33 Tempat Wisata di Tulungagung Terbaru

Tempat wisata di Tulungagung memang belum setenar di Yogyakarta, Malang atau juga Bali. Kota kecil di Jawa Timur ini sebenarnya, menyimpan berbagai macam keindahan yang membuat anda terpukau melihatnya.

Tetapi, sebelum kita melihat lebih dekat wisata mana saja yang bisa kita kunjungi selama berpetualang di Tulungagung. Tidak ada salahnya untuk mengenal sejenak kota ini. Karena, pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang.

Mengenal Kota Tulungagung

objek wisata di Tulungagung terbaru
foto: https://www.instagram.com/aristantodanny/

Mungkin, sebagian besar dari anda belum mengetahui bahwa kota ini adalah penghasil marmer terbesar di Indonesia. Menariknya, ada dua versi yang tercatat dalam sejarah mengenai asal usul nama Tulungagung.

Pertama, nama ini diambil dari pitulungan agung, yang artinya adalah pertolongan dari Tuhan. Nama ini di berikan dari peristiwa dimana Joko baru yang menyumbat semua sumber mata air di ngrowo, kawasan yang jadi cikal bakal Tulungagung.

Dia dikutuk oleh ayahnya menjadi ular yang besar atau warga sekitar menyebutnya sebagai Baru Klinting. Agar bisa kembali ke wujud manusia, Joko baru harus melingkarkan tubuhnya ke Gunung wilis.

Sayang, tubuhnya hanya kurang sejengkal. Kemudian, ia menjulurkan lidahnya yang di potong oleh Ayahnya yang kemudian, berubah menjadi sebuah tombak.

Masyarakat percaya bila tombak tersebut sampai saat ini masih dipegang oleh salah satu masyarakat Tulungagung.

Versi kedua, nama Tulungagung ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu Tulung yang artinya sumber mata air, dan agung yang artinya besar. Secara etimologi, wilayah tulung agung memang terendam air yang tidak akan pernah ada habisnya.

Pada zaman kependudukan jepang, Tulungagung di bangun bendungan bernama niyama. Dengan ibukota kabupaten yang awalnya di ngrowo dipindah di kalangbret.

Baiklah, setelah kita mengetahui sejarah kota ini, mari kita simak hasil penjejahan wisata di Tulungagung. Apa saja keindahannya, mari kita lanjutkan perjalanannya di bawah ini.

1. Pantai Molang

obyek wisata di Tulungagung jawa timur
foto: https://www.instagram.com/ekacahya_r/

Alamat             : Area Perkebunan, Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam Buka         : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Wisata pertama yang bisa kami rekomendasikan kepada anda adalah Pantai Molang. Obyek wisata di Tulungagung jawa timur ini memiliki pesona pasir putih yang sangat menawan, airnya cukup jernih.

Suasananya cukup asri yang membuat kita serasa milik sendiri. Anda juga bisa naik ke atas tebing untuk melihat bagaimana sempurnanya Pantai Molang bila dilihat dari atas.

Dari tebing ini, anda bisa menikmati panorama sunset dan sunrise yang menawan hati. Kawasan ini, sudah disediakan tempat untuk berkemah, sehingga anda tidak perlu repot menyewa kamar penginapan.

Tetapi, anda harus membawa semua peralatannya sendiri dari rumah. Karena, disini belum tersedia tempat penyewaan tenda.

Berjarak 44,9 km dari Stasiun Tulungagung atau Terminal Tulungagung. Estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam 26 menit melalui jalan nasional III

2. Pantai Pacar

wisata Tulungagung dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/laykaikaa/

Alamat             : Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Jam Buka         : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Saat anda menginjakkan kaki di tempat ini, anda akan disuguhkan dengan pantai pasir putihnya dan juga air laut yang sangat jernih. Bukit-bukit hijau terlihat menjulang dengan suasananya sangat asri.

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah hadirnya air terjun yang tingginya mencapai 3 meter. Sepeti halnya yang ada di pacitan dengan pantai banyunibonya. Atau juga di Yogyakarta dengan Pantai Jogannya.

Aktifitas yang bisa anda nikmati selain menikmati semilir angin yang berhembus, adalah kegiatan memancing.

Di kala sore hari, anda bisa melihat betapa menariknya senja tenggelam yang menjadi penyambung malam yang sempurna.

Biasanya, saat  wisatawan berkunjung, mereka tidak akan melewatkan kesempatan untuk camping di tempat ini. Anda pun bisa memakan ikan yang anda tangkap tadi dan di bakar begitu saja di tengah api unggun  yang berkobar membawa kehangatan.

Selain camping, anda juga bisa menikmatinya dengan bermain olahraga seperti, sepakbola atau juga voli pantai yang sama-sama menghadirkan keseruan.

Menuju ke objek wisata ini hanya membutuhkan waktu 10 menit saja dari pantai molang. Atau hanya berjarak 750 meter.

Bila dari stasiun tulungagung jaraknya 44,4 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 24 menit. Melalui jalan Demuk atau Jalan Nasional III.

3. Panjat tebing Gunung Pegat

 tempawisata alam di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/myusriliqbal_/

Alamat : Desa Sawo, Kecamatan Campur Darat, Kabupaten Tulung Agung Jawa Timur

Jam Buka : 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis (Untuk panjat tebingnya belum diketahui secara pasti)
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Bagi anda yang ingin menantang diri, tidak ada salahnya mencoba wisata satu ini. Dimana, adrenalin akan terpacu dengan sempurna.

Wisata outbound di Tulungagung ini mempunyai kurang lebih 5 jalur panjat yang masing-masing jalur memiliki tingkat dan rintangan yang berbeda-beda.

Jalur tersebut terdiri dari Watu Cetek dengan ketinggian 20 meter. Tropical Divorse yang mencapai 50 meter.

Jalur panjat ini pun di bangun pada tahun 2017 lalu. Hingga, saat ini wisata ini tidak pernah sepi oleh wisatawan yang penasaran dengan olahraga ekstrim ini.

