20 Tempat Wisata Di Ponorogo Terbaru

Tempat wisata di Ponorogo yang notabene adalah kota kecil di Jawa Timur memang tidak terlalu banyak. Bahkan bisa dihitung dengan jari, hanya saja pesona wisata yang ditawarkan tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun, tidak mempunyai pantai yang eksotik. Namun, ponorogo mempunyai gunung dan perbukitan nan menawan.

Tidak hanya sampai disitu, kota yang dikenal dengan kesenian reognya juga mempunyai wisata religi yang sayang untuk anda lewatkan. Menariknya lagi, di berbagai kawasan wisata yang bisa anda kunjungi mempunyai suasana dan nuansa yang membuat anda akan terpukau dan betah untuk berlama-lama.

Mengenal Kota Ponorogo

Tempat wisata di Ponorogo
foto: https://www.instagram.com/titiknurlela/

Kota Ponorogo sendiri terdiri dari dua kata. Pramana yang memiliki arti kekuatan dan rahasia hidup. Sementara, Raga yang berarti jasmani dan badan. Bila undur kebelakang, nama Ponorogo ini sendiri berawal dari sebuah musyawarah antara Raden Bathara Kantong, Seloaji, Jayadipa dan Kyai Mirah.

Dalam musyawarah tersebut mereka sepakat kota yang pada awalnya berada di daerah wengker ini dinamakan Pramana Raga atau saat ini disebut dengan ponorogo. Mendirikan kadipaten ini sendiri tidaklah mudah. Raden Bathara Katong harus mendekati ki ageng kutu yang merupakan pimpinan daerah wengker.

Singkat cerita pada tanggal 11 agustus 1946 Raden Bathara Kantong akhirnya, mampu mendirikan kadipaten ponorogo. Tanggal tersebut pun akhirnya dijadikan sebagai hari jadi kota Ponorogo hingga saat ini.

1. Telaga Ngebel Ponorogo

Objek wisata di Ponorogo Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/ngebelhits/

Alamat: Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Rp 6.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Sewa Perahu Biasa Rp 7.000,-
Speed Boat Rp 70.000,-
Sepeda Air Rp 25.000,-

Wisata pertama yang bisa anda kunjungi adalah Telaga Ngebel yang menjadi ikon wisata di Ponorogo. Keindahannya memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ada banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini yang membuat liburanmu semakin menyenangkan. Tidak kalah menariknya adalah cerita baru klinting yang menjadi asal-usul terbentuknya telaga ini

Objek wisata di Ponorogo Jawa Timur ini memang tidak lepas dari hal-hal mistis yang begitu kuat. Seperti halnya kawasan ini yang digunakan sebagai tempat penyucian diri oleh pendiri Kabupaten Ponorogo. Dimana beliau mandi di mata air yang letaknya tidak jauh dari kawasan ini.

Saat ini mata air tersebut diberi nama Kucur Batoro. Menariknya lagi, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat larungan bucek purak. Sebuah ritual tradisional yang hampir setiap tahun diselenggarakan. Ada beberapa tarian reog yang akan mengisi acara ini.

Larung bucek purak juga dijadikan sebuah agenda dalam menyambut bulan suro atau tahun baru islam. Dimana, masyarakat sekitar telaga akan mengadakan acara lek-lekan atau begadang.

Saat berkunjung ke tempat ini jangan lupa membawa kamera jahat anda. Karena, keindahan yang ditawarkan di setiap sudutnya layak untuk diabadikan. DI sekitar telaga, anda juga bisa menikmati berbagai santapan menu kuliner yang nikmat dengan harga bersahabat. Jadi jangan sampai terlewatkan ya.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 41 Menit 22,4 Kilometer Jl.Raya Jenangan dan Jl. Raya Ngebel

2. Air Terjun Jurang Gandul

Wisata di Ponorogo
foto: https://www.instagram.com/faisal_henghong/

Alamat: Dukuh Ngembel, Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata di Ponorogo ini memang belum banyak yang tahu. Padahal pemandangan alam ponorogo tersaji begitu nyata di kawasan ini. Bebatuan-bebatuan besar memang tampak terlihat. Sedikit menguras tenaga memang. Tetapi, keindahan yang ditawarkan cukup membuat kamu lupa akan rasa lelah itu.

Menuju ke titik lokasi anda harus berhati-hati. Di samping kanan dan kiri terdapat jurang menganga. Cukup dalam memang, namun inilah daya tarik dari air terjun jurang gandul yang siap menawarkan adrenalin dan pengalaman menyusuri hutan dengan cara yang berbeda.

