17 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru

Tempat wisata di Salatiga memang belum banyak yang mengetahui. Maklum saja, banyak wisatawan mondar-mandir ke tempat ini tetepai tidak melirik keindahan yang ditawarkan Salatiga.

Kota ini memang kecil, tetapi tidak pernah sepi karena, menjadi jalan penghubung antara Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang.

Menurut Geografis Salatiga terletak di ketinggian 425 mdpl hingga 850 mdpl. Atau lebih tepatnya berada di daerah kaki gunung merbabu. Pesona gunung-gunung kecil seperti telomoyo dan ungaran pun menjadi pesona tersendiri.

Sayangnya secara administratif, gunung-gunung ini tidak masuk wilayah. Sehingga, banyak wisatawan yang salah persepsi bila beberapa titik pendakian berada di kota Salatiga.

Mengenal Sejenak Salatiga

objek wisata di salatiga terbaru
foto: https://www.instagram.com/helinsakaban/

Sebelum kita menjelajah lebih jauh apa saja wisata yang bisa kita kunjungi. Lebih baiknya, kita mengenal dahulu cerita sejarah di balik beridirinya kawasan ini.

Konon katanya, dahulu ada seorang raja bernama Ki Ageng Pandan Arang yang menyalahgunakan kekuasaannya dengan memeras rakyat.

Pada suatu hari beliau bertemu dengan Pak tua dan meminta rumput. Hanya saja, pak tua tidak memberikan lantaran, rumput itu untuk ternaknya.

Sang Raja pun menggantinya dengan sekeping uang yang lantas dikembalikan lagi kepada Ki Ageng Pandan Arang. Suatu ketika beliau tahu dan marah besar.

Sejak itu, Pak tua berubah menjadi Sunan Kalijaga yang dihormati. Ki Ageng Pandan Arang pun meminta maaf atas kejadian tersebut.

Dimaafkanlah beliau dengan syarat meninggalkan semua harta yang ia miliki untuk ikut mengembara dengan sang sunan.

Sayangnya, sang istri tidak patuh dan tetap membawa hartanya yang di taruh di sebuah tongkat. Hingga, tongkat itu di curi oleh pencuri. Seketika itu, Sunan Kalijaga memberikan nama tempat tersebut dengan nama Salatiga yang artinya tiga kesalahan.

Sementarai itu, menurut sejarah yang tertulis Kota Salatiga sendiri terbentuk pada perjanjian antara apangeran sambernyawa atau Raden mas said (KGPAA Mangkunegaran) dengan kasunanan Surakarta dan VOC.

Teridii dari 8 desa dan 23 kelurahan mendapatkan julukan sebagai  De Schoonste stad van Midden-Java atau dalam bahasa Indonesia adalah kota terindah di jawa Tengah.

Kota Salatiga tidak akan pernah sepi karena, merupakan jalur utama penghubung solo dengan semarang. Selain itu, jalur utama menuju ke kota Jakarta.

Seperti di kota-kota lainnya, salatiga mempunyai keindahan yang tidak akan pernah bisa anda lupakan. Penasaran, mari kita simak hasil penjelajahannya di bawah ini.

1. Desa Wisata Tingkir Lor

obyek wisata di salatiga jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/abbasw_/

Alamat: Desa Tingkir, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tujuan wisata pertama adalah Desa Wisata Tingkir Lor yang menyuguhkan berbagai macam pesona dari ujung hingga ke ujungnya lagi. Objek wisata di salatiga terbaru ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas yang bisa anda beli dan nikmati.

Diantaranya adalah keripik tempe, tempe kedelei, sambel kacang, dan masih banyak lagi. Menariknya, kita tidak hanya disuguhkan dengan makanannya saja tetapi, proses pembuatannya pun juga bisa kita lihat.

Tidak hanya makanannya saja, dari segi fashion pun desa ini juga tak mau kalah. Mempunyai corak-corak kekinian, membuat anda wajib membeli beberapa kaos atau daster dengan harga yang terjangkau.

