4 Tempat Wisata Pantai di Bontang Yang Mempunyai Pemandangan Indah

Tempat Wisata Pantai di Bontang bisa menjadi pilihan setelah rutinitas dan kesibukan kerja yang menguras tenaga. Sesekali kita butuh rehat sejenak dan menikmati keindahan alam sang pencipta. Seperti kata penulis Marcella FP dalam postingan instagram miliknya “Kerja terus, apasih yang dikejar?”. Lelah kerja seharusnya bukan mengeluh.

Kebanyakan mengeluh, bikin tambah penuh. Lebih baik hilangkan kejenuhan dengan berlabuh di pulau-pulau yang pastinya tidak kumuh. Dimana lagi kalo bukan di tempat wisata pantai Bontang, Kalimantan Timur.

Daftar Tempat Wisata Pantai di Bontang

Berikut beberapa pantai yang harus kamu ketahui jika pergi ke kota Bontang, Kalimantan Timur:

1. Pantai Pulau Beras Basah (Beras Basah Island )

wisata pantai di bontang
foto: https://www.instagram.com/endramawan/

Wisata Pantai pulau Beras Basah adalah pantai paling ramai dikunjungi. Pantai yang sangat recommended untuk liburan. Ibaratnya Thailand, Pulau Beras Basah seperti pulau-pulau di Krabi, yang eksotis dan menyegarkan mata. Pantai paling populer diantara pantai lain.

Pemandangan yang disajikan tidak membuat kamu kecewa. Akses untuk menuju pantai juga tidak sulit.Kamu sangat bisa menggunakan transportasi umum dari kota Bontang. Atau untuk mempermudah segalanya, lebih baik kamu menyewa kendaraan, apalagi kamu pergi dengan gengs mu. Liburan ramai-ramai memang lebih asik. Selain punya teman untuk struggle, kamu juga bisa membagi biaya liburan dengan temanmu.

Sedikit bocoran nih tentang rute yang harus kamu tempuh untuk menuju ke pulau Beras Basah. Pantai ini terletak di Selat Makassar bagian Timur. Pantai ini termasuk pantai di Kota Bontang. Akses yang sering dipilih oleh kebanyakan wisatawan adalah melalui Dermaga Badak NGL. Kamu butuh waktu 15 menit menggunakan speedboat untuk sampai di pulau Beras Basah.

Atau kalo kamu ingin menikmati suasana laut lebih lama. Kamu bisa memilih dermaga Tanjung Limau dan Dermaga Tanjung Laut dengan menggunakan kapal kecil bermesin. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam. Untuk harga sewa kapal berkisar Rp.400.000 – Rp. 600.000,- pulang pergi.

Gimana sih suasana di pulau Beras Basah? Dan ada apa saja disana? Emang lebih baik kita mencari tahu tentang tempat yang akan kita kunjungi agar hasil yang didapat sesuai dengan ekspektasi. Pantai di daerah Bontang ini, sudah banyak yang meriview. Selain spot hunting foto yang Instagramable, suasananya juga cocok untuk menghilangkan penat bising dan gaduhnya suasana kota.

Sedikit gambaran suasana di pantai Beras basah yaitu terdapat tulisan besar nama pulau. Pasir putih yang tergelar lebar, ombak yang tenang cocok untuk wisata snorkeling atau hanya sekedar berenang dan bermain air. Pohon kelapa yang berjejer dan melambai-lambai, pemecah ombak salah satu spot favorit dijadikan background foto. Mercusuar yang menjulang tinggi, ayunan untuk bersantai, dua jembatan panjang dari kayu, dan warung makanan dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp.15.000,- sampai Rp.30.000,-

2. Pantai Indah Teluk Kaba

pantai di kota bontang
foto: https://www.instagram.com/exotickaltim/

Mungkin pantai ini bisa disebut sebagai surga tersembunyi bagi wisata di Bontang, terutama bagi Taman Nasional Kutai. Pemandangan yang asri, suasana yang sunyi, dan hamparan pasir bersih tanpa sampah memberikan kesan seperti dunia milik berdua. Kalau kamu suka suasana yang tenang, pantai ini cocok untuk kamu.

Kamu bisa merasakan benar-benar quality time dengan diri sendiri atau rombongan.Jadi, yuk jadian? Ah, sesimple itu menggambarkan salah satu pantai Bontang Kaltim ini. Kamu bisa menyatu dengan alam. Rugi kalau hanya sekedar singgah. Lokasinya sangat cocok untuk piknik atau camp.

Tetapi, kamu harus mempersiapkan semua kebutuhanmu. Karena tidak ada warung atau penjual di sekitar pantai. Tenda, pancing, sleeping bed, makanan, dan senjata pelindung jangan sampai tertinggal. Pancing bisa kamu gunakan untuk memancing ikan dan hasilnya bisa dimakan bersama.