Nah, pesona tempat wisata ini tidak hanya dari air terjunnya saja. Melainkan dari pesona indah aliran sebuah sungai yang berkeliaran ikan sidat. Hanya saja, kam dilarang untuk mengambil gambar atau bahkan mengambilnya. Hal ini adalah salah satu pantangan yang tidak boleh kamu lakukan. Konon bisa menimbulkan bahaya atau celaka bila melanggarnya.

Debit airnya cukup deras, kamu bisa menikmatinya di bawah air terjun ini dan merasakan guyuran air yang dingin menyegarkan. Satu lagi yang tidak boleh kamu lakukan disini adalah membuang sampah sembarangan.

Periu diakui, tempat ini cukup bersih dan asri. Sehingga, jangan sampai dengan sampah anda merusak lingkungan dan asrinya kawasan ini. Waktu terbaik pergi ke tempat ini pada saat musim penghujan. Hanya saja, kamu harus ekstra hati-hati karena sangat licin.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 59 Menit 35,8 Kilometer Jl. Laksamana Yos Sudarso

3. Bukit Cumbri

Obyek wisata di Ponorogo terbaru
foto: https://www.instagram.com/fauziahlutfii/

Alamat: Diantara Kabupaten ponorogo, Jawa Timur dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Tenda Rp 10.000,-

Obyek wisata di Ponorogo terbaru ini memang menjadi viral belum lama ini. keindahannya benar-benar luar biasa untuk diminati semua kalangan. Walaupun, menuju ke puncaknya pun kamu harus berjibaku dengan rasa lelah dan keringat bercucuran.

Kalau dilihat dari ketinggiannya sebenarnya tidak terlalu tinggi, hanya 638 Mdpl saja. Tetapi, track yang harus kamu lalui lebih dari yang kamu bayangkan, banyak bebatuan yang harus kamu taklukkan. Selain itu, pemandangan gersangnya pun juga menjadi sajian yang tidak akan pernah terhindarkan.

Apalagi, kalau kamu datang di musim penghujan, kamu bisa menikmati pesona hijau yang tidak akan pernah terlupakan. Saat sampai di titik puncaknya, kamu harus sedikit berhati-hati karena jalanan sudah cukup sempit dan langsung berbatasan dengan jurang. Selain itu kondisi angin yang berhembus kencang membuat jantung kamu berdebar lebih kencang dari biasanya.

Bagi kamu yang sudah sampai di tempat ini jangan lupa untuk menikmati keindahan sunrisenya yang benar-benar mempesona. Nama cumbri sendiri berasal dari nama Cok-bri, nama sebuah burung beri yang menjadi penghuni dari bukit ini. Konon katanya, burung ini sering memangsa ternak warga lho.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 42 Menit 28,9 Kilometer Jl. Ponorogo – Solo

4. Gunung Beruk

Wisata di Ponorogo Dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/sitialfi42/

Alamat: Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata di Ponorogo Dan sekitarnya adalah gunung beruk. Disinilah tempat kamu untuk berselfi ria. Karena, ada banyak sekali spot selfie yang bisa kamu manfaatkan. Ditambah lagi dengan latar belakang pegunungan dan perbukitan yang membuat hasil fotomu terasa sangat menawan.

Disini, kamu juga akan disuguhkan dengan pesona hutan pinus yang menjulang tinggi dan menghadirkan berbagai macam pesona. Mulai dari udaranya yang cukup sejuk, asri, hingga nuansanya yang benar-benar tidak bisa kamu lupakan.

Salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan adalah sebuah gubuk kopi yang terbuat dari kayu.

Selain itu ada pula topic aping yang dipajang di atas sehingga, hampir berfungsi sebagai sebuah payung alami. Gardu pandangnya pun juga tidak kalah menariknya. Dengan naik ke atas sini, kamu bisa melihat semua panorama hijau yang melegakan hati dan pikiran.

Kamu juga bisa bermain ayunan yang di ikatkan di sebuah pohon besar. Sehingga, permainan ini terkesan lebih alami

Kalau di kawasan lain hadir dengan gembok cinta. Di Gunung beruk, kamu juga bisa melihat prasasti cinta yang mengikat cinta kamu dengan pasanganmu juga dengan sebuah gembok. Jangan lupa pula untuk menikmati ayam lodho yang menjadi makanan khas ponorogo dengan rasa yang bakal membuat lidah kamu menggelegar.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 40 Menit 25,5 Kilometer Jl. Laksamana Yos Sudarso

5. Watu Semaur

Tempat wisata baru di Ponorogo
foto: https://www.instagram.com/yasin_abdillah/

Alamat: Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Dari namanya saja sudah cukup unik. Tempat wisata baru di Ponorogo ini konon katanya bisa menjawab loh? Cobalah kamu berteriak di tempat ini, maka suara akan menggema. Nah, inilah yang membuat beberapa warga sekitar menyebutnya sebagai nama watu semaur.