Ada juga produksi tembikar, sapu ijuk, krayon, Gula dan kacang. Dimana, produk ini sudah dipasarkan ke berbagai kota dan wilayah di Indonesia.

Desa wisata tingkir lor ini terkenal dengan dunia religinya yang begitu kuat. Jadi, jangan lewatkan kajian-kajian islami yang sering hadir di beberapa masjid yang ada disini.

Selain itu, anda juga bisa berziarah ke makam kakek Abdurrahman Wachid atau Gus dur. Terakhir, anda akan disuguhkan dengan pertunjukan kesenian alat-alat tradisional bernama drumblek. Kesenian ini tidak menggunaka alat musik yang mahal hanya menggunakan kaleng bekas.

Dipukul sesuai dengan irama. Biasanya para pemain tidak patuh akan nada tetapi, spontan mengikuti alur musik yang sudah disajikan sebelumnya.

Objek wisata ini dari terminal tingkir hanya berjarak 1,7 km. Atau membutuhkan waktu 5 menit melalui jalan Raya Suruh – Salatiga. Bagi anda yang ingin sehat, anda bisa berjalan kaki selama 20 menit saja, mudah sekali bukan?

2. D’Emmerick

wisata salatiga dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/rizmachan_/

Alamat: Jalan Raya Kopeng, Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50734

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Memanah Rp 30.000,- Untuk 15 Anak Panah
Archery Battle Rp 60.000,- Untuk satu kali permainan
ATV Rp 40.000,- Untuk 2 kali putaran
Flying Fox Rp 25.000,-
Highrope Rp 50.000,-

Wisata outbound di salatiga ini sebenarnya adalah sebuah hotel bintang lima. Kemudian, di tambah dengan berbagai macam wahana menarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke  kawasan ini.

Pemandangannya yang asri dengan pepohonan yang menjulang tinggi, membuat semua orang merasakan keindahan yang asri dan alami. Wahana permainan pertama yang mungkin bisa anda nikmati adalah Panahan,

Sudah tersedia 15 busur anak panah dengan jarak 500 meter dan sebuah papan yang akan menilai ketajaman anda dalam memanah.

Bila masih belum puas juga, anda bisa memanfaatkan wahana lainnya yaitu archery battle. Banyak yang menyukainya lantaran, mengasilkan pengalama yang berbeda.

Konsep permainan dan aturan hampir sama dengan paint ball. Hanya saja, senjata yang anda gunakan saat menghadapi lawan adalah panah.

Bagi anda yang ingin berkeliling area wisata, sudah hadir ATV yang siap untuk kebut-kebutan. Ada dua jalur yang bisa anda nikmati. Jalur fun dan jalur ekstrem, semuanya sama-sama menyuguhkan pengalaman yang berbeda.

Selanjutnya ada high rope, petualangan dari pohon ke pohon yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Ada 7 tantangan berbeda yang bisa anda nikamati memacu adrenalin.

Bagi anda yang suka tantangan, tidak ada salahnya untuk menikmati wahana ini. Terakhir, adalah flying fox yang bisa dikatakan adalah wahana wajib da;am setiap pertemuan.  Anda akan meluncur diatas ketinggain 100 meter dengan tinggi 3 meter saja.

Untuk masalah keamanan, anda tidak perlu khawatir karena, semuanya dilengkapi dengan pengamanan internasional.

3. Agrowisata Salib Putih

tempat wisata alam di salatiga
foto: https://www.instagram.com/glucogenmomentasli.id/
Harga yang Harus Dibayarkan
Paket Pondok Remaja Individu Rp 500.000,- per kamar per hari
Pondok Remaja Pakcage Rp 210.000 – Rp 600.000,- per orang per hari
Paket Camping Rp 120.000 per orang per hari
Paket Meeting Rp 60.000,- per orang
Kebaktian Padang Rp 60.000,- per orang
Wedding Paket Rp 70.000 – Rp 110.000,- Per pax
Fieldtrip Rp 30.000,- per orang
Flying Fox Rp 15.000,- per orang
Experiential learning Program Rp 85.000,- – Rp 825.000,- per orang

Wisata di daerah kopeng salatiga ini menyediakan berbagai macam keindahan yang mampu meluruhkan segala penat dan beban yang ada.