4. Air Terjun Alam Kandung

 tempawisata anak di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/aja_imam/

Alamat : Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung

Jam Buka : 06:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Flying Fox Rp 25.000,-

Objek wisata di Tulungagung terbaru ini adalah air terjun yang mempunyai keindahan luar biasa. Termasuk dalam kawasan hutan lindung, dimana anda akan dikepung dengan jajaran hutan jati yang mempesona mata.

Tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung seperti gazebo, spot foto dan flying fox.

Objek wisata ini mempunyai dua buah air terjun yang langsung jatuh ke sebuah kolam di bawahnya. Tingginya mencapai 15 meter.

Bagai anda yang ingin berenang kedalam,sepertinya anda harus berhati-hati karena, kedalamannya mencapai 6 meter hingga 8 meter.

Air terjun yang satunya pun tidak kalah. Undakan cantiknya benar-benar menghipnotis anda. Jangan lupa siapkan kamera mumpuni, agar setiap momen yang ada di kawasan ini tidak terbuang sia-sia.

Menuju ke objek wisata ini cukup mudah, turun saja di stasiun rejotangan. Kemudian, melalui jalan sawunggalih sejauh 9,8 kilometer atau membutuhkan waktu 20 menit saja. Anda bisa menikmati pesona surga tersembunyi dari Tulungagung.

5. Sungai Niyama Tulungagung

tempat wisata keluarga di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/ervina.febriliana/

Alamat : Desa Besole, Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung

Jam Buka : 06:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata ini menghadirkan nuansa Jepang tetapi letaknya berada di Tulungagung. Bila anda tidak percaya, anda bisa mengunjungi Sungai Niyama yang rasanya seperti di negeri Sakura.

Tempat wisata alam di Tulungagung ini, memiliki susunan batu yang cukup unik. Tidak hanya itu, warnanya pun cukup bersih dan jernih.

Niyama dibagi menjadi dua kata yaitu Ni yang artinya dua dan yama yang artinya adalah gunung. Tidak jauh dari tempat ini, anda bisa menyaksikan peninggalan dari Jepang berupa terowongan.

Menurut kisahnya, Terowongan ini merupakan hasil dari kerja paksa yang diakukan oleh Jepang. Kepada penduduk pribumi waktu itu.

Waktu yang terbaik mengunjungi kawasan ini adalah pada saat musim kemarau. Dimana, anda akan melihat betapa menariknya Gradasi warna yang disajikan. Kedalaman dari sungai ini sendiri kurang lebih 3 meter.

Menuju Objek wisata ini anda bisa memulainya dari Stasiun Tulungagung dengan waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit. Jarak yang ditempuh kurang lebih 29,6 km.

6. Pantai Dlodo Tulungagung

tempat menarik di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/krisna.rizqi_/

Alamat : Rejosari, Kalidawir, Panggung Kalak, kecamatan Puncang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66281

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 7.500,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tidak salah bila, Tulungagung disebut sebagai Yogyakartanya Jawa Timur. Lantaran, keindahan pantainya yang benar-benar mempesona mata dan hati Salah satunya adalah Pantai Dlodo yang wajib anda kunjungi.

Wisata Tulungagung dan sekitarnya ini memiliki pasir kehitaman dimana, pasir putihnya bercampur dengan besi. Hingga akhirnya, berwarna kehitaman.

Menariknya lagi, tempat ini memiliki ciri khas air payau yang menjadi perbatasan antara kecamatan kalidawir dan puncang laban.

Fasilitasnya pun cukup lengkap. Semua yang anda butuhkan disediakan oleh pengelola pantai Dlodo ini.

Dijamin, saat sudah duduk diantara pasir ini, anda akan terbuai dengan suasananya. Apalagi, pepohonan yang rindang menjadikan Pantai Dlodo semakin asri dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Bagi anda yang berasal dari luar kota, anda bisa  menggunakan kereta dan turun di stasiun Tulung agung. Jarak yang dibutuhkan kurang lebih  34 km. Estimasi waktu menuju ke titik lokasi kurang lebih 1 jam 2 menit.

7. Pantai Kedung Tumpang

wisata Tulungagung hits
foto: https://www.instagram.com/chalia92/

Alamat : Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa timur 66284

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Pesona yang bisa anda nikmati di Pantai kedung tumpang ini adalah tebing-tebing yang tampak menjulang tinggi. Bila anda ingin naik ke atas sana, anda harus hati-hati benar karena tanjakan yang harus anda lalui sangat terjal.

Tetapi, semua perjuangan itu, akan terhapus dengan sendirinya melihat betapa cantiknya alam Tulungagung ini.

Pesona lainnya adalah karang-karang yang memang cukup elok bila dilihat dari kejauhan, Karang-karang berfungsi menahan laju ombak agar tidak terlalu deras.

Pantai Kedung Tumpang memiliki ciri khas yang tidak akan anda lupakan salah satunya adalah kondisi pantainya yang menawan hati sehingga, setiap saat anda bisa mengabadikannya ke dalam foto dan gambar.

Selain banyak komunitas fotografer yang memanfaatkan setiap sudut yang instagramable. Ada beberapa wisatawan yang memanfaatkannya pula untuk mengambil foto Prewed di kawasan ini.

Terakhir di tempat in ada sebuah cekungan yang berisi air, anda bisa memanfaatkan tempat ini untuk berenang.

Jangan lupa untuk menikmati sunset dan sunrisenya yang benar-benar menggemaskan. Mereka seakan ingin memamerkan pesona Tulungagung yang tak mau kalah dengan kawasan pantai lainnya.

Jarak dari Stasiun Tulung Agung menuju ke objek wisata ini kurang lebih 42,8 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 14 menit.

8. Pantai Brumbun

wisata baru diTulungagung
foto:https://www.instagram.com/chalia92/

Alamat : Area Pegunungan Ngrejo, Desa Wonokoyo, Kecamtan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Spot Selfi Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata selanjutnya masih soal pantai. Maklum saja, Tulungagung berada di kawasan selatan yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia.

Menariknya setiap kawasan memiliki keunikan tersendiri seperti saat anda berada di Pantai Brumbun.

Keunikan yang bisa anda nikmati disini adalah kawasannya yang merupakan sebuah teluk yang panjangnya kurang lebih 500 meter.

