25 Tempat Wisata di Kediri Terbaru

Tempat wisata di Kediri saat ini tumbuh dan berkembang seperti destinasi liburan di berbagai kota besar. Kota yang dikenal dengan produksi tahunya ini memang memahami benar kebutuhan masyarakat yang seakan tidak pernah henti-hentinya mengeksplore keindahan negeri ini. Mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar sekalipun.

Kota Kretek ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tanpa kita sadari, pesona Kediri yang tidak memiliki pantai mampu menghipnotis dengan Gunung Kelud yang menjadi ikon wisata.

Masih ingat dalam benak kita dimana, gunung ini pernah mengalami erupsi dahsyat dimana abunya, menjadikan beberapa kawasan tertutup oleh Abu Vulkanik.

Tidak hanya itu saja, peninggalan-peninggalan berupa candi juga cukup menarik untuk dinikmati. Keunikan Kediri, bisa anda lihat di salah satu kampung yang mewajibkan anda untuk berbahasa Inggris. Menarik sekali bukan berlibur di kota Kretek ini.

Mengenal Kediri

objek wisata di Kediri terbaru
foto: https://www.instagram.com/rizalluhur/

Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai dunia pariwisatanya. Kita  mengenal dahulu bagaimana sejarah kota ini terbentuk. Karena, kata pepatah bila, tak kenal maka tak sayang.

Setelah berakhirnya kerajaan Jenggala, ada kerajaan lagi yang berdiri bernama panjalu, dimana ibu kotanya terletak di Dhoho atau yang akan kita kenal saat ini dengan nama Kediri.

Kemudian, pada abad ke 11 lahirlah kerajaan kadiri yang dipimpin oleh Sri Jayawarsa yang memerintah pada tahun 1104 hingg 1115 masehi.

Pemberontakan yang terjadi oleh golongan pendeta merupakan awal dari runtuhnya kerajaan Kadiri, dan berpindah menjadi kerajaan Singosari.

Kerajaan ini berkembang pesat tetapi juga runtuh dan dipegang kendali oleh pemerintahan belanda. Dengan mendirikan resident di Kediri. Setelah runtuhnya kejayaan Belanda di Indonesia, Jepang yang mengambil alih menambah beberapa wilayah untuk menjadi bagian dari Kediri.

Hingga, akhirnya, kota ini pun berdiri dengan seorang walikota. Hari Jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 27 Juli 879. Masih belum tahu pasti mengapa tanggal dan tahun ini diambil. Tetapi, bila dilihat dari perjalanan sejarah, tahun ini diambil sebagai tahun berdiri kerajaan jenggala yang menjadi titik awal berdirinya Kadiri.

1. Gunung Kelud

objek wisata di Kediri terbaru
foto: https://www.instagram.com/belanabila98/

Alamat: Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week End Rp 10.000,-
Tiket Masuk Week Day Rp 5.000,-
Mobil Wisata Rp 15.000,-
Flying Fox Rp 25.000,-
ATV Rp 50.000,-
Ojek Ke Kawah Rp 50.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Baiklah, langsung saja kita mulai penjelajahannya. Dimana, kita akan mengeksplore keindahan Gunung Kelud.

Wisata Kediri dan sekitarnya ini memang mempunyai daya magis yang luar biasa. Hampir semua wisatawan tergoda untuk datang mengunjungi setiap spot yang ditawarkan.

Spot yang mungkin bisa anda rasakan pertama kali adalah tanjakan misteri atau jalan misteri. Keunikannya adalah, tanpa anda injak gas, mobil ini akan naik dengan sendirinya.

Oleh karena itu, di sini anda akan menemukan sebuah papan yang menyarankan untuk tetap menyalakan mesin dan menaruhnya di posisi netral.

Bagi anda yang lelah dengan segala aktifitas, anda bisa menikmati air panas gunung kelud yang menghadirkan relaksasi yang luar biasa yang menyatu dengan aliran sungai.

Pesona lainnya yang bisa anda nikmati di Gunung kelud adalah wahana ATV dan juga Flying Fox. Anda akan melintas di lintasan dengan panjang 100 meter.

Bagi anda yang menyukai tantangan tidak ada salahnya untuk menikmati wahana ini. Terakhir, anda bisa berkunjung ke atas puncaknya dan melihat isi kawah kelud yang sampai saat ini masih aktif, dan siap meletus lagi.

Di atas sini, anda bisa melihat danau kawah yang cukup menarik. Terdiri dari tiga puncak yaitu kelud, sumbing, dan gajah mungkur.

