14 Tempat wisata di Pangandaran Terbaru

Pangandaran Memang sudah tidak diragukan lagi akan keindahannya. Apalagi, pesona pantainya yang tidak kalah mengesankannya. Ada pula wisata non pantai yang juga tak kalah mengesankannya. Bahkan, bisa pangandaran adalah replika wisata di dunia yang beberapa tempat ternama di sana, di Pangandaran pun tersedia.

Saat ini pemerintah pun sedang mengembangkan akses yang mudah menuju ke wilayah Pangandaran. Salah satu kereta hadir pangandaran yang memudahkan Anda menuju kawasan ini. Ditambah lagi, pemerintah akan melakukan reaktivasi jalur kereta api menuju stasiun pangandaran.

Bila reaktivasi ini berhasil dilakukan, maka menuju ke berbagai wisata unggulan di Pangandaran akan semakin mudah.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Pangandaran terbaru yang layak untuk dikunjungi ketika liburan telah tiba:

1. Pantai Bojong Salawe

tempat wiasta di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/andhiani

Wisata di Pangandaran yang pertama kali bisa kamu kunjungi adalah Pantai Bojong Salawe. Hamparan pepohonan kelapa memang berjajar di antara pantai-pantai dengan panorama nan menawan. Sebelum menikmati objek wisata, kamu bisa menggunakan perahu dan menyeberang sungai terlebih dahulu.

Menuju tempat wisata kamu bisa naik bus jurusan ciamis hingga banjar. Kemudian, kamu juga bisa naik alternatif lain dengan menggunakan pesawat dari halim perdana kusuma jakarta, husein sastranegara. Selanjutnya, naik kapal perintis menuju ke cijulang dengan menggunakan angkutan pedesaan.

Nah, keunikan dari pantai ini bisa menggunakan kail pancing. Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi pantai batu yang tidak jauh dari tempat wisata ini. Hamparan pasir putihnya memang elok jadi, jangan sampai lupa bawa kamera jahatmu agar bisa masuk ke dalam foto dan gambar.

2. Pantai Batu Karas

wisata Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/rifkykamal_/

Sebenarnya, objek wisata ini memiliki ombak yang cukup tinggi. Namun, tersedia bebatuan yang bisa dialokasikan ombak di sini. Jadi, sebesar apapun gelombang yang datang akan tetap ramah saat tiba di bibir Pantai ini juga dijuluki sebagai Bali kecil. Dimana, banyak wisatawan yang sering memanfaatkan tempat ini untuk berselancar baik tingkat pemula hingga profesional.

Tidak harus membawa peralatan sendiri. Karena, di tempat ini sudah tersedia tempat penyewaan dan instruktur yang siap memberikan pelajaran yang berarti untuk kamu. Ada 3 kawasan yang bisa Anda nikmati seperti bulak pendak, legok pari dan karang. Hanya saja, kamu wajib menggunakan perahu.

Ada beberapa fasilitas menarik yang juga bisa kamu nikmati, mulai dari fasilitas peribadatan dan ada beberapa toko souvenir yang menyediakan beberapa cinderamata. Disini kamu juga bisa melihat tempat pelelangan ikan. Di Sekitar pantai ini ada hotel-hotel dan penginapan atau rumah penduduk yang bisa kamu sewa dengan harga yang bersahabat.

3. Goa Sutra Reregan

wisata di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/travel_dulu/

Setelah puas pantai, mari kita beralih menuju Goa Sutra Reregan. Wisata hits di Pangandaran ini memiliki karakteristik yang membahas pemandangan dan stalaktit yang mempesona. Ada beberapa tempat selfie yang bisa Anda nikmati hamparan hutan hijau yang mengesankan. Di dalam goa ini juga terdapat sumber mata air.

Nah, fungsi mata air ini biasa digunakan untuk kebutuhan warga dan untuk mengairi sawah. Di kawasan ini, Anda juga dapat menikmati beberapa hewan-hewan seperti kelelawar, ikan sidat, yang merupakan jenis air tawar, dan burung walet.

4. Pantai Karapyak

objek wisata di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/heramoet19/

Wisata di Pangandaran ini memang menawan dan eksotis. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan keindahan hamparan pepohonan hijau yang menambah tempat ini menjadi sangat asri. Ombak di pantainya cukup besar dan tinggi, oleh karena itu pantas jangan berenang dan jangan terlalu tengah kalau mau selamat.

