18 Tempat Wisata di Sleman Terbaru

Tempat wisata di Sleman memang menarik dikunjungi, lantaran punya berbagai macam situs wisata yang menarik. Maklum saja, kawasan ini seakan menjadi pelengkap kota wisata Yogyakarta yang memiliki banyak candi dan peninggalan-peninggalan kuno.

Terbukti banyak situs bersejarah tersebar di sini. Mulai dari yang sudah menjadi wisata andalan, yang baru ditemukan dan yang baru ditemukan. Selain itu, kawasan merapi juga menjadi sajian utama. Bukan hanya panoramanya, tetapi cerita tentang magisnya pun menjadi sorotan yang tidak akan habis untuk diceritakan.

Bila berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa singgah ke kadipaten Sleman. Dimana, kamu bisa mendapatkan berbagai ilmu sejarah, sekaligus tempat foto yang mengesankan. Namun, perlu diketahui bahwa, harga di bawah ini adalah harga saat mempublikasikan, ketika terjadi perubahan harga, bukan tanggung jawab dari kami.

1. Candi Prambanan

tempat wisata di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/ebiezombie/

Alamat: Jl. Raya Yogyakarta – Solo No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Jam Buka: 08:00 – 16:00

HTM: Rp 30.000, –

Objek wisata di Sleman Yogyakarta yang dapat Anda kunjungi pertama kali adalah Candi Prambanan. Ikon wisata di Sleman ini menghadirkan campuran batu andesit yang usianya sudah beragam tahun. Tingginya mencapai 47 meter atau lebih tinggi dari Candi Borobudur.

Daya tarik utama dari kawasan memang bangunan candi. Namun, jangan hanya fokus kesana saja. Disini, kamu juga akan disuguhkan dengan Prambanan Jazz. Menghadirkan berbagai pertunjukan jazz kelas dunia.

Menurut cerita yang berkembang, candi prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso sebagai syarat untuk menikah dengan Roro Jonggrang. Pembangunan seribu candi dalam satu malam Bandung Bondowoso meminta bantuan jin.

Candi tersebut tidak selesai dan hanya ditangkap 999. Bandung Bondowoso yang membahas cara licik Roro jonggrang, akhirnya berubah menjadi Candi yang keseribu.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi objek wisata ini, kunjungi stasiun Tugu. Kemudian, naik bus transjogja. Atau naik kereta api dan naik di stasiun Brambanan dan lanjutkan naik ojek. Sayangnya, jadwal prameks yang berhenti di stasiun Brambanan hanya ada pagi dan sore saja.

2. Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang

wisata Sleman
Foto: https://www.instagram.com/laelarahma/

Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka: 05:00 – 22:00

HTM: Rp 30.000, –

Lereng Gunung Merapi memang menghadirkan berbagai macam tampilan foto yang elegan dan menawan. Di mana, hampir setiap sudutnya adalah kawasan wisata yang membuat kamu takjub. Seperti Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang ini.

Keunggulan tempat ini sendiri terletak di ketinggian 900 mdpl. Dan kamu bisa melihat langsung bagaimana kemegahan Gunung Merapi dengan menggunakan teropong.

Di tempat ini pula acara diadakan Festival Of Light. Kamu bisa melihat air mancur menari. Lampu-lampu lampionnya membuat kamu terkesan. Oleh karena itu, jangan lupa bawa kamera jahat kamu ya. Agar setiap momennya bisa kamu abadikan. Dan masuk dalam galeri instagram.

3. Kali Kuning

wisata di Sleman

Foto: https://www.instagram.com/WonderfullJogja/

Alamat: Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Jam Buka: 24 Jam

HTM: Rp 3.000, –

Daya tarik utama kawasan Sleman adalah Gunung Merapi yang bisa kamu lihat dari berbagai kawasan. Objek wisata di Sleman terbaru ini bernama Kali Kuning. Tempat yang bisa kamu nikmati di sini memang sangat mengesankan. Tidak hanya sungai yang menyenangkan.