Anda bisa menikmati keindahan sunset dan juga sunrise yang mengesankan dari puncak ini. ada ojek yang siap untuk mengantar anda.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 1 Jam 15 Menit 41,8 kilometer Jl. Raya Wates – Kediri
Terminal kediri 1 Jam 17 Menit 44,1 Kilometer Jl. Raya Wates – Kediri

2. Gumul Paradise Island Kediri

obyek wisata di Kediri jawa timur
foto: https://www.instagram.com/phiuphiu_/

Alamat: Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Kecamatan  Ngasem, Kota Kediri, Jawa TImur 64182

Jam Buka:

  • Senin Tutup
  • Jumat : 10:00 – 17:00
  • Selasa – Kamis 09:00 – 17:00
  • Sabtu – Minggu 08:00 – 17:00

No. Telp: 0354 671155

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week End dan Hari Libur Nasional Rp 45.000,-
Tiket Masuk Week Day Rp 40.000,-
Sewa Loker Rp 10.000,-
Sewa Pelampung Rp 10.000 (Singgle) Rp 15.000,- (Double)
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Tempat wisata anak di Kediri ini menghadirkan berbagai macam wahan seru mulai dari air dan non air. Banyak wisatawan yang sudah mengunjungi kawasan ini akan ketagihan,

Permainan yang disuguhkan mulai dari scarry house, 3D Studio art, Jungle Advanture, Flying fox, dan bioskop 4D. Sementara, untuk wahana airnya anda akan disuguhkan dengan kolam air.

Ada yang untuk balita dengan kedalama 20 centimeter, untuk anak-anak 80 centimeter. Mau seru-seruan lagi, anda bisa menikmati slide dengan tinggi 10 meter.

Jangan lupakan pula, untuk mencoba slider yang unik yang diberi nama fun boomerang. Dimana, tingginya kurang lebih 15 meter. Tidak hanya untuk dewasa saja, anak-anak pun juga diberikan wahan slide dengan tinggi 8 meter.

Mau mengelilingi seluruh area Gumul paradise? Anda hanya perlu pergi ke kolam arus. Ada panjang lintasan 350 meter dengan kedalam 1,4 meter. Tidak perlu bersusah payah untuk berenang, cukup ikuti saja arusnya hingga sampai garis finish.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 20 Menit 8 Kilometer Jl. Timur Makam
Terminal Kediri 26 Menit 11,8 Kilometer Jl. Raya Kediri – Plosoklaten

 3. Gereja Puhsarang

obyek wisata di Kediri jawa timur
foto: https://www.instagram.com/rendra.wekwek/

Alamat: Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kediri, Jawa Timur, 64161

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Gereja ini berada di lereng kaki gunung wilis yang mempunyai suhu kurang lebih 25 derajat celcius. Sehingga, saat anda tiba disini, anda akan disambut dengan kehangatan dan keramahan suhu udaranya yang tidak dimiliki tempat lainnya.

Objek wisata ini dibangun oleh  Romo Jan Wolters CM dibantu oleh Ir. Henricus, Maclaine Pont pada tahun 1936.

Bila anda lihat secara mendalam, gereja ini menggambarkan dua kebudayaan sekaligus menjadi satu kesatuan yaitu jawa dengan majapahitnya dan juga katolik.

Suasana dan nuansanya membuat hati yang panas langsung menjadi sejuk seketika. Sehingga, siapa pun yang berkunjung ke tempat ini pasti akan enggan untuk segera pergi.

Didalamnya terdapat goa maria yang merupakan replika dari Goa Louders yang berada di prancis. Tinggi goa ini sendiri mencapai 18 meter dengan tinggi patung yang mencapai 35 meter Keunikan lainnya, bisa anda nikmati di sisi patung yang  terdapat tulisan bahasa belanda.

Disini pula anda bisa melihat relief yerusallem dan juga galgota, tempat yesus kristus di salib. Selain itu, anda juga panggung hiburan yang biasanya akan menampilkan pertunjukkan drama.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 21 Menit 8,6 kilometer Jl. Argowilis
Terminal Kediri 8 Menit 4,2 kilometer Jl. Argowilis dan Jl.  Raya Puhsarang

4. Sate Bekicot Kediri

 wisata Kediri dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/ayam_guling_yudistira/

Alamat: Kecamatan Plosoklaten, kecamatan wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Per porsi Rp 10.000,-
Per kilo Rp 40.000,-
Keripik bekicot 200 Gram Rp 50.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Rasanya belum ke Kediri kalau belum mencoba sate bekicot yang rasanya benar-benar menggoda lidah anda.

Mungkin, saat anda membayangkan bentuk atau hewannya tampak menggelikan tetapi, saat anda mencicipinya rasanya sungguh juara. Semua yang terbayang-bayang dikepala seakan runtuh dan berubah menjadi makanan nan lezat.

Daging bekicot ini biasanya diolah dalam berbagai macam masakan. Seperti, sate yang dilumuri dengan saus kacang, bisa juga diolah dengan sambel goreng krengsengan.

Bisa juga digoreng dan dijadikan keripik. Anda pun bisa membelinya dalam bentuk mentah dan diolah sendiri di rumah.

Jangan khawatir, walau mentah, anda sudah terima dalam keadaan bersih. Jadi, tidak perlu untuk membersihkannya lagi di rumah.

