34 Tempat Wisata di Solo Terbaru

Tempat wisata di Solo, kota kecil yang penuh dengan keindahan dari sudut hingga ke sudut lagi. Wilayah ini memang tidak mempunyai pantai seperti di Yogyakarta atau Semarang tetapi, Solo mempunyai pesona yang membuat kita rindu untuk mengunjunginya lagi.

Bagi anda yang penasaran dengan kota ini, anda bisa mengunjunginya dengan berbagai macam transportasi. Seperti, bus, kereta api, atau dengan pesawat. Setelah itu, anda bisa melanjutkan perjalanan berkeliling dengan bus kota yang akan memberikan anda kemudahan.

Solo memang dikenal sebagai kota budaya yang masih menjunjung tinggi adat istiadat. Salah satunya adalah malam kirab kebo bule yang diadakan setiap malam 1 suro. Beberapa prajurit kerajaan akan mengarak kerbau yang berjuluk kyai slamet.

Ada mitos yang berkembang yaitu saat kerbau ini mengeluarkan kotoran biasanya banyak warga yang melihat akan berebutan. Konon katanya, kotoran ini membawa rezeki yang melimpah.

Lalu, apa saja yang ada di Kota Solo? Jawabannya adalah banyak, mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, hingga fashion yang harganya mulai dari yang murah hingga yang mahal sekali pun.

Baiklah, tanpa harus berpikir panjang kali tinggi kali lebar lagi. Mari kita simak, beberapa rekomendasi tempat wisata di solo yang wajib masuk dalam draft liburan anda.

1. Pasar Klewer

objek wisata di solo jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/dwiwahmad/

Alamat: Jl. Radjiman no 5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57155

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat pertama yang bisa anda nikmati adalah Pasar Klewer. Bisa dikatakan tempat ini sebagai surganya fashion di Kota Solo.

Objek wisata di solo jawa tengah ini menawarkan berbagai macam produk mulai dari daster-daster, batik, kain, kaos oblong, dan masih banyak lagi yang menarik dan memiliki kualitas yang bagus.

Tidak hanya sampai di situ saja, pesona dari pasar klewer ini seakan tidak ada habisnya. Apalagi, tempat wisata ini merupakan salah satu pasar tertua di Indonesia yang dijadikan sebagai rujukan dari para pedagang di berbagai kota.

Beberapa saat yang lalu pasar klewer sempat terjadi kebakaran. Sehingga, beberapa pedagang harus di relokasi sementara di alun-alun.

Pasar Klewer ini sudah di bangun dan digunakan sebagai salah satu pusat penjualan sentra batik solo sejak tahun 1942 sampai 1945 dan berkembang hingga, 1968. Kemudian, pada tahun 1970 kawasan ini pun di bangun hingga menjadi 2 lantai.

Nama klewer ini sendiri diambil dari suasana yang dahulu terjadi disini. Dimana, ada kereta api yang berhenti disini dan digunakan untuk berjualan.

Awalnya bernama slompetan yang diambil dari suara kereta api. Kemudian, dirubah menjadi klewer karena, para pedagang dan pembeli saling berkleweran tidak beraturan.

Setelah puas menikmati berbagai macam fashion, jangan lupa menikmati sajian thengkleng yang menjadi sajian khas solo. Keunikan dari makanan ini adalah sajian tulang kambing dan cara memakannya anda harus menghisapnya.

2. Eco JPO Solo

obyek wisata di solo terbaru
foto: https://www.instagram.com/larasatireyma/

Alamat:

  • Eco JPO RS. Dt. Moewardi terletak di Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57216
  • Eco JPO Gladhag Panti Husada terletak di Jalan Kolonel Sutarto, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Jembatan penyeberangan adalah salah satu tempat paling penting menjaga keselamatan diri kita. Sayangnya, beberapa orang tidak pernah menggunakannya dan memilih jalan yang lebih berbahaya.

Dari keadaan tersebut, jembatan penyeberangan pun dirubah total dan menjadi salah satu kawasan instagramable yang wajib dikunjungi. Seperti halnya yang bisa anda nikmati di solo.

Hadir dengan konsep eco jpo, jembatan yang awalnya dicampakkan itu pun saat ini menjadi kunjungan wajib bagi mereka yang hobi selfie.

Di solo ada dua eco jpo yang pertama di panti husada dan Rs. Moewardi. Pengunjung akan disuguhkan dengan pesona taman yang sederhana tetapi apik untuk di jadikan salah satu latar belakang foto.

Selain taman, di sini anda juga disuguhkan dengan tempat duduk untuk menikmati padatnya kendaraan yang melintas dari atas. Waktu terbaik mengunjungi jembatan ini adalah sore hari.

Walau tidak tinggi. Namun, cukup menarik dengan oemandangan senja berlatar belakang jalanan kota solo yang menawan. Jangan lupa untuk sempatkan mengambil gambarnya ya, agar semakin banyak pengunjung yang memanfaatkan fasilitas publik ini.

3. Monumen Pers Solo

wisata di solo kota
foto: https://www.instagram.com/abd_assiam/

Alamat: Jalan Gajah Mada No. 76, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132

Jam Buka: 08:00 – 16:00

No.Telp: 0271 710118

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Bila anda pergi ke solo, ingin membaca Koran harian tetapi, malas untuk membelinya. Maka, anda bisa berkunjung ke monumen pers solo. Dimana, di sudut depan, kita akan disuguhkan dengan sebuah dinding yang berisi berita Koran hari ini.

Monumen ini sendiri di bangun pada tahun 1918 pada masa Mangkunegaran VII sebagai balai perkumpulan dan ruang pertemuan.

Namanya adalah sosieteit sasana soeka. Perancang bangunannya adalah Mas Abu Kasan Atmodirono.

