24 Tempat Wisata di Tuban Terbaru

Tempat wisata di Tuban saat ini sudah cukup berkembang dengan pesat. Terbukti dengan banyaknya pilihan wisata bila anda berkunjung ke tempat ini. Menariknya lagi, kota ini mempunyai tempat-tempat yang cukup lengkap.

Ada Dataran hijau berupa perbukitan, ada hamparan biru air laut dan jajaran bangunan-bangunan bersejarah.

Semua ini dimiliki oleh Tuban dan saat ini mereka sedang berkembang bagaimana merawatnya agar tetap memiliki keindahan. Karena, alasan inilah banyak wisatawan akan jatuh cinta dan datang kembali ke tempat ini.

Mengenal Kota Tuban

Tempat wisata di Tuban
foto: https://www.instagram.com/rtn_adt_ns/

Sebelum kita berbicara lebih jauh lagi mengenai wisata kota Tuban. Lebih baik kita berbicara terlebih dahulu bagaimana sejarah kota ini berdiri. Nah, dilihat dari penamaan, Tuban sendiri memiliki beberapa versi.

Pertama disebut dengan lakuran laku tiban atau batu yang jatuh dari langit. Hal ini terjadi karena dahulu, ada sebuah burung merpati yang membawa batu pusaka dari Majapahit menuju ke Demak. Nah, sesampainya di kota Tuban, batu ini pun terjatuh. Sampai saat ini batu tersebut masih utuh dan disimpan di museum Kambang Putih.

Kemudian, versi kedua adalah lakuran metu banyu. Hal ini terjadi, ketika Raden Dandang Wacana atau Bupati Tuban pertama kali sedang membuka hutan papringan.

Saat membukanya muncul air yang begitu deras hal ini pun berkaitan dengan adanya sebuah sumur yang dangkal tetapi, memiliki air tawar yang melimpah walau berdekatan dengan pantai.

Serta versi terakhir adalah kata Tuban ini berasal dari kata Tuba atau Racun dimana artinya sama saja dengan kecamatan Jenu.

1. Kwan Sing Bio

Objek wisata di Tuban Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/khozinnudin/

Alamat: Jl. R.E Martadinata No.1, Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Objek wisata di Tuban Jawa Timur ini berada di pinggir jalan raya menghadap kearah laut di jalan pantura yang menghubungkan jawa timur dan jawa tengah. Tempat ini merupakan kawasan ibadah penganut ajaran Budha, Tao, dan Konghucu,

Tempat ibadah ini dipersembahkan untuk Dewa Kwan Kong yang berulang tahun setiap tanggal 24 bulan keenam. Sehingga, di tanggal ini banyak wisatawan dan juga peziarah berdatangan. Tidak hanya yang berada di Tuban saja, melainkan dari jawa tengah dan beberapa kota lainnya.

Pada saat ulang tahun ini, akan ada upacara keagamaan dengan melepas beberapa kura-kura di laut lepas sebagai lambang rezeki dan panjang umur.

Kelenteng ini sendiri didirikan pada tahun 1773, dengan inskripsi yang berangka tahun 1871.

Luas areanya kurang lebih 4 sampai 5 hektar. Dimana, bangunan utamanya memiliki 3 ruangan. Dimana, ruang pertama berfungsi untuk membakar hio sehingga, anda akan menemukan banyak sekali lilin dengan ukuran yang berbeda. Di ruang kedua, digunakan untuk persembahan berupa buah-buah

Sementara, untuk ruangan ketiga terdapat beberapa arca-arca dan patung dewi kwan im serta patung lainnya yang konon katanya cukup keramat. Di bangunan belakangnya, terdapat sebuah istana yang cukup megah. Dilengkapi dengan gebang, kolam, jembatan kelok Sembilan serta gazebo.

Bangunan ini terdapat beberapa ornament seperti naga, lampion serta lilin dengan dominasi warna merah, kuning dan hijau.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 9 Menit 4,5 Kilometer Jl. Raya Pantura

2. Prataan Tuban

foto: https://www.instagram.com/deriecamara/

Alamat: Dusun Prataan, Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, 62366

Jam Buka: 06:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Weekday Rp 10.000
Tiket Masuk Weekend Rp 12.500
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Bagi anda yang doyan selfie, tidak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata ini. Dimana, banyak spot-spot kekinian yang bisa dijadikan bahan untuk media sosial anda. Ada payung pelangi, love berhiaskan bunga dan papan.