Aliran asli dari Kali Kuning ini adalah dingin dari Gunung Merapi. Dieliling ditumbuhi oleh pepohonan-pepohonan hijau yang mengesankan. Menariknya, tanaman ini tumbuh dari letusan Merapi

Pemandangan bukit andesit, terdiri dari bebatuan juga bisa kamu nikmati. Pepohonan pinus berjajar menghadirkan keindahan dan panorama yang berbeda dari biasanya. Bila kamu rasakan lebih dalam, suasana sangat asri, sejuk dan sangat teduh.

Tanaman-tanaman di sekitar bisa kamu nikmati pula. Selain itu, dengan bunga-bunga yang tumbuh dan bersemi ditawarkan Kantong Semar, Rasamala, dan Puspa.

Tidak jauh dari sini Anda bisa menemukan penginapan dengan berbagai harga. Ada juga warung-warung yang menjajakan menu makanan dan minuman yang bisa dinikmati pemenangnya.

4. Museum Affandi

objek wisata di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/rizaloke

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Jam Buka: 09:00 – 16:00 (Minggu Tutup)

HTM: Rp 25.000

Dari namanya saja, pasti kamu sudah tahu kalau tempat ini adalah museum yang menampilkan kurang dari 300 karya Affandi. Dia sendiri lahir di Cirebon 1907. Mendedikasikan diri di bidang penulis yang menganut aliran abstrak

Luas kawasan ini kurang lebih 3.500 meter persegi. Tersedia dua studio yang bisa kamu Manfaatkan untuk belajar seni rupa. Disini pula ada kafe yang dibuat sebagai rumah Affandi. Dibagi menjadi 4 galeri yang bisa kamu nikmati

Di galeri pertama kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam karya dari Affandi. Ada beberapa benda peninggalan seperti, mobil sedan kuno, kliping, sepeda onthel, foto, bara, dan koran.

Lukisan-lukisan yang mengesankan dapat dinikmati. Tersedia layar LCD yang berisi kisah perjalanan Affandi dengan durasi kurang lebih 45 menit. Fasilitas tambahan yang bisa kamu nikmati adalah cafe dengan berbagai macam menu makanan dan minuman.

5. Museum Ullen Sentalu

obyek wisata di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/dea_amorita/

Alamat: Jl. Boyong No.25, Kaliurang, Hargobinangun, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Jam Buka: 08:30 – 16:00 (Senin Tutup)

HTM: Rp40.000, –

Museum Ullen Sentalu berasal dari Ulating Blencong Sejatine Sajaring Tataraning Lumaku. Artinya Nyala Lampu Blencong yang merupakan petunjuk dalam meniti kehidupan.

Nah, kawasan ini membentuk bangunan cagar budaya dengan berbagai macam.koleksi yang menarik. Saat kamu menjelajah kawasan ini, kamu wajib bersama dengan panduan karena, mereka yang akan memberi pengetahuan kepada kamu tentang koleksi yang ada di tempat ini

Disini, kamu juga bisa melihat berbagai peninggalan sejarah kerajaan Mataram Islam. Kawasan ini terbagi menjadi beberapa ruangan seperti, Selamat datang, Seni Tari Dan Gamelan, Syair dan Guwa Sela Giri. Ada lagi, Batik Vorstenlanden, Putri Dambaan, Batik Pesisir dan ruangan khusus untuk Sri Sultan.

Disini pula kamu dikeluarkan untuk berfoto. Ada dua alasan yang membuat kamu tidak boleh berfoto. Pertama, kawasan tampak mistis dan banyak hiasan halus yang tidak suka difoto. Kedua, museum ullen sentalu merupakan museum hidup. Dimana, susunan artefaknya bisa saja berubah dalam kurun waktu yang lama.