Hamparan pasir putihnya cukup luas sehingga kamu bisa bermain-main di tempat ini. Bisa sepakbola atau juga voli. Bahkan, bisa juga digunakan untuk bersantai atau berkemah menikmati malam yang elok dengan cahaya bintangnya. Khusus, wisatawan memanfaatkannya dengan meminjam dan duduk bercengkrama disini. Menikmati semilir angin yang seakan tidak ingin berhenti menghadirkan kesejukan.

Disini juga sudah tersedia tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa. Ada pula warung-warung yang sudah berdiri dan menyajikan berbagai menu makanan yang bisa kamu santap dengan hangatnya ombak.

Tersedia berbagai macam ikan yang bisa kamu nikmati ada ikan, ayam, cumi udang, kepiting dengan berbagai olahan. Jangan lupa pula nikmati es kelapa muda yang langsung dipetik langsung diambil pohonnya. Dengan rasanya yang sangat segar dinikmati.

5. Pantai pangandaran

obyek wisata di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/mantri_temba

Tempat wisata alam di Pangandaran ditemukan pada tahun 1918 dan pernah menyandang gelar sebagai pantai terbaik di jawa. Spot sunset yang menjadi daya tarik menarik juga bisa diselesaikan menawan. Apalagi, dengan sunrise yang juga mempesona.

Tidak rugi jika banyak wisatawan yang datang dan pergi ke kawasan ini. Selain itu, kamu juga akan ditawarkan berbagai macam permainan menarik seperti, jet ski, perahu besar, parasailing atau memilih untuk mancing di tengah laut.

Adat istiadat di kawasan ini juga dilengkapi dengan baik. Di mana, Anda bisa melihat hajat laut yang menjadi ucapan syukur masyarakat sekitar kepada Tuhan yang Maha Esa. Upacara ini biasanya diadakan setiap bulan Muharam.

Selain itu, upacara tradisional kamu juga bisa menyaksikan festival kelas dunia yang bertajuk layang-layang internasional yang digelar setiap bulan, juni, dan juli. Jadi, bagi kamu yang hobi bermain layang-layang jangan lupa datang ke kawasan ini ya .

Datang juga ke –> 17 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru

6. Pantai Lembah Putri

Tempat Wisata di Pangandaran Jawa Barat
Foto: https://www.instagram.com/eldicristiana

Perlu diketahui bahwa objek wisata ini menawarkan keindahan tidak hanya di pantainya saja. Melainkan, panorama elegan mulai dari jalur pertama menuju ke tempat ini. Pemandangan perbukitan hijaunya menarik kesan menawan.

Waktu yang paling tepat Waktu berkunjung ke kawasan ini adalah matahari terbenam dan sunrisenya. Pemandangan langit pangandaran akan berubah seketika. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan cagar alam pananjung atau pulau nusakambangan. Selain itu, ada beberapa aktivitas yang juga bisa kamu lakukan yaitu bermain gantole, bermain atau juga berkemah.

Nah, tidak hanya sampai disitu saja, kamu bisa melihat penampakan miniatur dari tembok cina yang menarik. Terletak di sebuah bukit dengan tinggi sekitar 1 meter. Di Tengahnya, kamu bisa melihat pendopo saat kamu sampai di puncaknya.

Tidak jauh dari bukit ini kamu bisa melihat keindahan goa ronggeng. Konon katanya pada malam tertentu kamu bisa mendengar musik mirip gamelan ronggeng. Menurut cerita para warga, dahulu dewi rengganis sering diputar kesenian asli ronggeng di goa ini.

7. Santirah River Tubing

tempat menarik di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/_santirah

Pangandaran tidak hanya memiliki panorama alamnya saja. Melainkan, punya wisata yang pastinya bikin kamu senang senang berada di kawasan ini. Salah satunya menikmati wisata adrenalin yang seru dan menyenangkan? Kamu bisa memilih tubing sungai santirah yang menghadirkan keindahan dari sisi yang lain. Tidak hanya melulu mengarungi udara saja, bisa pula dengan melompat tebing.

Selama tur kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti snack dan juga makan siang. Ada pula asuransi kecelakaan saat perjalanan peserta memperbaiki hal-hal yang tidak diinginkan.

Peralatan keamanannya pun bisa sangat lengkap. Bisa menjawab sudah berstandar internasional. Dianggap, kamu tidak perlu khawatir. Perjalanan yang akan dilakukan kurang dari 2 jam hingga 3 jam menyusuri sungai santirah.

Pemandangan yang lain adalah gua-gua, kurang lebih ada 3. Mulai dari yang pendek hingga yang paling panjang. Kamu juga bisa melihat air terjun yang menambah kesan tak terlupakan di tempat ini.