Sejarah pun berlanjut, pada tahun 1933 sarsito mangunkusumo dan beberapa insinyur lainnnya bertemu di tempat ini dan membahas tentang rencana merintis solosche radio Vereniging atau radio publik pertama yang dioperasikan warga Indonesia.

Kemudian, pada 9 februari 1946 terbentuklah persatuan wartawan Indonesia. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada 22 mei 1956 atas prakarsa para wartawan, di bemtuklah sebuah yayasan untu monumen pers.

Museum ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 9 februari 1978. Berbagai macam koleksi dunia pers bisa anda nikmati dan pelajari di tempat ini.

4. Keraton Solo

tempat wisata anak di solo
foto: https://www.instagram.com/joeluluk/

Alamat: Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144

Jam Buka:

  • Senin – Kamis : 09:00 – 14:00
  • Jumat : Tutup
  • Sabtu dan Minggu : 09:00 – 15:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Mancanegara Rp 15.000
Tiket Masuk Nusantara Rp 10.000,-
Rombongan Nusantara Rp 8.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Wisata edukasi di solo yang bisa anda kunjungi adalah keraton Solo. Dimana, kawasan ini mempunyai sebuah museum yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi mengenai jejak sejarah kerajaam mataram.

Keraton ini sendiri di bangun pada tahun 1743 hingga 1745. Pada masa pembangunannya di arsiteki oleh pangeran mangkubumi. Beliau adalah saudara dari raja solo yang memberontak dan akhirnya membentuk kesultanan Yogyakarta dengan gelarnya Sultan Hamengku Bawono I.

Kawasan ini mulai digunakan oleh keluarga raja pada tanggal 17 Februari 1745. Luasnya mencapai 54 hektar. Memiliki berbagai macam koleksi seperti, patung, kereta kencana, tandu, senjata kuno, senjata dan pusaka kerajaan.

Salah kawasan yang tidak boleh anda kunjungi di sini adalah kediaman raja. Selain itu, disini juga ada sebuah tempat yang konon katanya menjadi tempat pertemuan antara Ratu Laut selatan dengan raja, namanya adalah menara sanggabuwana.

Selain sebagai tempat pertemuan, menara yang didirikan oleh Sri susuhan pakubuwonoII pada 1782 ini juga digunakan sebagai tempat mengintai aktifitas belanda. Tingginya mencapai 30 meter.

Mari kita kembali ke ruangan-ruangan yang boleh anda kunjungi seperti Pendopo besar yang berada di dalam Sasana Sewaka. Anda bisa menikmati berbagai macam pertunjukan kesenian dan gamelan. Masuk ke area ini anda wajib untuk lepas alas kaki.

Dis gedung ini anda wajib berjalan di jajaran pasir yang diambil langsung dari pantau parangkusumo dan gunung merapi.

5. Pandawa Water World

tempat wisata keluarga di solo
foto: https://www.instagram.com/laksmibudirinjani/

Alamat: , Jl. Cemara Raya Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah 57552.

Jam Buka:

  • Week Day : 08:00 – 18:00
  • Week End : 12:00 – 18:00
  • Kolam renang : 07:00 – 18:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week Day : Rp 80.000,-
Week End : Rp 100.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Wisata air di solo ini menghadirkan setidaknya 27 wahana air yang siap memberikan pengalaman seru dan menyenangkan kepada anda sekeluarga.

Beberapa diantaranya adalah Wave Pool yang merupakan kolam ombak buatan menyajikan pengalaman seru terombang-ambing seperti di pantai. Lalu, ada racer slide dimana anda bisa balapan meluncur bersama teman anda hingga ke bawah.

Selanjutnya, ada Black hole slide, wahana yang akan memacu adrenalin anda dengan meluncuru di tube yang tertutup dengan kecepatan tinggi.

Khusus untuk anak-anak anda akan disajikan dengan kunti children dan toddler poll. Disini, anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas lain seperti area kuliner, musholla, action river dan masih banyak lagi.

6. Tugu Lilin

objek wisata alam di solo
foto: https://www.instagram.com/soloindonesia/

Alamat: Jalan Kebangkitan nasional, Penumping, Solo, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tidak banyak yang tau akan pesona sejarah yang tercipta di bangunan yang saat ini menjadi salah satu dari cagar budaya. Dinamakan sebagai tugu lilin karena, bentuknya yang menyerupai lilin. Diatasanya terdapat warna merah sebagai simbol api.

Objek wisata ini di bangun dengan maksud untuk memperingati hari kebangkitan nasional. Hari tersebut dihitung sejak organisasi budi utomo berdiri. Di bangun pada tahun 1933 sebagai penggagasnya adalah KRT woerjaningrat yang merupakan pembantu dari PB X yang menjadi ketua Budi oetomo.

Rancangannya dikerjakan oleh Ir Danoenegoro dan pengerjaannya dilakukan oleh RM Sosrosaputro. Sayangnya, di tugu ini tak disajikan jejek sejarah dan cerita lengkapnya. Sehingga, banyak warga yang tak mempedulikannya dan menjaganya dengan baik.

7. Kampung Batik Kauman

 wwisata di solo dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/wonderfulsolo/

Alamat: Kauman, Kota Surakarata, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Kalau anda berkunjung ke kota solo, jangan lupa untuk membeli kain batik yang menjadi oleh-oleh khas. Nah, di salah satu sudutnya, anda bisa menemukan pusat batik tertua yang menyajikan berbagai macam kualitas batik yang bagus dan menawan.

Kampung kauman merupakan tempat tinggal abdi dalem keraton yang masih menjunjung tinggi budaya membatik yang sekana tidak akan pernah luntur sedikit pun.