Datang juga ke –> 18 Tempat Wisata di Bantul Terbaru

6. Candi Kalasan

tempat wiasta di Sleman jogja
Foto: https://www.instagram.com/rusdis01

Alamat: Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Jam Buka: 07:00 – 18:00

HTM: Rp 5.000

Nama candi ini memang belum terkenal di kalangan wisatawan asing. Konon dipersembahkan untuk Dewi Tara. Dibangun oleh raja Rakai Panangkaran dengan menggunakan semen kuno pada tahun 778 M dan menjadi yang disetujui di Yogyakarta.

Bentuknya bujur sangkar, dengan sisi 45 meter dan tinggi 34 meter. Di sekeliling kawasan ini kamu disetujui candi dengan stupa yang memiliki tinggi 4 meter yang mendukung kurang lebih 52 buah.

Prasastinya berhuruf panagari. Kehebatan dari Rakai Panangkaran dapat dilihat dari prasastinya dimana, Rakai juga membangun bangunan suci di Thailand.

Candi Kalasan ini merupakan bukti dari yang sudah ada sebelumnya untuk merukunkan antar umat beragama. Karena, Rakai sendiri memeluk agama Hindu, sementara Candi Tara ini sendiri merupakan Candi Budha.

7. Bukit Klangon

tempat menarik di Sleman

Foto: https://www.instagram.com/merapi_news/

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka: 24 Jam

HTM: Rp 10.000

Tempat wisata menarik di Sleman ini menyajikan tempat paling tepat dalam melihat Gunung Merapi. Waktu terbaik untuk kawasan ini adalah pagi hari kurang dari pukul 5 pagi, saat matahari terbit beranjak naik.

Kamu bisa melihat puncak merapi yang benar-benar mengesankan. Maklum saja, jarak dari bukit ini hanya 4 kilometer saja. Gardu pandang yang disediakan sendiri setinggi 5 meter. Bagi kamu para pendaki, lihat merapi seperti ini rasanya ingin naik ke atas saja.

Panorama yang tidak boleh Anda izin di Bukit Klangon adalah fasilitas menurun. Panjang treknya kurang lebih 20 km. Memiliki tingkat ketinggian mulai dan selesai kurang lebih 300 meter. Waktu tempuhnya kurang lebih 1,5 jam.

Kamu juga bisa memanfaatkan Lingkungan ini untuk foto-foto. Melihat sangat hijaunya pepohonan yang berdiri. Suhu dingin menjadi alasan yang tepat untuk kamu untuk mengunjunginya.

8. Spot Riyadi

tempat wisata keluarga di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/pratiwisun

Sleman memang tidak hanya dikenal dengan wisata sejarahnya saja. Melainkan, wisata alamnya yang menyenangkan. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam keindahan perbukitan, persawahan, gunung, dan masih banyak lagi

Salah satunya adalah Spot Riyadi, Wisata di Sleman ini awalnya hanyalah sebuah pekarangan milik bapak Riyadi. Kemudian, di viralkan. Sisi menarik yang bisa kamu eksplor adalah Candi Prambanan yang akan terlihat sangat megah dengan lampu kuningnya.

Selain itu, keindahan lainnya yang bisa kamu saksikan adalah bintang-bintang yang diperoleh yang merupakan cerminan dari lampu-lampu rumah. Datanglah pada sore hari sekitar pukul 4. Saksikan keindahan yang menawan dengan langit-langit yang perlahan berubah.

Keindahan lainnya, ada candi sojiwan yang juga tidak kalah menawannya. Bila kamu beruntung, kamu bisa melihat menawannya 5 gunung sekaligus. Merbabu, Sindoro, Sumbing, Lawu, dan Merbabu.

Disini, ada banyak warung-warung yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk dan menikmati semuanya ini. Tidak hanya saat matahari terbenam saja, kamu juga bisa melihat matahari terbenamnya yang benar-benar membuat kamu tahan untuk tidak mencuri.