Salah satu alasan mengapa kuliner ini menjadi nikmat adalah bumbu yang digunakan sangat cocok. Seakan sudah meresap ke dalam daging sehingga, saat masuk mulut. Rasanya langsung menggelegar.

5. Gunung Klotok

tempat wisata alam di Kediri
foto: https://www.instagram.com/putri.anggi/

Alamat: Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Dewasa Rp 4.000,-
Tiket Masuk Anak-Anak Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Gunung ini memang tidak terlalu tinggi, hanya 536 mdpl. Tetapi, apa yang disuguhkan cukup membuat anda tertegun. Wisata di daerah Kediri ini terdiri dari dua kata Kolo dan Tok.

Nama Kolo artinya adalah bahaya dan tok yang berarti saja. Bila anda lihat dari kejauhan, anda akan melihat seperti seorang putri yang sedang tertidur. Sehingga, disebut juga dengan si cantik tidur.

Puncak dari Gunung Klotok ada dua yaitu Puncak Klop yang berada di tengah dan Watu Bengkah yang berada di selatan.

Mendaki ke puncaknya, tidak perlu memerlukan waktu yang panjang cukup 2 jam hingga 3 jam saja anda sudah bisa berdiri diatas puncaknya.

Menariknya, dari pos 1 kita sudah harus menentukan mau kemana kita melangkah. Apakah ke klop atau ke watu bengkah.

Jalanann yang harus anda lewati adalah perbukitan dengan hamparan pepohonan yang cukup luas. Atau bisa juga melalui belakang goa selo mangleng yang juga terdapat jalan tersembunyi yang  cukup menarik untuk di coba.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 35 Menit 14,9 Kilometer Jl. Kertosono – Kediri
Terminal Kediri 32 Menit 14,5 Kilometer Jl. Dr. Sahardjo

6. Candi Tegowangi

tempat wisata alam di Kediri
foto: https://www.instagram.com/mustofa_2/

Alamat: Dusun Candirejo, Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, 64155

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Obyek wisata di Kediri jawa timur ini berupa candi yang konon katanya merupakan peninggalan kerajaan majapahit.

Candi ini terbuat dari batuan andesit yang sayangnya, sudah runtuh sehingga, kita hanya bisa melihat bagian kakinya saja. Walau begitu, tidak mengurangi keindahan dari Objek wisata ini.

Sedangkan apa yang kita lihat saat ini adalah hasil dari pemugaran yang pernah dilakukan pada tahun 1983 hingga 1984.

Didirikan pada masa kerajaan majapahit yang sayangnya, dalam prasasti negerakertagama tidak disebutkan kapan berdirinya. Sehingga, banyak peneliti hingga saat ini hanya bisa mengira saja dari beberapa sumber yang coba dikumpulkan.

Hingga akhirnya diputuskan bahwa objek wisata ini sendiri didirikan untuk pendharmaan Bhre Matahun atau kerabat hayam wuruk yang meninggal pada tahun 1310 saka.

Walau sudah tidak utuh, anda masih bisa melihat bagaimana relief ini berbicara mengenai sebuah kisah sudamala. Hanya saja, kisah ini belum sepenuhnya selesei, karena bagian akhirnya belum terpahat.

Kisah ini menceritakan tentang  Bathari Durga dan para pandawa. Dimana ibunda mereka dewi kunthi meminta perlindungan dalam perang bharatayuda. Lantara dua raksasa kalantaka dan kalanjaya membantu kurawa.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 44 Menir 24,1 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare
Terminal Kediri 49 Menit 28,3 Kilometer Jl. Pamenang

 7. Tempat Wisata Pagora Kediri

tempat wisata anak di Kediri
foto: https://www.instagram.com/_milla.18/

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 1,2,3, Banjaran, Kota Kediri, Jawa TImur, 64129

Jam Buka:

  • Senin – Jumat 07:00 – 18:00
  • Sabtu dan Minggu 06:00 – 18:00

No. Telp: 0354 683286

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Dewasa Rp 9.000,-
Tiket Masuk Anak-Anak Rp 6.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Objek wisata selanjutnya adalah Paggora Kediri yang menghadirkan wahana taman dan kolam renang yang menyenangkan untuk dinikmati. Tidak hanya bagi anak-anak saja, melainkan orang dewasa pun juga bisa.

Perlu anda ketahui bahwa paggora ini adalah taman dan kolam renang pertama yang di bangun di Kediri pada 14 juli 1963. Sudah cukup lama memang, kawasan ini menjadi sarana hiburan bagi seluruh masyarakat Kediri.

Di pintu masuknya, anda akan di sambut dengan tokoh punokawan. Ada begitu banyak permainan yang bisa anda dan anak anda nikmati.

Seperti, mandi bola, kolam pancing,  perahu bebek,  kereta kelinci,  mini zoo, dan area outbond yang sangat menyenangkan.

Disini, anda juga bisa melihat panggung kesenian dimana, di hari-hari tertentu anda akan dipertontonkan pertunjukan live music dengan menghadirkan band lokal ataua juga band indie.