Disini, anda memilih 3 jenis motif batik yaitu motif pakem yang merupakan unggulan. Ada juga batik cap dan kombinasi yang tak kalah bagusnya. Tidak hanya berbagai macam batik saja yang bisa anda nikmati, tetapi bangunan-bangunan nan megah dengan arsitektur kuno perpaduan khas belanda dan jawa bisa anda jadikan sebagai salah satu latar belakang foto.

8. Car Free Day Solo

wisata di solo yang bagus
foto: https://www.instagram.com/solo.ngangeni/

Alamat: Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka: Minggu jam 06:00 – 09:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata selanjutnya adalah menikmati sepanjang jalan slamet riyadi solo dengan mengunjungi car free day yang akan diselenggarakan setiap hari minggu. Anda bisa melakukan berbagai macam aktifitas apa pun mulai dari stasiun purwosari hingga gladag.

Bisa dibayangkan bukan betapa panjangnya jalan yang digunakan untuk berbagai macam aktifitas masyarakat ini.

Biasanya, para pengunjung memanfaatkannya untuk senam bersama, bermain permainan yang sudah disuguhkan oleh para pedagang, atau menikmati sajian kulineran kaki lima yang nikmatnya tidak tertahankan.

Di jam tertentu, anda bisa melihat kereta api yang melintas di jalanan kota. Menariknya, rel kereta api aktif di tengah kota ini hanya ada dua di Indonesia yaitu di solo dan juga Palembang.

9. Kampung Batik Laweyan

wisata air di solo
foto: https://www.instagram.com/pipietripiet/

Alamat: Kampung Laweyan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa tengah.

Jam Buka: 07:00 – 20:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Saat ini Batik memang menjadi baju yang tidak boleh anda lewatkan. wisata di solo yang bagus ini menawarkan berbagai macam jenis batik dengan corak dan motif nan menawan.

Ada berbagai macam toko yang bisa anda kunjungi dan anda pilih. Disini, selain bisa membeli batik anda juga bisa melihat bagaimana caranya membuat batik. Tidak hanya itu, anda juga bisa belajar bagaimana caranya membatik dari tangan-tangan ahlinya lho.

Ada pula workshop mengenai batik yang bisa anda ikuti. Selain dengan batiknya, kampung laweyan juga mempunyai arsitektur bangunan rumah yang sangat menawan. Arsitektur jawa, eropa, cina dan islam bersatu menjadi satu memenuhi beberapa gedung yang berada di gang-gang ini.

Menariknya, penduduk kampung ini sudah membatik sejak zaman kerajaan pajang atau sekitar tahun 1546 hingga sekarang.

Ada sebuah bangunan mewah yang bernama Gal gendhu yang merupakan sebuah ciri dari kejayaan saudagar-saudagar Batik di kampung ini.

Sementara, motif unggulan dari kawasan ini adalah tirto trejo dan truntun. Selain bati anda juga bisa membei berbagai macam kerajinan tangan, jarik, blangkon.  Dan berbagai macam souvenir lainnya yang cocok anda jadikan sebagai buah tangan untuk orang dirumah.

10. Museum Radya pustaka

wisata di solo dekat stasiun
foto: https://www.instagram.com/riefprudence/

Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57141

Jam Buka: 08:00 – 14:00

No.Telp: 0271 71206

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Hanya mengisi buku tamu
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Wisata di solo kota ini pernah viral dengan kasus perdagangan illegal akan koleksi benda-benda purbakalanya. Sempat di tutup dan akhirnya di buka kembali dengan wajah baru walau, isi dan koleksinya masih tetap sama.

Sejarah bangunan ini di bangun pada 2 oktober 1890. Sebelum menjadi museum tempat ini adalah rumah seseorang berkewarganegaraan Belanda. Kemudian, melalui kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV bangunan ini pun dimanfaatkan sebagai sebuah museum.

Dimana, koleksinya adalah benda-benda milik keraton. Berupa naskah dan barang-barang pusaka keraton

Koleksi yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke tempat ini adalah arca, barang-barang keseharian raja keraton solo, wayang, pusaka-pusaka, buku dan kitab-kitab kuno yang berisi sejarah tanah jawa.

Pada momen tertentu, objek wisata ini mengadakan kirab ageng yang bertujuan untuk mencuci berbagai macam benda pusaka yang ada di tempat ini.

Selain itu, anda bisa menikmati orgel pemberian dari napoleon Bonaparte kepada raja pakubuwono IV. Kemudian, ada lagi mesin ketik yang menggunakan huruf hanacaraka.

Ada juga koleksi uang yang ada sejak zaman dahulu hingga saat ini.  Baik dari uang kertas maupun kepingan logam yang  menarik untuk dinikmati dan dipelajari.

11. Taman Sriwedari

wisata malam di solo baru
foto: https://www.instagram.com/lokesywara/

Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, laweyan, Kota Surakarta, Jawa tengah 57141.

Jam Buka:

  • Area Taman : 24 Jam
  • Pertunjukan Wayang irang : 20:00 – 22:00, Minggu libur
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Pertunjukkan Wayang Orang
VIP Class Rp 10.000,-
Reguler Rp 7.500,-
Biasa Rp 5.000,-

Inilah tempat legendaris di kota solo yang menyimpan banyak sejarah. Taman hiburan rakyat sriwedari. Sayangnya, saat ini taman hiburannya di tutup secara permanen. Sehingga, anda hanya bisa menikmati pesona sejarah yang terkandung di dalamnya.

Selain sejarah yang masih bisa anda dinkati adalah gedung wayang orang yang menghadirkan berbagai macam erita pewayangan baik Mahabharata maupun Ramayana.

Menggunakan tata bahasa jawa yang sangat kental. Menariknya di beberapa waktu anda bisa mendengar tembang mocopat berkumandang yang merupakan pedoman hidup orang jawa.Taman ini didirikan oleh Paku Buwono X.