Disini, merupakan surganya bagi para pemancing terlihat beberapa orang datang dan berkumpul di ujung teluk mencari ikan yang konon katanya memiliki ukuran yang cukup besar.

Jenis ikan yang biasa ditangkap pun bervariasi mulai dari lobster, ikan tongkol, kakap dan masih banyak lagi.

Untuk menarik minat wisatawan pihak pengelola juga sudah memberikan berbagai macam fasilitas seperti area spot selfie.

Hanya saja, kawasan ini belum terlalu ramah akan warung-warung, Jadi, disarankan anda membawa bekal sendiri dari rumah.

Bagi anda yang ingin menjelajahi kawasan ini, bisa memulai perjalanan dari pantai kedung tumpang. Jaraknya kurang lebih 46,2 kilometer, dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam 40 menit melalui jalan raya Tanggunggunung.

9. Candi Sanggrahan

wisata di daerah Tulungagung Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/rikotaruna/

Alamat : Desa Sanggrahan, Boyolangu, Kecamatan Pesanggrahan Lor, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66235

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Wisata di daerah Tulungagung selanjutnya adalah candi Sanggrahan yang memiliki satu buah bangunan induk dan dua buah bangunan sisa yang kecil. Bangunannya terdiri dari empat tingkat yang menghadap kearah barat.

Bangunan induk dari objek wisata ini pembuatannya menggunakan batuan andesit dengan isian bata. Dengan  panjangnya mencapai 12, 6 meter dan lebarnya 9,05 meter serta tinggi5,86 meter.

Konon katanya dahulu bangunan ini memiliki lima buah arca budha yang memiliki posisi mudra yang berbeda.

Menurut penelitian terdahulu candi ini di bangun sebagai tempat peristirahatan pembawa jenazah rombongan pendeta wanita budha kerajaan majapahit. Bernama gayatri yang memiliki gelar Rajapadmi.

10. Batu Gedong

lokasi wisata di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/ayodolan/

Alamat : Sirah kandang, Desa Sebalor, Kecamtan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66274.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis.
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata ini adalah sebuah bebatuan besar yang ditumbuhi oleh lumut-lumut. Menuju ke tempat ini, anda harus berjalan terlebih dahulu sekitar 100 meter.

Dibagian bawah batu gedong atau watu gedong ini terdapat aliran air sungai yang sangat jernih. Biasanya, anak-anak memanfaatkannya untuk bermain air di kala datang musim liburan.

Daya tarik lain yang bisa anda nikmati adalah jajaran bebatuan yang cukup indah berpadu dengan pepohonan dan bunga-bunga yang bermekaran.

Selain itu, kondisi di sekitar cukup bersih, sehingga anda wajib menjaga kebersihannya pula dengan tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini.

Menuju ke objek wisata ini anda hanya perlu turun di Stasiun Tulungagung. Kemudian, menggunakan kendaraan pribadi menempuh jarak 26 km dengan estimasi waktu mencapai 46 menit, melalui jalan Nasional III.

11. Candi Gayatri Boyolangu

wisata outbound di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/potretboyolangu/

Alamat : Dusun Dadapan, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Konon cerita candi ini di bangun sebagai tempat pemuliaan dan penyimpanan abu jenazah Gayatri atau tribuana tunggadewi jayawisnudharma dengan gelarnya yaitu rajapatni yang wafat pada tahun 1330 M.

Gayatri sendiri adalah putri tertua Raja Kertanegara, Raja dari Singosari yang memerintah dari tahun 1254 hingga 1294 Masehi.

Candi yang awalnya tertimbun tanah ini ditemukan pada tahun 1914. Bagi anda yang berasal dari luar Tulungagung, bisa menggunakan kereta api, kemudian turun di Stasiun Tulungagung.

Dari sini, anda hanya membutuhkan waktu 16 menit dengan jarak 7,3 kilometer. Melalui Jalan Ki Mangun Sarkoro dan Jalan Raya Boyolangu.

12. Pantai Ngalur

wisata outbound di Tulungagung,
foto: https://www.instagram.com/_riskaotam/

Alamat : Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Mari kita kembali ke pantai sejenak. Dimana, Tulungagung hadir dengan Pantai Ngalur. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah suasananya yang sangat asri.

Belum banyak wisatawan yang menginjakkan kaki di tempat ini. Tempatnya sangat bersih, tidak ada satu pun sampah yang terlihat disini.

Jadi, disarankan kepada anda bila mengunjungi objek wisata ini untuk selalu menjaga kebersihan. Agar Pantai Ngalur tetap indah seperti apa yang akan anda nikmati.

Pepohonan hijau yang menjulang tinggi, membuat udara yang ada disini sangat sejuk. Cobalah hirup dalam-dalam udara saat berada di tempat ini. Pasti anda akan merasakan oksigen yang cukup banyak merasuk hingga ke dalam tulang.

Kenyamanan yang tidak boleh anda lewatkan adalah pesona senja dan juga fajar yang benar-benar menarik untuk anda abadikan ke dalam gambar dan foto.

Di tempat ini, anda akan disajikan dengan berbagai spot foto alami yang sayang untuk dilewatkan. Seperti halnya ayunan yang tersedia untuk anda bermain, atau juga pepohonan yang instagramable.

Ada juga gazebo-gazebo untuk anda beristirahat. Nah, keunikan lain dari kawasan ini adalah hadirnya karang-karang yang cukup tajam.

Lalu, yang perlu anda perhatikan bila berada di tempat ini adalah hadirnya ombak-ombak yang cukup besar. Jadi, disarankan untuk tidak berenang di tempat ini dan tetap terus waspada.

Bila anda berangkat dari Pantai Dlodo, jarak yang harus ditempuh kurang lebih 30, 7 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 6 menit.

13. Nyawangan Park

lokasi wisata di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/iecienhong/

Alamat : Perbukitan Dusun Klegen, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulung Agung, Provinsi Jawa Timur

Jam Buka : 08:00 – 16:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan bila berada di Tulungagung adalah Nyawangan Park. Anda akan disuguhkan dengan berbagai pesona pohon pinus dan bunga-bunga yang bermekaran.

