4 Tempat Wisata Pantai di Ambon Terindah

Pantai di ambon – Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang diantaranya pulau besar dan kecil. Beberapa pulau ada yang membentuk sebuah provinsi seperti NTT, NTB, Riau dan Maluku. Ada juga kawasan pulau yang bergabung dengan provinsi lain. Setiap daerah pasti mempunyai keindahan alam yang patut untuk dieksplor, seperti tempat wisata pantai di ambon.

Ambon yang merupakan pulau kecil yang menjadi pusat pemerintahan provinsi Maluku menyimpan panorama laut yang eksotis. Mungkin beberapa tempat wisata pantai ambon belum begitu terkenal. Sebab wisatawan sedang tertarik untuk mengeksplor keindahan Papua dan Nusa Tenggara, sedikit menggeser Bali yang telah menjadi ikon pariwisata dunia.

Daftar Pantai Di Ambon

Berikut ini adalah daftar tempat wisata pantai di ambon dan sekitarnya.

1. Pantai Liang

pantai liang ambon
foto: https://www.instagram.com/ajieyoga_/

Pantai liang terletak di Jl provinsi, Liang, Salahutu, Maluku Tengah. Salah satu alasan harus mengunjungi pantai liang ambon ialah biaya kontribusi yang sangat murah. Per orang hanya dikenakan tarif sebesar 3.000 IDR. Waktu operasional tempat wisata ini selama 24 jam. Tetapi sebagian besar pengunjung memadati pantai pada pagi dan siang hari.

Sayangnya biaya parkir tergolong cukup mahal. Kontribusi parkir motor sebesar 5.000 IDR, sedangkan untuk tarif kontribusi parkir mobil sebesar 10.000 IDR. Akan tetapi jika dibandingkan dengan kontribusi tempat wisata pantai lainnya yang mempunyai kontribusi ( termasuk biaya parkir) sebesar 10.000 IDR, sebanding. Bahkan total biaya di pantai liang lebih murah.

Sekedar tips bagi yang hendak mengunjungi pantai ini, sebaiknya membawa bekal sendiri. Karena pengelolaan pantai belum maksimal dan hanya menyediakan fasilitas seadanya dengan mengandalkan panorama lautan serta pesisir yang masih ditumbuhi pepohonan. Dapat juga menyewa karpet untuk duduk bersantai.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan di tempat wisata ini ialah berenang, hunting foto, diving hingga snorkeling. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga cukup aman beraktivitas di dalam air.

2. Pantai Ora

pantai ora ambon
foto: https://www.instagram.com/ahmad_hasanela/

Pantai Ora mungkin satu-satunya tempat wisata panta yang paling favorit bagi sebagian besar wisatawan lokal maupun asing. Hal ini disebabkan karena tidak adanya kontribusi biaya masuk, dengan kata lain gratis. Hal lain yang menarik dari pantai ora ambon perpaduan antara tradisional dan modern.

Wilayah pantai ora adalah tempat tinggal dari beberapa suku primitif, seperti suku Alifuru dan Hoaulu. Suku tersebut masih mempertahankan kebudayaan dengan hidup secara tradisional serta mengunci modernisasi.

Sedangkan nuansa modernisasi, terdapat sebuah resort mewah yang selalu penuh. Sehingga harus melakukan reservasi terlebih dahulu di jauh-jauh hari. Resort tersebut adalah Ora Beach Resort. Meskipun tarif menginap sangat mahal, hal itu sebanding dengan pelayanannya. Apabila ingin bermalam, tidak harus menginap di resort tersebut. Para wisatawan dapat berkemping atau menginap di pemukiman penduduk.

Untuk fasilitas lain yang tersedia di tempat wisata ini ialah akses snorkeling. Para wisatawan dapat mengeksplorasi kehidupan bawah laut yang ekosistemnya masih natural. Di area pantai juga terdapat sebuah gua. Gua tersebut melengkapi nuansa alam. Sebaiknya tidak lupa untuk mencicipi kuliner khas Ambon, yaitu olahan sagu. Biasanya sagu disediakan bersama ikan kering. Dari segi penampilan mungkin agak kurang higenis, tetapi rasanya tidak kalah dengan kuliner nusantara lain.

Letak pantai ora berada di Jl Kabupaten, Seram Utara, Maluku Tengah. Sedangkan akses lokasinya kurang strategis sebab harus melewati jalur udara, daratan dan lautan. Penyebab utama transportasi cukup sulit, terbatasnya peminat untuk mengunjungi kawasan tersebut.