Ada lagi sayap burung serta sarang burung dan juga wahana flying fox yang selalu bisa memacu adrenalin anda. Menariknya lagi, di tempat ini ada terapi air panas yang bisa menghilangkan berbagai macam capek dan asam urat. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas ruang private dimana ada 11 kamar yang bisa digunakan untuk pria dan wanita.

Tidak hanya sampai disitu saja, Prataan Tuban juga memiliki kolam renang air dingin serta beberapa permainan outbond yang cukup menarik untuk dinikmati.

Selain itu, wisatawan akan diberi bonus dengan adanya air terjun alami dengan tinggi kurang lebih 3 meter. Ada pula sebuah panggung hiburan yang akan menemani anda di hari minggu dengan pertunjukan electone.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 1 Jam 35,8 Kilometer Jl. Raya Merakurak

3. Mangrove Center

Tempat wisata keluarga di Tuban
foto: https://www.instagram.com/smartoutboundkidz/

Alamat: Jl. Raya Tuban – Semarang, KM.6, Kajen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, 62352

Jam Buka: 07:00 – 21:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Tempat wisata keluarga di Tuban ini menyediakan keindahan dan pesona mangrove yang memiliki kesejukan dan pesona berbeda. Tidak hanya mengenai mangrove saja yang memiliki beberapa jenis.

Melainkan, ada pula sebuah pantai yang tampak tidak terurus dengan baik. Sayang sekali memang, semoga dengan hadirnya wisatawan ke objek wisata ini, bisa lebih diperhatikan lagi. Dan dijadikan sebagai salah satu wisata unggulan baru di Tuban.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 6 Menit 3,2 Kilometer Jl. Kragan – Rembang – Surabaya

4. Watu Ondo

Wisata hits di Tuban
foto: https://www.instagram.com/rizkisabtanugraha/

Alamat: Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding Tuban, Jawa Timur,

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Wisata hits di Tuban ini memang berbeda dari yang lainnya. Dimana, kawasan ini merupakan perbukitan yang memiliki panorama nan indah. Tidak hanya dipandang dengan mata saja, melainkan dengan hati pula.

Track menuju ke puncak atas tidaklah mudah. Anda harus naik anak tangga yang jumlahnya ada 4 yaitu Ondo penanaman atau Watu Planting. Dimana, anda akan disuguhkan dengan sebuah batang bambu yang diletakkan di celah batu sehingga berbentuk vertikal.

Selanjutnya, ada ondo Nyikut Tangga yang bentuknya seperti sebuah lengan yang lebih lebar dan terbuat dari kayu Jati sehingga, cukup aman untuk diinjak.

Kemudian, ada Ondo duwur dengan ketinggian 20 meter dan mempunyai sudut kemiringan kurang lebih 45 derajat Terakhir adalah Ondo endek yang berarti pendek. Anda bisa memilihnya atau bisa juga mencoba semuanya langsung

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 41 Menit 20.3 Kilometer Jl. Kragan – Rembang – Surabaya

 5. Pantai Remen

Tempat wisata alam di Tuban
foto: https://www.instagram.com/anam08_/

Alamat: Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 15.000

Tempat wisata alam di Tuban ini memang masih sepi. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Padahal, keindahannya tak kalah dengan berbagai pantai lainnya. Hamparan pasir putih yang membentang luas disertai dengan pohon cemara, membuat kawasan ini tampak memukau.

