Review Destinasi Watu Cenik Wonogiri

Destinasi watu cenik adalah sebuah tempat wisata bukit. Tempat tersebut juga merupakan tempat observasi yang tepat untuk menyaksikan waduk gajah mungkur.

Harga Tiket Masuk Watu Cenik

Harga Tiket Masuk Watu Cenik
foto: https://www.instagram.com/nunapiyareal/

Harga tiket masuk watu cenik hanya sebesar 5.000 IDR per orang. Untuk kontribusi tersebut bukan hanya berlaku pada weekday, namun juga weekend.

Selain kontribusi harga tiket masuk watu cenik, pengunjung pun akan dikenakan biaya kontribusi parkir. Tarif parkir untuk motor sebesar 2.000 IDR. Sedangkan untuk mobil sebesar 5.000 IDR.

Jam Buka

Jam Buka Watu Cenik
foto: https://www.instagram.com/chusnul_1830/

Destinasi wisata alam ini mempunyai waktu operasional jam buka yang sangat dini. Tepatnya pada jam 04.00 WIB. Bagi beberapa orang, waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk tidur. Bahkan sangat sulit untuk bangun tepat jam 04.00 pagi, kecuali saat bulan ramadhan tentunya.

Hal yang menyebabkan destinasi wisata ini buka dini hari adalah pesona sunrise. Pengunjung yang datang pada waktu tersebut mempunyai kesempatan untuk menyaksikan pesona sunrise di atas waduk gajah mungkur.

View sunrise tersebut tidak kalah mempesona dengan view sunrise pantai. Walaupun hal yang membedakan adalah kondisi iklim.

Untuk wilayah pantai mempunyai kondisi iklim panas, membuat orang sangat tidak keberatan bangun dini hari.

Sedangkan untuk wilayah pegunungan pada saat tersebut cuaca hampir mendekati 0 derajat Celsius. Jika tidak ingin ketinggalan suatu moment sunrise harus memakai jaket yang tebal agar tidak terkena hipotemia.

Sementara jam tutup dari destinasi wisata tersebut pada pukul 19.00 WIB. Waktu jam tutup pun menjelang moment sunset.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Dan Rute Lokasi Watu Cenik
foto: https://www.instagram.com/haristruss/

Lokasi watu cenik ini terletak di Ds Sendang, Wonogiri, Jateng. Alamat dan rute lokasi tersebut dapat ditemukan dengan mudah google map. Lau juga terdapat petunjuk arah menuju ke lokasi di sepanjang jalan.

Akses jalan menuju ke destinasi wisata tersebut sudah baik dan telah dicor. Tetapi ada sebuah tips yang sebaiknya tidak dihiraukan. Tips tersebut merupakan penggunaan alat transportasi.

Khusus untuk pengguna mobil, sebaiknya gunakan mobil dengan kapasitas mesin lebih dari 1.300 cc. Selain itu hindari juga over load / penumpang yang penuh.

Hal ini disebabkan kondisi jalan mempunyai tingkat kemiringan yang cukup ekstream. Tingkat kemiringan tersebut hampir mencapai sekitar 75 derajat. Hal yang paling penting adalah pastikan kondisi rem dalam keadaan baik.

Spot Wisata

Spot Wisata di watu cenik
foto: https://www.instagram.com/widianti61282/

Tempat wisata bukit ini menawarkan berbagai macam spot foto yang kekinian. Spot tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Spot balon udara

Spot balon udara watu cenik
foto: https://www.instagram.com/kristiawan_hery/

Spot foto yang pertama adalah balon udara. Balon udara pada tempat tersebut merupakan balon udara yang tidak bisa terbang. Sebab dasar dari balon udara telah menyatu dengan tanah.

Meskipun balon udara tidak dapat terbang, tetapi dapat menghasilkan gambar layaknya balon udara yang dapat terbang. Hal tersebut hanya sebuah trik dengan memanfaatkan kondisi tempat wisata yang berada di ketinggian. Dengan view waduk gajah mungkur yang terhampar dengan luas, membuat balon udara seolah – olah melayang.

2. Spot frame love

Spot frame love watu cenik
foto: https://www.instagram.com/rhmsri_k/

Spot love saat ini masih menjadi andalan beberapa destinasi wisata, termasuk wisata watu cenik ini.

Pembuatan spot tersebut cukup sederhana. Tetapi mampu menghasilkan bentuk love yang cukup apik dijadikan sebagai background foto.

3. Spot sign board

Spot sign board watu cenik
foto: https://www.instagram.com/nakeishaamadea13_/

Untuk spot ini merupakan spot utama dari destinasi wisata alam tersebut. Spot tersebut juga sekaligus menjadi ikon dari destinasi wisata bukit watu cenik.

4. Gardu pandang

Gardu pandang watu cenik
foto: https://www.instagram.com/pramudyaprihandoko/

Spot wisata di watu cenik satu ini merupakan salah satu tempat observasi yang langsung menghadap ke hamparan waduk gajah mungkur. Dari spot tersebutlah menjadi tempat yang paling sempurna dalam menyaksikan suasana waduk gajah mungkur dari ketinggian.

Selain dijadikan sebagai spot foto, juga dapat dijadikan sebagai tempat santai sambil menikmati pemandangan waduk gajah mungkur.

5. Spot paralayang

Spot paralayang Watu cenik
foto: https://www.instagram.com/januarbae_/

Jauh sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, daerah tersebut digunakan sebagai aktivitas salah satu jenis olahraga ekstream. Olahraga tersebut adalah paralayang. Aktivitas para atlet paralayang menghiasi langit – langit dengan paralayang yang warna warni.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk mencoba olahraga tersebut, dapat mengikuti pelatihan paralayang di tempat. Namun bagi yang pengunjung yang takut ketinggian, hanya dapat menyaksikan hamparan paralayang langit.

Fasilitas

Fasilitas di watu cenik
foto: https://www.instagram.com/sukamto9073/

Fasilitas di watu cenik wonogiri sangat memadai dan membuat pengunjung pun merasa nyaman ketika sedang berwisata di tempat tersebut. Di destinasi wisata tersebut telah terdapat akses kamar mandi yang memadai. Selain itu area tempat parkir juga cukup luas.

Kawasan wisata tersebut telah menyediakan sebuah musolah. Para pengunjung yang beragama muslim pun dapat melakukan ibadah tepat waktu. Serta disediakan pula mukena.

Sedangkan fasilitas lainnya yang tersedia adalah Gazebo. Desain bangunan Gazebo menggunakan konsep minimalis. Jadi terkesan cukup modern.

Sementara untuk fasilitas yang paling menjadi favorit adalah akses Free wifi. Kecelakaan internet dari layanan wifi cukup cepat. Jadi pengunjung pun dapat menggunakan fasilitas tersebut sesuka hati dan dapat memudahkan untuk sharing di media sosial.

Di daerah tersebut terdapat beberapa jajaran warung makan kecil dan kafe. Harga makanan dan minuman cukup terjangkau. Menu olahan makanan dan minuman yang disajikan, sebagian besar menu olahan khas wonogiri. Namun ada pula menu olahan makanan dan minuman lain.

Itulah review mengenai watu cenik, salah satu destinasi bukit di wonogiri yang hitz. Tempat tersebut juga menjadi tempat observasi tepat dalam menyaksikan pesona waduk gajah mungkur.

Review Destinasi Watu Cenik Wonogiri

100%
Recomended
  • Spot Foto
  • Keindahan Wisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.