Anda juga bisa menikmati suasananya yang rindang dengan pemandangan dua buah meriam yang siap meledakkan musuh-musuhnya.

12. Tumurun Private Museum

wisata edukasi di solo
foto: https://www.instagram.com/yulisaldila/

Alamat: Jalan kebangkitan Nasional No. 2/4, sriwedari, kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa tengah 57141

Jam Buka:

  • Selasa – Jumat : 10:00 – 17:00
  • Sabtu dan Minggu : 09:00 – 13:00
  • Senin : Tutup
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Mau melihat berbagai macam karya seni yang menarik. Mungkin, wisata di solo yang hits ini bisa anda jadikan sebagai pilihan.

Namanya adalah Tumurun private museum yang diresmikan pada april 2018. Hanya saja, tidak sembarang orang bisa masuk ke kawasan ini lantaran, objek wisata ini masih milik keluarga lukminto.

Jadi, cara yang paling mungkin anda lakukan untuk menikmati museum ini adalah menghadiri open house yang kerap digelar.

Masuk terlebih dahulu ke halaman web kawasan ini. Kemudian, klik event, dan register here dari sini, kita akan melihat berbagai kuota yang jumlahnya hanya 10 orang.

Kemudian, anda bisa klik register. Setelah itu bersiaplah untuk menikmati segala sajian yang akan disuguhkan untuk anda.

Nah, jangan lupa membawa kamera mumpuni. Karena, sayang sekali bila tidak memanfaatkan beberapa sopot foto area yang terletak hampir di semua sudut ruangan.

Tidak hanya karya seni dari seniman Indonesia saja yang bisa anda nikmati. Dari berbagai negara seperti jepang, Filipina, amerika, dan singapura.

Selain itu, ada juga karya seni dari seniman tenama seperti Antonio blanco, Basoeki Abdullah, Walter Spies

Ada beberapa aturan yang wajib anda patuhi disinim dimana waktu yang diperbolehkan untuk mengambil gambar adalah 15 menit dan tidak boleh menggunakan flash sama sekali.

13. Kereta Api Uap Jaladara

wisata di solo yang hits
foto: https://www.instagram.com/pesonakotasolo/

Alamat:

  • Keberangkatan di Stasiun Purwosari
  • Pembelian tiket di Dinas Kebudayaan dan pariwisata kota Solo
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 190.000
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Rombongan 60 orang Rp 3.500.000,-

Kereta api uap tidak hanya ada di Stasiun Ambarawa saja. Tetapi, ada juga di Solo yang memanfaatkan rel kotanya. Sensasi perjalanan tempo dulu menjadi daya tarik utama menikmati objek wisata baru di solo ini.

Lokomotif ini buatan dari jerman yang dibuat pada tanggal 1896. Bahan bakarnya menggunakan kayu jati. Pesona klasiknya memang sangat mahal untuk dinikmati.

Harga di atas sudah mendapatkan fasilitas seperti welcome drink, souvenir berupa Samir, sertifikat, train steward, pemandu wisata dan snack tradisional.

Rute yang akan anda nikmati mulai dari stasiun purwosari hingga stasiun solo kota atau sangkrah. Selama perjalanan anda akan melewati bangunan bersejarah yaitu loji gandrung.

14. Gelora Manahan Solo

wisata di surakarta
foto: https://www.instagram.com/mun.tohar/

Alamat: Jalan Adi Sucipto, Manahan. Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam Buka:

  • Area Stadion : 24 Jam
  • Pasar Pagi : Minggu 05:00 – 10:00
  • Sirkuit Balap Motor : Mulai pukul 15:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Inilah dia stadion kebanggaan dari warga solo yang saat ini sedang di renovasi. Menariknya, stadion ini akan memiliki single seat yang dihiasi dengan motif batik kawung.

Stadion ini sendiri diresmikan pada  21 Februari 1988 oleh presden kedua Soeharto. Digunakan sebagai laga kandang dan rumah bagi persis solo.

Selain itu, stadion ini akan memiliki atap di atasnya, sehingga penonton tidak akan merasa kepanasan maupun kehujanan.

Cobalah datang pada minggu pagi, dimana halamannya akan berubah menjadi pasar pagi yang menyediakan berbagai macam makanan, baju, dan kaos, serta aneka souvenir yang menarik untuk di beli.

Bila, pada sore hari, anda bisa menggunakan kawasan ini untuk berolahraga. Di belakang stadion juga sudah tersedia stand kuliner yang siap memanjakan anda denga cita rasa yang nikmat dan harga yang bersahabat.

Di bagian depan stadion ini, anda bisa menikmati patung presiden RI pertama yang dilengkapi dengan air mancur yang tidak setiap waktu dihidupkan.

Tidak hanya stadion sepak bola saja tetapi, ada juga lapangan tenis, sirkuit balap motor,

15. City Walk Solo

wisata di solo apa saja
foto: https://www.instagram.com/rahmad_andriansyah78/

Alamat: Jalan Slamet Riyadi solo

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Bagi anda yang ingin menikmati kota solo dari sudut ke sudut, anda bisa memanfaatkan area city walk yang sudah di bangun. Mulai dari center poin hingga gladak, dengan paving blok dan juga tempat duduk menjadi pemandangan yang akan anda nikmay.

Menariknya, sepanjang perjalanan anda akan ditemani dengan pepohonan yang cukup rindang, sehingga, anda tidak akan tersengat matahari.

Ada juga, beberapa pedagang kaki lima yang menawarkan minuman dan makanan yang cukup nikmya/ Salah satunya adalah minuman legendaris yaitu es kapal selam.

Selain itu, bangunan klasik pun bisa anda nikmati dengan skasa yang bisa anda jadikan sebagai salah satu objek foto.