Selain itu, ada sebuah danau kecil yang bisa menjadi hiburan tersendiri. Apalagi, ombak yang tidak begitu besar membuat anda yang membawa anak kecil tidak perlu was-was. Bibir pantainya yang luas membuat anda bisa melakukan kegiatan apapun seperti, bermain sepak bola, voli, layang-layang dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sampai disitu saja, anda yang hobi memancing bisa menikmatinya bersama dengan beberapa warga sekitar. Maklum saja, ikan-ikan disini cukup banyak dan masih segar-segar. Apalagi, bagi anda yang ingin camping disini. Ikan hasil mancing bisa dijadikan santapan malam anda bersama dengan teman-teman

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 25 Menit 14,7 Kilometer Jl. Kragan – Rembang – Surabaya

5. Pondok Pesantren Perut Bumi Tuban

Wisata di Tuban
foto: https://www.instagram.com/emmaliyyaa/

Alamat: Dusun Wire, Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, 62381

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Wisata di Tuban ini terkenal dengan kawasan religi dengan hadirnya berbagai macam pondok pesantren. Seperti halnya, Pondok pesantren Perut Bumi Tuban yang cukup menarik. Inilah masjid di di dalam goa dengan ukiran-ukiran kaligrafi yang sangat menawan, ditambah dengan ukiran kaligrafi yang benar-benar menawan. Dengan kombinasi dengan aksara jawa.

Sebelum menjadi sebuah pondok pesantren, kawasan ini hanyalah tempat pembuangan sampah dengan banyaknya ular-ular mematikan. Tetapi, saat ini tempat kumuh dan tidak pernah dilirik ini menjadi sesuatu yang menawan.

Bila anda berkunjung ke tempat ini, anda akan memasuki lorong-lorong yang semakin dalam, semakin menjauh. Di setiap tangganya berhiaskan marmer yang benar-benar menarik

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 16 Menit 9 Kilometer Jl. Raya Pantura

6. Makam Sunan Bonang

foto: https://www.instagram.com/wahyu_libbaskara/

Alamat:  Jl. Kh. Mustain, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Siapa yang tidak mengenal Sunan Bonang? Beliau lahir pada tahun 1448 M di Tuban yang mempunyai 8 bersaudara. Saat anda masuk ke kawasan ini, anda akan mendapati tiga buah gapura. Pertama, berbentuk regol sementara, yang kedua dan ketiga berbentuk padurasa.

Gapura ini mempunyai corak Hindu-Budha, ada pula ornamen-ornamen motif bunga dengan tulisan arab. Dan di gapura yang kedua, anda akan menemui masjid sunan bonang yang digunakan sebagai tempat menyepi.

Di gapura ke tiga ini anda akan menemukan beberapa makam dengan jalan setapak yang sudah beratap menuju ke cungkup makam Sunan Bonang.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 12 Menit 6,1 Kilometer Jl. Raya Pantura

7. Alun-Alun Tuban

Tempat wisata anak di Tuban
foto: https://www.instagram.com/betyfitriadwifebriyanti96/

Alamat: Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Tempat wisata anak di Tuban ini menjadi pusat berkumpul hampir seluruh warga Tuban. Ada banyak sajian kuliner dan permainan anak-anak yang bisa dinikmati. Bahkan, di hari minggu pagi pun masih berlanjut, biasanya banyak yang menggunakannya untuk berolahraga pagi.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 15 Menit 16,8 Kilometer Jl. Raya Pantura

8. Pantai Kelapa Tuban

Tempat wisata menarik di Tuban
foto: https://www.instagram.com/huzeinnn/

Alamat: Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 5.000,-
Menikmati kelapa Rp 20.000,-
Sewa Perahu Rp 25.000,-
Flying Fox Rp 25.000,-
Sewa Kuda Rp 25.000,-
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Tempat wisata menarik di Tuban ini adalah ikon yang tidak boleh anda lewatkan bila pergi berlibur di sini. Menariknya di tempat ini, anda tidak akan mendapati sampah sedikit pun. Semuanya tampak bersih dan rapi. Apalagi, dengan hadirnya hutan bakau yang menambah keindahan dari tempat ini.

Ada hal yang menarik bila anda berkunjung ke tempat ini. Dimana pesona sunset yang benar-benar memukau. Apalagi, anda akan disuguhkan dengan perahu-perahu yang menghadirkan nuansa siluet yang membuat anda tidak akan pernah bisa berkedip sedikitpun.