Bermain air memang membuat rasa lapar pasti akan menyerang. Tenang, saja anda bisa menikmati berbagai menu makanan yang nikmat di stand makanan yang sudah tersedia.

Dari segi kebersihan, tempat ini memang terjamin. Dari segi cita rasa bisa dikatakan cukup untuk menu yanag dihidangkan. Tempatnya, juga cukup nyaman, apalagi anda yang membawa keluarga.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 12 Menit 3,6 Kilometer Jl. Imam Bonjol
Terminal Kediri 17 Menit 7,2 Kilometer Jl. Sahardjo

8. Kontoriver Rafting

 tempat wisata anak diKediri
foto: https://www.instagram.com/alexzierden/

Alamat: Desa Kediri Siman, Kecamatan Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, jawa Timur

Jam Buka: 09:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 199.000
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tidak hanya di magelang saja anda bisa menikmati arung jeram, menembus sungai yang memiliki arus deras. Tetapi, di Kediri anda juga bisa melakukannya di sungai konto.

Ruas alirannya mencapai 6 kilometer dengan jarak 12 kilometer. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pesona bebatuan dan juga tebing-tebing yang tampak mengesankan.

Disini, anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti rescue team,  welcome drink, guide makan siang prasmanan, kendaraan pengangkut dan peralatan keamaan seperti perahu, dayung,  helm pelampung dengan standar keamanan sudah berkelas internasional.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 1 jam 11 menit 38,8 kilometer Jl. Raya Kediri – pare
Terminal Kediri 1 jam 17 menit 44,2 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare

9. Bukit Gandrung

tempat wisata keluarga di Kediri
foto: https://www.instagram.com/anggakriss/

Alamat: Desa Medowo. Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Jam Buka: 06:00 – 22:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata baru di Kediri ini menghadirkan pesona alam dari atas ketinggian. Perbukitan yang terhampar luas di depan mata menjadi daya tarik yang tidak bisa dibantahkan. Tidak hanya oleh mata tetapi, oleh jiwa yang terkadang sedang terluka oleh dunia.

Disini, anda akan disuguhkan dengan keindahan pohon raksasa buatan yang bisa anda naiki. Biasanya, di tempat inilah wisatawan melakukan selfi-sefi.

Tidak hanya sampai disitu saja, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan nan elok gazebo-gazebo yang berjajar rapi.

Gazebo ini sengaja di bangun untuk anda yang mungkin ingin duduk-duduk dan beristirahat. Diatas ketinggian 700 mdpl merasakan semilir angin yang berhembus dingin, membawa kesejukan yang tak pernah bisa anda rasakan di tempat lain.

Untuk mencapai kawasan ini memang tidak mudah, dibutuhkan kehati-hatian karena, jalanan yang licin apalagi, setelah musim penghujan.

Setelah puas menikmati pesonanya, jangan lupa untuk berkunjung ke agrowisata durian dan manggis yang menjadi tanaman wajib warga medowo.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 1 Jam 10 Menit 46,5 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare
Terminal Kediri 1 Jam 14 Menit 49,8 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare

10. Kediri Waterpark

tempat wisata keluarga di Kediri
foto: https://www.instagram.com/ditro3/

Alamat: Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, kabupaten Kediri, jawa Timur 64161

Jam Buka:

  • Jumat Tutup
  • Sabtu – kamis 09:00 – 17:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Non Terusan
Week Day Rp 35.000,-
Week End Rp 49,000,-
Anak Rp 15.000,-
Tiket Masuk Terusan
Week Day Rp 45.000,-
Week End Rp 69.000,-
Anak Rp 35.000,-
Lansia Rp 15.000,-
Sewa Ban Rp 10.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Tempat wisata keluarga di Kediri memang wajib untuk anda kunjungi. Lantaran, disini anda akan disuguhkan dengan water slide yang memiliki panjang kurang lebih 206 meter dengan tingginya mencapai 350 meter.

Membacanya saja, sudah bisa anda bayangkan bukan, betapa serunya meluncur dari waterslide tersebut.

Tidak hanya waterslide saja yang bisa anda nikmati disini, melainkan kolam renang anak yang memiliki kedalaman 20 cm hingga 30 cm.

Adalagi tower slide, salah satu slider lain yang wajib anda nikmati. Tersedia pula, kolam arus yang cukup tenang yang akan membawa anda menikmati keadaan sekeliling.

Selain itu, untuk anak-anak juga sudah dipersiapkan kolam sekoci dilengkapi dengan slide mini yang pastinya seru dan buat anak anda betah untuk berlama-lama.