Ada akan disuguhkan dengan berbagai macam perkebunan mulai dari cengkeh, kopi, dan kapuk randu. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah hadirnya beberapa paket yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan anda berwisata.

Beberapa fasilitas paket yang bisa anda nikmati disini adalah  kamar penginapan yang bersih, Shower, air panas, televisi, telephone, kolam renang, sarapan pagi, air mineral dan welcome drink.

Bagi anda yang mengambil paket camping minimal order 50 orang. Fasilitas yang didapatkan adalah  makan pagi, makan malam, coffee break, area outbond, lampu badai,  api unggun, sound system, kolam renang,  serta matras.

Keindahan yang diberikan agrowisata ini pun menyedot perhatian banyak wisatawan. Buktinya, kawasan ini juga menyediakan fasilitas wedding yang pastinya bakal berbeda dari yang lainnya.

Untuk paket meeting minimal 50 orang dengan fasilitas lengkap seperti  LCD screen, makan siang,  coffe break, outbond, kolam renang.

Disini, juga menyediakan paket edukasi berupa field trip. Anda bisa menikmati 4 pembelajaran sekaligus yaitu pengolahan makanan, perkebunan, dan peternakan. paket ini anda akan mendapatkan snack, satu gelas susu, dan souvenir berupa gantungan kunci.

Paket terakhir adalah outbond, anda bisa menikmati flying fox yang menyenangkan dan bisa membuat jantung berdegup kencang. dan eksperimental learning program yang dilengkapi fasilitas makan malam.

4. Taman Kota Salatiga

tempat wisata anak di salatiga
foto: https://www.instagram.com/lailatul1411/

Alamat: Kumpulrejo, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, 50734

Jam Buka: 24  Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata anak di salatiga ini bisa menjadi alternatif bagi anda untuk rehat dari perjalanan panjang yang harus di lalui.

Objek wisata ini diresmikan pada tanggal  28 Desember 2017. Luas daerah taman kota yang menghadirkan kesejukan udara dan suasana asri ini kurang lebih 3,7 hektar dengan sajian sebuah kandang yang cukup besar digunakan untuk burung kakak tua, kalkun,  ayam kate.

Tidak jauh kandang ini terdapat sebuah pohon pinus dam pohon durian yang tumbuh subur. Ada berbagai macam fasilitas yang bisa anda manfaatkan disini, seperti permainan anak-anak meliputi ayunan, perosotan dan masih banyak lagi.

Selain fasilitas permainan, anda juga bisa menikmati area jogging track yang tersedia. Selain itu, hadir pula kolam teratai yang terkesan menarik untuk dijadikan spot foto.

Cobalah datang di hari minggu pagi, biasanya ada banyak wisatawan yang akan memanfaatkannya untuk senam membugarkan tubuh.

Saat ini Taman kota Salatiga sedang dalam tahap renovasi. Dimana, akan dikembangkan lebih banyak lagi jenis flora dan fauna, sebagai sarana edukasi untuk anak-anak.

Selain itu, untuk sarana hiburan juga di tambah dengan sirkuit BMX agar, para remaja bisa lebih memanfaatkan kawasan ini untuk sesuatu yang lebih positif.

Menuju Taman Kota Salatiga cukup mudah, bila dari Terminal Tingkir, hanya membutuhkan waktu 10 menit. Dengan jarak kurang lebih 7 km. Cukup dekat bukan.

5. Bundaran Jam Kota

tempat wisata keluarga di salatiga
foto: http://yukberwisata.org

Alamat: Kecamatan sidorejo, Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

lokasi wisata di salatiga ini bisa dikatakan adalah pusat kota salatiga. Disini pula anda bisa menemukan pusat perbelanjaan.

Menuju ke bundaran ini bila dari terminal tingkir  hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit hingga 20 menit. Jarak yang harus di tempuh kurang lebih 5 kilo meter.