Daya tarik utama dari bunga-bunga disini adalah warna-warninya yang berbentuk jantung hati. Siapa pun pasti ingin mengabadikan momen di tempat ini.

Menambah ketertarikan anda di tempat ini, ada berbagai gardu pandang yang sudah di bangun untuk feed instgram anda.

Jangan lupa pula menikmati berbagai macam sajian kuliner di kawasan ini. Dimana, yang paling terkenal adalah  Ayam Londho yang jadi menu andalan.

Bila anda memulainya dari stasiun Tulungagung, maka jarak yang haus ditempuh  kurang lebih 20,8 km. Estimasi waktu menuju ke lokasi kurang lebih 38 menit.

14. Kawasan Wisata Coban kromo

wisata di daerah Tulungagung Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/mamat_abadi/

Alamat : Dusun Jambu, Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Destinasi selanjutnya, kita bisa menikmati air terjun yang esoktis dan elok. Jadi, tidak ada alasan lain untuk tidak mengunjungi objek wisata ini.

Air terjun disini memang tidak tinggi, tidak seperti grojogan sewu yang menjulang. Tetapi, pesonanya tidak akan kalah.

Ada tiga air terjun yang berada di tempat ini yaitu Air terjun Kaliso, Tumpuk dan juga Luweng. Bagi anda yang ingin berenang, anda bisa menikmati di air terjun luweng, menghadirkan kolam alami dengan air yang sangat jernih.

Selama perjalanan menuju ke surga yang tersembunyi ini, anda akan disuguhkan dengan sawah, ladang, dan pepohonan hijau yang menarik hati.

Menuju ke kawasan ini anda harus menyiapkan fisik karena, jalan yang harus anda lalui tidaklah mudah. Anda harus melewati tebing-tebing dengan pemandangan gunung yang tampak kokoh berdiri.

Bagi anda yang mengunjungi kawasan ini pada saat musim penghujan, diharapkan untuk hati-hati karena, jalanan yang anda lalui sangat licin.

Objek wisata ini mulai booming lantaran, salah satu tv nasional berkunjung dan eksplore tempat yang benar-benar indah ini. Anda dibuat terlena dengan suasananya yang sejuk, rindang, dan airnya sangat segar bila menyentuh kulit.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa berangkat dari Stasiun Tulungagung jaraknya kurang lebih 12,1 km. Estimasi waktu kurang lebih 24 menit melalui jalan Raya Boyolangu.

15. Pantai Sine

wisata baru diTulungagung
foto: https://www.instagram.com/teamiqo_/

Alamat : Dusun Sine RT.05, RW.01, Kalibatur,Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66281

Jam Buka :  24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Speed Boat Rp 50.000

Keunikan dari pantai ini terletak di tebingnya yang menghadirkan sumber mata air alami. Disekelilingnya, terdapat pohon-pohon lebat yang masih terlihat asri.

Air lautnya pun sangat jernih dengan deburan ombak yang menghadirkan nyanyian alam nan merdu. Hal yang paling wajib anda lakukan di tempat ini adalah menikmati berbagai macam aneka kuliner yang pastinya nikmat menggoda.

Disini, kita juga akan disuguhkan dengan tempat pelelangan ikan. Anda bisa membelinya dengan harga yang cukup murah. selain itu, ada banyak sekali ikan yang bisa anda bawa pulang.

Selain menarik alamnya, objek wisata ini juga hadir dengan berbagai macam kebudayaan dengan hadirnya upacara tradisional.

Biasanya, warga sekitar akan menggelar gelaran wayang kulit setiap malam 1 suro. Ada juga upacara larung sesaji yang ditujukan untuk mengusir berbagai nasib buruk yang melanda.

Disini, anda juga bisa menikmati pesona matahari terbit yang tak kalah dengan lainnya, Pesona kapal yang mondar-mandir kesana-kemari pun menjadi pemandangan yang tak luput dari bidikan kamera.

Pantai Sine juga sudah dilengkapi dengan camping area. Biasanya, pada malam minggu, area ini dipenuhi oleh wisatawan yang penasaran dengan sang Fajar yang konon mampu menghipnotis anda di setiap detiknya.

Menuju ke pantai Sine bisa dari mana saja, termasuk dari coban kromo yang berjarak 35, 2 km dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam 2 menit. Melalui jalan raya bonyolangu.

16. Waduk Wonorejo

wisata Tulungagung hits
foto: https://www.instagram.com/arswendokelvin/

Alamat : Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Jam Buka : 07:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Waduk Wonorejo adalah waduk kebanggaan warga Tulungagung yang berfungsi sebagai pengairan, pembangkit listrik dan kini sebagai objek wisata.

Sejarah panjang tertulis di tempat ini, dimana Waduk Wonorejo dibangun mulai tahun 1980. Pembangunan tahap 1 selesei tahun 1988.

Setelah itu, proyek ini sempat mangkrak dan dilanjutkan kembali tahun 1992. Akhirnya pada tahun 2001, Ibu megawati meresmikan waduk Wonorejo ini. Dan berselang tiga tahun kemudian, di buka untuk kawasan pariwisata.

Luas area kawasan ini kurang lebih 3,85 kilometer. Dilengkapi dengan Spailway, sarana untuk menampung banjir dari daerah sekitar.

Salah satu daya tarik yang tidak boleh anda lewatkan adalah memancing. Ada titik spot tersendiri bagi anda yang hobi akan aktifitas ini.

Berbagai jenis ikan tersedia disini mulai dari lele, gurameh, mujair, nila, ikan hias, hingga ikan louhan.

Tidak hanya disuguhkan dengan ikannya saja, anda juga bisa menikmati pemandangan indah Gunung Wilis yang terhampar di depan mata.

Tidak hanya untuk kawasan wisata saja, penduduk sekitar pun memanfaatkannya untuk sarana olahraga. Karena, di sini akan mendapati fasilitas jogging track.

Berada di sisi waduk sepanjang 1 km. Udara sejuk dan aroma air menyatu menjadi suasana asri yang membuat anda enggan pergi.