Selain wahana air, anda juga bisa menikmati wahana non airnya seperti, Gajah terbang, helicopter mini, helicopter tunggal, toother, komedi putar. Mini coaster, ontang-anting, bianglala mini dan masih banyak lagi.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 20 Menit 10,5 kilometer Jl. Argowilis
Terminal Kediri 11 Menit 6,2 Kilometer Jl. Argowilis

 11. Sumber Ubalan

tempat menarik di Kediri
foto:https://www.instagram.com/kokotrisilo/

Alamat: Dusun Sagi, Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Pemandian air Rp 10.000,-
Umbalan Waterpark Rp 8.000,-
Sepeda Air Rp 10.000,-
Perahu mesin Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Objek wisata ini adalah sumber mata air yang dikelilingi oleh taman yang luasnya mencapai 12 hektar.

Konon katanya, tempat ini terdapat sebuah cerita misitis yang terkandung didalamnya. Tentang kisah cinta antara jaka gendam dan pemaisuri adipati panjer. Waktu itu, jaka gendam meminta hadiah permaisuri lantaran adipati yang kalah judi.

Karena tidak setuju dengan permintaannya, jaka gendam pun membawa pemisuri dan terjun ke sebuah air sungai.

Lama tak muncul, tiba-tiba air sungai itu pun mubal. Sehingga, kawasan ini disebut dengan ubalan.

Mitos lain menyebutkan dilarang untuk memancing di sini. bisa-bisa anda mati atau akan ketiban sial. Selain mitos yang buruk, sumber ubalan juga mempunyai yang baik dimana, airnya membuat anda awet muda dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tidak hanya dengan airya saja, anda juga akan disuguhkan dengan pesona wahana permainan yang cukup lengkap

Pesona lain yang bisa anda nikmati adalah hadirnya flora dan fauna yang cukup lengkap yang bisa anda jadikan hiburan tersendir.

Selain itu, disini juga sudah menyediakan sarana untuk pertemuan, kegiatan outbond untuk anak sekolah yang mungkin bisa anda manfaatkan.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 34 menit 22,2 Kilometer Jl. Raya Kediri – Plosoklaten
Terminal Kediri 38 menit 25,5 Kilometer Jl. Raya Kediri – Plosoklaten

12. Sumber sugih waras

wisata Kediri hits
foto: https://www.instagram.com/adipatifoto/

Alamat: Jl. Thamrin, Krajan, Dukuh, kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, jawa Timur 64171

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat Wisata di Kediri ini masih seputaram air dan juga sumber mata air. Hanya saja, tidak terlalu luas.

Sebelum dijadikan sebagai kawasan objek wisata, Sumber sugih waras ini digunakan untuk mencuci pakaian dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tetapi, setelah dikelola dengan baik, anda mulai disuguhkan dengan terapi ikan Garra Rufa yang ankan menggigit sel-sel kulit mati anda.

Wahana outbond pun juga sudah disediakan di tempat ini, dimana anda akan disuguhkan dengan flying fox, area merayap jaring laba-laba, sarana ATV, jembatan goyang dan masih banyak lagi.

Disini pula dimanfaatkan beberapa warga untuk agrowisata dengan menjual bibit tanaman dan juga buah.

Untuk makanan anda tidak usah takut karena sudah tersedia berbagai macam menu yang siap menggoyang lidah anda. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi tempat ini saat berada di Kediri.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 20 Menit 12,3 Kilometer Jl. Sersan Suharmaji
Terminal Kediri 22 menit 13,7 Kilometer Jl. Sersan Suharmaji

 13. Goa maria pohsarang

wisata Kediri hits
foto: https://www.instagram.com/desya_ong/

Alamat: Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Jam Buka:  24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp Free
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Disinilah tempat dimana, anda bisa menyaksikan bagaiamana diroama yesus yang disalib. Selain itu, disini pula anda bisa mendapatkan air suci yang bisa anda gunakan sebagai oleh-oleh. Konon kataanya, berdoa di tempat ini semua permintaan dan doa yang terpanjatkan akan terkabul.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Terminal Kediri 8 Menit 4,5 Kilometer Jl. Argowilis dan Jl. Puhasarang
Stasiun Kediri 17 Menit 8,8 Kilometer Jl. Argowilis

14. Candi Surowono

wisata baru di Kediri
foto: https://www.instagram.com/ok.kampunginggris/

Alamat: Surowono, Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Satu lagi peninggalan candi yang sampai saat ini bisa anda nikmati di kota kretek ini adalah Candi Surowono.

Bila dilihat, bangunannya didominasi batu bata merah memiliki luas kurang lebih 7,8  meter x 7,8 meter x 4,72 meter.

Menurut catatan sejarahnya, Candi Surowono ini didirikan pada tahun 1400 dibangun untuk pendarmaan bhre wrengker

Tidak hanya digunakan sebagai sarana edukasi saja, objek wisata ini terkadang juga digunakan sebagai tempat ritual adat warga bali yang terkadang mengunjungi tempat ini.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 41 Menit 29,3 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare
Terminal Kediri 46 Menit 32,9 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare

15. Air Terjun Irenggolo Kediri

wisata di daerah Kediri
foto: https://www.instagram.com/hendra_uchiha/

Alamat: Jalan Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur 64162

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 7.000,-
Flying Fox Rp 10.000
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat wisata alam di Kediri ini menyajikan suasana yang sangat sejuk, indah dan menawan hati. Dimana, selain bisa menikmati air terjunnya, anda juga bisa mendirikan tenda di tempat ini lho.