Jangan lupa untuk menikmati kelapa yang benar-benar nikmat di santap. Selain itu, anda juga bisa berkunjung ke dermaga yang sudah dibangun. Ada juga permainan flying fox dan anda pun bisa naik kuda lho.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 15 Menit 8,6 kilometer Jl. Raya Pantura

9. Batik Gedog Tuban

Tempat liburan di Tuban
foto: https://www.instagram.com/batikzaenal/

Alamat: Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Tempat liburan di Tuban ini menghadirkan wisata mengenai bagaimana caranya membatik. Dari awal hingga akhir. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan budaya yang sudah hadir secara turun-temurun. Selain itu, anda juga bisa membeli batik-batik yang benar-benar menawan.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 12 Menit 6,1 Kilometer Jl. Kragan – Rembang – Surabaya

10. Air Terjun Lembah Bongok

foto: https://www.instagram.com/edy_putra013/

Alamat: Dusun Montong, Desa Kebonagung, Kecamatan Jetak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Air terjun ini mempunyai debit yang begitu deras dimana saat musim kemarau tempat wisata ini tidak akan pernah surut. Pesonanya memang sudah terasa saat anda memasuki kawasan wisatanya. Tebing-tebing yang berada di sekeliling air terjun membuat penampakan objek wisata terlihat menawan.

Selain menikmati keindahannya, wisatawan juga bisa menikmati derasnya air terjun dengan berdiri di bawahnya. Selain itu, ada beberapa wisatawan yang mencoba naik ke atas tebing dan mengabadikan momen yang tidak akan pernah terulang kembali.

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan anda. Lantaran, banyak jalanan yang masih kurang bagus. Lebih disarankan lagi untuk naik sepeda motor karena, bila anda naik mobil, anda harus berjalan cukup jauh.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 38 Menit 24,8 Kilometer Jl. Kragan – Rembang – Surabaya

11. Kampung Warna

foto: https://www.jawapos.com

Alamat: Jl. Panglima Sudirman,

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Objek wisata di Tuban terbaru berupa rumah-rumah warga yang dicat warna-warni seperti pelangi. Anda juga akan disuguhkan dengan gang-gang sempit layaknya perkampungan di kota-kota besar. Jangan lupa pula membawa kamera agar beberapa spotgenicnya bisa anda abadikan melalui foto dan gambar

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 7 Menit 4,3 Kilometer Jl. Raya Pantura

12. Museum Kambang Putih

foto: https://www.instagram.com/teguhwardhana/

Alamat: Jl. Kartini No,3, Desa Kutorejo, Kota Tuban, Jawa Timur

Jam Buka:

  •       Senin Tutup
  •       Selasa, Rabu, Kamis 07:00 – 14:00
  •       Jumat 07:00 – 11:00
  •       Sabtu 07:00 – 12:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Weekday Rp 25.000,-
Tiket Week End Rp 40.000,-
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Daya tarik utama dari kawasan wisata ini adalah tanahnya yang konon katanya pernah berdiri sebuah kerajaan dan menjadi saksi bisu dari walingsongo, terutama Sunan Bonang.

Nama dari museum ini diambil dari sebuah prasasti yang pernah dibuat oleh Raja Sri Mapanji Garasakan. Raja dari kerajaan Jenggala pada tahun 1042 hingga 1052. Dijana pada tahun 1050 kambang putih adalah kota pelabuhan dan menjadi tempat perniagaan kala itu.

Luas dari objek wisata ini kurang lebih 150 meter persegi dimana hanya terdiri dari satu lantai saja. Koleksi yang dimiliki objek wisata ini ada fosil yang berumur kurang lebih 300 ribu tahun berupa badak purba yang sudah membatu ditemukan di kecamatan Jenu.

Ada pula gendang yang terbuat dari logam yang disebut dengan nekara. Ada lagi warisan yang konon berasal dari zaman perundagian yaitu kapak perunggu. Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan  Lingga dan Yoni, Arca kuno, Jangkar pasukan tartar, Kalpataru sunan Bonang serta wadah bambu yang berisi tuak atau yang disebut dengan ongkek yang keberadaannya semakin lama semakin tergerus dengan botol yang lebih praktis.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 13 menit 6,2 kilometer Jl. Raya Pantura

13. Goa Akbar Tuban

foto: https://www.instagram.com/sayf_ap/

Alamat: Semanding, Gedongombo, Kecamatan Tuban, kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Tidak hanya di pacitan saja yang mempunyai goa-goa yang mengesankan. Tetapi, ada juga Tuban yang tidak kalah menariknya. Nama sebenarnya dari kawasan ini adalah Goa Abar atau Ngabar. Kemudian, disempurnakan oleh pemerintah yang menyebutnya akbar sesuai dengan slogan kota Tuban.