Sisi menarik lainnya dari kawasan ini adalah tersedianya, area sepeda gunung, Penyewaan Speed boat, musholla, area kuliner, dan pendaratan helicopter.

Menuju objek wisata ini cukup mudah, turun di stasiun tulungagung, dari sini anda tinggal mengikuti jalan Kauman sejauh 15,6 km atau  33 menit saja.

17. Candi Dadi

tempat menarik di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/megantara_88/

Alamat : Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66291

Jam Buka : 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Candi ini merupakan salah satu dari empat candi yang terdapat di perbukitan desa wajak. Objek wisata ini sendiri memiliki enam bujur sangkar dengan lebar 14 meter,  dan tngginya mencapai 6,5 meter.

Terbuat dari batu andesit yang terdiri dari batur dan kaki candi. Disini, anda juga bisa melihat sebuah tembok, konon katanya tembok ini adalah sebuah sumur yang saat musim penghujan airnya tidak pernah menggenang.

Banyak yang beranggapan, air yang masuk ke dalam sumur ini langsung terserap tanah. Tetapi, ada juga yang mengatakan bila tempat ini terkoneksi dengan pantai selatan.

Menariknya lagi, Cadi Dadi belum pernah mengalami pemugaran sekalipun. Jadi, apa yang anda lihat adalah struktur bangunan asli.

Bila anda melalui Stasiun Tulungagung, Jarak yang harus di tempuh sekitar 9,1 km dengan estimasi waktu 20 menit. Tidak terlalu jauh bukan?

18. Pantai Popoh

tempat menarik di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/megafarisandi/

Alamat : Jalan raya Pantai Prigi, Watu Lino, Popoh, Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa TImur 66382.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Sewa Kano Mulai dari Rp 50.000,-

Mengunjungi Pantai Popoh adalah sebuah kewajiban, lantaran ada berbagai pesona yang menarik yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke sini adalah pemandangan alamnya yang luar biasa.

Udara yang dihasilkan sangat sejuk dengan nuansa yang berbeda dari kawasan lainnya. Maklum saja, di tempat inj masih banyak mitos tersebar

Seperti mitos ratu pantai selatan, hingga sebuah makam pemilik rokok retjo petung. Ada juga sebuah situs bersejarah bernama Retjo Pethung.

Jangan lupakan keindahan matahari terbenam yang membawa kesan romantis. Kurang lengkap rasanya bila mengunjungi kawasan ini tidak menikmati aneka kuliner lautnya yang masih segar dan menggoda.

Ada kepiting, udang, berbagai menu ikan, cumi, dan masih banyak lagi olahan laut yang disediakan khusus untuk anda.

Setelah perut terisi kembali, jangan lupa mampir ke pusat kerajinan marmer. Anda bisa melihat langsung bagaimana cara pembuatannya.

Pesona lain dari kawasan ini adalah hadirnya upacara tradisional di hari-hari tertentu. Anda bisa menyaksikannya secara langsung tanpa dipungut biaya tambahan.

Terakhir, anda akan disuguhkan dengan persewaan perahu kano. Mengelilingi pantai memang salah satu cara yang asik untuk menikmati keindahannya.

Jarak dari kota menuju ke pantai kurang lebih 30 kilometer dan memakan waktu sekitar 1 jam lebih. Bagi anda yang bingung, dimana arah dan rutenya.

Anda bisa memanfaatkan papan petunjuk yang selalu menunjukkan dimana letak objek wisata ini. Soal penginapan jangan ditanya, di sekitar pantai anda bisa mendapati berbagai macam penginapan dari harga yang murah sampai termahal.

19. Kampung Wisata Mulyosari

tempat wisata keluarga di Tulungagung
foto: https://travelingyuk.com

Alamat : Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Jam Buka : 06:00 – 22:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Spot Selfi Rp 2.000,-
Spot Foto 3D Rp 5.000,-

Seperti halnya di desa lainnya di berbagai kota. Kampung wisata mulyosari ini terbentuk karena, prihatin dengan kondisinya yang kotor dan kumuh tak terawat.

Menjelang bulan agustus, para warga ingin merubah desanya menjadi lebih bersih dan bagus demi menyambut kemerdekaan.

Para warga pun kerja bakti dengan cat rumah-rumah dengan warna-warni yang tak biasa. Tak lama kemudian, bupati tulungagung pun berkunjung dan terkesan dengan apa yang diusahakan oleh para warga.

Akhirnya, beliau memberikan uang sebesar 5 juta dan digunakan untuk membangun beberapa spot foto yang menarik seperti, yang anda saksikan saat ini.

Selain warna-warna nan menarik, anda juga bisa menikmati berbagai macam ornament nan menarik seperti sepedha onthel. Pengunjung udara kecil dan  masih banyak lagi.

Tidak hanya sampai disitu saja, anda juga akan disuguhkan dengan berbagai barang-barang bekas yang menghias langit-langit.

Tersedia pula fasilitas toilet, serta gambar mural-mural nan keren. Bagi anda yang haus akan foto, disini juga disediakan oleh spot foto 3D

Menuju ke objek wisata ini anda bisa turun di Stasiun Tulungagung. Kemudian, ikuti jalan kauman selama 30 menit dengan jarak 25 kilometer.

20. Pantai Patuk Gebang

obyek wisata di Tulungagung jawa timur
foto: https://www.instagram.com/bang_chelsea/

Alamat : Jengglungharjo, Tanggunggunung, Kabuapaten Tulungagung, Jawa Timur 66283

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata ini memang masih belum banyak yang mengenal. Sehingga, jangan kaget saat berkunjung ke tempat ini, Pantai Patuk Gebang terasa sangat sepi.

Sehingga, kawasan ini seperti milik anda sendiri. Daya tarik utama dari kawasan ini adalah pesona ombaknya yang cukup tinggi kurang lebih 15 meter hingga 20 meter yang terkena karang. Sehingga, seperti sebuah shower alami dan dijadikan sebagai ciri khas utama dari Pantai Patuk Gebang.

Air lautnya biru, memiliki pasir putih yang cukup lembut. Kedua sisinya, berdiri karang-karang yang tampak kokoh.

