Tempat Wisata di Wonosobo

Tempat wisata di Wonosobo sejak dahulu memang terkenal dengan wisata dieng saja. Tetapi, bila anda ingin menjelajah lebih dalam lagi kota ini mempunyai potensi yang cukup besar.

Panorama air terjunnya tidak kalah dengan Dieng. Apalagi, wisata agrowisatanya cukup ternama dan menawarkan sebuah pengalaman seru sehingga, jadi sebuah ikon wisata.

Kota Wonosobo sendiri didirikan pada 24 Juli 1825 usai dalam perang diponegoro. Dimana, kota ini dahulunya digunakan sebagai basis perang para pendukung Diponegoro.

Bila dilihat dari namanya dalam bahasa jawa Wonosobo atau wanasaba mempunyai arti  tempat berkumpulnya hutan. Kata ini di ambil dari bahasa sansekerta yang diberikan oleh 3 orang pengelana bernama kyai kolodete, kyai karim, dan kayi walik.

Menurut cerita rakyat beliau ini merintis dan membangun pemukiman di kota ini pada abad ke 17. Selanjutnya, kyai kolodete pindah ke dataran tinggi dieng, kyai karim ke daerah kalikeber dan kyai walik di daerah  kota/

Saat ini, Wonosobo sudah berkembang begitu pesat. Bahkan, makanan khasnya berupa mie ongklok pun sudah terkenal dan dikenal di hampir seluruh pelosok negeri.

Cita rasanya memang mampu menggoyang lidah anda tanpa henti. Dengan campuran sayuran kol daun kucai. kemudian, di dampingi dengan sate sapi, tempe kemul, dan keripik tahu yang leat menggoda.

Setelah kita mengetahui sedikit mengenai kota ini, saatnya kita menjelajah apa saja keindahan Wonosobo selain Dieng yang bisa anda jadikan daftar liburan. Mari kita lanjutkan perjalanan di bawah ini

1. Curug Sirawe

objek wisata di wonosobo jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/achmad.bustomi.rohim/

Alamat: Dusun Sigempol, Desa Pranten, Kecamatan Bawang,  Kabupaten Wonosobo.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata di wonosobo jawa tengah ini terletak di wilayah perbatasan antara kabupaten Wonosobo dengan kabupaten Banjarnegara.

Keindahan dari objek wisata ini terletak di suasanan air terjunnya yang sangat asri dan menyenangkan. Hamparan perkebunan sayur yang terletak di areal lereng perbukitan ini menjadi pesona yang tidak akan pernah terlupakan.

Perjalanan menuju ke curug ini, anda harus berjalan kaki kurang lebih satu kilo meter. Dengan rute yang cukup mengesankan mulai dari pemukiman warga hingga, jalan setapak dan bebatuan yang cukup licin dan bisa membuat anda terjatuh bila tidak berhati-hati.

Asal-usul dari objek wisata ini pun cukup menarik. Dimana, nama Sirawe diambil dari nama rawe yang keunikannya berasal dari  suhu airnya.

Dimana, anda bisa menikmati air panas dan juga air dingin sekaligus. Menarik sekali bukan, pesona yang akan anda dapatkan di tempat ini.

Terletak di atas ketinggian 2000 mdpl membuat Curug Sirawe mempunyai suhu yang sangat nikmat untuk dijadikan sebagai tempat liburan.

Konon katanya, tempat ini menjadi,  tempat persinggahan para dewa. Ada lagi cerita yang menceritakan bahwa, bebatuan candi yang ada di dieng juga diambll dari tempat ini.

2. Curug Winong

obyek wisata di wonosobo terbaru
foto: https://www.instagram.com/indrajaya97/

Alamat: Desa winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah, 56364

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata di wonosobo selain dieng selanjutnya adalah Curug Winong, Objek wisata  ini memang terlihat mempesona, dengan alirannya yang menyerupai sebuah seluncuran.

Menuju ke Curug Winong, anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit. Dimana, perjalanan menuju ke tempat ini sudah cukup halus dan nyaman untuk di lalui.