Tidak ketinggalan pula, pesona wahana Flying fox yang tidak akan pernah bisa anda lewatkan. Menariknya lagi, anda yang memutuskan camping disini tidak perlu takut soal makan. Karena, sudah tersedia warung yang siap menyajikan anda berbagai macam makanan.’Seperti nasi krawu atau juga nasi goreng yang super nikmat.

Di sekitar lokasi anda juga bisa menikmati hamparan luas perkebunan kopi arabika yang mempunyai cita rasa yang tidak usah diragukan lagi.

Bagi anda yang datang atau ingin berkemah di musim penghujan, disarankan untuk berhati-hati karena, sering terjadinya kabut yang membuat pandangan kurang begitu jelas.

Air terjunnya sendiri mencapai 80 meter dengan sudut kemiringan 45 derajat. Bentuknya memang mirip seperti tangga.

Menariknya lagi di kawasan ini adalah upacara adat yang diberi nama sesaji tiro husodo yang sering dilakukan oleh warga bisa anda saksikan tanpa dipungut biaya tambahan.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 45 Menit 24,2 Kilometer Jl. Argowilis
Terminal Kediri 36 Menit 19,8 Kilometer Jl. Argowilis

16. Air Terjun Dolo

wisata di daerah Kediri
foto: https://www.instagram.com/nosy_sanggela/

Alamat: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Wojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, 64162

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Setelah puas menikmati air terjun irenggolo, tidak ada salahnya anda menikmati objek wisata yang masih berada di satu kawasan yaitu Air terjun Dolo yang menyajikan pesona yang luar biasa.

Berada di lereng gunung wilis dengan ketinggian 125 meter membuat objek wisata ini sekan cukup menggiurkan untuk dikunjungi. Debit airnya yang deras seakan ingin mengisyaratkan kepada wisatawan bahwa, kawasan ini memiliki sesuatu yang patut untuk dinikmati.

Pesona air terjun dolo bisa anda perjuangkan dengan pemandangan yang mengesankan hutan pinus yang seakan tidak akan pernah ada habisnya.

Menuju ke objek wisata ini anda harus berjalan kurang lebih 1 kilometer dari area parkir. Sehingga, siapkan benar-benar fisik anda.

Nama dolo sendiri diambil dari sebuah cerita. Dimana, dahulu di tempat ini terdapat sebuah pohon besar yang diatasnya menggantung sebuah benda yang bisa menghilang dan kembali lagi. Sehingga muncullah nama dolo yang artinya adalah tergantung

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 54 Menit 28 kilometer Jl. Slamet
Terminal Kediri 43 Menit 23,7 Menit Jl. Slamet

17. Goa Selomangleng

lokasi wisata di Kediri
foto: https://www.instagram.com/bendottetapsemangat/

Alamat: Jl. Mastrip No.1, Kecamatan Mojoroto, kabupaten Kediri, Jawa TImur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 4.000,-
Kolam renang Rp 4.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Bagi anda yang sudah mencapai puncak di gunung klotok, anda bisa turun dan melihat bagaimana keindahan Goa Selomangleng yang namanya cukup terkenal di kalangan wisatawan kediri.

Menurut cerita warga sekitar, goa selomangleng adalah tempat pertapaan dewi kalisuci yang merupakan putri mahkota dari raja Airlangga.

Menariknya, dewi kalisuci ini rela untuk tidak menikah hanya untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 13 Menit 5,7 Kilometer Jl. Veteran dan Jl. Selomangleng
Terminal Kediri 8 Menit 4,2 Kilometer Jl. Dr Sahardjo dan Jl. Selomangleng

18. Masjid Agung Kediri

 

lokasi wisata di Kediri
foto: https://www.instagram.com/herman_asli/

Alamat: Jl. Panglima Sudirman No.160, Kampung Dalem, Kota Kediri, Jawa Timur, 64126

Jam Buka: 24 Jam

No. Telp: 0354 695034

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Lokasi wisata di Kediri ini mempunyai nilai sejarah yang cukup tinggi.berdiri sejak tahun 1770 masehi.

Dilakukan pemugaran pada tahun 1830, 1841, 1928, sebelum menggunakan nama masjid ageng Kediri, nama dari masjid ini adalah jami.

Pemugaran berlanjut lagi, dimana di tahun 1976 ada penambahan fasilitas untuk menara yang berada di sisi sebelah kanan dengan ketinggian mencapai 49 meter dengan air mancur yang berada persis di depan menara.