Goa ini pernah dipugar pada tahun 1996 ini konon katanya pernah digunakan oleh Sunan kalijaga dan Sunan Bonang bertapa. Saat anda ingin masuk ke dalam anda harus membungkuk dimana, keadaan membungkuk ini terdapat sebuah filosofi. Anda harus menunduk kepada Allah SWT.

Bila anda masuk kedalamnya, anda akan menemukan banyak sekali kelelawar yang bersarang di sebuah batu yang bernama gamping watu nogo yang dipercaya sebagai tempat pertapaan sunan kalijogo.

Di goa ini pun terdapat sebuah mata air yang pancurannya cukup deras. Bahkan, dahulu saat bupati mengadakan syukuran disini. Airnya terus mengalir tiada henti. Disini pula anda akan menemukan sebuah lorong yang menghubungkan ke Goa Ngerong. Selain itu ada juga lorong yang menghubungkan ke laut selatan.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, Goa ini berusia 20 juta tahun yang lalu. Terbukti ditemukannya beberapa fosil-fosil bintang laut, kerang batu yang bisa anda nikmati saat menjelajah seluruh isi goa yang memiliki luas kurang lebih 1 hektar ini.

Dari segi keamanan tempat ini sudah dibekali dengan fasilitas yang cukup bagus. Tersedia pula beberapa lampu-lampu agar anda bisa melihat betapa megahnya objek wisata ini.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 17 Menit 7,5 kilometer Jl. Raya Pantura

14. Pantai Boom

foto: https://www.instagram.com/tiokprasastya/

Alamat: Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Nama pantai boom memang digunakan di berbagai daerah. Begitu pula di Tuban yang memiliki keindahan menawan. Tidak kalah dengan tempat lainnya. Kawasan ini memiliki sejarah panjang soal kerajaan Airlangga dimana, dulunya berupa pelabuhan dan jalur perdagangan.

Salah satu jejak sejarah yang masih bisa anda nikmati adalah sebuah sumur belanda yang konon merupakan peninggalan para wali. Menariknya, sumur ini tidak cukup dalam dan memiliki rasa tawar.

Selain menikmati sejarahnya, anda juga bisa memancing bersama dengan beberapa warga yang seakan tidak pernah absen. Bagi anda yang tidak menyukai kegiatan memancing, anda bisa bersantai-santai di gazebo yang sudah disediakan. Sembari melihat bagaimana senja perlahan-lahan turun. Sungguh pemandangan yang sayang untuk anda lewatkan.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 12 Menit 6 Kilometer Jl. Raya Pantura

15. Goa Putri Asih

foto: https://www.instagram.com/risalputra_45/

Alamat: Kawasan hutan desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 16:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Goa selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah Putri Asih, Sekilas, mirip dengan objek wisata serupa di Gunung kidul jogja. Tetapi, tempat ini memiliki keindahan yang tidak akan pernah ada yang menandinginya.

Sebagai sebuah penanda agar anda tidak tersesat aka nada sebuah bambu yang wajib anda ikuti. Stalakmit dan stalaktitnya membuat anda lupa bila jalurnya cukup sempit. Nah, yang menjadi daya tarik utama adalah mutiara gua atau banyak yang menyebutnya sebagai cahaya surga. Jangan lupa membawa kamera pribadi ya, agar setiap momen bisa anda abadikan dalam foto dan gambar.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 40 Menit 29,1 Kilometer Jl. Raya Montong

16. Air Terjun Nglirip

foto: https://www.instagram.com/4lgojomp_/

Alamat: Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Tidak hanya goanya saja yang mengesankan tetapi, Tuban juga mempunyai Air Terjun yang tidak kalah eloknya. Salah satunya, adalah Air Terjun Nglirip, ketinggiannya hanya 25 meter hingga 30 meter.

