atas panggung. Objek wisata ini juga menampilkan berbagai pembicaraan yang pastinya membuat Anda diam seribu bahasa.

Tidak hanya dunia hewan saja, Anda juga bisa merasakan permainan yang seru dan menegangkan. Mulai dari roller coaster, permainan air, paintball, mobil mini dan masih banyak lagi keseruan yang akan kamu dapatkan.

9. Taman Air Saygon

Objek Wisata di Pasuruan terbaru
Foto: https://www.instagram.com/saygonwaterpark/

Kolam ombak, kolam arus dan seluncuran air menjadi suguhan yang akan Anda dapatkan di sini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba simulasi pesawat Boeing 737 seri 400. Tempat wisata anak-anak di Pasuruan ini memulai ke taman air saygon. Wahana permainan air yang menyajikan berbagai macam keseruan maksimal yang tidak akan pernah bisa Anda dapatkan. Menarik, kawasan ini sudah layak dengan akomodasi, jadi Anda tidak perlu pusing mencari tempat beristirahat yang pas dan nyaman.

Di saygon waterpark ini pula Anda bisa menikmati wahana kolam renang Olimpiade. Dimana, kolam renang ini sudah disesuaikan dengan standar pertandingan olimpiade. Dihadiri oleh tribun penonton yang nyaman untuk melihat pertandingan renang.

10. Air Terjun Sumber Nyonya

air terjun di Pasuruan

Tidak hanya pesona sunrisenya saja, pasuruan juga memiliki air terjun yang menarik dan tidak kalah dengan beberapa coban yang ada di malang atau juga banyuwangi. Mulai dari 15 meter, 7 meter, dan 15 meter lagi

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda harus terlebih dahulu menyusuri perbukitan luas. Selain bisa menikmati pesona air terjun, Anda juga bisa menikmati keindahan kolam renang alami. Biasanya para pengunjung akan beralih dari atas pengalaman yang menyenangkan adrenalin yang luar biasa.

Bagi Anda yang lapar, Anda bisa mengisi tenaga dengan menikmati sajian khas berselera di teras Bromo yang tidak jauh dari lokasi. Kedai makanan ini memiliki menu yang istimewa dan mendukung Anda akan tergiur untuk menikmatinya. Selain itu, suasananya. Sangat cocok untuk membuat nafsu makan Anda akan bertambah.

Kunjungi juga –> 14 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru

11. Kebun Raya Purwodadi

tempat liburan di pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/istichomahsetyalini/

Tempat Wisata Menarik di Pasuruan Jawa TimurTempat wisata baru di Pasuruan ini menyediakan kurang dari 2.000 jenis tanaman dengan jumlah spesies mencapai 11.000 dan menempati area seluas 85 hektar. Berada di ketinggian 300 mdpl membuat kawasan ini menjadi wajib Anda kunjungi.

Kebun raya ini didirikan sejak tahun 1941 sebagai kawasan pemekaran dari kebun raya bogor. Ada beberapa jenis tanaman tematik yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah bunga bougenville dengan warna merah muda, merah, oranye dan juga hijau.

Ada pula beberapa gazebo yang telah berdiri dan juga danau buatan sebagai pemanis yang membuat obyek wisata ini seakan memiliki nuansa dan suasana alami. Selain itu, Anda juga bisa menikmati Taman mampir yang hadir dengan berbagai jenis kaktus, ada pula taman anggrek.

Jumlahnya mencapai 319 jenis dengan koleksi mencapai 2000 bunga. Ada pula jajaran pohon jenglot di mana pohonnya menjulang tinggi dengan batang yang kurus. Terakhir Anda dapat menikmati fasilitas kolam renang

12. Taman Dayu

Wisata Hits di Pasuruan Jawa Timur
Foto: https://www.instagram.com/shysie_aza/

Kawasan wisata ini adalah resor hunian dan pusat bisnis yang berada di wilayah pandaan. Ada dua buah kolam renang, dengan kedalaman 50 cm dan 600 meter yang dikhususkan untuk anak-anak.

Ada pula kolam dewasa dengan luas 1300 meter persegi dan kedalaman 120 hingga 300 cm. Selain itu, demi menambah tingkat keseruan di taman dayu ini Anda juga akan disuguhkan dengan 3 water slide yang memiliki panjang 70 cm.

Untuk wahana outbondnya, Anda bisa menikmati rumah pohon yang digunakan untuk tempat menginap. Selain wahana wisata Anda juga disuguhkan dengan fasilitas olahraga seperti jogging track, yang biasanya digunakan para warga setiap pagi. Jangan lupa kamu harus membuat diri kamu cantik karena, ada banyak tempat yang bisa kamu manfaatkan.