Bagi anda yang ingin menikmati pesonanya, disarankan untuk naik kendaraan bermotor saja. Karena, pada saat anda naik mobil anda tidak bisa mencapai titik lokasi.

Hanya bisa sampai pos ojek saja, Kemudian, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek yang harganya cukup mahal.

Bila anda ingin berjalan, waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam lamanya. Fasilitas di tempat ini pun sudah cukup mumpuni meliputi  toilet, musholla, dan beberapa warung makan.

Keunikan lain dari Pantai Patuk Gebang adalah kebersihannya bisa dikatakan juara, Jadi, sangat disarankan bagi anda yang berada di tempat ini membuang sampah pada tempatnya.

Mengunjungi objek wisata ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit dari stasiun Tulungagung. Jaraknya kurang lebih 36,1 km.

21. Giri Bolo

wisata Tulungagung dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/safirareginaazmitha/

Alamat : Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung

Jam Buka : 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Dewasa Rp 2.000,-
Tiket Masuk Anak-Anak Rp 1.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat foto di Tulungagung ini sebelumnya hanyalah sebuah tempat kumuh dan bekas prostitusi. Berada di area pemakaman warga tionghoa yang terletak di ketinggian 200 mdpl.

Saat ini Giri Bolo atau juga disebut dengan Gunung Bolo sudah ramah akan zona pariwisata dengan hadirnya gardu pandang.

Perpaduan sawah, hutan, dan Gunung Wilis menjadi pemandangan yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di titik ini.

Disini, anda akan disuguhkan dengan berbegai warung yang siap memanjakan lidah anda. Kurang lebih ada 22 pedagang yang menyajikan berbagai macam menu nan nikmat.

22. Candi penampihan

tempat wisata alam di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/zanmerry/

Alamat : Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66254

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Satu lagi peninggalan bersejarah candi yang dimiliki oleh Tulungagung. Asal-usul dari candi ini  berasal dari pembesar ponorogo yang ingin melamar Dewi Kilisuci. Beliau sudah membawa semua kebutuhan untuk melamar sang pujaan hati.

Tetapi, malang dikata di tengah perjalanan,  seorang kurir diutus untuk memberi tahu bahwa niat baik lamaran pembesar itu ditolak.

Sang pembesar yang kecewa dengan keadaan tersebut lantas mendirikan candi dan tinggal di tempat tersebut hingga ia meninggal.

Nama dari candi ini diambil dari kisah penolakan yang terjadi. Dimana, penolakan sama saja penampikan. Seiring berjalannya waktu, namanya pun berubah menjadi penampihan.

Disini juga ditemukan sebuah prsasati yang terbuat dari batu andesit dan pahatan tembaga. Selain penampihan, candi ini juga disebut dengan nama asmarabangun yang terinspirasi dari kisah asmara.

Selain bangunan candi, anda juga akan disuguhkan dengan arca dwarapala, dan arca shiwa, prasasti kuno dan juga  kolam kecil samudra Matana,

Ada dua kolam yang merupakan indicator keadaan pulau jawa. Baik di utara maupun di daerah selatan. Serta komplek gazebo yang bisa anda gunakan untuk istirahat.

Objek wisata ini terletak di atas ketinggian 815 mdpl di kaki Gunung Wilis. Suhunya sangat sejuk, membuat suasananya benar-benar menyenangkan sehingga, anda enggan untuk pergi.

Menuju objek wisata ini anda bisa memulainya dari stasiun Tulungagung. Jaraknya kurang lebih 29,3 km atau membutuhkan waktu 1 jam 6 menit.

23. Ranu Gumbolo

objek wisata di Tulungagung terbaru
foto: https://www.instagram.com/nuimgresik/

Alamat : Dusun Bantengan, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Jam Buka : 06:30 – 17:30

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week Day Rp 5.000,-
Tiket Masuk week End Rp 8.000,-
Sewa Hammock Rp 5.000,-
Sepeda Air Rp 15.000,- / Jam
Flying Fox Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Mengapa Ranu gumbolo bisa dikategorkan sebagai tempat menarik di Tulungagung? Jawabannya sangat singkat, dimana, tempat ini bisa dikatakan adalah replika dari  Ranu Kumbolo yang ada di pegunungan semeru.

Objek wisata ini di resmikan pada tahun 2016 lalu. Dimana anda bisa menyaksikan pemandangan yang esoktis.

Sebelum dijadikan sebagai objek wisata, kawasan ini  merupakan tempat penanggulangan banjir. Disini, anda bisa menikmati pepohonan yang menjulang tinggi, Menghadirkan suasana yang tak biasa di kawasan ini.

Disini, anda juga bisa menyewa hammock dan merasakan bagaimana rasanya menyatu dengan alam. Cobalah rasakan semilir anginnya yang perlahan berhembus lirih.

Selain itu, ada juga bisa menikmati sensasi bermain flying fox, dimana di bawah anda adalah air dengan warna hijau. Atau juga bisa bermain sepeda air dan menikmati suasana romantisnya.

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan adalah menangkap ikan tawar. Biasanya mereka menangkapnya dengan tangan atau kayu.

Nuansa di Ranu Gumbolo memang mampu menghipnotis semua orang. Sehingga, duduk-duduk di tepiannya saja, sudah sangat istimewa.

Terakhir, anda bisa menikmati malam di kawasan ini dengan mendirikan tenda-tenda di sekitar. Anda bisa mengurus perizinannya dengan mudah. Hanya saja, anda harus membawa sendiri tendanya dari rumah.

24. Pantai Sanggar

obyek wisata di Tulungagung jawa timur
foto: https://www.instagram.com/bettyksm_/

Alamat : Jengglungharjo, Kecamatan TanggungGunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66283.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Wisata baru di Tulungagung ini memang belum banyak wisatawan yang berkunjung. Sehingga, saat anda memutuskan untuk mengunjungi objek wisata ini, anda serasa berada di pantai milik sendiri.

Kondisinya masih sangat asri dan sejuk, ombaknya cukup besar jadi, disarankan untuk tidak mandi di sini.

Pantainya memiliki wana pasir yang benar-benar putih, siapa pun pasti betah berlama-lama di kawasan ini.  Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pesona indah karang-karang yang berjajar di setiap sudutnya.