Tetapi, anda harus mempersiapkan fisik karena, setelah sampai di area parkir, anda wajib berjalan menuju ke titik lokasi kurang lebih 500 meter. Atau membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit.

Selama perjalanan anda akan ditemani dengan areal persawahan, nuansa hijaunya benar-benar membuat anda terpukau. Selain itu,  Hadir juga sungai kecil, kebun salak dan juga ladang warga nan elok.

Curug winong sendiri mempunyai tinggi kurang lebih 80 meter. Dengan sekelilingnya adalah ditumbuhi pepohonan-pepohonan yang akarnya, menjuntai ke tanah-tanah.

Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan berjalan ke atas. Melewati beberapa dinding batu, pada musim penghujan, jalur yang anda akan lalui benar-benar licin jadi, harus berhati-hati.

Fasilitas yang diberikan kepada Anda pun cukup lengkap mulai dari toilet, warung-warung yang menyediakan beberapa minuman dan juga makanan ringan.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa memulainya dari Alun-Alun Wonosobo. Jarak yang harus ditempuh 16,,5 km. Estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 36 menit hingga 45 menit.  Melalui jalan Ajibarang -Secang

3. Lobang Sewu

tempat wisata di wonosobo selain dieng
foto: https://www.instagram.com/titisbear/

Alamat: Juru Tengah, Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Obyek wisata di wonosobo terbaru ini memang menghadirkan keunikan tersendiri terletak di area waduk wadaslintag.

Bagi anda yang menyukai aktifitas memancing, tempat ini bisa anda jadikan alternatif. Biasanya, para warga akan datang pada pagi atau sore hari, hanya saja anda wajib membawa peralatan sendiri dari rumah.

Perlu anda ketahui bahwa, saat datang musim ikan. Tempat ini mampu menyumbang kurang lebih 1 kwintal ikan segar lho, menarik sekali bukan.

Nama lubang sewu sendiri terlihat saat air yang ada di kawasan ini mulai surut. Terlihat ribuan karang dan bebatuan yang seakan berlubang.

Sayangnya, objek wisata ini termasuk dalam wisata musiman. Karena, beberapa waktu, lubang-lubang yang ada disini akan tertutup air yang membludak.

Beberapa wisatawan pun menyebutnya sebagai grand canyon mini wonosobo.. Ada  beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan seperti area gazebo, bukit hijau, musholla, dan beberapa warung kecil yang sudah hadir menawarkan berbagai macam makanan kecil dan juga minuman.

Jangan cepat-cepat beranjak dari sini, karena pada saat senja datang anda bisa meikmati keindahannya. Kebersihannya pun sangat terjaga jadi, jangan sampai mengotorinya ya, buanglah sampah pada tempatnya.

Rute menuju ke Lubang Sewu bisa anda tempuh dari Alun-Alun kota Wonosobo melalui jalan Raya Prembun. Jarak yang ditempuh kurang lebih 45,4 kilo meter. Estimasi waktu yang anda butuhkan kurang lebih 1 jam 19 Menit.

4. Agrowisata Tanjungsari

tempat wisata di wonosobo dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/m.arifvianto92/

Alamat: Semunggang, Sedayu, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, 56373

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Agrowisata Tanjungsari wonosobo ini menghadirkan pemandangan nan elok khas kaki gunung. Hamparan pemandangan teh yang cukup luas menjadi sajian yang tidak boleh anda lewatkan.

Bagi anda yang datang ke sini jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni. Karena, keindahannya wajib anda  ambil melalui foto dan gambar.

Menikmati objek wisata ini anda akn ditawarkan beberapa fasilitas seperti, taman bermain anak, yang cukup banyak dan beragam. Ada lagi, area perkemahan yang sering dimanfaatkan untuk menikmati malam pada saat malam minggu atau malam libur.

Hanya saja, anda harus membawa tenda sendiri dari rumah karena, disini belum tersedia tempat persewaan tenda. Saat malam datang, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan memukau bintang-bintang yang mengesankan.

Manfaatkan pula, beberapa warung yang berdiri menghadirkan minuman berupa teh manis yang sangat nikmat. Teh ini merupakan hasil dari perkebunan rasanya begitu nikmat dan mempunyai bau yang cukup harum.