Di tempat ini ada sebuah mitos yang bekembang dan dipecaya oleh kebanyakan wisatawan. Dimana, bila ada pasangan yang datang ke tempat ini akan putus dalam tempo 40 hari. Begitu pula dengan pasangan suami istri yang bercumbu di tempat ini pun akan pisah. Entah benar atau enggak hanya kamu sendiri yang bisa menjawabnya.

Mitos ini terjadi lantaran dahulu ada seorang gadis yang ditinggal oleh kekasihnya, kemudian ia bertapa di sebuah gua yang berada di balik air terjun nglirip. Ia pun betapa hingga meninggal dan arwah gadis tersebut yang menjadi mitos dari tempat ini.

Pemandangan di sekitar memang sangat mengesankan dimana, anda bisa melihat hijaunya perbukitan yang benar-benar indah. Jadi, jangan sampai melewatkannya ya.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 46 Menit 33 Kilometer Jl. Raya Montong

17. Wisata Tebing Pelangi

Wisata di Tuban dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/d.amanda.s/

Alamat: Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan merakurak, Kabupaten Tuban

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 20.000
Flying Fox Rp 20.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Wisata di Tuban dan sekitarnya ini berupa wahana permainan yang bisa membuat anda sekeluarga betah berlama-lama. Selain itu, banyaknya spot foto membuat anda wajib membawa kamera jahat anda, agar tidak ketinggalan momen.

Tidak hanya itu saja, anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam oleh-oleh khas atau juga makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Keunikan dari tempat ini adalah beberapa tempat yang di cat warna-warni. Oleh karena itu, tempat ini disebut dengan nama Tebing Pelangi.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 18 Menit 10.5 Kilometer Jl. Soekarno Hatta dan Jl. Merakurak

18. Goa Suci Tuban

foto: https://www.instagram.com/wahyutoa/

Alamat: Desa Leran Wetan, Kecamatan palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Keunikan dari tempat wisata ini adalah sebuah gua buatan yang dibuat pada masa kerajaan majapahit pada tahun 1026. Hadirnya bebatuan kapur yang alami membuat banyak wisatawan yang datang silih berganti ke tempat ini.

Kedalamannya kurang lebih 14 meter. Lubang atasnya berbentuk kerucut sehingga, tak jarang ada cahaya yang masuk ke dalam. Oleh wisatawan disebut dengan cahaya surga. Bila ingin berfoto-foto disini disarankan untuk datang pada siang hari.

Jangan lupa pula membawa lotion atau pakaian panjang. Lantaran, ada banyak sekali nyamuk yang siap menggigit anda.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 37 Menit 21,8 Kilometer Jl. Raya Pantura dan Jl. Tuban Gresik

19. Pantai Sowan

foto: https://www.instagram.com/nilarosyiana/

Alamat: Dusun Bogoran, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor+ boncengan berdua Rp 12.000
Parkir Mobil Rp 20.000

Saat ini objek wisata ini masih sepi padahal, ada banyak keindahan yang bisa anda nikmati. Dimana, ada area hewan langka seperti burung kakatua, ular piton,  dan juga kera. Ada pula beberapa keindahan alam berupa deburan ombak dan arena bermain untuk anak-anak yang sudah disediakan.

Satu lagi yang tidak boleh anda lewatkan adalah kenikmatan hidangan seafood yang benar-benar nikmat menggoda. Hampir semua jenis ikan ada di tempat ini dan bisa anda nikmati bersama dengan keluarga dengan harga yang cukup bersahabat

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 44 Menit 34,2 Kilometer Jl. Raya Pantura

20. Mata Air Krawak

foto: https://www.instagram.com/asdiayub_/

Alamat: Kecamatan Montong, kabupaten Tuban, jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 2.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Sumber mata air ini memang begitu mengesankan dimana, anda bisa melihat air yang sangat jernih berwarna kebiruan. Nuansanya benar-benar asri dan damai. Membuat siapa pun enggan untuk pergi dari tempat ini.  Banyak yang memanfaatkannya untuk berenang atau hanya sekedar menikmati suasananya saja.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 42 Menit 31,6 Kilometer Jl. Raya Montong

21. Galian Tambang

foto: https://kimronggolawe.wordpress.com

Alamat: Desa Banjarejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Sesuai dengan namanya bila objek wisata ini memang bekas galian tambang yang saat ini berubah menjadi objek wisata dengan spot foto nan unik. Disini, ada beberapa genangan air yang berbentuk seperti sebuah danau. Hanya saja, air ini mengandung berbagai macam bahan kimia yang membahayakan sehingga, wisatawan dilarang menyentuhnya atau berenang.