Dalam bahasa jawa watu adalah batu dan semaur adalah menjawab. Sehingga, nama dari tempat wisata ini adalah batu yang bisa menjawab.

Menariknya lagi, ada sebuah mitos yang berkembang di hutan tepat watu semaur bersembunyi. Dimana, ada pasangan pengantin yang ingin menikah lima hari sebelum pernikahannya dilarang melewati kawasan ini.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 1 Jam 7 Menit 38 Kilometer Jl. Raya Trenggalek – Ponorogo

6. Air terjun Widodaren

Tempat wisata alam di Ponorogo
foto: https://www.instagram.com/ryanferryhandoko/

Alamat: Dusun Tritis, Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata alam di Ponorogo selanjutnya, adalah air terjun widodaren. Sayangnya keindahannya hanya bisa dinikmati pada musim penghujan saja. Karena, di musim panas debit air di tempat ini pun tidak terlalu deras.

Menuju ke objek wisata ini pun kamu harus berjalan kaki cukup panjang. Menembus hutan jati yang cukup lebat. Hanya saja, saat musim penghujan jalanan ini sangat licin. Sehingga, dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra.

Dari air terjunnya pun tidak perlu tinggi. Tetapi tidak menyurutkan keindahan yang akan disajikan oleh air terjun widodaren.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 45 Menit 22,7 Kilometer Jl. Raya Jenangan dan Jl, Raya Ngebel

7. Bukit teletabis

Tempat liburan di Ponorogo
foto: https://www.instagram.com/haris_nyet/

Alamat: Desa Pandak, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat liburan di Ponorogo selanjutnya masih berupa perbukitan yang memang tidak pernah ada habisnya. Sayangnya, tempat ini belum diperhatikan dengan baik. Tetapi, pesona alamnya memang mengesankan dan tidak akan kalah dengan berbagai tempat wisata lainnya.

Positifnya adalah, tempat wisata ini mempunyai akses jalan yang cukup baik dan bagus. Sehingga, bisa kamu jadikan sebagai alternatif wisata bagi kamu yang pergi berkunjung ke Ponorogo.

Perbukitan hijau yang terhampar luas menjadi sajian utama yang tidak boleh kamu lewatkan sedikitpun. Bahkan udara dingin dari hembusan angin menjadi sajian dan daya tarik utama kawasan ini. Terkadang pesona kabut tipis akan terlihat di beberapa waktu. Jadi, jangan sampai terlewatkan akan keindahannya.

Menuju ke atas kamu memerlukan waktu kurang lebih 30 menit hingga 1 jam lamanya. Di sepanjang jalan, aroma perbukitan akan terasa menyegarkan hati dan jiwamu.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 41 Menit 25,4 Kilometer Jl. Laksamana Yos Sudarso

8. Coban Lawe

Tempat wisata menarik di Ponorogo
foto: https://www.instagram.com/bagass.hp/

Alamat: Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata menarik di Ponorogo ini berupa air terjun yang namanya ternyata hampir sama dengan nama air terjun yang berada di lereng gunung ungaran. Tetapi, apakah keindahannya juga sama? Mari kita lanjutkan penelusurannya.

Menuju ke coban lawe, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak biasa. Ada pematang sawah yang hijau, menghadirkan nuansa pedesaan yang sejuk dan menenangkan hati. Terbebas dari berbagai masalah perkotaan yang penuh sesak dengan polusi udara.

Menuju ke coban lawe adalah alternatif paling baik, bila kamu ingin mengunjungi tempat yang masih teduh dan tenang.

Tidak hanya pematang sawah saja. Kamu juga bisa menikmati track yang berliku dan berkelok seperti ular. Jalan menanjak dan menurun menjadi sajian yang harus kamu lalui. Keringat dan air mata akan keluar dengan sendirinya mengiringi perjalananmu.

Melelahkan memang, tapi inilah pengalaman luar biasa yang tidak akan pernah terlupakan sampai kapanpun.