16. Toko Roti Orion

tempat wisata di solo malam hari
foto: https://www.instagram.com/heya_immawa/

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57129

Jam Buka: 07:30 – 20:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Roti mandarijn Rp 115.000
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Bagi anda yang ingin meikmati sajian oleh-oleh legendaris dari solo. Anda bisa pergi ke Toko orion. Dimana, tempat ini menyediakan roti mandarijn yang cita rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Ada 3 rasa yang bisa anda nikmati seperti  original, kismis, dan special dan terbuat dari rum  butter sehingga, cita rasanya benar-benar terangkat.

Warna layernya kuning dan coklat. Menariknya, rasa yang dihasilkan dari dahulu hingga sekarang tidak berubah sama sekali.

Toko roti ini di bangun pada tahun 1932 didirikan oleh pasangan suami isteri yaitu Tjan Giok Nio dan Njoo Hong Yau.

Nama mandarijn ini sendiri memiliki arti priyayi cina atau bangsawan cina. Sehingga, secara tidak langsung makanan ini merupakan roti yang hanya ditujukan untuk bangsawan, mengingat harganya yang cukup tinggi.

17. Es Krim Tentrem

tempat wisata di solo yang murah
foto: https://www.instagram.com/threefor.you/

Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 132, Keprabon, Banjarsari Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam Buka:

  • Minggu – Jumat : 10:00 – 21:00
  • Sabtu : 10:00 – 22:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Kuliner jadul selanjunya adalah Es krim tentrem yang masih di area ngarsopuro. Cita rasa es krim yang sudah ada sejak tahun 1953. Daya tarik utama yang bisa anda nikmati adalah varian es krim yang cukup kreatif memadukan berbagai warna. teksturnya lembut dan sangat fotogenic. Siapa pun akan tergoda untuk mengambil gambarnya.

18. Monumen Patung Slamet Riyadi

objek wisata di solo jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/miss.novaulina_16/

Alamat: Jalan Slamet Riyadi Kampung Baru, Pasar kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Slamet Riyadi adalah pejuang yang berasal dari solo lahir pada 26 Juli 1927. Patung ini memiliki tinggi kurang lebih 7 meter, tinggi alasnya 4 meter. Diresmikan pada  12 November 2007 dengan bahan yang digunakan adalah perunggu.

Pada tahun 1947 Slamet Riyadi memimpin pasukan menghadapi belanda di ambarawa dan semarang. Pada masa agresi militer ke II Slamet Riyadi berhasil merebut kota  yang diduduki oleh belanda.

Beliau juga pernah melakukan serangan hingga ke jawa barat melawan angkatan perang  ratu adil yang di bentuk oleh westerling.

19. Tirtonadi Park

obyek wisata di solo jawa tengah
foto:https://www.instagram.com/vickyfseptio/

Alamat: Jl. A. Yani, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57134

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Ada yang masih kenal dengan lagu terminal tirtonadi? Terminal terbesar di jawa tengah dan menjadi salah satu yang palng ramai di Indonesia menjadi sorotan lantaran tampilan barunya.

Seperti yang diketahui, dahulu kawasan ini terlihat kumuh. Tetapi, saat ini tirtonadi sudah berbenah dengan keindahan yang benar-benar sempurna. Obyek wisata di solo terbaru ini bernama Tirtonadi park.

Salah satu ciri-ciri dari tempat ini adalah sebuah jembatan yang cukup unik dan menarik dibangun sebagai latar belakang dan cocok untuk kegiatan selfi atau foto. Jembatan kaca ini menjadi saksi bisu bagaimana kemegahan gunung lawu yang akan terlihat bila langit sangat cerah.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati pengetahuan luas mengenai air dan drainase. Maklum saja, kawasan ini dahulunya adalah ibukota kerajaan.

Sehingga, mengalami sistem perairan dan drainase yang cukup maju pada zamannya. Waktu paling tepat menuju ke objek wisata ini adalah sore hari.

Dimana, keindahannya begitu syahdu dan sejuk. Selain cocok untuk nongkrong, kawasan ini juga menarik untuk olahraga lho.

Sembari melihat kali pepe yang mengalir yang tak jarang pula ada anak-anak bermain dan berenang. Selain untuk olahraga, anda bisa juga duduk-duduk di kursi dan gazebo yang sudah disediakan.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah hadirnya motor boat. Bagi anda yang ingin mengelilingi sungai pepe ini dan menikmati sore di tempat yang dulu terkenal dengan kumuhnya.

20. Bus Tingkat Werkudara

foto: https://www.instagram.com/soloindonesia/

Alamat: Jl. Menteri Supeno no.7, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

Jam Buka: 09:00 – 15:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket per orang Rp 20,000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Rombongan Rp 800.000 / bus

Mengelilingi kota solo adalah hal yang paling menyenangkan, oleh karena itu anda wajib menikmati sebuah bus tingkat pertama di Indonesia.

Namanya diambil dari salah satu tokoh wayang yaitu wekudara.  Tinggi bus ini mencapai 4 meter, lebarnya 25 meter,  dan beratnya mencapai 12 ton.

Total ada 43 penumpang dengan pembagian 18 di bawah dan 25 di atas. Tiket bisa anda beli di kantor dinas kebudayaan dan pariwisata kota solo. Rute yang akan anda nikmati adalah Jalan slamet riyadi hingga Taman satwa taru jurug melewati jalan ir. Sutami.

Kemudian, kembali lagi dari Tama Satwa Taru hingg Manahan melewati Tipes dan jalan bhayangkara. Anda bisa menyewanya dan berhenti di beberapa tempat sesuai dengan keinginan dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

21. Fort Vastanburg

obyek wisata di solo terbaru
foto: https://www.flickr.com

Alamat: kedung lumbu, pasar kliwon, Kota Surakarta, Jawa tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata di Solo ini berbentuk sebuah benteng yang menarik untuk anda kunjungi. Tetapi, berbeda dengan benteng vredenburg yang ada di Yogyakarta.

