24 Tempat Wisata di Situbondo Terbaru

Tempat wisata di Situbondo yang merupakan sebuah kota kecil di Jawa Timur yang berbatasan dengan Banyuwangi ini memang tidak terlalu ternama. Padahal, ada banyak pesona wisata yang bisa anda nikmati bila berkunjung ke tempat ini. Mulai dari gunung, pantai, dan masih banyak lagi.

Situbondo sendiri mendapatkan julukan sebagai Surga burung, afrikaanse Van Java. Dimana sebutan afrikaanse ini terjadi karena wilayah situbondo yang hadir seperti gurun sahara. Sementara surga burung disematkan karena banyaknya burung-burung yang berkeliaran di kawasan ini.

Mengenal Kota Situbondo

Tempat wisata di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/juniardanarizky/

Nama dari Situbondo ini sendiri terdiri dari 2 pendapat. Dimana, yang pertama diberikan oleh seorang pangeran berasal dari Madura bernama Aryo Gajah Situbondo. Konon katanya makam beliau ada di kota ini.

Selanjutnya, ada pula yang mengatakan nama situbondo terdiri dari dua kata siti dan bondo yang memiliki arti tanah yang mengikat. Hal ini menunjukkan kota ini begitu nyaman ditinggali sehingga, siapa yang datang akan enggan untuk pergi lagi.

Bila dirunut kembali dari sejarahnya, kota ini merupakan tanah konflik yang menjadi perebutan dari Kerajaan majapahit dan kerajaan Blambangan. Tidak hanya itu saja, wilayah ini pun juga dijadikan sebagai tempat perang paregreg yang menjadi awal keruntuhan dari Kerajaan Majapahit.

Sayangnya, sejarah kota ini hanya cukup sampai disini saja. Lantaran tidak ada kejelasan pasti mengenai hari jadi dan terbentuknya wilayah yang mempunyai luas 1.693 kilometer persegi ini. Terbagi menjadi 17 kecamatan dan 4 kelurahan.

1. Taman Nasional Baluran

Wisata di Situbondo dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/caesarrizki/

Alamat: Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Nusantara Rp 7.500
Tiket Masuk Mancanegara Rp 150.000
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Wisata di Situbondo dan sekitarnya ini yang digunakan sebagai julukan kota situbondo sebagai afrikaanse van java. Dimana, di sini anda bisa menemukan berbagai hewan satwa yang dibiarkan bebas berkeliaran.

Mulai dari ular, badak, banteng, burung merak, kera ekor panjang dan masih banyak lagi yang bisa anda temukan disini. Selain itu, pesona pantai yang dikerumuni kawasan kera juga menjadi sajian yang tidak akan terlupakan.

Menariknya, kamu bisa mengelilingi kawasan ini dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tetapi, perlu diingat bila tempat ini adalah Taman nasional sehingga, kamu tidak akan menemukan jalan halus. Melainkan, jalan yang penuh dengan bebatuan dan membuat anda menarik nafas dalam-dalam.

Keunggulan dari objek wisata ini adalah keasriannya yang benar-benar masih terjaga dengan baik. Pepohonan yang menjulang tinggi menjadi rumah bagi sebagian besar hewan-hewan yang ada di tempat ini.

Tidak hanya satwanya saja, tumbuhan pun banyak yang hidup disini seperti asam jawa,  Gadung, Kemiri, Api-api, kepuh dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang bingung mau menginap dimana, di kawasan ini juga menyediakan penginapan yang bisa kamu sewa lho.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 39 Menit 66,7 Kilometer Jl. Raya Pantura

2. Pantai Pathek Situbondo

Objek wisata di Situbondo Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/satuu.arah/

Alamat: Jalan Pantai Pathek, Desa Gelung, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Mari kita tinggalkan Taman Nasional Baluran dan beralih ke area pantai Pathek. Objek wisata di Situbondo Jawa Timur ini memiliki keindahan yang luar biasa. Hanya saja, belum tereksplor dengan baik dan belum juga diperhatikan. Sehingga, kita masih bisa melihat beberapa sampah yang bertebaran dimana-mana.