Kemudian, di tahun 1987 sebuah kubah yang terbuat dari kayu pun diganti dengan cor sehingga tampak lebih kokoh.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 4 Menit 1,4 Kilometer Jl. Dhoho dan Jl. Panglima Sudirman
Terminal Kediri 7 Menit 2,9 Kilometer Jl. Semeru dan Jl. KH. Agus Salim

19. Kebun Bunga Matahari

objek wisata di Kediri terbaru
foto: https://www.instagram.com/harmonikediri/

Alamat: Jl. Selomangleng, No. 143, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64155

Jam Buka: 06:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Buah Labu Rp 10.000,- – Rp 15.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat menarik di Kediri ini berupa kebun bunga matahari yang cukup menawan dan menghadirkan kawasan yang instagenic.

Luas lahannya kurang lebih 900 meter. Bentuknya melingkar yang seolah mengikuti arah matahari.

Menariknya disini, anda bisa membeli buah labu yang sengaja dijual oleh warga sekitar. Kehadiran buah ini cukup membantu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 13 Menit 5,3 Kilometer Jl. Veteran dan Jl. Selomangleng
Terminal Kediri 7 Menit 3,8 Kilometer Jl. Dr. Sahardjo dan Jl. Selomangleng

 20. Bukit Ongakan

obyek wisata di Kediri jawa timur
foto: https://www.instagram.com/andylaaw/

Alamat: Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kediri, Jawa Timur 64293

Jam Buka: 06:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Perbukitan Kediri memang menyimpan berbagai macam keindahan yang sayang untuk anda lewatkan. Objek wisata ini terletak di lereng gunung kelud.

Anda juga bisa menikmati keindahan pohon pinus yang sangat memukau. Selain pinus, anda juga bisa menikmati gardu-gardu yang berjajar cukup rapi.

Menuju ke objek wisata ini anda memerlukan kekuatan yang cukup tinggi lantaran, perjalanannya memang tidak pernah mudah. Tetapi, jangan menyerah terlebih dahulu. Karena, keindahannya mampu mengalihkan rasa lelah anda.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 1 Jam 24 Menit 40,6 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare
Terminal Kediri 1 Jam 28 Menit 44,4 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare

21. Taman Hijau SLG

obyek wisata di Kediri jawa timur
foto: https://www.instagram.com/_pashanaa_/

Alamat: Jl. Raya Kediri –Plosoklaten No.163, Dadapan, Sukorejo, kecamatan Ngasem, Kota Kediri, Jawa Timur 64182

Jam Buka: 07:00 – 23:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Objek wisata di Kediri terbaru ini tidak jauh dari simpang lima gumul dimana, anda bisa menikmati suasana yang benar-benar berbeda dari biasanya.

Tempat ini sudah ditumbuhi beberapa rumput kecil yang menarik serta, aliran sungai yang membuat suasanan menjadi sangat asri.

Waktu yang paling tepat menikmati kawasan ini adalah sore hari, dimana pesona semilir angin sepoi-sepoi bisa anda nikmati sendiri atau bersama dengan teman anda.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 19 Menit 7,6 Kilometer Jl. Timur Makam
Terminal Kediri 23 Menit 11,4 kilometer Jl. Raya Kediri – Pare

 22. Kampung Inggris Pare Kediri

wisata Kediri dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/desatulungrejo/

Alamat: Jalan Kamboja, Kampung Inggris Pare, Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kota Kediri, Jawa Timur

Jam Buka: 09:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Harga  Kursus
Speaking Rp 120.000,- hingga Rp 650.000,-
Pronuncation Rp 120.000,- hingga Rp 150.000,-
Vocabulary Rp 80.000,- hingga Rp 150.000,-
Listening Rp 120.000,- hingga Rp 225.000,-
Gramar Rp 90.000,- hingga Rp 300.000,-
Toefl Rp 120.000,- hingga Rp 700.000,-
Ielts Rp 225.000,- hingga Rp 395.000,-
Les+Camp Rp 450.000,- hingga Rp 1.125.000,-
Biaya Kost Rp 250.000,- hingga Rp 400.000,-
Harga Makanan Mulai dari Rp 5.000,-

Iniah dia yang menjadi keunikan dari Kediri. Dimana, kampung inggris ini anda bisa hidup disana dan menikmati berbagai macam kursus bahasa inggris.

Disana, anda tidak diperkenankan untuk berbicara bahasa Indonesia. Hal inilah yang membuat anda bisa dengan fasih dan cepat dalam berbicara bahasa Inggris.

Ada beberapa paket yang bisa anda pilih. Menariknya hampir semua warga ramah-ramah sehingga, tinggal di tempat ini untuk beberapa hari akan tidak terasa.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 44 Menit 24,4 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare
Terminal Kediri 48 Menit 28,2 Kilometer Jl. Raya Kediri – Pare

23. Alun-Alun Kediri

tempat wisata alam di Kediri
foto: https://www.instagram.com/misbah_ahyar/

Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Kp. Dalem, Kecamatan Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur, 64219

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Tempat menarik selanjutnya adalah Alun-Alun Kediri yang tampaknya menjadi kunjungan wisata paling menarik yang berada di wilayah perkotaan. Dapat dijangkau dengan transportasi umum.