Benteng ini sering digunakan untuk menggelar berbagai macam event budaya seperti Sipa yang hadir setiap tahunnya. Pembangunannya sendri dilakukan pada tahun 1774 dan baru selesei pada tahun 1777 atas perintah gubernur belanda waktu itu, Baron Van Inhoff dengan luas kawasan kurang lebih 40 ribu meter persegi.

Fungsi dari didirikannya benteng ini adalah sebagai pengawas untuk mengawasi segala kegiatan dari keraton Surakarta. Bangunan ini pernah mengalami dua kali renovasi 1794 dan 1832.

Pada tahun 1990 sempat terjadi konflik yang cukup alot karena sengketa tanah objek wisata ini hingga akhirnya ditutup. Kemudian, pada saat Joko Widodo menjabat sebagai walikota, tenpat ini pun kembali dibuka untuk umum.

22. Pasar triwindu

obyek wisata di solo terbaru
foto:https://www.instagram.com/Wibowo_Isa/

Alamat: Jalan Gatot Subroto, Keprabon, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah 57131

Jam Buka: 09:00 – 16:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Bukan solo namanya kalau tidak menghadirkan objek wisata yang unik, klasik, tetapi tetap menawarkan keindahan. Salah satunya adalah Pasar Triwindu Solo, dimana anda akan melihat berbagai macam koleksi barang antik yang memukau.

Menurut sejarahnya tempat wisata di solo yang murah ini sudah ada sejak tahun 1939. Nama triwindu sendiri berasal dari tahta Adipati Sri Mangkunegaran VII. Naiknya tahta beliau menurut kalender jawa dinamakan tri windu.

Oleh karena itu, objek wisata ini dinamakan pasar triwindu. Nama triwindu sendiri mengalami perubahan pada tahun 2011 menjadi windujenar dimana, bangunannya pun dirubah menjadi seperti saat ini.

Tampak megah dan mencerminkan kota solo yang sarat akan budaya. Barang-barang antik yang ditawarkan disini pun bisa menjadi koleksi anda untuk hiasan di rumah.

Jangan lupa, kalau berkunjung ke sini untuk menawarnya terlebih dahulu. Tetapi, anda perlu pintar-pintar menawar agar mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan.

Menariknya, koin-koin kuno, radio kuno, hingga sepedha onthel ini terdengar hingga ke mancanegara. Jadi, jangan heran bila anda datang ke sini, akan berjumpa dengan mereka.

Menuju ke Pasar Triwindu pun sangat mudah. Karena, terletak di tengha kota anda bisa memanfaatkan sara bus batik trans atau angkutan kuning. Bisa juga dengan ojek online  yang harganya cukup murah bila berangkat dari stasiun Solo Balapan atau stasiun Purwosari.

23. Museum samanhoedi

wisata di solo kota
foto: http://old.solopos.com

Alamat: Jalan KH. Samanhudi No.75, Sondakan, Kecamatan Laweyana, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57147

Jam Buka: 08:00 – 17:00

 

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Nama KH. Samanhudi mungkin terdengar asing bagi anda. Beliau adalah saudagar batik yang dahulu tinggal di laweyan.

Samanhudi merupakan satu diantara beberapa saudagar yang berperan membuat kota solo menjadi kota batik. Di museum ini, anda akan disuguhkan dengan potret kehidupan beliau yang memang menarik untuk disimak.

Selain foto-foto yang menunjukkan siapa saja keluarganya, kita juga akan disuguhkan dengan replika peralatan membuat batik. Seperti canting, anglo, bahan pewarna dan masih banyak lagi yang bisa kita nikmati disini.

Museum ini pernah tutup tetapi, akhirnya dibuka kembali pada 18 mei 2012. Tempatnya yang semula berada di laweyan di pindahkan ke kampung halaman beliau yang berada di sondakan.

Menuju ke kawasan ini anda bisa menggunakan jasa ojek online dengan biaya yang cukup terjangkau.

24. Pasar Malam Ngarsopuro

tempat wisata anak di solo
foto: https://www.instagram.com/gertjep/

Jam Buka: Sabtu dan malam libur 19:00 – 24:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Berkunjung ke kota solo memang tidak ada habisnya. Seakan-akan kita dimanjakan dengan berbagai macam pesona setiap saat, setiap waktu.

Seperti halnya, wisata malam di solo baru ini, yang menghadirkan Pasar malam dengan berbagai macam barang dagangan mulai dari Batik, ukiran, ornament, hingga kuliner tersedia disini.

Namanya adalah pasar malam ngarsopuro. Terletak di tengah jalan ngarsopuro. Pasar ini hanya buka pada sabtu dan waktu libur nasional dan sekolah saja.

Animo masyarakat saat datangnya pasar malam ini memang laur biasa. Hampir setiap malam minggu, kawasan ini selalu menyedot perhatian.

Bagi anda yang ingin menikmati sajian kuliner, di area ngarsopuro sudah berdiri beberapa tempat makan yang mempunyai cita rasa kelas tinggi.

Rekomendasinya adalah Omah Sinten yang menyediakan berbagai macam menu makanan kesukaan Para Raja Mangkunegaran. Nuansanya klasik khas jawa.

Selanjutnya, ada tiga tjeret yang menghadirkan berbagai menu angkringan. Dengan gaya modern. Di setiap malam minggu, anda bisa menikmati live music dengan lagu-lagu yang bisa anda request.