Keunikan dari pantai ini adalah tempat mancing favorit bagi para nelayan dan wisatawan. Biasanya, mereka yang mencari ikan disini tidak dijual tetapi, untuk dikonsumsi sendiri. Menariknya lagi, kamu sudah bisa memanfaatkan beberapa penginapan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Menikmati kawasan ini paling tepat adalah sore hari. Dimana, kamu bisa melihat pesona indah senja yang berpadu dengan kapal-kapal nelayan nan mengesankan. Siluet-siluet inilah yang biasanya dijadikan sebagai spot-spot foto para fotografer.

Salah satu kegiatan yang wajib kamu lakukan di kawasan ini adalah menikmati berbagai macam sajian kuliner yang nikmat menggoda. Sajian ikan goreng yang digoreng kering dan ikan bakar yang di racik dengan bumbu sederhana namun menggiurkan ini mempunyai harga yang cukup bersahabat dengan kantong para backpacker.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 22 Menit 11,5 Kilometer Jl. Anggrek

3. Puncak Rengganis

Tempat liburan di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/zaldingin/

Alamat: Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Tempat liburan di Situbondo yang sering dikunjungi oleh kebanyakan wisatawan adalah Puncak Rengganis. Dimana, disini kamu bisa melihat betapa eloknya alam situbondo bila dilihat dari atas ketinggian. Selain itu yang menjadi keunikan dari puncak Rengganis adalah hadirnya berbagai macam situs purbakala.

Reruntuhan yang ditemukan di kawasan ini konon katanya merupakan peninggalan dari sisa-sisa kejayaan Rengganis. Di sini, kamu harus berhati-hati karena, kisah horor mengenai kawasan ini pun cukup membuat kamu benar-benar menjaga sikap. Agar tidak menimbulkan kemarahan Dewi Rengganis yang menjadi penjaga kawasan ini.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 49 Menit 64,3 Kilometer Jl. Raya Pantura

4. Pantai Lempuyang

Tempat foto di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/znl.arifiin/

Alamat: Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Sungguh tidak diragukan lagi bila sebenarnya pantai di Situbondo itu sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat foto di Situbondo ini menghadirkan keindahan berupa pasir pantai yang sangat luas Dimana kawasan terbagi menjadi dua kawasan. Selain itu, ada pula pesona bukit lempuyang yang harus anda naiki bila berkunjung ke tempat ini.

Kawasan ini sendiri terdiri dari 20 Kepala Keluarga. Sepanjang perjalanan menuju ke objek wisata ini kamu akan disuguhkan dengan pegunungan yang tidak bisa ungkapkan dengan kata-kata. Pokoknya kamu harus merasakan bagaimana pesonanya.

Bukit lempuyang sendiri merupakan ikon yang tidak bisa terlepaskan dari objek wisata ini. Menariknya lagi adalah disini anda bisa melihat bagaimana sang senja  memberikan pesona terakhirnya sebelum digantikan oleh rembulan.

Ombak di pantai lempuyang ini memang bersahabat bagi kamu yang ingin berenang.. Walau jangan sampai terlena hingga akhir nya terseret oleh air laut

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 2 Jam 15 Menit 54,6 Kilometer Jl. Raya Pantura

5. Gunung Argopuro

Tempat wisata alam di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/aduldimane/

Alamat: Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Weekday Rp 25.000,-/Hari
Tiket Masuk Weekend Rp 35.000,-/Hari
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Tempat wisata alam di Situbondo ini memang menjadi kebanggaan bagi siapa saja yang bisa berdiri di atas puncaknya. Melihat betapa indahnya alam Indonesia dari tiga puncak yaitu Rengganis dimana dahulu kerajaan majapahit pernah didirikan disini terlihat adanya bebatuan yang berbentuk seperti sebuah bangunan, Arca dan Argopuro.

Di situbondo sendiri mempunyai dua titik jalur pendakian yaitu di Baderan dan bremi. Dimana puncaknya kurang lebih 3088 mdpl. Tracknya pun naik dan turun yang pastinya akan menguras tenaga anda.