Karang pemecah ombak ini memang menghadirkan siluet yang luar biasa indahnya saat momen matahari terbenam. Apalagi, langit-langit kota Tulungagung akan berubah menjadi oranye. Benar-benar pengalaman yang tidak akan pernah bisa anda lupakan.

Tidak hanya karangnya saja, anda jua bisa melihat pesona hewan-hewan seperti ikan dan bulu babi. Anda pun harus berhati-hati agar tidak mengenai bulu babi ini.

Anda juga bisa mendirikan tenda di tempat ini dan pada pagi harinya melihat betapa indahnya matahari terbit membawa sinar harapan dengan warna keemasannya.

Menuju objek wisata ini, anda hanya membutuhkan waktu 1 jam  15 menit melalui jalan raya boyolangu bila berangkat dari stasiun Tulungagung dengan jarak yang harus ditempuh 38,6 km.

25. Bukit Kura-kura

wisata Tulungagung dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/rppopie/

Alamat : Mojo, Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam Buka : 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Bukit ini terletak di dua kabupaten yaitu Tulungagung dan Kediri. Tetapi, wilayah wisatanya lebih banyak di Kediri. Sehingga, banyak yang menyebutkan Bukit kura-kura ini adalah bagian dari Kediri. Tetapi, anda juga bisa masuk kawasan ini dari Tulungagung.

Pesona yang disuguhkan kepada anda adalah gardu pandang yang menyenangkan. Hamparan pegunungan kelud bisa anda nikmati dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

Disini, anda bisa menikmati motor cross yang menghadirkan keseruan yang tak terhingga, sehingga, anda wajib datang ke tempat ini dan rasakan sendiri bagaimana sensasinya.

26. Splash Waterpark

tempat wisata alam di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/management_splash_waterpark/

Alamat : Jalan Raya Bendilwungu, RT.02, Rw.01, Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Jawa Timur

Jam Buka : 08:00 – 17:00

No. Telp : 0355 5250461

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week Day Rp 10.000,-
Tiket Masuk Week End Rp 15.000,-

Jangan kira Tulungagung tidak mempunyai waterpark yang mengesankan dan menawarkan berbagai macam keseruan untuk anda sekeluarga. Tempat wisata anak di Tulungagung ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Salah satunya 0,5 cm untuk anak-anak.

Kemudian, ada juga kolam dengan ukuran 1 meter dan 1,5 meter. Selain kolam renang anda juga bisa menikmati berbagai macam permainan yang seru dan menyenangkan.

Seperti, ember tumpah, Slice Cycle, race slide, Flying fox, aquarium besar dan masih banyak lagi keseruannya. Anda juga bisa menikmati musik electone yang dipersembahkan oleh pihak pengelola yang diadakan di hari-hari tertentu.

Ada peraturan yang wajib anda patuhi disini, yaitu tidak diizinkan membawa makanan dan minuman dari luar. Pesona terakhir adalah melihat cinema 9D. Bagaimana, masih enggan untuk berkunjung ke tempat ini?

27. Air terjun lawean

tempat wisata anak di Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/taufiqha_/

Alamat : Desa Geger, kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66254

Jam Buka :24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata ini terletak di titik 1200 mdpl atau berada di lereng gunung wilis. Sebelum memiliki dua aliran, objek wisata ini hanya memiliki satu aliran saja. Kemudian, dibuka alirannya sehingga, anda bisa melihat memiliki dua aliran.

Menurut kepercayaan warga sekitar, siapa yang mandi di tempat ini konon katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit lho.

Semua penyakit yang tidak bisa disembuhkan dipercaya dengan mandi disini bisa sembuh. Menariknya, tidak perlu waktu lama untuk proses penyembuhannya.

Entah benar ataukah tidak, namanya juga mitos masih harus dibuktikan lagi kebenarannya. Air terjun ini memiliki debit yang cukup deras. Sehingga, anda bisa menikmati pesonanya terjunnya dari kejauhan.

Suasana di kawasan ini memang cukup dingin tetapi, inilah suasana yang paling dinantikan oleh setiap wisatawan.

Menuju ke objek wisata ini anda harus menyiapkan fisik karena, harus berjalan cukup jauh. Keindahan hutan pinus dan mahoni pun terliahat di depan mata. Setelah melewati hutan ini, anda akan menemukan jurang-juramg yang menganga.

Menuju objek wisata ini, anda  bisa memulainya dari stasiun Tulungagung, kemudian berjalan melewati jalan raya karang rejo –sendang sejauh 30 km dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam 2 menit.

28. Jambooland Waterpark

tempat wisata keluarga di Tulungagung
FOTO: https://www.instagram.com/faysalantonio/

Alamat : Jalan Raya Sirabah No.1, Sirabah, Karanganom, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66261.

Jam Buka :

  • Senin Libur
  • Selasan – Minggu 08:00 – 17:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week Day Rp 25.000,-
Tiket Masuk Week End dan Hari Libur Nasional Rp 30.000,-

Waterpark selanjutnya di Tulungagung adalah Jambooland yang mempunyai luas sekitar 5 hektar. Disini, anda akan dihibur dengan berbagai macam ornament menarik dan permainan seru yang bakal memacu adrenalin anda.

Tempat wisata keluarga di Tulungagung ini mempunyai berbagai macam wahana seperti Roller Coaster yang siap mencopot jantung anda. Hanya saja, Roller Coaster ini hanya melintas setiap minggu saja.

Selanjutnya, ada  Kolam tumpah dan tong air. Biasanya, banyak pengunjung yang menunggu momen tong ini akan tumpah karena, telah penuh terisi air.

Kemudian, ada kolam arus, dimana anda bisa menikmati setiap sudut dari jambooland ini. Patung-patung, dan berbagai ornament keren  bisa anda nikmati dengan duduk diatas pelampung yang sudah disediakan.

Terakhir adalah body slide, dimana anda akan disuguhkan dengan beberapa papan seluncur yang mempunyai ketinggian dan kecepatan beragam.

