Menikmati Spot Wisata Gunung Semeru dan Puncak Mahameru

Wisata gunung semeru menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang sangat populer dikalangan masyarakat. Bagi masyarakat yang gemar mendaki, puncak gunung Semeru banyak dijadikan sebagai salah satu gunung yang harus dikunjungi. Selain karena pemandangan yang indah, Puncak Mahameru menyimpan jalur pendakian yang menantang adrenalin.

Gunung Semeru memiliki ekosistem kawanan  awan yang indah dan flora fauna yang masih lengkap. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dan memiliki puncak gunung terindah yang banyak disebut sebagai puncak Mahameru. Dengan luasnya yang mencapai 50.273 hektar, lokasi ini menjadi tempat berdirinya gunung-gunung lain seperti Bromo dan gunung Batok.

Gunung Semeru masih berada di lingkungan Taman Nasional Bromo dan berhasil mengalihkan perhatian jutaan  pendaki untuk menaklukan gunung tersebut. Di gunung tersebut anda akan menemukan berbagai jenis satwa, flora dan  fauna langka seperti edelweiss, endemic Semeru, anggrek dan lain sebagainya. Kedua hal tersebut seringkali dijadikan sebagai alasan untuk menaklukan tantangan pendakian gunung Semeru hingga ke puncak Mahameru.

Objek wisata tidak hanya ramai dikunjungi oleh para pendaki saja, tetapi juga oleh seluruh lapisan masyarakat. Banyak masyarakat yang berkunjung untuk mengikuti pelaksanaan upacara sesaji yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Shiwa. Bagi penganut agama Hindu, gunung semeru merupakan Bapak Gunung yang banyak memberikan berkah keselamatan.

Sejarah Gunung Semeru

Sejarah Gunung Semeru
foto: https://www.instagram.com/shamroslee/

Destinasi ini memiliki puncak yang sering disebut sebagai puncak Mahameru. Untuk pertama kalinya, puncak mahameru ditaklukan oleh seorang pemuda yang berasal dari Belanda pada tahun 1838. Kemudian pada tahun 1911 Van Gogh juga berhasil menaklukan puncak gunung tersebut.

Hingga pada akhirnya pada tahun 1945 Junhuhn menjadi nama ketiga yang berhasil mencapai puncak Mahameru. Ketiga orang tersebut berhasil  menaklukan puncak tersebut dan menemukan keindahan istimewa dari gunung-gunung yang lainnya. Hingga akhirnya pada waktu-waktu selanjutnya gunung ini banyak dikunjungi oleh para pendaki.

Selain sejarah gunung Semeru yang belum banyak diketahui, terdapat pula legenda yang banyak dipercaya oleh masyarakat sekitar. Kisah tersebut diawali dengan asal mula dinamai dengan Gunung Semeru. Menurut cerita,  dahulu di Negara India terdapat gunung Meru yang kemudian dipindahkan ke pulau Jawa.

Menurut kepercayaan pada zaman dahulu, pemindahan gunung tersebut bertujuan untuk menahan pulau Jawa agar tidak terombang-ambing. Perpindahan gunung tersebut dilakukan oleh Dewa Shiwa yang menjelma sebagai kura-kura raksasa yang berenang menuju pulau Jawa. Gunung Semeru tersebut dipikul dan melewati berbagai rintangan kemudian ditancapkan di pulau Jawa.

Datang juga ke Wisata Gunung Bromo Lengkap Siap Temani Liburan Anda

Harga Tiket Masuk Gunung Semeru

Harga Tiket Masuk Gunung Semeru
foto: https://www.instagram.com/mas_leyo/

Bagi anda yang gemar dengan kegiatan mendaki, kurang lengkap rasanya jika belum mengalahkan puncak Mahameru. Dengan jalur pendakian yang menantang, tentunya kana memberikan kesan tersendiri bagi para pendaki. Namun meskipun begitu, lelah pendakian akan langsung terobati dengan pemandangan indah yang ditawarkan.

Harga tiket masuk gunung Semeru juga sangat terjangkau sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat menghabiskan akhir pekan. Meskipun beberapa waktu yang lalu mengalami sedikit kenaikan tarif, namun akumulasi harga masih dapat dikatakan terjangkau. Untuk harga yang perlu anda bayarkan adalah Rp 22.500 untuk hari-hari biasa dan Rp 24.000 untuk akhir pekan.