Flora dan Faunanya pun cukup menarik menjadi sebuah pemandangan yang elok. Burung merak serta harimau jawa menjadi sajian yang cukup menantang namun menarik untuk dinikmati.

Bahkan, keindahan alam di Gunung Argopuro ini pun bisa dikatakan cukup lengkap. Dimana, ada air terjun, sabana yang cukup luas, sungai dan danau yang membuat siapa pun ingin mendaki gunung lagi dan lagi.

Tetapi, perlu diingat bagi anda yang ingin mendaki puncak Argopuro dimana, mitos mengenai dewi rengganis ini sangat nyata. Sehingga, jangan pernah berbuat aneh-aneh bila tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Membutuhkan waktu berhari-hari memang untuk mendaki gunung ini. Jadi, diharapkan anda menyiapkan perbekalan yang cukup banyak. Track yang memang sangat sulit yang menjadi faktor lamanya, mendaki puncak Argopuro.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 49 Menit 64,3 Kilometer Jl. Raya Pantura

6. Jalur Pendakian Via Baderan

foto: https://www.instagram.com/yusubarianto/

Baiklah, saat ini mari kita bahas secara detail mengenai jalur pendakian Gunung Argopuro. Dari basecamp menuju ke Pos I yaitu Mata Air membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam hingga 10 jam. Sebenarnya anda bisa naik ojek menuju ke post ini. Hanya saja anda harus membayar ongkosnya cukup mahal.

Biasanya, para pendaki akan mendirikan tenda di tempat ini karena, menuju ke mata air II membutuhkan waktu yang cukup lama. Track menuju ke Mata air II memang tidak terlalu berat. tetapi, disarankan untuk tidak membawa beban yang berat. Waktu yang dibutuhkan pun kurang lebih 3 jam hingga 7 jam.

Disini, anda bisa mengisi persediaan air karena terdapat sumber mata air yang cukup menyegarkan. Selanjutnya, ada pos cikasur hanya saja, anda harus menyiapkan tenaga yang super ekstra, tanjakan yang cukup tinggi pun akan tersaji di depan mata.

Tetapi, anda akan disuguhkan dengan sungai cikasur yang tampak menawan dengan pepohonan yang menjulang tinggi di kanan dan kirinya. Suasananya pun menjadi syahdu dan rasanya, enggan untuk beranjak pergi.

Setelah berjalan kurang lebih 7 jam hingga 10 jam. Anda akan tiba di pos Cikasur yang merupakan padang sabana cukup luas. Kamu bisa mendirikan tenda disini, kemudian, menikmati malam yang indah dengan laksana bintang-bintang.

Pos selanjutnya adalah Cisentor yang membutuhkan waktu 3 Jam hingga 6 Jam. Perjalanan selanjutnya menuju ke Rawa Embik. Disini, anda harus berhati-hati lantaran ada tanaman yang bernama jancukan. Dimana, tanaman ini terdapat duri-duri yang mampu menembus jaket dan menimbulkan rasa gatal-gatal dan perih.

Di Rawa Embik ini merupakan pos terakhir sebelum anda menanjak ke 3 puncak yang dimiliki Gunung Argopuro. Puncak tertinggi, adalah puncak argopuro, sementara yang mempunyai spot instagramable adalah Rengganis. Anda bisa memilih tempat mana yang akan anda gunakan untuk melihat matahari terbit.

7. Jalur Pendakian Via Bremi

foto: https://www.instagram.com/rickydunge/

Keunikan Gunung Argopuro lainnya terletak di jalur pendakiannya. Dimana, banyak wisatawan menyarankan untuk turun melalui jalur Bremi. Dimana Tracknya sangat terjal dan curam, tetapi jalurnya pendek sehingga, saat anda memutuskan untuk turun melalui jalur ini waktu yang dibutuhkan relatif sangat singkat.

Tetapi, tidak disarankan untuk menempuh rute sebaliknya. Dimana, naik melalui Bremi dan turun melalui baderan. Anda akan membutuhkan waktu yang sangat panjang. Menariknya jalur bremi adalah Danau Taman Hidup yang akan mempesona anda.