Ada pula sarana ibadah seperti musholla bagi anda warga muslim yang ingin melaukan ibadah sholat. Toilet pun juga tersedia dengan kondisi yang cukup bersih.

Ada pula sarana outbond  yang mampu anda manfaatkan untuk memacu adrenalin anda. Ada pula fasilitas campingground bagi anda yang ingin menikmati malam di tempat ini. Terakhir, yang bisa anda nikmati disini adalah kolam renang yang menyediakan berbagai macam keseruan.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa menempuhnya dari Jalan Raya Bengkok – Banjarnegara dari Alun-Alun Kota Wonosobo. Waktu yang ditempuh kurang lebih 30 menit dengan jaraknya mencapai 15,2 kilo meter.

5. Bukit Siloreng

tempat wisata baru di wonosobo
foto: https://www.instagram.com/abdaurizki/

Alamat: Hutan Kalidadap, Sumogede, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56365

Jam Buka: 07:00 – 18:00

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat Wisata di Wonosobo ini menghadirkan keindahan dari objek wisata berupa pepohonan hijau yang membentang luas nan elok.

Nuansanya sangat sejuk, sepertinya semua oksigen yang anda butuhkan berada di kawasan ini. Tidak hanya sampai disitu, Bukit Siloreng juga mempunyai berbagai macam spot foto yang wajib anda nikmati.

Jangan lupa untuk menikmati pesona matahari terbenamnya, bila anda beruntung, senja disini termasuk yang paling mengesankan di antara semua senja yang ada.

Menuju ke tempat wisata ini, anda bisa menempuhnya  dari Alun-Alun Wonosobo melalui jalan Raya Prembun. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam 32 menit dengan jarak yang dibutuhkan kurang lebih 45, 2 kilo meter.

6. Café Juminten

tempat wisata keluarga di wonosobo
foto: https://www.instagram.com/deni_aliviandi_/

Alamat: Jalan Mayor Kaslam No. 45, Ngepelan, Wonosobo Barat, Kecematan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311.

Jam Buka: 11:00 – 22:00

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Namanya memang lucu, seperti penjual jamu di desa yanga cukup terkenal.  Tetapi, kawasan ini bukanlah menghadirkan menu jamu. Hanya saja, tempat ini adalah cafe yang instagramable,

Di dalam tempat ini hadir beberapa gaya unik yang colorfull. Selain itu, anda juga disuguhkan dengan beberapa barang antik yang menawan hati.

Seperti Sepeda motor kuno, Bemo, serta Piano Kuno. Dari segi makanan, Cafe Juminten mempunyai berbagai macam menu mulai dari jawa, chinese dengan harga mulai dari 10 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Mulai dari iga bakar, kerang manis pedas yang benar-benar menggoyang lidah. Hadir pula lukisan-lukisan yang bisa anda jadikan sebagai salah satu spot nan menyenangkan.

Menuju ke tempat ini tidak jauh dari Alun-Alun Sidoarjo yang hanya bisa ditempuh dalam waktu 1,3 km. Sementara estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5 menit.

7. Curug Drimas

tempat wisata anak di wonosobo
foto: https://www.instagram.com/nandangpitoyo/

Alamat: Dusun Garungan, Desa Karangsari, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, 56373

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata baru di wonosobo ini memang belum terlalu terkenal seperti beberapa curug yang terletak di kawasan dieng.

Jalur yang dilalui pun cukup menguras tenaga karena, betapa sulitnya menuju ke objek wisata ini. Dari area parkir, anda membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

Air terjunnya pun mengesankan karena, terletak diantara beberapa pepohonan yang menjulang tinggi. Suasananya tampak sangat asri karena, belum ada wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Perjalanan menuju Curug Drimas yang cukup melelahkan itu pun, terbayar lunas dengan pesonanya. Ketinggian kurang lebih 60 meter, debitnya pun cukup deras sehingga, anda harus berhati-hati agar tidak basah.

Saat ini, sudah ada jalur baru yang bisa anda pilih, dimana jalur ini membuat perjalanan anda semakin mudah dan menyenangkan.