Puncak keindahannya ada di pukul 5 pagi. Dimana lampu perkotaan masih hidup. Berpadu dengan kabut tipis dan gunung yang berjajar. Sungguh, tidak ada yang lebih menakjubkan dari sini. Akan tampak sempurna jika ditambah dengan sajian teh atau kopi dan juga mie rebus pakai telor.

9. Blue Lagoon

tempat wisata anak di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/anagatourjogja/

Tempat wisata alam di Sleman ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya karena suasananya yang sejuk dan damai saja. Namun, airnya sangat sejuk dan disetujui bila diizinkan. Nama lain dari kawasan ini adalah Tirta Budi yang menjadi nama awal sebelum berubah menjadi Blue Lagoon.

Wisata ini mulai populer saat mahasiswa KKN yang berkunjung ke tempat ini. Kemudian, dia mencoba untuk memviralkan di media sosial sehingga, terkenal saat ini.

Warna air birunya membuat siapa pun ingin masuk ke sana. Tersedia pula beberapa persewaan pelampung dan larangan. Kamu juga bisa melakukan tebing melompat atau duduk di samping airnya, di bawah pohon yang rindang dan terhindar dari sinar matahari.

Kunjungi juga –> 16 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru

10. Sindu Kusuma Edupark

wisata hits di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/wisatadiyogyakarta/

Sleman tidak hanya berhenti sampai di sejarah dan juga berhenti saja. Namun, masih ada tempat menarik yang harus kamu kunjungi. Tempat wisata keluarga di Sleman yang bernama Sindu Kusuma Edupark.

Yang wajib kamu dapatkan di sini adalah Ferris wheel yang menjadi ikon SKE. Kincir ria sangat tinggi, sehingga kamu bisa melihat pemandangan kota Sleman dari atas. Waktu terbaik untuk naik sakit hari. Kurang lebih pukul 5 sore, saat senja mulai mulai tenggelam. Keindahannya benar-benar eksotis.

Ikon ini diberi nama Cakra Manggil yang memiliki tinggi 48 meter dan memiliki 28 kapsul dengan kapasitas 4 orang saja. Tidak hanya itu saja, ada yang kurang lebih 18 wahana permainan yang bisa kamu nikmati. Mulai dari Bioskop 4D, mobil bombom, Sepeda, Cangkir, dan Kursi Mabur, Taman lampu serta taman air mini.

Selain itu kamu juga bisa menikmati Trampolin, batik omah yang dikonsep sejenis museum berisikan kain-kain batik dengan corak nan mengesankan. Selain itu, kamu bisa menikmati gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk duduk dan menikmati suasananya.

Ada juga kantin yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman tradisional dengan harga yang cukup murah. Disini, kamu juga bisa melihat museum musik. Ada banyak koleksi kaset masa lalu dari awal hingga saat ini.

Bagi yang ingin menikmati relaksasi, kamu bisa menikmati terapi ikan. Semua kulit mati akan dimakan dan diganti dengan kulit baru. Dikala malam, kamu akan disajikan dengan festival cahaya spektakuler yang bisa disaksikan mulai pukul 6 sore.

11. Lava Bantal

tempat wisata alam di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/arioardhi/

Wisata hit di Sleman ini menjadi salah satu bukti bahwa Yogyakarta layak dijadikan Bali ke 2. Karena, panoramanya seakan tidak pernah habis sedikit pun. Lava bantal menjadi sajian yang sarat akan sejarah pulau jawa. Karena, konon katanya menjadi cikal bakal terbentuknya pulau ini.

Dahulu kala, kawasan ini membentuk sebuah lahar yang keluar dari gunung api yang berada di bawah laut. Lahar dengan suhu yang sangat panas ini, masuk ke dalam udara dingin dan berubah menjadi rock yang instagramable.

Inilah cikal bakal seperti berhasil karangsembung, dan juga ciletuh. Selain bisa digunakan untuk foto-foto, kamu bisa menikmatinya dengan tabung wahana yang memanfaatkan aliran airnya yang cukup deras.