Disini adalah pusat persimpangan yang menguhbungkan ke beberapa kota seperti solo yang disebut soloceweg atau saat ini adalah jalan sudirman

Selanjutnya ke daerah Bringin yaitu bringinceweg saat ini jalan patimura. Ke arah Kalimtaman wilhelminalan atau sekarang namanya adalah  Jalan Pemuda.

Tugu ini sudah beberapa kali dirubah. Dimana, dahulu orang menyebutnya sebagai banyu muncrat. Lantaran tempat ini dulu ada air mancur, Patung sudirman, dan pangeran diponegoro.

6. Lapangan Pancasila

tempat menarik di salatiga
foto: https://www.instagram.com/aditiya.p/

Alamat: Jalan Ahmad Yani No. 100, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50724.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Obyek wisata di salatiga jawa tengah ini adalah jantung kota salatiga yang biasa digunakan untuk berkumpul para warga. Baik remaja, anak-anak, hingga orang tua sekalipun.

Kawasan ini memang menarik untuk dikunjungi menghadirkan kesejukan dan keindahan alami nan asri. Dengan berbagai pohon yang menjulang tinggi,  membuat siapa pun yang datang ke tempat ini pasti akan jatuh cinta.

Biasanya tempat ini digunakan sebagai kawasan untuk gelaran rakyat seperti pesta rakyat, pertunjukan seni dan budaya dan pegelaran wayang kulit yang selalu mampu menyedot perhatian para warganya.

Tidak hanya pada pagi atau siang hari saja. Saat malam hari, anda bisa juga datang ke tempat ini da menyaksikan bagaimana keseruan Lapangan pancasila yang menjadi monumen perjuangan rakyat salatiga.

Aneka jajana kuliner yang nikmat dan lezat seperti soto, bakso, dan mie tersedia disini. Bahkan minuman tradisional seperti ronde dan jahe juga diminati. Apalagi, Salatiga terkenal memiliki suhu yang cukup dingin di malam hari.

Rencananya, kawasan ini akan direvitalisasi menjadi tempat yang lebih ramah wisata. Dengan beberapa fasilitas publik seperti taman, dan area jogging.

Bila dari terminal tingkir, anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 11 menit atau berjarak 4,8 kilometer saja.

7. Kandhang Galeri

wisata salatiga hits
foto: https://kandhangart.wordpress.com

Alamat: Desa Togaten Jalan Suropati Gg I No. 565 B, Mangunsari, Kota Salatiga, Jawa Tengah

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata baru di salatiga ini merupakan sebuah pameran seni seorang seniman bernama Raprika Angga. Dia adalah mahasiswa di ISI Yogyakarta yang meninggal sewaktu masih menempuh studi karena pendaharan di otak.

Pemrakarsa pendiri dari museum ini adalah ayahnya sendiri bernama Bapak Bambang Priyatno. Letaknya di halaman rumah prinadinya. Disini, anda akan disuguhkan dengan karya-karya berupa  lukisan, sketsa, patung, drawing,  dan beberapa koleksi buku-buku almarhum.

Menariknya lagi, tempat ini juga dijadikan basecamp dari beberapa komunitas seni yang ada di kota salatiga seperti,  Bener 7, Komunitas kampoeng Salatiga,  dan masih banyak lagi komunitas seni lainnya.

Kawasan ini untuk kedepannya tetap menjadi sebuah museum galeri seni yang tidak akan terpisahkan.

8. Atlantic Dreamland

wisata baru di salatiga
foto: https://www.instagram.com/dreamlandsalatiga/

Alamat: Jalan Soekarno Hatta, Isep-Isep, Cebongan, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50736

Jam Buka:

  • Senin – Jumat : 09:00 – 17:00
  • Sabtu  dan Minggu : 08:30 – 17:30
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 7.000,-
Tiket Terusan Rp 77.000,-
Paket Orang Tua dan Anak Rp 104.000,-

Wisata salatiga hits ini tidak jauh dari lapangan pancasila. Jaraknya hanya 4 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 7 menit sampai 10 menit. Jadi, tidak ada salahnya setelah puas bermain di taman, langsung pergi ke tempat ini.