8. Gunung Beser

 tempat wisata di kota wonosobo
foto: https://www.instagram.com/wongarselo/

Alamat: Desa Lipursari, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Gunung beser atau yang  disebut dengan perbukitan beser ini memang tergolong masih baru dikalangan wisatawan.

Panorama alam wonosobo yang luar biasa, membuat anda wajib untuk mengunjungi kawasan ini. Salah satu keistimewaan dari objek wisata ini terletak di matahari terbenamnya yang akan mengubah dunia anda.

Langit-langit wonosobo terlihat berubah warna menjadi oranye. Menghadirkan pesona siluet yang sayang untuk anda lewatkan.

Beberapa fasilitas pun juga sudah di bangun seperti hadirnya area gardu pandang yang siap memanjakan mata anda dengan panorama alamnya. Gunung beser sendiri terletak di ketinggian 800 mdpl.

Di tempat ini, anda akan mendapati beberapa pedagang menjual berbagai macam aneka kuliner yang mempunyai cita rasa yang begitu nikmat. Cobalah mie ongklok yang menjadi unggulan bila berkunjung ke tempat ini.

Selain ada mie ongklok, anda juga akan disuguhkan dengan gula jawa yang menjadi oleh-oleh khas wonosobo. Menariknya, kedua makanan ini menjadi ikon wisata bagi Gunung Beser.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa menempuhnya dari Alun-Alun Wonosobo. Bisa melalui jalan Dieng dengan waktu tempuh 35 km. Dengan estimasi waktunya kurang lebih 1 jam 6 menit.

9. Gunung Prau

 tempat wisata di gunung dieng wonosobo
foto: https://www.instagram.com/priyanata/

Alamat: Titik Pendakian Banteng, Kantor Desa patak banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata di gunung dieng wonosobo ini memang menyajikan pesona yang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak wisatawan yang datang dan berkunjung ke kawasan ini untuk menyaksikan betapa megahnya matahari terbit dari puncak gunung prau yang memiliki ketinggian 2,500 mdpl saja.

Keistimewaan dari tempat ini adalah kawasan puncaknya yang digunakan sebagai tempat camping para wisatawan. Ada beberapa jalur yang bisa anda nikmati disini. Dimana keempatnya mempunyai track yang cukup menantang.

Anda bisa menempuhnya dari 4 titik pendakian. Nah, di kawasan wonosobo sendiri ada titik Banteng yang cukup menjadi titik pendakian favorit bagi seluruh  wisatawan. Waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam hingga 5 jam.

10. Puncak Seroja

 tempat wisata di gunung dieng wonosobo
foto: https://www.instagram.com/paawijaya/

Alamat: Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56353

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

wisata alam wonosobo ini memang cukup menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini menjadi tempat paling tepat untuk melihat telaga menjer.

Tidak hanya telaga menjer saja, disini anda bisa menikmati gagahnya gunung sindoro yang tampak gagah berdiri di depan mata anda. Tidak hanya sampai disitu saja, anda juga akan menikmati hamparan sawah di kanan dan kiri.

Disini, kita sudah disuguhkan dengan gardu pandang dan juga area spot foto yang memberikan pemandangan ciamik untuk mengabadikan foto dan gambar. Selain gardu pandang, anda bisa memanfaatkan rumah pohon dan juga tangga di tepi bukit.

Jangan lupa untuk mengunjungi Puncak seroja dan rasakan pengalaman yang berbeda dengan berbagai spot yang pasti bakal menawan hati anda.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa menempuhnya dari Jalan Dieng dengan waktu tempuh 60 menit dengan jarak 22 kilo meter.

11. Gunung Lanang

wisata wonosobo yang lagi hits
foto: https://www.instagram.com/wisatamergolangu/

Alamat: Desa Margolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Objek wisata selanjutnya adalah Gunung lanang yang mempunyai keindahan dan pesona yang tidak akan terlupakan. Walaupun, tinggi gunung ini sendiri hanya terletak di atas ketinggin 1.105 mdpl.

