Goa Jaran Wonosobo, Berwisata Sekaligus Belajar Sejarah

Goa Jaran atau yang dikenal dengan goa kendaliseto lokasinya berada dekat dengan telaga warna. Hal inilah yang mungkin secara otomatis membuat tempat ini turut kebanjiran pengunjung.

Keberadaan tempat ini menyisakan sejarah mistis yang unik. Masyarakat pribumi Wonosobo khususnya di kawasan sekitar Dieng masih menjadikan goa ini sebagai tempat untuk acara meditasi/pertapaan. Tidak heran jika suasananya selalu terasa aura mistisnya.

Sejarah

Sejarah Goa Jaran
foto: https://www.parapsikologi.co.id

Tempat yang keberadaanya penuh dengan cerita legenda ini memang sangat bagus untuk dipelajari. Konon, goa jaran yang dalam Bahasa Indonesia berarti “kuda” memiliki sejarah unik tentang kuda. Menurut cerita, dulu goa ini menjadi tempat berteduh kuda milik resi Kendaliseto saat terjebak hujan.

Kuda tersebut berlari kesana-kemari hingga akhirnya menemukan sebuah lubang besar kemudian bermalam di dalam goa jaran ini. Esok harinya, ketika kuda tersebut keluar dari goa perutnya sudah membesar atau dalam kondisi bunting. Terlepas dari benar atau tidaknya kepercayaan

Kepercayaan masyarakat terhadap legenda ini sudah turun temurun. Itulah kenapa tempat ini juga dikenal dengan goa kesuburan.

Masyarakat setempat juga percaya bahwa jika ada wanita yang sudah menikah dan tidak kunjung dikaruniai keturunan akan hamil setelah berkunjung ke goa ini. Sampai dengan saat ini goa jaran masih memegang erat cerita tersebut. Hal ini terlihat dengan penerapan beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan disini.

Harga Tiket Masuk Goa Jaran

Harga Tiket Masuk Goa Jaran
foto: https://www.instagram.com/maz_zoel_kw1/

Wisata goa jaran Wonosobo sendiri berlokasi satu kawasan dengan telaga warna Dieng. Lokasinya yang masih di kawasan telaga warna membuat goa ini bebas dimasuki oleh pengunjung wisata telaga warna.

Meski bebas yang artinya tidak ada penarikan biaya tiket masuk tambahan, pengunjung tetap diwajibkan mematuhi tata aturan yang berlaku disana. Seperti misalnya tidak boleh berisik atau mencorat-coret dinding goa dengan alat apapun. Selain itu, wanita yang masih perawan juga dilarang untuk memasuki goa ini karena dikhawatirkan hamil seperti mitos yang ada.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Goa Jaran
foto: https://www.instagram.com/adityarzkyr/

Lokasi goa jaran berada di dalam area telaga warna dikawasan Dataran Tinggi Dieng. Jadi untuk Anda yang akan ke tempat ini sudah pasti harus masuk via telaga warna terlebih dulu. Jika Anda sudah berada di dalam area telaga warna, selanjutnya bisa melanjutkan berjalan beberapa menit untuk sampai di goa jaran.

Untuk Anda yang baru pertama kali akan ke telaga warna, tidak perlu bingung. Tinggal arahkan perjalanan menuju kawasan Dieng Plateu ke sebelah utara. Setelah itu Anda akan menemukan pintu masuk telaga warna, Anda masuk dan tanya saja arah jalan setapak menuju goa jaran.

Jadi terlepas dari cerita mistisnya, goa jaran ini masih sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata Anda di Wonosobo.

Review Goa Jaran Dieng Wonosobo

95%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.