Objek wisata ini menghadirkan berbagai macam pesona wisata yang memang menarik untuk dinikmati seperti  bermain seluncuran, menikmati guyuran ember tumpah, dan bermain air di kolam renang yang sudah disediakan.

Selain itu, anak-anak juga akan disuguhkan dengan permainan soft play. Seperti mandi bola, dimana mereka akan masuk ke dalam lautan bola-bola kecil warna-warni.

Setiap anak pasti suka masuk kedalamnya lantaran hadir juga perosotan untuk menambah keceriaan. Untuk mengasah motorik anak, mungkin bisa dengan mencoba wahana halang rintang.

Mau kebut-kebutan di wahanan sirluit outdoor, anda bisa memanfaatkan wahana tiny car. Tidak hanya di luar ruangan saja, di dalam pun juga tersedia fasilitas bom bom car yang pastinya seru dan menarik. Ada juga wahana ATV yang tidak kalah seru pula.

Jika ingin main bersama dengan teman-teman, sudah disediakan wahana kereta api mini. Ada lagi balon loncat yang temanya disesuailan dengan keinginan anak-anak.

Mau menguji adrenalin anda, jangan lewatkan wahana jet coaster,  dan flying fox yang. Keduanya, menawarkan tantangan yang tidak akan pernah bisa anda lupakan.

Ada lagi wahana menonton film dalam format 3D dengan durasi 15 menit saja.  Ada berbagai macam tema yang bisa anda tonton yaitu alam,  sejarah, purbakala dan masih banyak lagi. Rasakan keseruannya berpetualang.

Terakhir, anda bisa menikmati berbagai macam foto 3D yang asik dan sedikit mengangkan bila kita lihat di dalam kamera.

9. Perpustakaan Kota Salatiga

wisata di daerah kopeng salatiga
foto:http://catatankakidhini.blogspot.com

Alamat: Jalan LMU Adi Sucipto No. 7, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah

Jam Buka:

  • Senin – Jumat : 08:00 – 20:00
  • Sabtu dan Minggu : 08:00 – 16:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata selanjutnya adalah Pepustakaan kota Salatiga yang menghadirkan berbagai macam buku-buku yang menarik dan melimpah.

Selain itu, daya tarik lain adalah ruangannya yang cukup luas terdiri dari dua lantai. Ada 39 ribu buku koleksi dari perpustakaan ini mulai dari filsafat, sastra dan pengetahuan umum.

Bianya, tempat ini dikunjungi oleh anak-anak sd yang ingin menggali lebih dalam ilmu pengetahuan mereka .

Bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan ini. Jarak dari terminal tingkir hanya 5,2 km  atau membutuhkan waktu kurang lebih 11 menit melalui jalan Raya Suruh – Salatiga dan Jalan Veteran.

10. Pasar Raya II Salatiga

lokasi wisata di salatiga
foto: https://www.instagram.com/jaynugroho22/

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa tengah

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Bagi anda yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari, anda bisa mampir ke pasar kota salatiga yang merupakan pasar tradisonal.

Sebelum di renovasi pada tahun 1995, pasar ini bernama pasar berdikari yang hanya mempunyai 2 lantai saja.

Tetapi saat ini, sudah memiliki 6 lantai. Sebenaranya pasar raya II ini akan digunakan sebagai kawasan mall di lantai 3 sampai 6 yang dikelola oleh matahari departement store dan dilengkapi dengan food court serta sarana gedung bioskop.

Hanya saja, sampai saat ini, kawasan ini masih tetap seperti ini dan tidak juga digunakan. Pasar Raya II ini menyediakan berbagai macam kebutuhan akan fashion anda seperti kaos, baju, sepatu, dan masih banyak lagi.

Bila dari Terminal Tingkir membutuhkan waktu kurang lebih 11 menit. atau  berjarak 4,2 km. Anda bisa menggunakan berbagai lat transportasi seperti bus, angkutan, atau ojek Online.

11. Gedung Pakuwon

wisata outbound di salatiga
foto: https://boedieloetfie.wordpress.com

Alamat: Jalan Adi Sucipto, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah  50724

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Gedung ini adalah tempat bersejarah dimana menjadi saksi bisu saat proses penandatanganan perjanjian salatiga.