Kunjungi juga: Oro Oro Ombo Lumajang Hadirkan Kemegahan Puncak Gunung Semeru

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Gunung Semeru
foto: https://www.instagram.com/irfanriansyahhh/

Lokasi gunung semeru berada di dua kabupaten yaitu kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang. Objek wisata ini masih berada di kawasan Taman Nasional sehingga anda bisa mengunjungi spot-spot wisata lainya. Beberapa spot tersebut diantaranya adalah gunung Bromo, waduk Ranu Pane dan lain sebagainya.

Untuk mendaki gunung Semeru, pastikan anda sudah menyiapkan fisik dalam keadaan prima karena banyak yang mempercayai bahwa mendaki Mahameru bukanlah salah satu hal yang mudah. Pastikan pula anda hanya membawa barang-barang yang diperlukan dan meninggalkan barang-barang yang tidak diperlukan. Hal ini sangat membantu anda untuk mengurangi beban berlebih saat melakukan pendakian.

Untuk mencapai puncak Mahameru, pastinya anda harus melewati berbagai rintangan. Rute Gunung Semeru pendakian pertama adalah melalui pintu Ranu Pane dan Ranu Kumbolo. Bisa sampai di Ranu Kumbolo anda bisa melewati jalur watu rejeng.

Perlu anda ketahui pula, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Ranu Kumbolo membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Bagi anda yang pertama kali berkunjung dan tidak mengetahui arah jalan, anda bisa menggunakan jasa pemandu yang siap mengantarkan hingga tempat tersebut. Sesampainya di tempat tersebut anda bisa beristirahat dan mengisi air untuk bekal perjalanan selanjutnya.

Selain untuk beristirahat, Ranu kumbolo juga sering  digunakan  untuk mendirikan tenda sebelum menuju puncak Mahameru selanjutnya. Sampai di titik ini anda juga perlu mengecek ulang barang yang anda butuhkan untuk kebutuhan pendakian. Setelah mengisi air dan mengecek barang bawaan anda bisa melanjutkan pendakian bersama rombongan.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju jalur Kalimati yang membutuhkan perjalanan sekitar 3 jam. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan hamparan padang rumput yang luas sehingga rasa lelah yang anda rasakan dapat hilang seketika. Di jalur ini juga ditumbuhi berbagai jenis bunga yang semakin memperindah  view pendakian anda.

Bagi pendaki yang belum mendirikan tenda di bawah, biasanya akan mendirikan tenda di Kalimati. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat bermalam damn hanya dihiasi dengan bintang sebagai penerang alami. Nah setelah bermalam atau beristirahat, bisa melanjutkan pendakian menuju  puncak GUnung Semeru yaitu Mahameru.

Spot Wisata di Gunung Semeru

Spot Wisata di Gunung Semeru
foto: https://www.instagram.com/teddy_halim/

Bagi anda yang sudah menonton film 5cm, pasti sudah bisa membayangkan betapa indahnya pemandangan di puncak Mahameru. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami berikan informasi tentang spot wisata disini yang bisa anda kunjungi.

1. Ranu Pane Spot Wisata di Gunung Semeru

Hunting foto di Danau Ranu Pane
foto: https://www.instagram.com/baniroot/

Spot wisata di Gunung Semeru yang pertama adalah Ranu Pare. Destinasi wisata ini merupakan sebuah danau yang luas dengan pemandangan gunung yang mengengelilinginya. Di tempat ini wisatawan dapat melakukan berbagai cara untuk menikmati keindahan alam yang sangat indah dan berbeda dari tempat lainnya.

2. Kalimati Spot Wisata di Gunung Semeru

Kalimati Spot Wisata di Gunung Semeru
foto: https://www.instagram.com/arief_hjoc/

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kalimati juga menjadi salah satu spot yang banyak dinantikan oleh para pendaki. Dengan hamparan padang rumput yang luas, anda bisa merasakan musim panas di Negara bagian lain.

3. Gunung Bromo Spot Wisata di Gunung Semeru

Gunung Bromo Spot Wisata di Gunung Semeru
foto: https://www.instagram.com/shamroslee/

Siapa yang tidak kenal dengan gunung Bromo dan paket keindahannya. Gunung Bromo menyimpan berbagai keistimewaan yang banyak dikagumi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung ini masih berada satu kawasan dengan gunung Semeru sehingga anda bisa mengunjungi gunung Bromo sebelum mendaki Mahameru.

Wisata Gunung Semeru dan sekitarnya menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang banyak dikagumi oleh wisatawan. Selain karena pemandangan yang indah, tempat ini juga menyajikan pemandangan yang unik dan sulit terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung. Yang pasti, anda juga perlu menikmati keindahan tersebut dan membuktikan  sendiri.

Review Gunung Semeru

100%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.