Ciri khas utama dari objek wisata ini adalah  monumen emas patung mayor bismo. Beliau adalah seorang pahlawan yang mampu mengusir belanda dan juga melucuti senjata jepang.

Selain itu, anda bisa menikmati bagaimana kemegahan masjid agung yang benar-benar mempesona.

Untuk urusan perut anda tidak perlu khawatir, karena di tempat ini sudah tersedia berbagai macam menu kuliner yang bisa anda nikmati. Dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Alun-Alun Kediri juga dekat dengan pusat perbelanjaan di Kediri sehingga, anda bisa pergi kemana pun anda mau setelah puas selfi-selfi di tepat ini.

Kalau anda sudah menikmati suasanan pagi hingga sore, jangan lupa untuk menikmati suasana malamnya yang tidak kalah mengesankannya.

Fasilitas terakhir yang bisa anda manfaatkan adalah arena olahraga yang tidak perlu membayar. Cukup hemat bukan.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 7 Menit 3 Kilometer Jl. Semeru dan Jl. KH. Agus Salim
Terminal Kediri 4 Menit 1,3 Kilometer Jl. Dhoho dan Jl. Panglima Sudirman

24. Monumen Simpang Lima Gumul

tempat wisata alam di Kediri
foto: https://www.instagram.com/sicori_2004/

Alamat: Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kediri, jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Wisata Kediri hits ini menjadi ikon yang tidak boleh anda lewatkan sedikit pun. Karena, mempunyai keindahan yang pasti anda sendiri juga sudah tahu. bahwa bangunan ini mirip dengan L’arch de triomphe yang ada di prancis. Hanya saja, keduanya mempunyai filosofi yang berbeda.

Bila anda mendekati monumen ini anda akan melihat beberapa gambar relief yang menjadi gambaran masyarakat Kediri zaman dahulu.

Disini, anda juga bisa melihat arca ganesha yang menurut cerita menjadi patung penolak bala. Anda juga bisa menikmati terowongan bawah tanah yang dibangun untuk memudahkan akses wisatawan.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 18 Menit 7,3 kilometer Jl. Timur Makam
Terminal Kediri 22 Menit 11,2 Kilometer Jl. Raya Kediri – Plosoklaten

 25. Kampoeng Anggrek

tempat wisata anak diKediri
foto: https://www.instagram.com/fadjar_96/

Alamat: Ringinsari, Sempu, Ngancar, Kota Kediri, Jawa TImur 64291

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 8.000,-
Wahana Mobil kayu Rp 10.000,-
Harga Bunga Anggrek Rp 30.000,- – Rp 800.000-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Anggrek adalah bunga paling indah di dunia. Siapa pun menyukai bentuknya yang memang menawan dan mempesona. Baik lelaki maupun wanita, tua maupun muda.

Nah, di kota tahu ini, anda bisa menikmati kampoeng anggrek yang menghadirkan berbagai macam jenis bunga-bunga nan mengesankan.

Luasnya, mencapai 400 hektar. Sudah dibayangkan bukan, betapa besarnya kawasan ini. Jumlahnya mencapai 20 spesies dengan ribuan tanaman yang benar-benar membuat anda enggan untuk berkedip.

Bagi anda pecinta anggrek, tempat ini memang wajib anda kunjungi, selain bisa menikmatinya anda juga bisa membelinya dengan harga yang sudah ditentukan.

Estimasi Waktu dan Jarak yang Harus Ditempuh
Berangkat Dari Estimasi Waktu Jarak ke Lokasi Melalui Jalan
Stasiun Kediri 52 Menit 32,6 Kilometer Jl. Raya Wates – Kediri dan Jl Wates Ngancar
Terminal Kediri 1 Jam 5 menit 42,1 kilometer Jl. Raya Mojo

Makanan dan Oleh-Oleh Khas Kediri

Sudah puas menikmati berbagai macam keindahan dan pesona di Kediri , saatnya anda akan kami ajak untuk menikmati berbagai macam menu kuliner yang membuat lidah anda menggoda.

Bila diatas tadi anda sudah menikmati sate bekicot saatnya anda untuk menikmati nasi pecel tumpang.

Nasi ini merupakan perpaduan antara pecel yang dicampur dengan tumpang. Makanan ini disajikan di atas pincuk.

Kenikmatan dari makanan ini adalah perpaduan rasa yang seakan meledak-ledak dimulut yang membuat siapa pun yang memakannya ingin nambah lagi dan lagi.

Nah, berbicata mengenai oleh-olehnya sendiri memang beragam dan banyak sekali yang bisa anda bawa pulang untuk oleh-oleh.

Salah satunya adalah tahu yang menjadi ciri khas dari Kediri. Mulai dari stik tahu, tahu pong,  tahu kuning yang cita rasanya memang tidak akan mengecewakan anda.

Akhirnya, sampai disini perjalanan kita di tempat wisata di Kediri yang bisa dihadirkan untuk anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Review Wisata Kediri

100%
Terbaik untuk Liburan
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.