Disinilah konon letak mitos dari dewi rengganis hadir. Dan di danau taman hidup ini, anda juga akan mendengar beberapa seruan untuk terjun ke dalam danau. Jadi, anda harus benar-benar berhati-hati.

8. Pantai Tampora

foto: https://www.instagram.com/meilisadwin/

Alamat: Tampora, Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dimana, anda bisa bermain pasir putihnya sangat menawan dan mempesona. Karang-karang besarnya pun tidak kalah memukau, selain itu, anda bisa pula menikmati hutan bakau yang tampak mengesankan.

Menikmati Pantai Tampora bisa dengan menikmati keindahan senja yang disajikan setiap harinya. Dimana, anda bisa melihat pesona siluet yang luar biasa. Seakan semua elemen yang ada disini, mampu bekerja sama dengan baik sehingga, tidak ada seorangpun mendustakan pesona senja Pantai Tampora.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 28 Menit 56,4 Kilometer Jl. Raya Pantura

9. Pantai Tangsi

Wisata hits di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/michicawijaya/

Alamat: Desa Semiring, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Wisata hits di Situbondo ini berada di ujung Situbondo yang berbatasan langsung dengan laut jawa sehingga, mempunyai ombak yang cukup tenang. Cocok bagi anda yang ingin berenang. Selain itu di sini, anda bisa menikmati mercusuar di sebelah timur.

Ada pula beberapa perumahan warga, masjid dan perahu nelayan yang bisa menjadikan bahan foto apalagi, pada saat datang senja. Tempat ini memang belum dikenal oleh wisatawan lainnya. Hanya saja, beberapa nelayan yang sedang mencari ikan. Bila mengunjungi objek wisata ini jangan lupa membawa perbekalan sendiri. Karena, tidak adanya warung makan yang memadai.

Selain itu fasilitas untuk wisatawan juga belum sepenuhnya diperhatikan. Sehingga, banyak yang enggan mengunjungi objek wisata ini. Semoga setelah ini, dengan kunjungan anda Objek wisata ini akan semakin diperhatikan.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 29 Menit 14,8 Kilometer Jl. Sucipto dan Jl. Raya Kalbut

10. Samir Rafting

foto: https://www.instagram.com/situbondo.adventure/

Alamat: Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Rp 300.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Wisata selanjutnya yang tidak kalah menariknya adalah Samir Rafting yang menyediakan berbagai macam keseruan maksimal. Menyusuri air sungai dengan waktu tempuh kurang lebih 9 jam lamanya dengan berbagai macam kesulitan yang berbeda-beda.

Tidak hanya arung jeram saja, yang bisa anda lakukan disini. Melainkan, ada juga area camping, outbound dengan pemandangan alam yang benar-benar alami. Seperti, pegunungan, perbukitan dan bebatuan yang memanjakan mata anda.

Bagi anda yang ingin menikmati pesona wisata di tempat ini anda bisa memulai titik awalan dari Kabupaten Banyuwangi dan akan selesai di Kabupaten Situbondo. Oleh karena itu, banyak wisatawan mengira objek wisata ini masuk dalam kategori wisata di Situbondo

Hal lain yang menjadi daya tarik dari Samir Rafting adalah Perjalanan malam hari yang lebih memacu adrenalin anda. Air sungai yang sangat deras dan keamanan pada malam hari yang terjamin, membuat banyak wisatawan datang silih berganti.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 4 Menit 34,6 Kilometer Jl. Raya Pantura

11. Pantai Banongan Situbondo

Tempat wisata baru di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/shariif_rizaal/

Alamat: Dusun Waringin Anim Utara, Desa Wringinanom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Tempat wisata baru di Situbondo ini menyajikan pemandangan pantai nan eksotis.Sebenarnya kawasan ini merupakan pantai nelayan.Sehingga, jangan heran bila saat anda datang ke tempat ini. Beberapa fasilitas belum dilengkapi dengan baik, seperti beberapa kawasan wisata di Situbondo.