Menariknya coban lawe, memiliki 4 tingkatan air terjun yang sayang bila kamu lewatkan semuanya. Nah, setiap tingkatannya kamu harus berjalan menyusuri hutan. Jangan sampai ke sasar, karena kata warga hutan ini bisa menuju ke Kediri. Ikuti petunjuk para warga karena, menuju ke air terjun ini, belum ada penanda yang mengarahkanmu ke tempat ini.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 1 jam 6 Menit 36,1 Kilometer Jl. Halim Perdana Kusuma

9. Air Terjun Toyomerto

foto: https://anekawisataseru.net

Alamat: Desa pupus, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Selanjutnya, ada lagi air terjun yang pesonanya tidak kalah dengan Coban Lawe. Namanya adalah air terjun Toyomerto atau nama lainnya adalah selorejo. Jaraknya tidak jauh dari telaga ngebel.

Objek wisata ini terdiri dari 2 air dalam satu aliran yang akan jatuh di tebing-tebing batu sehingga, menawarkan keindahan yang tidak akan pernah bisa kamu lupa. Ketinggian dari air terjun ini bervariasi ada yang 25 meter ada pula yang 30 meter.

Sisi menarik lain dari objek wisata ini adalah menghadap ke dua gunung yaitu Nglengko dan manyutan. Sehingga, tidak hanya air yang dingin dan angin yang berhembus lirih pemandangan gunung yang menjulang tinggi menambah keyakinan kamu berkunjung ke tempat ini.

Air terjun ini pun bisa bermuara di kali catur yang akan mengalir ke arah madiun. Pesona lain yang bisa kamu nikmati di objek wisata ini adalah tanaman kopi milik warga yang aromanya menyeruak, dan membuat kamu ingin menyeruputnya.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 56 Menit 25,7 Kilometer Jl. Raya Ngebel

10. Gua Lowo

foto: https://www.instagram.com/matadeastama/

Alamat: Desa Bonorejo, Kecamatan sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Ternyata, nama Goa Lowo juga terletak di Ponorogo. Untuk menikmati pesonanya, kamu harus jeli lantaran belum banyaknya papan petunjuk. Penggunaan Goa lowo karena, di tempat ini ada banyak sekali kelelawar yang berkeliaran kesana-kemari.

Tidak jauh dari tempat ini, kamu akan menemui warung kopi yang bisa dijadikan sebagai papan petunjuk. Area hutannya sendiri cukup sepi. Maklum saja, Goa lowo memang belum banyak yang meminatinya.

Masuk ke dalam goanya sendiri memang cukup lebar dan tidak dalam. Disarankan untuk menggunakan lotion anti nyamuk terlebih dahulu. Lantaran, di dalam goa ada banyak sekali nyamuk-nyamuk yang berkeliaran dan siap menggigit kamu.

Stalajktit dan stalakmitnya cukup mengesankan. Walau belum dilirik untuk dijadikan pesona wisata unggulan. Tetapi, keindahannya sudah menawan hati. Di dalam goa ini sendiri mempunyai sebuah ceruk yang cukup dalam. Berjalan ke dalamnya kamu harus berhati-hati karena, ada air yang membuat jalanan menjadi licin.

Saat kamu masuk ke tempat wisata ini jangan tanya kemana kelelawarnya. Lantaran, sudah lama mereka pergi dan tidak lagi kembali menghuni gua ini.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 28 Menit 18,9 Kilometer Jl. Ponorogo – solo  dan Jl. Raya Sampung

11. Gunung Gajah

foto: https://www.instagram.com/sego_berkat/

Alamat: Desa Gajah, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka:

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Gunung Gajah adalah objek wisata lain di Ponorogo yang wajib kamu kunjungi. Pemandangan yang disajikan di tempat ini memang cukup mengesankan. Kamu bisa melihat hijaunya pemandangan yang membuat mata kamu lebih sehat dari sebelumnya.

Ketinggian dari objek wisata ini hanya 1200 mdpl saja. Sehingga, cocok bagi kamu yang sedang belajar naik gunung. Walaupun, medan yang harus kamu taklukkan memang tidak mudah. Di puncak gunung gajah kamu akan disuguhkan dengan awan-awan yang menawan.

Hanya saja, kamu harus berjalan kaki dengan track yang tidak mudah pula. Berkunjung ke tempat ini akan terasa kurang bila tidak menikmati malamnya yang terasa sempurna dengan milky way nan mempesona.