Sudah sejak lama, para penambang mengeruk kapur disini yang membuat spot-spot nan elok. Tidak jauh dari tempat ini, anda akan menemukan sebuah gua yang tidak lepas dari sebuah mitos yaitu terdapat ikan buta dan lele yang hanya tulang dan kepalanya saja yang terkadang menampakkan diri.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 49 Menit 39 Kilometer Jl. Kragan – Rembang – Surabaya

22. Pantai Cemara

foto: https://www.instagram.com/setyabuana/

Alamat: Jl. Tuban – Gresik, Dusun Sendang harjo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Inilah dia tempat favorit bila berkunjung ke Tuban. Dimana hadir wisata pantai Tuban yang menghadirkan pohon-pohon cemara yang begitu lebat. Dibawahnya, anda bisa terlindung dari sinar matahari dengan suasana dan nuansa yang cukup dingin. Bibir pantainya cukup luas, membuat anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan. Mulai dari berenang, bermain layang-layang hingga berolahraga dengan sepak bola atau bola voli.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 6 Menit 500 Meter Jl. Raya Pantura

23. Kambang Putih Tuban Park

foto: https://www.instagram.com/mei_amd/

Alamat: Jalan Raya Jenu, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Rp 40.000,-
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Tidak hanya museum saja kambang putih pun juga digunakan sebagai nama waterpark yang ada di Tuban. Dimana, anda sekeluarga akan disuguhkan dengan kolam renang, slider, dan juga ember tumpah yang cukup menyenangkan.

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 1 Menit 16 Meter Unnamed road

24. Masjid Agung Tuban

foto: https://www.instagram.com/tiokprasastya/

Alamat: Jl. Bonang, Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Pesona terakhir yang bisa anda nikmati di Tuban adalah Masjid agungnya yang tidak akan pernah sepi oleh wisatawan dan juga orang-orang yang ingin beribadah di tempat ini. Dibangun pada tahun 1894 pada masa pemerintahan Bupati Tuban yang ke 7. Mengalami beberapa kali renovasi di tahun 1985 dan 2004 dengan penambahan kurang lebih enam menara dengan luas seluruhnya kurang lebih 3.565 meter persegi

Estimasi Waktu dan jarak Tempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak Tempuh Melalui Jalan
Terminal Bus Tuban 15 Menit 6,8 Kilometer Jl. Raya Pantura

Makanan dan Oleh-Oleh Khas Tuban

foto: https://www.instagram.com/hafaseafood/

Akhirnya sudah selesailah kita berkeliling menikmati seluruh objek wisata di Tuban. Tetapi, ada yang kurang bila anda tidak menikmati berbagai macam makanan khas Tuban yang begitu menggoda.

Bagi anda yang menyukai cita rasa pedas, anda wajib menikmati Kare rajungan. Terbuat dari rajungan yang dipadukan dengan berbagai macam bumbu nan nikmat seperti, batang sereh, daun salam, air asam, santan, dan laos.

Makanan khas ini bisa anda temui di berbagai rumah makan di Tuban dengan harga yang cukup bersahabat. Selanjutnya, bila anda ingin pulang jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Tuban.

Salah satunya adalah terasi udang. Maklum saja, di wilayah tuban banyak sekali penghasil udang yang dikreasikan menjadi sebuah bumbu masakan. Terasi udang ini bisa anda padukan dengan bahan lainnya sehingga, menjadikan sebuah menu makanan yang tidak akan pernah anda bayangkan rasanya.

Demikian perjalanan kita menyusuri setiap sudut tempat wisata di Tuban. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah dan share artikel ini agar banyak orang yang datang dan berkunjung ke Kota Tuban.

Review Wisata Tuban

100%
Terbaik Untuk Akhir Pekan
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.