Konon katanya, ada sebuah mitos yang berkembang mengenai asal-usul dari Gunung Lanang ini. Dimana, dahulu ada seorang pemuda yang dikutuk oleh orang tuanya. Seorang pemuda terebut tetap mempertahankan cintanya kepada seorang perempuan.

Warga sekitar pun juga percaya bahwa gunung tampomas atau ada yang menyebut dengan nama gunung wadon ini adalah pasangannya.

Perjuangan akan terasa sangat lengkap karena, kawasan ini menjadi yang paling berbahaya. Dimana, banyak sekali petir yang terkadang menyambar tanpa henti. Jadi, jangan anda harus berhati-hati benar dan siap capek serta berkeringat deras.

Kawasan yang berbatasan dengan kabupaten purworejo ini memiliki keindahan matahari terbit yang benar-benar menyenangkan untuk dinikmati.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa menempuhnya dari terminal mendolo. Dengan waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 13 menit. jaraknya mencapai 30.9 kilo meter.

12. Kolam Renang Tirta Ria (Amerta)

lokasi wisata di wonosobo
foto:https://www.instagram.com/amerta_waterpark/

Alamat: Perumahan Mutiara persada, jalan kertek, kecamatan tumebelang, kabupaten Wonosobo.

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Week Day Rp 10.000,-
Tiket Masuk Week End Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Kolam renang Tirta Ria memang sering dikunjungi oleh wisatawan apalagi, bagi anak-anak disaat hari libur tiba. Kondisi airnya sendiri cukup jernih, membuat siapa saja yang datang ke sini pasti menyukainya. Tempat wisata anak di wonosobo terdiri dari dua kolam yaitu untuk dewasa dan juga anak-anak.

13. Pendakian Gunung Sindoro Via Pos Kledung

wisata alam wonosobo
foto: https://www.instagram.com/ichaladityadewangga/

Alamat: Jalan Raya Parakan – Wonosobo No.7, Sigaplok, Kledung, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

Objek wisata selanjutnya, adalah jalur pendakian menuju ke puncak sindoro. Bila, beberapa kawasan anda hanya bisa melihat kegagahannya, saatnya anda untuk mendakinya melalui rute kledung yang menjadi rute favorit para pendaki.

Pendakian dari titik base camp menuju ke pos 1 membutuhkan waktu 45 menit. Bila anda tidak ingin lelah terlebih dahulu, anda bisa menggunakan jasa ojek yang sudah tersedia di tempat ini.

Harganya pun cukup murah hanya 10 ribu saja untuk sekali perjalanan. Selanjutnya, dari titik 1900 mdpl anda harus melewati berbagai macam rintangan kurang lebih selama 2 jam untuk berdiri di titik 2,120 mdpl atau berada di pos 2.

Perjalanan menuju pos 3 jangan anggap mudah, track menanjak tanah datar harus siap anda lahap. Dari sini, perjalanan menuju ke titik 2.530 membutuhkan waktu 3 samapi 4 jam lamanya.

Kebanyakan para pendaki mendirikan tenda di pos ini. Kemudian, esok hari melanjutkan perjalanan untuk menikmati bagaimana sang fajar terbit dengan membawa harapan.

Awal dari pos 3 ke pos beriutnya, anda akan melewati hutan lamtoro, kemudian menikmati pada eidelweis yang benar-benar menawan. Di sebelah timur dari puncak, anda akan disuguhkan dengan pesona bibir kawah yang sangat menawan.

14. Alun-Alun Kota Wonosobo

agrowisata wonosob
foto: https://www.instagram.com/dee_cimot/

Alamat: Jalan Pemuda No.2, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, jawa Tengah 56311

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Tempat wisata keluarga di wonosobo ini memang bisa dibilang sangat merakyat. Seperti kita ketahui bahwa alun-alun adalah tempat berkumpulnya berbagai macam wisatawan dari berbagai daerah.

Biasanya, alun-alun mencerminkan bagaimana keindahan kota tersebut, semakin cantik alun-alunnya maka, semakin cantik pula zona pariwisata yang ditawarkan di dalamnya.

Bagi sebagian besar wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini, mereka akan setuju bila Alun-Alun wonosobo ini adalah yang terindah dan menjadi ikon pariwisata bagi wonosobo.