Setelah puas menikmati pesona bintang di langit, jangan lewatkan pula pesona pagi di gunung gajah yang tidak kalah mempesonanya. Hamparan rumah, sawah, dan pepohonan akan tampak sempurna seperti sebuah gambar anak-anak sekolah dasar. Mengesankan sekali memang.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 1 jam 27,3 Kilometer Jl. Raya Trenggalek – Ponorogo

12. Kedung Gamping

foto: https://www.instagram.com/bendottetapsemangat/

Alamat: Desa Temon, kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Pesona telaga memang menjadi bagian wisata di ponorogo setelah pegunungan dan perbukitan. Seperti halnya, kedung gamping ini. Walau masih tergolong baru, namun banyak wisatawan yang datang silih berganti ke tempat ini.

Bebatuan gampingnya terlihat mengensankan menjadi, perpaduan alam yang tidak pernah bisa terlupakan.

Airnya sangat jernih dan bersih, sehingga, kedung gamping terlihat sangat sempurna. Tidak hanya digunakan sebagai objek foto saja. Tetapi, kamu juga bisa berenang di tempat ini. Udaranya sangat segar, jernih dan juga bersih, oleh karena itu tak heran bila saat datang weekend akan banyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini.

Keadaan lingkungan kedung gamping sangat bersih. Sehingga, jangan lupa untuk menjaga kebersihan yang ada di tempat ini. Agar terlihat sangat asri dan alami.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 55 Menit 32,7 Kilometer Jl. Raya Trenggalek – Ponorogo

13. Masjid Tegalsari

foto: https://www.instagram.com/kaka_elfykrie/

Alamat: Desa Tegalsari, kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Masjid tegalsari adalah bangunan yang wajib kamu kunjungi. Karena, disinilah kamu bisa menikmati sejarah panjang islam di kota Ponorogo. Bangunan ini cukup unik dan dijadikan sebagai cagar budaya.

Bangunan nan megah ini merupakan peninggalan dari Kyai ageng Muhammad Bastari yang didirikan kurang lebih tahun 1760. Masjid ini tidak hanya menjadi sejarah saja, Melainkan bangunannya menyimbolkan kemegahan.

Pada kubahnya terbuat dari tanah liat yang hingga saat ini masih terlihat kokoh. Dan, konon katanya, dahulu kubah ini pernah ditembak oleh belanda. Menakjubkannya, kubah ini tidak hancur sedikit pun.

Keunikan lainnya yang bisa kamu dapatkan di tempat ini adalah hadirnya batu tangga yang merupakan peninggalan dari kerajaan majapahit. Ada pula ruang pertemuan yang dahulu pernah menjadi tempat peristirahatan  Kyai Ageng Muhammad Besari.

Berbicara mengenai arsitektur bangunannya pun cukup menawan. Dimana masih terpengaruh gaya jawa kuno. Terdapat empat buah saka guru, 12 sakarawa dan 24 saka pinggir penyangga. Di depan masjid kamu akan melihat sebuah rumah yang berdiri kokoh. Rumah ini adalah rumah dari kyai ageng besari yang dijadikan sebagai rumah adat.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 23 Menit 14 Kilometer Jl. Raya Trenggalek – Ponorogo

14. Air Terjun Pletuk

foto: https://www.instagram.com/syafiiria/

Alamat: Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 17:00

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Ponorogo memang tidak akan pernah habis dengan air terjun. Seperti yang berada di Dusun Kranggan ini. Mempunyai pesona air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 450 mdpl. Suhu udara di sekitar membuat kamu seakan lupa akan berbagai masalah yang menghadang.

Air terjun ini  mengalir di sebuah tebih yang memiliki ketinggian 30 meter, Tebing ini dikelilingi dengan pepohonan yang cukup rindang dan lebat. Sehingga, nuansa alami masih sangat terasa.

Daya tarik dari objek wisata ini tidak hanya air terjunnya saja. Melainkan, kamu bisa menikmati betapa indahnya panjat tebing. Banyak wisatawan mencobanya, walau sedikit mendebarkan jantung. Namun, rasanya ada yang kurang bila datang ke tempat ini tidak bermain climbing.

Tidak hanya orang dewasa saja, dimana anak-anak pun juga disediakan permainan flying fox yang cukup menegangkan pula. Hadir juga jembatan gantung yang tidak kalah ramainya dikunjungi oleh wisatawan.

Menuju ke objek wisata ini diharapkan untuk datang lebih pagi, Karena jalanan yang sedikit sulit membuat kamu memerlukan waktu yang cukup panjang pula. Disarankan datang sebelum pukul 3 sore. Dan setelah sampai di air terjun diharapkan untuk segera pulang pukul 5 sore.