Tetapi, keindahan lautnya benar-benar memberikan pengalaman yang  berbeda.dari biasanya. Sementara itu. Salah satu alasan utama mengunjungi objek wisata ini adalah keindahan asri yang belum banyak orang menjamah kawasan ini.

Jangan lupa untuk membawa kamera jahat anda. Agar setiap momen yang mengesankan bisa anda abadikan melalui handphone. Karena, senja di pantai ini mempunyai keindahan di atas rata-rata.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 2 Menit 32,9 Kilometer Jl. Raya Pantura

12. Kawah Ijen

foto: https://www.instagram.com/umamul.husen/

Alamat: Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Objek wisata selanjutnya adalah kawah ijen yang namanya sudah cukup terkenal hingga ke mancanegara. Pesona Blue firenya memang tidak ada yang bisa mengalahkannya. Tidak hanya sampai disitu saja, ada pula penambang belerang yang bisa anda beli dengan harga yang cukup murah.

Bagi anda yang menemukan mereka di perjalanan menuju ke kawah. Sebaiknya, memberikan mereka jalan. Maklum saja, berat belerang yang mereka bawa tidak sepadan dengan apa yang akan mereka dapatkan. Sehingga, memberikan mereka jalan adalah salah satu cara membantu pekerjaan mereka.

Pesona matahari terbitnya pun juga bisa kamu nikmati lho. Waktu terbaik mengunjungi kawah ijen adalah bulan Desember hingga Februari. Dimana, di bulan-bulan ini anda akan mendapati pesona matahari yang lebih indah karena, posisinya yang berada di selatan.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 2 Jam 2 Menit 77,4 Kilometer Jl. Kawah Ijen

13. Pantai Bama

foto: https://www.instagram.com/krt_aja/

Alamat: Area Taman Nasional Baluran, Jl. Banyuwangi – Situbondo Km 3,5, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Masih berada di Kawasan Taman Nasional Baluran. Dimana, paling ujung terdapat pesona pantai Bama yang benar-benar menawan. Apalagi, tempat ini sangat asri dan belum banyak wisatawan yang menjamahnya. Maklum saja, kondisi jalan menuju ke Pantai Bama memang menjadi salah satu faktornya.

Apalagi, dari area parkir hingga ke objek wisata anda harus menempuhnya kurang lebih 2 jam lamanya. Waktu yang cukup panjang untuk sebuah pesona yang menawan. Di Pantai Bama, anda tidak akan menemukan ombak yang terlalu besar, cenderung tenang.

Disini pula anda bisa menikmati berbagai macam kapal yang mondar-mandir kesana kemari. Mengangkut penumpang dari Ketapang menuju ke Gilimanuk. Ada pula ayunan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil foto atau untuk bermain saja.

Satu hal yang harus kamu perhatikan bila mengunjungi objek wisata ini adalah hadirnya sekawanan kera yang cukup galak. Mereka akan mencuri makanan atau apa pun yang menurut mereka disitu tersimpan makanan.

Sehingga, disarankan untuk tidak membawa apapun. Bila tidak ingin makanan anda dicuri oleh sekawanan kera ekor panjang ini. Menariknya, kera-kera ini cukup galak lho. Persatuan dan kesatuan mereka termasuk yang terbaik sehingga, saat satu berada dalam keadaan terancam akan banyak kera yang berkeliaran. Jadi berhati-hatilah.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 59 Menit 73,3 Kilometer Jl. Raya Pantura

14. Air Terjun Setancak

Tempat wisata menarik di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/bhakti.hdc/

Alamat: Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Rp 15.000
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Tidak hanya menarik dengan kawasan pantainya. Anda juga bisa menikmati pesona air terjunnya yang tidak kalah mengesankannya. Tempat wisata menarik di Situbondo ini bernama Air terjun setancak. Dimana konon katanya dahulu, objek wisata ini digunakan sebagai tempat mandai para angsa di masa lampau.

Tinggi dari air terjun ini sendiri kurang lebih 8 meter. Dengan lebarnya kurang lebih 10 meter. Bagi anda yang ingin pergi ke objek wisata ini. Anda bisa pergi ke tempat ini sebelum pukul 5 sore.