8. Citumang Pangandaran

tempat wiasta anak di Pangandaran
Foto: https://www.dara.co.id/

Sungai citumang adalah sungai yang alirannya tidak cukup deras dan mampu membelah hutan. Di sekitarnya, ada tumbuh-tumbuhan. Konon katanya, ada sebuah mitos yang berasal dari masa kerajaan.

Ada banyak cerita yang terkandung di dalamnya. Di mana, banyak yang percaya dengan keberadaan buaya putih yang tak terlihat. Terbukti, banyak orang menghilang. Hingga, akhirnya kawasan ini pun terkenal angker. Namun, tetap menarik untuk dikunjungi asalkan tetap berlaku norma kesopanan yang berlaku.

9. Saung Muara Pangandaran

Tempat Wisata keluarga di Pangandaran
Foto: https://www.tourkompak.com/

Wisata di pangandaran dan sekitarnya ini menghadirkan panorama yang menawan. Pemandangan pantainya tidak bisa dipungkiri menghadirkan keindahan yang elok. Dapat kamu melihat banyak nelayan yang sedang melakukan kegiatan memancing.

Mereka menggunakan jodang, jangan lupakan pemandangan menawan matahari terbenam yang tampak mempesona dengan langit-langit yang berubah dengan sendirinya. Jangan lupa bawa kamera jahat kamu ya, agar setiap momen bisa diabadikan melalui foto dan gambar.

10. Pantai Karang Nini

wisata hits di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/msofyanaffandy

Keindahan lain dari pangandaran bisa kamu dapatkan dari pantai pangandaran. Dimana ada mitos dan legenda yang terkembang di kawasan ini. Konon katanya soal cinta antara kakek dan nenek yang cukup mengharukan.

Dia bernama Ki Arga Plara dan Ni Ambu Polot. Mereka selalu selamat dari perikanan. Setiap hari, berjalan berdua bagaikan kekasih. Suatu hari saat sang nenek datang untuk menjemput kakek. Dia tak juga datang-datang.

Sampai akhirnya sang nenek menerima agar dipertanyakan sang kakek. Diucapkan pun terlihat kekasihnya menjadi karang, begitu pula dengan karang yang juga menjadi karang, karena berdoa untuk selalu berdampingan dengan harapan.

Panorama menawan dari tempat ini adalah perpaduan yang menawan hutan jati seperti sebuah lukisan yang mengesankan. Kamu juga bisa melihat eloknya pulau nusakambangan yang ada di seberang.

Kamu juga bisa melihat jalur kereta api yang membentang ke jalur kereta yang cukup panjang. Ingin melihat panorama nyata pantai karang nini. Ada gardu pandang yang bisa dinaiki hingga wajib dikunjungi.

Disini, tidak hanya soal pantai saja. Kamu juga bisa menikmati makam Anggasinga Wencana dan Mahapatih Bagaspati, juga Cikabuyutan. Selain itu, tersedia pula air sumur tujuh yang konon katanya mampu membuat awet muda dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Disekitarnya, ada pula goa-goa keramat yang bisa dipakai untuk pesugihan. Bahkan, kamu yang ingin pindah juga bisa lho. Nah, di setiap tempat memiliki ciri khas, seperti di Gua Panjang katanya menjadi jalan tembus kasunanan Cirebon.

Kunjungi juga –> 19 Tempat wisata di Karawang Terbaru

11. Pantai Batu Hiu

wisata alam di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/galeri.tourpangandaran/

Tempat wisata menarik di Pangandaran selanjutnya, adalah Pantai Batu Hiu. Konon katanya, kawasan ini penuh dengan legenda dan misteri. Namun, tak sedikit pula yang mengagumi pemandangannya hingga disebut sebagai Tanah Lotnya Jawa Barat.

Nah, dari cerita warga yang terdengar sekitar abad ke 11 ada misi yang dikeluarkan dari kerajaan mataram. Mereka dikomandoi aki gede dan nini gede. Tempat kompilasi mereka menyuruh ki braja lintang untuk mencari makanan.

Akhirnya, menangkap ikan hiu yang sangat besar. Lalu, nini gede menyuruh dia untuk melepaskan ikan tersebut. Terkejutnya ki braja lintang dimana, ikan hiu ini berubah menjadi batu hitam yang cukup besar.

Ada matahari terbit yang bisa kamu nikmati dan senja yang menawan saat matahari ingin berpamitan. Angin pantai berhembus super kencang dan menghadirkan nuansa nan mengesankan.

Disini ada menaiki bukit kecil, dimana dari sini kamu bisa menikmati berbagai macam hiasan belakang. Dengan struktur-struktur tebing nan memanjakan. Sayang, kamu layak untuk tidak berenang. Karena, karang-karang yang cukup tajam.