25. Puro Mangkunegaran

tempat wisata anak di solo
foto: https://www.instagram.com/bxmrlg/

Alamat: Jl. Ronggowarsito No,83, Keprabin, kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

Jam Buka:

  • Senin – Jumat 08:30 – 14:00
  • Sabtu – Minggu 08:30 – 15:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Mancanegara Rp 20.000,-
Tiket Masuk Nusantara Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Sebelum menikmati Pasar malannya, alangkah lebih baiknya mengunjungi puro mangkunegaran yang masih satu kompleks area ngarsopuro. Wisata di solo dekat stasiun ini tergolong bangunan yang super megah, maklum saja pura ini juga tempat tinggal raja mangkunegaran.

Setelah perjanjian salatiga yang diadakan pada 17 maret 1957. Keberadaan kerajaan mangkunegaran ini mulai diakui.

Disini, kita bisa melihat tahta kesultanan para raja solo dan melihat bangunan bekas peninggalan belanda yang cukup menarik.

Bila kita melihat lebih dalam lagi, bangunan-bangunan yang berdiri megah ini memiliki perpaduan arsitektur jawa dan eropa. Kesan ini akan sangat terasa di interior yang dihadirkan di beberapa ruangan.

Di halamannya ada sebuah bangunan kecil bergaya belanda yang dahulunya digunakan untuk tempat latihan pasukan Belanda. Ada juga sebuah pendopo besar yang luasnya kurang lebih 3500 meter persegi dan konon katanya mampu menampung kurang lebih 10 ribu orang.

Di sini kita juga bisa melihat koleksi gamelan kyai seton, kyai kanyut mesem, dan gamelan lipur sari. Diantara ketiga set ini, hanya ada satu yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan upacara-upacara tertentu.

Berjalan kembali masuk ke dalam anda akan disuguhkan dengan sebuah taman bergaya eropa dengan patung-patung klasik dan sangkar burung nan menawan. Ada juga sebuah air mancur yang membuat suasanana disini semakin menyenangkan dan meneduhkan.

26. Monumen 45 Banjarsari

tempat wisata keluarga di solo
foto: https://www.instagram.com/infoinfosolo/

Alamat: Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa tengah 57319

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Lelah berkeliling kota solo yang kecil tetapi, mempunyai keindahan di berbagai sudutnya. Anda bisa menikmati suasana monumen 45 banjarsari yang menghadirkan suasana teduh dan menenangkan hati.

Tempat wisata keluarga di solo ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam arena bermain anak-anak. Kondisinya pun cukup bersih dan membuat anda semakin nyaman berlama-lama disini.

Ada juga tempat sepeda bagi anda yang membawa sepeda. Kursi-kursi beserta tempat sampah pun juga sudah tersedia disini. Biasanya, para pengunjung akan datang pada pagi hari untuk melakukan olahraga pagi.

Sisi menarik yang tidak boleh anda lewatkan adalah air mancur yang terkadang dihidupkan. Sehingga, memberikan kesan asri.

Monumen ini di didirikan pada tanggal 31 oktober 1976. Disini kita akan melihat adanya tiga pejuang, seorang wanita, prajurit dan juga pemuda yang mencerminkan bagaimana para pejuang terdahulu.

Dibangunnya monumen ini untuk memperingati peristiwa serangan umum empat hari yang terjadi pada  7 sampai 10 agustus 1949.

Monumen banjarsari ini mempunyai 4 pintu utama. Tetapi, saat ini hanya ada satu pintu saja yang dibuka dan menjadi akses keluar masuk. Dengan tulisan Villa park Banjarsari yang akan menyambut anda.

Kawasan ini dekat dengan pasar legi yang menjadi pasar induk di kota solo. Anda hanya perlu berjalan kurang lebih 300 meter saja, anda sudah sampai di lokasi.

27. Museum Keris

tempat wisata keluarga di solo
foto: https://www.instagram.com/kjg_maksum/

Alamat: Jalan Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141.

Jam Buka:

  • Selasa – Kamis :08:30 – 15:00
  • Jumat : 08:30 – 11:00
  • Sabtu : 09:00 – 15:00
  • Minggu : 09:00 – 13:00
  • Senin : Tutup
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Pelajar Rp 6.000,-
Tiket Masuk Umum Rp 15.000,-
Tiket Masuk Mancanegara Rp 20.000,-
Parkir Motor Free
Parkir Mobil Free

Keris adalah senjata yang dulu pernah digunakan para raja untuk bertarung, Saat ini, keris menjadi senjata tradisional yang menarik untuk disimak, mulai dari bentuknya, serta ukiran atau juga daya magisnya.

Di museum keris ini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam koleksi keris yang mengesankan. Selain itu, anda juga bisa melihat beberapa diorama pembuatan keris dari awal hingga akhir dan juga kehidupan masyarakat pedesaan yang lengkap dengan instrument gamelannya.

Terdiri dari 4 lantai yang di bagi menjadi beberapa bagian. Anda pun bisa belajar mengenal senjata tradisional khas jawa ini yang dilengkapi dengan informasi-informasi terkait. Menariknya lagi, anda akan diberikan kunci loker untuk menaruh barang yang sekiranya tidak terlalu penting.

28. Taman Satwa Taru Jurug

objek wisata alam di solo
foto: https://www.instagram.com/informasisoloraya/

Alamat: Jalan IR. Sutami No.109, Jurug, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka: 07:30 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 20.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Objek wisata ini didirikan pada tahun 1972 sebagai salah satu hiburan untuk warga kota solo. Hewan-hewan yang ada di tempat ini merupakan pindahan dari taman sriwedari yang pada waktu itu sedang direnovasi.

Kepindahan ini disertai dengan terbentuknya yayasan bina satwa taruna yang berupaya menjaga ekosistem hewan-hewan agar tidak punah.