Kesegaran objek wisata ini bisa langsung anda rasakan saat menginjakkan kaki di tempat ini. pemandangan hijau dan kicauan burung-burung yang tampak menyanyikan nyanyian alam yang benar-benar mempesona tidak hanya mata saja. Melainkan hati pun bisa. Apalagi bagi anda yang saat ini mencari pelampiasan dari kejamnya dunia.

Untuk mencapai objek wisata ini anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam lamanya. Lantaran jalan ke tempat ini anda harus melewati beberapa track yang tidaklah mudah. Perjalanannya pun mencapai 2 kilometer.

Bagi anda yang lapar setelah menyusuri berbagai keindahan alam dari air terjun ini. Saatnya anda untuk menikmati berbagai macam menu makanan yang rasanya tidak pernah terbayangkan. Lidah anda akan terus bergoyang tanpa henti.

Salah satu yang wajib anda nikmati adalah ayam goreng bumbu tabur jahe dan kayumanis. Cita rasanya memang sangat nikmat dengan rasa jahe dan kayu manisnya yang benar-benar terasa dan meresap hingga ke dalam tulangnya.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 29 Menit 23,3 Kilometer Jl. Raya Pantura

15. Pantai Keperan

foto: https://www.instagram.com/xakur_/

Alamat: Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Seikhlasnya
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Wisata pantai di Situbondo lainnya adalah Pantai Keperan. Dimana, objek wisata ini belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Tempat wisata ini terletak di sebelah timur pantai Tangsi. Dimana, anda harus melintas beberapa rumah penduduk terlebih dahulu. Kemudian, melintas di wisata tambak dan hutan bakau.

Barulah anda akan menemukan eksotisnya Pantai Keperan yang masih terlihat sangat asri, damai, tenang dan teduh ini. Bila anda datang di hari minggu atau hari libur nasional, kawasan hutan bakau ini akan dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Maklum saja, kawasannya sangat nyaman untuk menyendiri dan menghindar sejenak dari kebisingan kota yang seakan tidak pernah berhenti menuntut.

Setelah puas menikmati pesona hutan bakaunya, anda wajib menikmati wisata tambaknya. Paling nyaman memang menggunakan sepeda. berkeliling sambil menikmati pemandangan dan semilir angin yang seakan sedang menyambut kedatangan anda.

Bila tidak membawa sepeda, anda bisa berjalan kaki. Untuk pantainya sendiri merupakan tempat pelelangan ikan yang bisa anda manfaatkan untuk membeli ikan-ikan yang masih segar dengan harga yang terjangkau.

Jangan lupa pula menikmati berbagai macam sajian menu kuliner yang nikmatnya . Olahan-olahan ikan segar dari tangkapan nelayan adalah sajian utama yang sayang untuk dilewatkan.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 22 Menit 11,5 Kilometer Jl. Sucipto dan Jl. Raya Kalbut

16. Pantai Balanan

foto: https://www.instagram.com/muh_taufiq/

Alamat: Hutan Sumberawu, Desa wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Diantara semua pantai yang ada di Situbondo mungkin, Pantai Balanan menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan. Selain keindahan pantainya, kamu juga bisa merasakan bagaimana penduduk sekitar yang sangat bersahaja dan ramah bagaikan saudara.

Tetapi, ada satu hal yang harus kamu persiapkan sebelum pergi menuju ke dusun Balanan. Dimana, sinyal yang kurang bersahabat. Maklum saja, desa ini bisa dibilang sangat terpencil dan akses menuju kesana pun bisa dikatakan tidak mudah.

Walau begitu, pesona dari dusun balanan yang membuat semua perjuangan anda menjadi tidak sia-sia.

Menariknya, anda tidak hanya disuguhkan dengan pesona pasir pantai dan ombak di lautan saja. Melainkan, anda juga bisa melihat kawasan mangrove yang mempunyai udara sangat sejuk dan Asri. Sungguh nikmat yang tidak bisa didustakan lagi bila anda mengunjungi objek wisata ini.

Aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di Pantai Balanan adalah memancing. Perlu diakui bila ikan-ikan di tempat ini memang banyak dan memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga snorkeling.

Bagi mereka yang sudah pernah pergi ke tempat ini selalu menyarankan untuk menikmati panorama bawah laut yang seakan terlihat sangat sempurna. Hanya saja, anda harus membawa semua peralatan tersebut dari rumah. Karena, disini belum tersedianya tempat penyewaan alat pancing dan snorkeling.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 2 jam 36 Menit 59,5 Kilometer Jl. Raya Pantura

17. Air Terjun Talempong

Wisata di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/situbondo.keceh/

Alamat: Desa Talempong, kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Wisata di Situbondo ini memang cukup mengesankan dengan pemandangan air terjun dan di samping kanan kirinya adalah pepohonan hijau. Sungguh, berada di Air terjun Talempong anda akan merasakan berbagai kenyamanan dan keindahan yang tidak akan pernah bisa terlupakan.

Beberapa fasilitas penunjang kenyamanan wisatawan sudah dibangun di tempat ini seperti, warung makan, toilet, musholla. Nah, di tempat ini ada yang lebih menarik lagi dimana ada sebuah mitos yang meyakini akan lumut-lumut hijau yang menempel di bebatuan sekitar air terjun.

Konon katanya lumut ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit loh. Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan pohon kesambi yang bisa tumbuh di kanan dan kiri saat menuju ke air terjun.

Debit air yang disuguhkan di tempat ini cukup deras yang membuat percikannya terkadang mengenai kulit. Selain itu, di bawah air terjun terdapat sebuah kolam dengan air yang cukup dingin. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berenang dan menikmati kesegaran yang luar biasa.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 32 Menit 53,8 Kilometer Jl. Raya Pantura

18. Alun-Alun Situbondo

Tempat wisata keluarga di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/milandriati_/

Alamat: Jl. Hasanudin, Pakraman Desa Dawuhan, kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Tempat wisata keluarga di Situbondo ini memang harus kamu kunjungi bila berada di Situbondo. Dimana, kawasan ini mempunyai sebuah pohon besar yang menjulang tinggi yang membuat kawasan ini sangat sejuk dan cocok digunakan sebagai tempat untuk berteduh atau juga nongkrong.

Menariknya dari alun-alun ini adalah hadirnya Ornamen Perahu Layar yang bisa anda jadikan sebagai spot foto. Beberapa fasilitas bermain  untuk anak-anak juga sudah disediakan disini. Biasanya masyarakat situbondo akan memanfaatkan tempat ini untuk berolahraga pagi atau juga sore.

Di minggu pagi pula anda bisa menikmati sajian senam pagi yang diikuti oleh puluhan hingga ratusan orang. Dengan instruktur senam yang memukau dengan gerakan-gerakan yang membuat anda menjadi lebih sehat dan bertenaga.

Di malam hari, kawasan ini semakin ramai apalagi saat memasuki hari libur. Banyak sajian kuliner yang akan memanjakan lidah anda mulai dari yang tradisional hingga yang kekinian.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 3 Menit 1,5 Kilometer Jl. Madura dan Jl. Pemuda

19. Perkebunan Kopi Kayu Mas

Obyek wisata di Situbondo terbaru
foto: https://ekonomi.bisnis.com

Alamat: Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Obyek wisata di Situbondo terbaru  ini berada di ketinggian 760 – 1550 mdpl. Perkebunan ini sudah ada sejak tahun 1886. Tumbuh kopi berjenis Arabica dan tanaman kina yang diberi nama NV. MIjit yang berubah nama menjadi Van Landen kayumas di tahun 1957.

Selanjutnya, di tahun 1958 perkebunan ini dikelola oleh negara dan diubah namanya menjadi pusat perkebunan negara baru.