13. Alun-Alun Pasuruan

Wisata di Daerah Pasuruan Jawa Timur
Foto: https://www.instagram.com/nafnfpisss

Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi alun-alun kota pasuruan yang konon katanya sudah berdiri sejak 5 abad yang lalu. Nuansa di alun-alun sangat nyaman dan tenang. Di mana, Anda bisa menemukan beberapa tanaman hias, bangku taman, trek jogging dan rerumputan.

Coba datang pada sore hari atau sakit, maka Anda akan disuguhkan dengan pesona kuliner malamnya yang nikmat. Rasakan beberapa jajanan khas yang disediakan di tempat ini. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus menjaga kebersihan kawasan ini dengan membuang sampah pada tempatnya.

14. Gunung Bromo

gunung bromo
Foto: https://www.instagram.com/heaven_of_indonesia/

Wisata di Pasuruan dan sekitarnya memang menjadi tempat wisata utama di Indonesia yang memang menarik. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati di Gunung Bromo ini. Salah satunya adalah pesona matahari terbitnya yang benar-benar melepaskan iman.

Anda bisa menggunakan jeep sebagai satu-satunya alat transportasi yang melihat emas sunrise benar-benar nyata. Selain itu, di gunung Bromo sendiri Anda bisa menikmati beberapa upacara adat yang sayang untuk dilewatkan.

Coba naik ke atas dan lihatlah pesona Gunung Bromo. Dimana, gunung yang masih aktif ini menghadirkan suara-suara yang bergemuruh dan menggetarkan nurani. Namun, sebelum menikmatinya, Anda. Harus berjalan naik anak tangga yang cukup menguras tenaga.

15. Danau Ranu Grati Pasuruan

tempat wisata di pasuruan terbaru
Foto: https://www.instagram.com/danauranugrati/

Luas dari danau ini sendiri mencapai 1.085 hektar. Menjadi danau dataran rendah di jawa timur yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Bentuk danau sendiri. Dasar danau yang cukup dalam dengan mineral sedimen yang menjadi bukti kuat jika danau ini merupakan danau vulkanik.

Salah satu tempat yang menarik yang ditawarkan danau ini adalah matahari terbitnya. Sembari menunggu, Anda bisa menikmati semilir angin berhembus lirih dan menggetarkan jiwa-jiwa yang sedang berburu keindahan.

Bukan hanya panorama alamnya saja yang menawan. Namun, Anda juga bisa menikmati wahana permainan seperti mengayuh sepeda, berkeliling perahu, hingga rekreasi pun bisa Anda nikmati di sini. Danau ran grati ini pun tidak lepas dari legenda kerajaan mataram bernama begawan nyampo yang mencabut tongkatnya sendiri, menjadi kawasan danau yang luas.

16. Finna Golf

wisata alam pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/rudy_papachang/

Finna golf adalah tempat yang menarik untuk Anda kunjungi, bagi pecinta golf. Tempat di sini, Anda dapat menikmati golf internasional dan digunakan pula untuk para pegolf dunia.

Ternyata tidak hanya aktivitas golf saja. Anda juga bisa menikmati hiking, jalur lari, hiking, mendaki gunung, trekking, dan masih banyak lagi. Luas kawasan ini mencapai 270 hektar.

Pemandangan gunung arjuno dan welirang menjadi sajian utama di tempat ini. Selain itu, ada pula losmen yang bisa Anda nikmati dengan berbagai macam fasilitas seperti, kolam renang, biliar, keranjang dan masih banyak lagi.

18. Bukit Flora

tempat wisata di pasuruan
Foto: https://www.instagram.com/nurainirosyidi/

Sajian terakhir yang bisa Anda nikmati di wilayah pasuruan adalah bukit flora. Di sini, Anda akan menemukan berbagai macam fasilitas menarik seperti, wahana outbound dengan flying fox menjadi sajian menarik. Tidak hanya itu saja, Anda bisa menikmati sky bike, rumah jamur, dan arena bermain anak.

Ada berbagai macam bunga yang dapat Anda nikmati. Tidak hanya bertanya tentang bunga tersebut tetapi, Anda juga bisa membeli dengan harga terjangkau. Ada lagi toko suvenir yang bisa Anda kunjungi untuk dibeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Lihat juga –> 18 Tempat Wisata di Mojokerto Terbaru

Tempat wisata di Pasuruan sudah kita jelajahi. Harga tiket yang ditawarkan pun sudah kami berikan kepada Anda. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa harga tiket di atas Sewaktu-waktu bisa berubah, dan perubahan tersebut bukan tanggung jawab kami. Jadi, kapan saja kamu akan berkunjung ke pasuruan?

Rewiew Hotel Murah di Kendal 30 menit dari Semarang

Review Wisata di pasuruan

95%
Luar Biasa Cantiknya
  • Keindahan Wisata
  • spot foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.