Terdapat ruang terbuka publik yang sudah ditata sangat rapi dan dirawat dengan baik. Tidak hanya untuk jalan-jalan saja, beberapa warga pun memanfaatkannya untuk berolahraga.

Untuk meningkatkan pariwasata dan kunjung ke alun-alun ini, setiap minggu pagi pemerintah mengubah kawasan ini menjadi pusat perbelanjaan. Menghadirkan berbagai macam sajian kuliner dan juga oleh-oleh khas yang bisa anda nikmati.

15. Goa Jaran

 wisata di wonosobo
foto: https://www.parapsikologi.co.id

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

lokasi wisata di wonosobo ini memang belum memiliki nama setenar goa-goa yang ada di pacitan. Konon katanya goa disini dijadikan sebagai tempat untuk semedi atau bertapa khususnya untuk kau hawa.

Objek wisata ini dianggap sebagai tempat paling tepat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa. Menariknya lagi, walau tempat ini penuh dengan nuansa mistis saat anda mau masuk ke tempat ini tidak perlu didampingi juru kunci.

Objek wisata ini merupakan simbol kesuburan hal itu diperkuat dengan adanya patahan patung yang berwujud wanita yang membawa bunga. Patung ini dipahat dan diletakkan di depan mulut goa.

Tempat ini sendiri sering disebut dengan nama kendaliseto. Konon cerita, dahulu ada sebuah kuda atau jaran yang berteduh di tempat ini saat hujan.

Kemudian, saat kuda tersebut keluar, tiba-tiba saja jaran itu pun hamil. Oleh karena itu, Goa ini pun disebut dengan goa jaran.

Setelah kejadian ini, mitos pun berkembang dimana, bagi mereka yang sudah berkeluarga tetapi, masih saja tidak dikaruniai anak. Maka, bisa berkunjung ke tempat ini untuk mendapatkan keturunan.

Entah benar ataukah tidak namanya juga sebuah mitos. Semuanya akan kembali lagi kepada kita sendiri.

16. Pemandian Air Panas Kalianget

wisata dieng wonosobo
foto: https://www.instagram.com/hannarizkiutami/

Alamat: jalan wonosobo – Dieng Km 3, Desa kalianget, kabupaten wonosobo, Jawa Tengah 56365

Jam Buka: 07:30 – 17:00

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil dan Sewa Ban Rp 5.000,-

Wisata wonosobo yang lagi hits ini berupa pemandian air hangat yang pastinya membuat anda merasa nyaman dan rileks. Meruntuhkan segala beban yakibat menumpuknya pekerjaan atau berbagai masalah yang datang silih berganti.

Berada di pemandian air panas kalianget, anda tidak perlu takut, tidak kebagian tempat parkir karena, tersedia lahan yang sangat luas.

Di dalam air hangat ini tersedia kandungan belerang yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Tersedia dua kolam yang bisa anda manfaatkan. Kolam pertama khusus untuk anak-anak dan kolam kedua khusus untuk orang dewasa.

Nah, bagi anda yang kurang puas berendam di kola mini. Anda bisa menikmatinya di dalam kamar mandi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati saat mengunjungi objek wisata ini adalah arena olahrga seperti halnya lapangan tenis.

Selain, kolam air hangat, disini juga disediakan kolam renang biasa dengan wahana ember tumpah yang menghadirkan keseruan untuk anak-anak anda.

17. Waduk Wadaslintang

wisata wonosobo yang lagi hits
foto: https://www.instagram.com/vann_low/

Alamat: Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Diantara semua keindahan yang ada di Wonosobo, jangan lupa mengunjungi waduk wadaslintang yang menjadi ikon tak tergantikan. Kawasan ini sangat menarik dengan suhu dan udara sejuk menjadi daya tarik yang tidak sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di kota wonosobo juga disebut dengan danau toba mini lantaran, luas yang mencapai 196 kilometer persegi. dan keindahannya hampir menyerupai. Waduk ini sendiri mulai dibangun pada tahun 1988.