Perjanjian merupakan akhir dari sebuah konflik antara hamengkubuwono I dengan  Pakubuwono III.

Disini, juga terdapat sistem pemerintahan kota salatiga dari semenjak berdiri. Walaupun saat ini, Gedung pakuwon memang terbengkalai dan tidak dilirik oleh wisatawan sedikit pun.

Bila anda ingin melihat bagaimana, pesona sejarahnya. Anda bisa mengunjungi dengan berkendara dari Terminal Tingkir. jarak yang harus ditempuh kurang lebih 4,5 km atau membutuhkan waktu 10 menit sampai 20 menit. Anda juga bisa memanfaatkan transportasi lain seperti ojek omline yang sudah banyak tersebar.

12. Kolam Renang Kalitaman

objek wisata di salatiga terbaru
foto: https://www.instagram.com/bayu_samones/

Alamat:J alan kalitaman, Rt.3/ Rw.4, kutowingangun kidul, kecamatan tingkir, kabupaten salatiga, Jawa Tengah

Jam Buka:

  • Jumat – Rabu : 05:00 – 17:00
  • Kamis Tutup
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000.-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Udara dingin kota salatiga tidak menyurutkan sebagian wisatawan untuk pergi berenang, Oleh karena itu kolam renang kalitaman adalah tempatnya.

Keunggulan dari kolam renang ini adalah airnya yang berasal dari sumber mata air alami yang mucul dari beberapa lubang di kolam ini. Menariknya lagi,  objek wisata ini sudah ada sejak 40 tahun yang lalu lho.

Disini, juga sudah tersedia beberapa warung yang menyediakan beberapa masakan kuliner yang nikmat menggoda. Jarak dari terminal tingkir kurang lebih 4,8 km dengan estimasi waktu kurang lebih 12 Menit.

13. Joglo Ki Penjawi

wisata salatiga dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/joglokipenjawi/

Alamat: Jalan Ki Penjawi No.14, Sidorejo Lor, Kabupaten Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah

Jam Buka: 10:00 – 22:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat menarik di salatiga selanjutnya adalah restoran yang menghadirkan ornamen-ornamen jawa klasik. Anda benar-benar akan dimanjakan dengan arsitekturnya yang menawan.

Terdiri dari beberapa gazebo yang bisa anda manfaatkan untuk tempat makan anda bersama dengan keluarga. Ukiran-ukiran khas jepara juga bisa anda nikmati sebagai sajian yang cukup berbeda.

Menariknya, semua peralatannya terbuat dari kayu jati asli yang menambah kesan mewah. Terdiri dari 3 lantai, dan di lantai atas menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Pemandangan gunung merbabu dan lampu kota bisa anda nikmati. Sungguh, kawasan yang elok untuk sajian berbeda.

Untuk menemani santapan anda, klenengan gending jawa yang terdengar magis benar-benar terasa merdu.

Ada juga spot untuk ada foto seperti sepeda angin dan sepeda motor tua sejenis norton. Tampak terawat dengan baik, sehingga tampak menarik.

Makanan unggulan yang bisa anda nikmati adalah Ayam Taliwang yang rasanya benar-benar membuat anda lupa akan masalah anda. Selain itu, anda juga bisa menikmati ragam menu lainnya seperti western food, singkong, dan masih banyak lagi ragam menunya.

Untuk pelayanannya menggunakan pakaian batik rapi. Selain restoran tempat ini juga menawarkan penginapan yang nyaman hanya saja terbatas untuk beberapa orang saja.

14. Taman Tingkir Salatiga

tempat wisata alam di salatiga
foto: https://www.instagram.com/edowirasanjaya/

Alamat: Jalan Tritis Sari No.17, Sidorejo Kidul,  Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Inilah taman yang wajib anda kunjungi karena, memiliki berbagai macam fasilitas yang menarik. Bukan untuk kita saja, melainkan untuk saudara kita yang berkebutuhan khsusus pun juga tersedia disini.