Selanjutnya pada tahun 1996, perkebunan ini dikelola oleh PTPN  XII dan menggunakan merek dagang bernama java coffee Kayumas. Tetapi, akhir-akhir ini Perkebunan ini sedang gencar-gencarnya mengembangkan produk kopi luwak yang menjadi unggulan.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 1 Jam 27 Menit 45,7 Kilometer Jl. Raya Pantura

20. Alun-Alun Asembagus

Tempat wisata anak di Situbondo
foto: https://www.instagram.com/mahusebomerly/

Alamat: Trigonco, Asembagus, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Tempat wisata anak di Situbondo ini menyajikan pesona kuliner dan taman yang bisa menjadi alternatif tempat nongkrong yang bisa dikunjungi. Ada pula spot foto yang bisa anda nikmati disini. Cobalah datang pada malam hari, kawasan ini akan sangat ramai dengan banyaknya stand-stand kuliner yang siap memanjakan anda.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 43 Menit 25,7 Kilometer Jl. Raya Pantura

21. Monumen 1000 KM Anyer Panarukan

foto: https://www.instagram.com/anita.nur.laily/

Alamat: Wringinanom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Anda Bayar
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000

Situbondo adalah salah satu kota yang dilewati jalur pantura. Dimana, pembangunannya melibatkan ratusan bahkan ribuan penduduk. Lewat kerja Rodi yang diciptakan oleh Daendels, jalan yang menghubungkan jawa dari ujung ke ujung.

Pembangunan monumen ini pun bertujuan untuk mengenang 1000 km jalan yang sudah dibangun yang ternyata telah merenggut kurang lebih 24 ribu orang.

Estimasi Waktu dan Jarak Tempuh
Berangkat Dari Waktu Jarak Melalui Jalan
Terminal Situbondo 16 Menit 8,2 Kilometer Jl. Raya Pantura

Makanan Khas Situbondo

foto: https://www.instagram.com/waroengbirudaun/

Akhirnya, kita sudah sampai di makanan khas dan oleh-oleh khas Situbondo yang menyajikan kenikmatan luar biasa.

Memang, Indonesia ini memiliki beragam jenis suku dan kuliner yang sayang untuk dilewatkan sedikit pun. Baiklah. mari kita mulai  beberapa rekomendasi makanan yang bisa anda cicipi bila berkunjung ke Situbondo.

22. Nasi Sodu

foto: https://www.instagram.com/ratih_oktaviyanti/

Dari namanya, memang cukup unik dimana, nasi ini berisi dengan kacang panjang, atau juga wortel dan buncis yang disiram dengan kuah gulai. Ditambah dengan potongan cabe dan dilengkapi dengan lauk ikan tongkol yang super nikmat.

Cita rasa yang dihasilkan adalah manis, gurih, dan sedikit pedas. Dahulu, Nasi sodu ini disajikan dengan daun pisang untuk sendoknya sendiri juga menggunakan sendok dari daun pisang. Tetapi, saat ini nasi sodu disajikan dengan piring dan sendok logam.

23. Nasi Karak

foto: https://www.instagram.com/kulinersitubondo/

Kuliner selanjutnya adalah nasi karak yang begitu populer dan menjadi santapan wajib wisatawan saat berkunjung ke kota ini.

Nasi karak sendiri hampir sama dengan nasi kucing di Jogja hanya saja, ia ditambahkan dengan parutan kelapa. Untuk lauknya sendiri menggunakan ikan tongkol atau tempe dan juga tahu.

24. Es Podeng

foto: https://www.instagram.com/espodeng27/

Terakhir, anda bisa menikmati es podeng yang rasanya begitu nikmat menggoda. Cuaca panas kota Situbondo memang membuat anda membutuhkan sesuatu yang segar. Dilengkapi dengan berbagai macam rasa dan isi seperti kolang-kaling, nanas, dan masih banyak lagi.

Akhirnya sampailah kita di akhir perjalanan tempat wisata di Situbondo. Banyak tempat-tempat menarik dan sajian kuliner yang bisa anda nikmati disini. Satu hal yang paling penting jangan buang sampah sembarangan. Dan tetap jaga kebersihan serta lingkungan. Jangan lupa Situbondo sudah menunggu anda.

Review Wisata Situbondo

100%
Terbaik Untuk Akhir Pekan
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.