Menariknya, untuk pembangunan waduk ini, pemerintah harus memindahkan kurang lebih 7 ribu penduduk desa yang terdiri dari Sembilan desa yang berada di sepanjang perbatasan antara wonosobo dengan kebumen.

Daya tamping dari waduk wadaslintang sendiri mencapai 443 juta meter kubik.  Fungsi dari dibangunnya objek wisata ini selain sebagai wadah air, juga digunakan sebagai pengairan dan juga pariwisata yang tidak boleh dilewatkan.

Spot yang menarik yang bisa anda nikmati disini adalah hutan  pinus yang mengelilinginya. Serta jajaran pegunungan yang terlihat begitu mempesona mata.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa menempuhnya dari alun-alun kota wonosobo. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 56,5 kilo meter. Estimasi waktunya kurang lebih 1 jam 47 menit.

18. Kebun Teh Tambi

obyek wisata tambi wonosobo
foto: https://www.instagram.com/fikryislamy/

Alamat: Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Paket ekskulif Min 20 Rp 600.000,- – Rp 800.000,-
Paket Rombongan Min 10 Rp 300.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

Rekomendasi terakhir untuk anda sangat mengunjung wonosobo adalah obyek wisata tambi wonosobo. Menawarkan keindahan yang tidak akan pernah anda lupakan tentang kebun teh yang sejuk dan menyegarkan.

Konon katanya, kebun teh tambi ini merupakan peninggalan dari belanda yang didirikan pada tahun 1865. Terletak di Desa Tambi, Kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Objek wisata ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu pedagah dan tanjung yang mencapai 830 hektar dan wilayah Tambi sendiri dengan luas mencapai 270 hektar. Perkebunan ini terletak di ketinggian 1400 mdpl hingga 2100 mdpl.

Bagi anda yang ingin menikmati para pemetik teh yang sedang melakukan aktifitas memetik tehnya, maka datanglah kurang lebih pada pukul 6 pagi hingga pukul 12 siang. Keindahan yang ditawarkan disini adalah pesona outbond atau juga gathering yang sering dilakukan oleh wisatawan.

Anda juga bisa masuk ke dalam pabrik melihat secara langsung bagaimana pembuatan dan pengolahan dari daun menjadi teh yang siap saji.

Jangan lupa untuk menikmati sedapnya teh tambi yang sudah terkenal sejak lama di beberapa warung yang berada di sekitar perkebunan. Anda juga bisa membeli teh yang sudah diproduksi dengan harga yang cukup murah

Paket eksklusif ini anda  akan di ajak untuk berkeliling mengetahui segala aktifitas di perkebunan. Serta menikmati sajian games seru yang diadakan oleh pihak pengelola.

19. Telaga Menjer

objek wisata di Wonosobo terbaru
foto: mhttps://www.instagram.com/tyo_bryanizer/

Alamat: Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56353

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Biaya Sewa Perahu Rp 15.000,–Rp 25.000,-
Spot-spot Selfy Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

20. Telaga Warna

Wisata Wonosobo Hits
foto:https://www.instagram.com/sarirhmdhni/

Alamat: Dieng, Kejajar, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354

Harga yang Ditawarkan
Tiket Masuk Rp15.000,-
Tiket Masuk Akhir Pekan/Hari Libur Rp25.000
Paket Rombongan Min 10 Rp 300.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

21. Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Setelah puas mengelilingi objek wisata di Wonosobo, anda wajib membeli oleh-oleh  khas sebelum pulang ke rumah.

Seperti Kacang Dieng, keripik jamur yang merupakan olahan industri rumahan. Sagon , olahan tepung yang sudah cukup dikenal oleh wisatawa di berbagai daerah dan opak singkong yang harganya bisa dibeli mulai dari 10 ribu rupiah.

Akhirnya, inilah akhir dari perjalanan kita menjelajah berbagai tempat di Kota Wonosobo yang kian mempesona. Bagaimana dengan tempat wisata di wonosobo ini?

Tidak kalah mengesankannya dengan Dieng bukan? Kalau anda mengunjungi kota ini, mana yang akan anda pilih masuk dalam daftar liburan anda?

Review Wisata Wonosobo

100%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.