Senjata pelindung digunakan untuk berjaga-jaga jika kamu kedatangan tamu binatang buas seperti buaya. Karena pantai ini masih terlalu muda dijamak pengunjung. Dan jangan heran jika suasana liburanmu bisa saja ditemani rusa-rusa lucu. Biasanya rusa tersebut akan datang ketika air mulai surut. Ohiya, dipantai ini juga terdapat camp bagaimana kehidupan orang hutan.

3. Pantai Marina

pantai di daerah bontang
foto: https://www.instagram.com/dwianadidit.ap/

Pantai ini adalah pantai milik PT. Badak NGL. Sama seperti pantai lain di Bontang, pantai ini juga memiliki pasir yang putih. Jejeran pohon kelapa menambah indah pemandangan. Jalan lurus yang dikelilingi pepohonan tinggi menciptakan suasana seperti berada di kebun pinus.

Warna biru air laut juga menyatu dengan langit, terutama ketika cuaca cerah. Selain itu, akses menuju pantai juga tidak sulit.Namun, sangat disayangkan karena terdengar kabar bahwa pantai ini tidak untuk umum. Kawasan pantai marina ini adalah kawasan migas, oleh karena itu pantai ini masih menjadi polemik.

Seperti yang kita ketahui, migas cukup berbahaya untuk wisatawan. Hal tersebut tidak membuat pantai ini tidak berpengunjung. Terkadang, masih digunakan untuk kegiatan karyawan PT. Badak NGL.

4. Pantai Pulau Gusung

pantai baru di bontang kaltim
foto: https://www.instagram.com/irvanwvisual/

Nah, bagi kamu yang mencari pantai baru di Bontang, pantai Pulau Gusung salah satunya. Pantai ini baru beroperasi beberapa tahun lalu. Pulau ini terletak di kelurahan Guntung, kecamatan Bontang Utara. Kau bisa lewat pelabuhan Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau atau di Bontang Kuala. Dengan menggunakan speedboat, butuh waktu 20-25 menit untuk mencapai pulau Gusung.

Pulau dengan jumlah penduduk sekitar 300 kepala keluarga ini bermata pencaharian nelayan. Kesehariannya mereka sibuk bekerja, sehingga pengembangan objek wisata juga belum 100%. Kamu masih harus membawa makanan sendiri. Tetapi, pulau ini adalah surganya untuk orang-orang yang hobi memancing.

Wisatawan bisa memancing dan membakar ikan hasil pancingannya. Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan hanya lapangan volley yang dikelola oleh LPM setempat. Baik pantai maupun warga disini sangat ramah. Air laut juga tidak kalah biru. Dan jangan khawatir dengan spot foto, karena terdapat beberapa rumah baru yang dibangun sangat instagramable banget.

Iya, ini tempat cocok banget buat kamu yang berjiwa sosial, liburanmu akan sangat berfaedah. Kamu bisa belajar dari nelayan dan warga setempat serta menggali ilmu tentang bagaimana berlayar atau kehidupan berlayar.

Liburan memang bukan kebutuhan pokok, seperti sandang pangan dan papan. Tetapi untuk memenuhi kebutuhan itu kita membutuhkan liburan. Berhenti sejenak, tarik nafas dan hembuskan. Beri asupan rohani, selain agama. Wisata pantai di Bontang, bakal memuaskanmu. Siapkan notebook mu, catat nama-nama pantai di atas. Jangan lupa membawa sandal jepit jika liburanmu di pantai. Akan sangat menyusahkan jika kamu menggunakan sepatu. Selain itu, Harga sandal jepit juga cukup mahal di kawasan wisata.

Oh iya, agar kecantikanmu tetap terjaga, kamu wajib menggunakan Sun Block. Agar tidak berkurangnya rasa percaya diri setelah liburan hanya karena kulitmu bermetamorfosis.  Jika pantai belum menjadi pilihan yang tepat, kamu bisa memilih tempat wisata lain di Bontang. Sama seperti kota wisata lain, Jogja atau Bandung. Bontang juga memiliki variasi tempat wisata hits lainnya. Baik itu wisata air atau tempat bersejarah. Diantaranya yaitu Botan Mangrove Park dengan hamparan pepohonan dan jembatan panjang, yang diperindah dengan kombinasi warna-warni pagarnya.

Peta Wisata Pantai Bontang

Ulasan Sebelumnya:

Bontan Kuala yang juga menjadi daya tarik andalan untuk wisatawan karena memiliki sungai Belanda. Selanjutnya yaitu Selangan City dan Segajah Island. Selamat berlibur, semoga tempat wisata pantai di Bontang dapat mengisi liburan yang ceria.

Review Wisata Pantai Bontang

93%
  • Keindahan Wisata
  • Fasilitas Wisata
  • Akses menuju Lokasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.