Durasi yang diberikan 30 menit hingga 45 menit. Dengan Tarif Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak. Jangan takut, semua peralatan keamanannya sudah berstandar internasional.

12. Candi Banyunibo

wisata terbaru di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/candibanyunibo

Kembali ke pesona sejarah, saat ini pergi ke Candi Banyunibo yang di undangan ada pematang sawah yang instagramable. Dimulai pada tahun 1942 dan mulai dipugar pada 1978. Berasal dari kerajaan mataram kuno.

Di Sekeliling kawasan ini, kamu bisa melihat betapa hijaunya alam sekitar. Perpaduan perbukitan Gunung Sewu yang sayang untuk kamu puas sedikitpun. Di sana kamu bisa melihat Dewi Kesuburan yaitu Dewi Hariti. Ada beberapa yang mengaitkannya dengan dewi kesuburan atau juga dewi harta.

13. Taman Pelangi

wisata malam di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/riannanandasari

Saat ini pesona Taman Pelangi menjadi bius yang sangat menarik menemani malam kamu. Pemandangan lampu-lampu yang cukup menarik menjadi alasan Anda harus mengunjungi Taman Pelangi yang terletak di Halaman Monumen Jogja Kembali.

Lampunya dihiasi dengan beberapa tokoh, miniatur menara eiffel, jogja tugu, ada juga para pemimpin bangsa yang membuat rasa nasionalisme kamu bertambah. Tidak hanya dimanjakan dengan lampu-lampunya yang menarik, kamu juga disuguhkan dengan permainan nan menarik.

Ada trampolin, mobil bombom, speed boat, perahu dayung, Puri hantu dengan lampu yang berbentuk seperti hantu. Ada juga suara-suara yang cukup menyeramkan lho. Sungguh, memacu adrenalin kamu.

14. Teluk Jogja

tempat liburan di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/lalugibran16.

Tempat wisata anak di Sleman inu terdiri dari wahana air yang bertemakan bajak laut. Banyak wisatawan mengunjungi kawasan ini saat akhir pekan. Ada dua kolam yang disediakan untuk anak-anak yang juga dilengkapi dengan slider mini, ember tumpah dan masih banyak lagi.

Bagi Anda orang dewasa, coba slider dengan kecepatan tinggi. Ada lebih dari 5 slide yang wajib kamu coba semuanya satu per satu. Selanjutnya, ada kolam ombak yang bisa kamu nikmati kolam ombak yang disajikan ombak-ombak yang seru.

Terkadang kamu akan disuguhkan dengan sabun-sabun yang akan menambah keseruan. Coba dengan pelampung yang sudah disediakan rasanya akan semakin seru.

Ada juga resto yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman yang benar-benar nikmat. Sayangnya, kamu tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam. Terakhir, ada beberapa souvenir yang bisa kamu beli, atau kamu juga bisa melihat foto kamu yang diambil tanpa kamu dapatkan.

Lihat juga –> 20 Tempat Wisata Di Gunung Kidul Terbaru

15. Candi Ijo

tempat hunting foto di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/reno_rahmadi/

Tempat Liburan di Sleman selanjutnya jatuh ke Candi Ijo. Cukup menarik karena diletakkan di atas ketinggian, disajikan panorama yang luar biasa. Hari ini pukul 5 sore sakit.

Letaknya yang berada di ketinggian 350 mdpl membuat Candi Ijo menjadi tempat terbaik untuk melihat kesibukan Bandara Adi Sucipto. Karena, kamu bisa melihat pesawat yang lepas landas atau juga mendarat di sini.

Candi corak hindu ini dibangun oleh kerajaan Medang pada abad ke 11. Dengan teras berundak yang sangat mengesankan. Banyak pecinta fotografer yang memilih kawasan ini sebagai tempat memburu matahari terbit dan terbenam.