Selain itu, taman ini disinyalir akan menjadi ikon baru salatiga. Lantaran mempunyai berbagai macam spot. Selain itu, udara yang dihasilkan di tempat ini pun cukup menarik karena, berada di kaki gunung merbabu.

Menuju objek wisata ini anda bisa memulainya dari jalan dukuh klumpit menuju yang berjarak 3,1 km. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 8 menit.

15. Mata Air Senjoyo

tempat wisata anak di salatiga
foto: https://www.instagram.com/novando.purwaditraveler/

Alamat: desa gendongan, kecamatan  tingkir, kabupaten  Semarang, Jawa tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata alam di salatiga Suasananya sangat sejuk dengan, airnya cukup jernih.  Kawasan yang merupakan resapan porus, memiliki luas urang lebih 40 meter kubik. Menurut cerita warga sekitar, tempat ini pun dijadikan sebagai pertapaan.

Selain itu, jaman dahulu mata air ini menjadi tempat mandi para raja-raja. Terdapat sebuah mitos yang berkembang di tempat ini. Dimana, kawasan ini masih berhubungan dengan legenda Joko Tingkir.

Saat itu, air yang tenang ini tiba-tiba menyembur deras bila terus dibiarkan akan  terjadi banjir.  kemudian, Joko Tingkir memotong rambutnya untuk menyaringnya. Hingga, air disini sangat bersih udaranya sangat sejuk dan  nikmat dijadikan sebagai tempat liburan.

16. Rawa Pening

tempat wisata keluarga di salatiga
foto: https://www.instagram.com/dr_7ey/
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week Day Rp 6.000,-
Tiket Masuk Week End Rp 7.500.-
Tiket Terusan Kampoeng Rawa Rp 90.000,- – Rp 100.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata salatiga dan sekitarnya ini menghadirkan pesona yang seakan tiada habisnya. Mulai dari keindahan saat musim penghujan dan pesona menarik savana saat musim kemarau datang.

Luas kawasan ini mencapai 2.760 hektar terletak di 4 wilayah sekaligus yaitu kecamatan ambarawa, tuntang, banyubiru, dan bawen. Dengan pemandangan apik gunung telomoyo. gunung merbabu, dan gunung ungaran. Menariknya lagi, danau rawa pening merupakan hulu sungai tuntang yang mengalir di kawasan demak.

Danau ini memang sangat bening, tak heran bila beberapa ikan tawar ada di sini dan menjadikannya sebagai rumah. Tak heran pula bila banyak warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan.

Menikmati Rawa pening saat ini bisa dengan menikmati berbagai macam wahana yang menarik seperti ATV,  perahu karet, becak air dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengunjungi kampung rawa yang menyediakan berbagai macam menu kuliner yang nikmat nan menggoda.

17. Prasasti Plumpungan

tempat menarik di salatiga
foto: https://www.instagram.com/wisatajateng/

Alamat: Jalan pattimura No. 35,  Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50712

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata keluarga di salatigaBagi anda yang penasaran dengan asal-usul kota salatiga, tidak ada salahnya mengunjungi prasasti plumpungna yang konon katanya menjadi cikal bakal dari kota kecil ini.

Prasasti ini terbuat dari batu andesit yang berukuran 170 cm lebar 60 cm dan memiliki lingkar 5 cm. Di buat pada tahun 750 masehi, isinya ditulis dengan menggunakan huruf bahasa jawa kuno dan sansekerta.

Di sekitar prasasti ini,  juga ditemukan lingga dan yoni dan beberapa patung yang dibuat era  hindu.

Itulah dia,setiap sudut keindahan yang dimiliki oleh salatiga. Menarik sekali bukan untuk dikunjungi pada saat datang musim liburan.

Sekian dahulu jalan-jalan berkelliling tempat wisata di Salatiga. Jangan pernah menyerah untuk terus melangkah, karena Indonesia lebih bagus daripada apa yang anda saksikan di gambar semata.

Rewiew Hotel Murah di Kendal 30 menit dari Semarang

Review Tempat Wisata di Salatiga

100%
Recomended
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.