3. Pantai Namalatu

pantai namalatu ambon
foto: https://www.instagram.com/michaelaanthea/

Provinsi Maluku yang menyediakan panorama alam pantai yang cukup eksotis, namun sebagian besar tarif kontribusinya dikenal cukup murah. Seperti halnya dengan pantai namalatu ambon. Pantai yang berlokasi di Ds Batulahat, Nusawine, Ambon hanya membandrol tarif kontribusi masuk hanya 5.000 IDR.

Ada beberapa hal menarik lainnya dari pantai ini. Dibalik nama Namalatu yang diambil dari bahasa Ambon yang berarti raja.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga sederhana, namun cukup memadai. Hanya fasilitas umum beserta beberapa spot yang menyediakan sensasi untuk mengeksplorasi alam namalatu beach ini. Dapat juga mengelilingi laut dengan perahu bebek.

Dari beberapa fasilitas yang tersedia, fasilitas yang paling menarik adalah spot alam bawah laut. Ekosistem bawah laut sangat kompleks, baik flora dan fauna. Bahkan dapat dijumpai ikan mandarin di dalam perairan lautnya. Fauna menarik lainnya yang dapat dijumpai adalah siput pelangi tanpa cangkang. Hewan tersebut merupakan salah satu hewan yang sangat langka.

Tempat wisata namalatu beach juga dilengkapi dengan jajaran penjual yang menyediakan kuliner khas setempat. Seperti pisang ijo, sagu gula, kuyabu kasbi dan lain – lain. Fasilitas homestay juga tersedia bagi para wisatawan yang hendak bermalam.

Waktu yang tepat mengunjungi pantai ini pada pagi atau siang hari. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya transportasi umum selepas pukul 17.00 WIT. Namun aksesnya sangat mudah dan cukup memadai.

4. Pantai Natsepa

pantai natsepa ambon
foto: https://www.instagram.com/kenapaenggaofficial/

Ada sebuah wisata pantai ambon yang konon tersirat sebuah kisah yang sangat menarik dan telah dipercaya oleh sebagian besar orang. Terdapat suatu mitos yang telah beredar luas. Jika berendam di pantai ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti flu, demam dan lain – lain. Sampai saat ini belum terdapat fakta ilmiah mengenai keberadaan mitos tersebut.

Keadaan laut di pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang. Sehingga aman digunakan melakukan aktivitas bawah air, seperti berenang, snorkeling hingga berkeliling lautan lepas. Kehidupan flora dan fauna sangat terjaga dengan baik dan sangat natural. Sedangkan untuk mengeksplorasi laut dengan transportasi laut, dapat menggunakan perahu tradisional maupun banana boat. Untuk tarif sewa transportasi laut dibandrol mulai dari 40.000 IDR per jam.

Selain pemandangan alam pantai dan bawah laut, ada pemandangan yang menarik lainnya. Hal itu adalah aktivitas penduduk setempat. Pada senja hari, beberapa penduduk akan melakukan aktivitas di pantai, seperti bermain bola. Bagi yang berniat, bisa juga bergabung bermain.

Untuk menikmati wisata natsepa beach cukup terjangkau. Tarif kontribusi masuk hanya dibandrol 3.000 IDR. Sedangkan tarif parkir motor sebesar 5.000 IDR dan mobil 10.000 IDR. Waktu yang tepat mengunjungi pantai ini pada hari minggu sore. Pada waktu itu pantai akan penuh hanya untuk hunting kuliner lokal. Kuliner tersebut adalah rujak es kelapa muda natsepa. Harga satu porsi rujak es kelapa muda natsepa hanya 15.000 IDR.

Lokasi pantai natsepa berada di Suli, Salahutu, Maluku Tengah. Untuk waktu operasional setiap hari pada pukul 06:00 WIT-21:00 WIT. Aksesnya tidak begitu sulit dan dapat ditempuh menggunakan transportasi umum.

Peta Wisata Pantai Ambon

Ulasan Sebelumnya:

Daftar dari tempat wisata pantai di ambon tersebut tergolong tempat wisata murah. Sayangnya transportasi yang kurang memadai membuat keberadaan dari pantai-pantai eksotis tersebut kurang dikenal. Walaupun telah banyak orang yang mengetahui suasana alam ambon sangat mengesankan.

Review Wisata Pantai Ambon

90%
  • Keindahan Wisata
  • Fasilitas Wisata
  • Akses menuju Lokasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.