Jalanan yang belum memiliki penerangan akan membahayakan bagi wisatawan. Oleh karena itu, dianjurkan sebelum gelap sudah sampai di area parkir.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 49 Menit 30,6  Kilometer Jl. Halim Perdana Kusumah

15. Wisata Reog Ponorogo

foto: https://www.instagram.com/aditia.pw/

Alamat: Desa Carat Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Kurang afdol rasanya bila mengunjungi ponorogo tetapi, tidak menikmati wisata reog yang menjadi ikon dan sebutan kota ini. Ada beberapa tempat yang bisa kamu pilih untuk melihat wisata ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 17 Menit 10,1 Kilometer Jl. Ponorogo – solo

16. Taman Kelinci

foto: https://www.instagram.com/ownid/

Alamat: Desa Pandak, Kecamatan Bulak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 18:00

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Perlu diakui bila kelinci adalah hewan yang imut dan lucu. Tempat wisata anak di Ponorogo ini memang wajib kamu kunjungi. Ada begitu banyak tempat yang elok yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu tempat untuk foto.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 40 Menit 25,4 Kilometer Jl. Laksamana Yos Sudarso

17. Air Terjun Sunggah

foto: https://www.instagram.com/bendottetapsemangat/

Alamat: Desa Selur, kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000.-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Pesona terakhir yang bisa kamu nikmati dan menjadi perjalanan terakhir menyusuri kota ponorogo adalah Air terjun sunggah. Dimana objek wisata ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan wisata air terjun di tempat lainnya.

Pesonanya berada di tebing-tebing dengan pemandangan terasering sawah yang menawan hati. Menuju ke titik lokasi pun cukup mudah. Kamu hanya perlu berjalan 10 menit saja dari area parkiran menuju ke air terjunnya.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Ponorogo 1 Jam 7 Menit 36,8 Kilometer Jl. Raya Trenggalek – Ponorogo

Makanan dan Oleh-Oleh Khas Ponorogo

tempat wisata di Ponorogo
foto: https://www.instagram.com/restoburudy_/

Makanan khas ponorogo memang banyak dan beragam. Mulai dari sate yang sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Tetapi, tahukah anda bila ponorogo tidak hanya mempunyai sate saja. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas ponorogo.

18. Pecel Ponorogo

foto: https://www.instagram.com/arina.maya/

Pecel adalah makanan khas dari kota reog ini. Bumbu pecelnya menjadi ciri khas yang bisa kamu rasakan. Sedikit pedas memang, tetapi hadir pula rasa manis yang sulit untuk dilupakan.

Isi dari makanan ini adalah tauge, potongan mentimun, kemangi, lamtoro baru diguyur dengan saus kacang yang begitu nikmat. Ada banyak tempat yang menjual kuliner lezat ini di berbagai sudut kota. Jadi jangan sampai ketinggalan .

19. Es Dawet Jabung

foto: https://www.instagram.com/vinakrida/

Perlu diakui bila kota ponorogo memiliki suhu yang cukup panas pula. Tetapi, tenang kamu tidak perlu risau karena di sini sudah tersedia minuman pelega rasa dahaga. Ada Es Dawet jabung yang rasanya begitu nikmat luar biasa.

Es ini berisi cendol, nangka, bubur ketan, gempol, yang disiram dengan kuah santan, gula merah atau juga air gula yang ditambah dengan garam sedikit. Disajikan dengan mangkok kecil dan saat airnya masuk ke tenggorokan rasanya, sangat melegakan.

20. Jenang Ponorogo

foto: https://www.instagram.com/tamitawibisono/

Berada di kota ini akan terasa kurang bila belum membawa oleh-oleh berupa jenang. Dimana, ada beberapa rasa yang bisa kamu nikmati. Mulai dari rasa original hingga rasa buah-buahan yang begitu nikmat. Harga jualnya pun tidal terlalu mahal dimana, 3 onsnya dijual dengan harga 17 ribu rupiah. Ada pula wajik yang terbuat dari ketan yang rasanya manis nan lembut.

Akhirnya perjalanan menyusuri tempat wisata di Ponorogo sudah usai. Keindahan yang ditawarkan memang tidak kalah dengan pesona di kota lainnya. Tidak salah bila tempat ini kamu jadikan sebagai tempat wisata disaat datang hari libur. Ingat, ponorogo tidak sabar menanti kedatanganmu.

Review Wisata Ponorogo

100%
Terbaik
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.