Anda bisa memilihnya mana yang mungkin cocok dengan adrenalin anda. Berkunjung ke objek wisata ini tidak sulit. Anda hanya perlu turun stasiun Tulungagung. Jaraknya hanya 7 kilometer dengan estimasi waktu tempuhnya sekitar 15 menit

29. Pantai Sidem

tempat menarik di Tulungagung
FOTO: https://www.instagram.com/henynihlatulizzah/

Alamat : Popoh, Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Kesejukan akan langsung terasa saat anda masuk ke kawasan pantai ini. Dimana, hamparan pepohonan jati terlihat esoktis.

Selain itu, pasir nan halus dengan putih kecoklatan menambah daya tarik lain dari Pantai Sidem. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai obek wisata. Pantai Sidem juga dimanfaatkan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air.

Oleh karena, itu tidak jauh dari tempat ini ada sebuah bendungan yang mampu menghasilkan 30 megawat. Dibangun pada tahun 1994.

Selain itu, anda juga bisa melihat pesona karang dan tebing yang membuat tempat ini tidak boleh untuk tidak dikunjungi.

Tidak hanya sampai disitu, anda juga bisa melihat kapal-kapal yang berkeliaran kesana-kemari  menjadi kesan tersendiri.

Menuju pantai sidem bila anda berangkat bisa memulainya dari stasuin Tulungagung. Jalan yang harus anda lalui adalah jalan raya popoh. Waktu yang dibutuhkan adalah 50 menit dengan jarak tempuh mencapai 29 kilometer.

30. Alun-Alun Tulungagung

wisata Tulungagung hits
FOTO: https://www.instagram.com/alvaro_naval_verdianto/

Alamat : Jl. RA. Kartini, Kabupaten Tulungagung.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 1.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata yang tidak boleh lupa saat berkunjung ke tulungagung adalah Alun-alun Tulungagung.

Alun-alun ini juga dikenal degan nama Taman Kusuma Wicitra. Mempunyai berbagai macam fasilitas seperti musholla, jalur pijat refleksi, jalur sepatu roda, tempat bermain anak, tempat duduk dan taman.

Jangan lupa bila berkunjung ke tempat ini membawa kamera, karena perpaduan warna yang dihasilkan dari bunga-bunga yang tumbuh subur di sini, amat sayang dilewatkan begitu saja.

Suasananya benar-benar sejuk dan asri, terbukti dengan hadirnya beberapa burung merpati disini. Selain itu, Alun-Alun Tulungagung juga sudah dilengkapi dengan tugu yang terdapat lambang garuda pancasila.

Dibawahnya, ada kolam yang banyak ikan berenang disana. Selain itu, ada juga kolam bunga teratai yang menambah kesan tersendiri saat berada di tempat ini.

Bila anda turun di stasiun Tulungagung jaraknya hanya 500 meter saja. Melalui jalan jaksa agung suprapto dengan estimasi waktu 5 menit hingga 10 menit.

31. Pantai Lumbung

wisata Tulungagung hits
FOTO: https://www.instagram.com/namakudhani/

Alamat : Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Wisata Tulungagung hits ini mempunyai ciri khas utama yaitu adanya batu besar yang disebut dengan nama watu lumbung, atau batu raksasa.

Pantai ini memang masih sepi, selain itu ombak yang ada disini juga cukup besar. Sehingga anda harus berhati-hati bila bermain air disini.

Konon katanya, dahulu pernah ada yang terseret oleh ombak dan ditemukan meninggal dunia. Jangan takut untuk mengunjungi kawasan ini karena, keindahannya bisa membuat kalian terpesona.

Bila anda memulainya dari Pantai  kedung tumpang jaraknya kurang lebih 7,2 kilometer  atau membutuhkan waktu 23 menit.

32. Pantai Dadap

wisata baru diTulungagung
foto: https://www.instagram.com/novan_alfa97/

Alamat : Desa Gerbo, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur,

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Menuju ke Pantai Dadap, anda harus melewati Panti Coro terlebih dahulu. Kemudian, berjalan kurang lebih 20 menit lamanya.

Selama perjalanan anda bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Deburan ombaknya menghadirkan nyanyian alam yang menenangkan hati dan pikiran anda.

Objek wisata ini memang belum banyak yang menjamah. Tetapi, soal kebersihan Pantai dadap jangan ditanya, bersihnya minta ampun. Jadi disarankan untuk tetap menjaga kebersihan selama berada di tempat ini.

33. Pantai Coro

wisata baru diTulungagung
foto: https://www.instagram.com/yeniafrds/

Alamat : Reco Sewu, Popoh, Besole, Besuki Kabupaten Tulungagung, Jawa Tmur.

Jam Buka : 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Wisata terakhir yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Coro, dimana objek wisata ini mempunyai keindahan yang luar biasa.

Pantai pasir putihnya benar-benar mempesona membuat anda enggan untuk beranjak pergi. Keunikan lain adalah warna lautnya yang benar-benar menawan, perpaduan biru kehijauan.

Karangnya pun juga tidak kalah menawan dengan pemandangan bawah laut yang tumbuh dengan berbagai biota lautnya.

Makanan Khas Dan Oleh-Oleh

Makanan Khas Tulungagung
foto: https://www.instagram.com/roroasyu/

Setelah kita puas menjelajahi berbagai objek wisata saatnya kita mencicipi makanan khas Tulungagung. Salah satu yang paling dikenal adalah Ayam Londho.

Kuliner ini bila dilihat secara mendalam, terkstur dan bentuknya seperti gule. Hanya saja, ayamnya dipanggang terlebih dahulu.

Kemudian, disajikan dengan ketupat, lontong atau juga nasi. Untuk oleh-oleh khasnya, anda bisa mencicipi kue sagon.

Dimana, kue ini di buat dari tepung sagu, sedikit gurih dan manis. Harganya pun cukup murahhanya di banderol 10 ribu rupiah per bungkus.

Akhirnya, sekian dahulu mengelilingi tempat wisata di Tulungagung. Ayo jelajahi Indonesia dari sudut ke sudut karena, kau akan temukan keindahan yang sempurna didalamnya.

Review Wisata Tulungagung

100%
Banyak Tempat Indah
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.