Sayangnya, disini sering terjadi kabut yang cukup pekat. Jadi, pemandangan matahari terbenam adakah sesuatu yang bisa dihapus. Disini juga sudah disediakan fasilitas mushola, toilet dan warung untuk menikmati menu makanan.

16. Candi Sambisari

tempat wisata di sleman jogja
Foto: https://www.instagram.com/yusi.ns/

Candi yang menjadi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini dibangun pada abad ke 9. Dibangun pada masa pemerintahan Rakai Garung. Sebelum ditemukan, kawasan candi ini mulai terpendam di dalam tanah, sebelum ditemukan oleh petani pada tahun 1966.

Menurut penelitian yang membahas tentang tanah yang ditutup dari material vulkanik, Gunung Merapi yang meletus tahun 1006. Menuju ke lokasi, kamu harus bertambah banyak anak-anak terlebih dahulu. Tidak jauh dari kawasan ini museum mini yang memberikan semua informasi yang dibutuhkan. Ada juga candi pendamping yang tidak bisa diletakkan bersama di candi diserahkan.

17. Kidz Fun Park

wisata anak di Sleman
Foto: https://www.instagram.com/yusi.ns/

Kidz fun park adalah sajian selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Wahana theme park mini di Jogja ini memang tidak ada duanya. Luasnya sendiri kurang lebih 5 hektar. Ada banyak permainan yang bisa kamu nikmati di sini Mulai dari Mobil Bumper, Yogya Gokart, Aqua Splash, Flying Fox dengan panjang 17 meter.

Ada lagi panjat tebing dan turbo jet. Selain itu banyak promo yang bisa kamu nikmati. Mulai dari diskon 10 persen. Dan, saat ramadhan kamu bisa mendapatkan tiket harga Rp39 ribu dan sudah dengan takjilnya. Bila pesan lebih dari 30, kamu bisa mendapatkan fasilitas antar jemput gratis.

18. Bukit Breksi

tempat wisata di sleman terbaru
Foto: https://www.instagram.com/hisbul_maulana

Pesona terakhir yang bisa kamu nikmati adalah Bukit Breksi. Bila dilihat dari kejauhan seperti brown canyon. Ada banyak tempat foto menarik yang bisa kamu temui. Terkait dengan foto dengan burung hantu.

Disini, kamu juga bisa melihat pemandangan menarik dari Candi Prambanan yang terlihat kecil. Bukit breksi adalah kreasi bekas penambangan bukit kapur yang sangat menarik. Jangan lupa bawa kamera ke sini ya.

Enaknya berkunjung ke Sleman adalah tempat makannya yang cukup banyak dan variatif. Menunya juga enak-enak. Selain itu, masakan tradisionalnya yang memiliki cita rasa tinggi dan sangat khas. Jadi, tinggalkan kesan yang berbeda saat kamu menggigitnya.

Dari segi penginapan kawasan ini memiliki berbagai macam pilihan yang lalu hadir dengan berbagai macam fasilitas. Mulai dari hotel bintang satu hingga kelas resor.

reveiew Sebelumnya –> 21 Tempat Wisata di Magelang Mampu Menjadi Destinasi Paling Ngehits

Tempat wisata di Sleman memang menyajikan pesona sejarah yang menakjubkan. Kemegahan situs kerajaan masa lalu terdiri dari candi-candi menjadi saksi bisu negeri ini sudah maju dan berkembang sejak dulu. Panorama alam dan museum yang lainnya pun turut menjadi perbincangan yang hangat setiap wisatawan di Sleman. Jangan lupa untuk berlibur di sini, merapi dan lainnya sedang menunggu kamu.

Travel Vlog ke Pulau Panjang Terbaru

Review Wisata di Sleman

95%
Menarik dan Wajib Kamu Kunjungi
  • Keindahana Wisata
  • Spot Foto
Leave A Reply

Your email address will not be published.