Disini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pesona hewan seperti kuda poni, kuda nil, landak, gajah, dan masih banyak lagi hewan yang tinggal di sini. jumlahnya menapai 343 ekor dan 69 satwa.

Selain menikmatinya, anda juga bisa naik ke punggung mereka dan berkeliling. Ada gajah, unta, dan kuda yang disediakan.

29. Taman Balekambang

wisata di solo dan sekitarnya
foto:https://www.instagram.com/yoga_abdi_/

Alamat: Jalan Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

Jam Buka: 06:00 -17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Taman Reptile Rp 5.000,-
Becak air Rp 10.000,-

Objek wisata alam di solo menawarkan pesona taman yang begitu luas, asri, dan juga menyejukkan. Fungsi dari kawasan ini adalah hutan kota yang sengaja digunakan sebagai paru-paru kota.

Sebenarnya, taman balekambang di bangun untuk hadiiah ulang tahun dua putri raja mangkunegaran, yang kemudian dijadikan sebagai nama area yaitu partini dan partinah

Menuju ke sini sangat mudah, anda hanya perlu turun di Stasiun Solo balapan kemudian, menggunakan ojek ke titik lokasi.

Daya tarik dari kawasan ini adalah suasana hutan kota yang lengkap dengan beberapa ekor satwa seperti, rusa, kijang, ayam, angsa. Bagi anda yang hobi memancing, anda bisa memanfaatkan area kolam yang juga bisa digunakan untuk wisata becak air.

Selain itu, anda juga disuguhkan dengan area taman reptile yang menyajikan berbagai macam hewan-hewan reptile.

Sayangnya, taman balekambang tidak terlalu terawat dengan baik, oleh karena itu ayo datang ke tempat ini agar, pesonanya kembali lagi ke kala itu, saat kawasan ini masih berjaya.

Perlu di ketahui bila nama taman balekambang juga dimiliki oleh karanganyar sebagai objek wisata yang menawan pula. Jadi jangan sampai salah tempat ya.

30. Galabo Solo

wisata di surakarta
foto: https://www.instagram.com/galabo_solo/

Alamat: Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa tengah

Jam Buka: 10:00 – 23:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata di solo malam hari ini memang terasa sangat special karena, disini kita bisa mencicipi berbagai makanan kuliner khas kota solo. Mulai dari sate, nasi liwet, thengkleng, dan apa pun tersedia disini.

Sensasi makan dipinggir jalan menjadi salah daya tarik yang sulit untuk dilupakan. Apalagi, saat datang malam yang dingin, sungguh suasannya sangat syahdu.

31. Pusat Grosir Solo

wisata di solo apa saja
foto: https://www.instagram.com/galery_latheefa/

Alamat: Jalan Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133

Jam Buka: 09:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Pusat Grosir solo adalah surganya belanja yang berada di kota solo. Dengan harga grosir dimana, semakin banyak harga yang akan anda dapatkan semakin murah. Kualitasnya cukup bagus. Semua jenis fashion yang anda butuhkan ada di kawasan ini.

32. Museum Batik Danar Hadi

tempat wisata di solo malam hari
foto: https://www.instagram.com/farrell_123/

Alamat: Jalan Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57141

Jam Buka: 09:00 – 16:30

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 35.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Satu lagi museum yang bisa anda nikmati di kota solo yaitu museum batik danarhadi. wisata di solo apa saja menawarkan kemegahan batik yang luar biasa, didirikan pada tahun 1967. Arsitektur bangunannya merupakan bangunan eropa klasik nan menawan. Dengan meriam yang berada di depan pintu masuk.

Awalnya merupakan rumah dari keluarga raja yang kemudian, di beli oleh keluarga danar hadi dan digunakan sebagai sebuah museum hingga saat ini.

33. Pasar Gede

tempat wisata di solo yang murah
foto: https://www.instagram.com/wonderfulsolo/

Alamat: Toko Sahabat, Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Kunjungan Selanjutnya adalah Pasar Gede. Waktu terbaik mengunjungi kawasan wisata ini pada saat perayaan imlek hampir tiba.

Disepanjang jalan pasar gede anda akan melihat lampion-lampion yang megah. Sehingga, saat anda berada disini, anda seperti berada di negeri china.

Jangan lupa untuk menikmati kuliner yang sangat nikmat yaitu es dawet. Sungguh, cita rasanya benar-benar membuat hari anda yang panas menjadi sejuk, dingin dan menyenangkan.

34. Taman Cerdas

tempat wisata di solo yang murah
foto: https://www.instagram.com/esterjouli/

Alamat: Jalan Ki Hajar Dewantoro, RT.002 RW.25, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57216

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata anak di solo ini merupakan sebuah taman yang bisa dikatakan paling megah diantara semua taman yang dimiliki kota Solo. Luasnya mencapai 3,5 hektar dan baru dibuka pada awal juli 2018.

Dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti, ruang bermain anak, ruang serbaguna,  ruang IT, ruang teater besar, ruang audio video dan ruang gamelan.

Ada kurang lebih 6 foto pewayangan yang bisa anda jadikan sebagai spot foto seperti kresna, gatotkaca, Rama, Shinta, dan hanuman yang terbuat dari fiber setinggi 3 meter. Jangan lupa pula mengambil gambar patung dinosaurus yang menjadi ikon dari taman ini.

Akhirnya, sampailah kita di akhir perjalanan mengelilingi Kota Solo. Bagaimana menurut anda mengenai tempat wisata di kota solo ini, menarik sekali bukan?

Kalau anda mau pilih yang mana? Jangan lupa beli oleh-oleh khas solo juga ya, untuk buah tangan orang terkasih yang ada dirumah, atau saudara dan kawan.

Review Tempat Wisata di Kota Solo

100%
Recomended
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.