Tidak jauh dari sini kamu juga bisa melihat penangkaran penyu. Jika beruntung kamu bisa melepaskan tukik-tukik penyu. Jujur, hewan-hewan kecil ini lucu-lucu dan menggemaskan lho. Selain itu, salah satunya adalah penyu hijau yang sudah langka. Jadi, jangan sampai kamu mengharapkan kawasan ini ya. Ditunggu saat yang tepat, saat penyu ini dilepas ke alam bebas.

12. Green Canyon

tempat wisata terbaru di Pangandaran
Foto: https://www.idntimes.com

Mau memacu adrenalin dengan panorama indah nan mengesankan? Kamu bisa merekomendasikan Green Canyon Pangandaran yang siap memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Jika dalam bahasa sunda namanya adalah cukang taneuh. Artinya sendiri adalah jembatan tanah. Konon katanya dulu, digunakan para petani menuju ke kebun. Daya tarik utama kawasan ini hadir stalaktit-stalaktit. Airnya yang berwarna hijau tosca, menghadirkan panorama alam yang mengesankan.

Menuju ke objek wisata ini kamu bisa menggunakan boat kayuh yang ada di ciseureuh yang harus kamu tempuh kurang lebih 45 menit. Kamu akan ditemani seorang pemandu yang ramah dan bersahaja.

Di sepanjang jalan kamu juga bisa melihat cekungan yang memiliki dinding-dinding tebal. Di kanan dan kirinya menghadirkan tetesan air tanah. Tidak hanya menyusuri sungai saja, kamu juga bisa menikmati air terjun, tidak terlalu besar tapi menawan.

Aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu nikmati adalah rafting tubuh. Kamu bisa berenang sambil melihat ikan di bawahnya. Kalau berani, lakukanlah tebing melompat dari atas tebing yang paling tinggi.

13. Pantai Madasari

wisata pantai di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/alwi_666

Tempat Liburan di Pangandaran ini memang belum terdengar oleh siapa pun. Populer, belum banyak wisatawan yang datang dan pergi ke tempat ini. Memastikan, kawasannya sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas lelah dan penat.

Hamparan pasir putihnya tampak mengesankan dengan pulau-pulau kecil yang tampak di pinggir-pinggir pantai. Kurang lebih ada enam pulau yang bisa kamu sukai, Batu Gedogan, Batu Leuit, Legok Gandu, Pandan Nyampai, dan Cariuk.

Menurut pendapat beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini. Ada banyak ayam hutan yang masih berkeliaran. Biasanya segerombolan burung-burung bisa kamu nikmati di kala malam.

Maklum saja, disini sudah disediakan fasilitas camping ground, dengan kawasan yang sangat luas. Namun, jangan lupa untuk membawa semua peralatannya sendiri dari rumah. Karena, di kawasan ini belum tersedia.

14. Curug Bojong

wisata air terjun di Pangandaran
Foto: https://www.instagram.com/

Pesona lainnya dari Pangandaran dan bisa menjadi sajian terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Bojong. Lokasi berada di tengah hutan yang cukup dalam. Masih alami, asri dan airnya benar-benar sangat bersih karena masih jarang wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata. Selain itu kamu juga bisa menikmati kolam alami yang kedalamannya bisa kamu pilih sendiri.

Bila kamu menggunakan panduan menuju ke tempat ini. Maka, akan ada fasilitas berupa jaket pelampung yang disediakan. Merasakan pijat refleksi yang nyaman dan aman. Kamu bisa berdiri di bawah air terjun dimana, dibawahnya ada kolam yang kedalamannya mencapai 7 meter.

Tempat wisata pangandaran memang menarik untuk dikunjungi. Dimana, pengerjaan jalur kereta api menuju Pangandaran sudah dimulai. Diharapkan, kamu bisa menikmati kota ini dengan berbagai macam alat transportasi. Mulai dari bus atau juga kereta api. Konon katanya, jalur kereta api menuju pangandaran menjadi yang paling indah lho.

Review Sebelumnya –> 19 Tempat wisata di Bekasi Terbaru

Satu, lagi yang harus kamu tinjau dari semua harga tiket diatas bukan harga lagi ya. Melainkan, harga saat kami menulis artikel ini. Jadi, jika baru satu hari saja tayang sudah berbeda, bukan jadi tanggung jawab kami. Jadi, jangan lupa berkunjung ke Pangandaran ya.

Rewiew Hotel Murah di Kendal 30 menit dari Semarang

Review Wisata di Pangandaran

95%
Paling Banyak dikunjungi
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.