81 Tempat Wisata Seru Di Malang Terbaru

Tempat Wisata di Malang bisa dikatakan menjadi ikon wisata bagi Jawa Timur. Setiap sudutnya mempunyai pesona untuk menarik lebih banyak wisatawan dari mana saja, agar berkunjung ke kota yang disebut dengan kota apel ini.

Apalagi, saat ini Malang perlahan-lahan mengeluarkan keindahannya soal pantai. Dimana, keindahannya tak kalah dengan yang ada di Bali, Lombok, atau juga Yogyakarta. Dengan pesona karang dan dunia bawah lautnya.

Selain itu, Malang masih dikenal dengan wahana theme parknya yang megah dan tidak ada satu pun yang bisa menandingi. Air terjunnya juga tak sedingin airnya, keramahannya benar-benar membuat anda selalu ingin kembali lagi dan lagi. Sungguh sebuah surga yang wajib anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Daftar Isi

Mengenal Kota Malang

Tempat wisata di Malang
foto: https://www.instagram.com/bruryajja/

Bagi sebagian wisatawan mungkin kurang begitu paham mengenai sejarah panjang kota malang. Oleh karena itu, sebelum kita melanjutkan perjalanan menyusuri setiap keindahan yang dimiliki kota Apel ini, tidak ada salahnya bila kita melihat ke belakang sebentar.

Bagaimana perjalanan panjang kota ini hingga saat ini, bisa menjadi destinasi wajib bagi wisatawan hampir di seluruh dunia.

Mari kita mulai dari asal nama kota ini . Nama Malang sendiri hadir dari sebuah prasasti Pamotoh atau Ukinegara 1198 Masehi yang ditemukan pada tanggal 11 Januari 1975 di perkebunan Bantar, kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Merujuk dari prasasti ini, menurut para ahli nama malang diambil dari sebuah bangunan suci yang terletak di sebelah gunung kawi, bernama malangkucecwara. Tepatnya, terletak di Gunung Buring daerah Tumpang, di sebuah desa bernama Malangsuka.

Ada pula yang menceritakan bahwa nama Malang ini berasal dari penyerangan pasukan mataram yang dipimpin tumegung alap-alap.

Ada salah satu orang yang mengatakan bila penduduk malang mencoba menghalang-halanginya. Oleh karena itu, setelah berhasil menundukkan wilayah tersebut diberi nama Malang.

Dalam bahasa jawa Malang artinya adalah menghalang-halangi. Pada  masa penjajahan belanda, kota ini didirikan pada 1 april 1914  sebagai kotapraja.

1. Alun-Alun Tugu Malang

wisata Malang
foto: https://www.instagram.com/reksitawardani/

Alamat: Jalan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, 65111

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukGratis
Parkir MotorFree
Parkir MobilFree

Obyek wisata di Malang jawa timur pertama kali yang bisa anda kunjungi adalah Alun-Alun Tugu Malang. Kawasannya asri dan menggemaskan dengan hadirnya berbagai macam bunga di sepanjang jalan.

Menurut sejarahnya, alun-alun ini di bangun pada tahun 1920 oleh Thomas Karsten. Daya tarik dari kawasan ini adalah tugu yang berada di tengah kolam teratai. Selain itu, disini sudah dilengkapi dengan tempat duduk dan jogging track.

Tidak hanya pagi hari saja yang berkesan tetapi, pada saat malam anda akan disuguhkan dengan lampion-lampion yang berbentuk bunga-bunga yang bermekaran.

Kawasan ini menjadi wajib anda kunjungi lantaran lokasinya yang sangat dekat dengan stasiun Malang Kota Baru.

Cukup berjalan kurang lebih 500 meter saja, anda sudah sampai di lokasi. Kawasan ini berada tepat di balai kota, jadi banyak pula wisatawan yang memesan ojek atau taksi online dari kawasan ini.

2. Kampung Warna-Warni Jodipan

wisata di Malang
foto: https://www.instagram.com/yanuarsetyawan249/

Alamat: Kampung Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 22:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 2.000,-
Parkir MotorRp 3.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Satu lagi objek wisata di malang yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru. Namanya adalah kampung warna-warni jodipan.

Kawasan ini sudah bisa anda lihat saat kereta api, melintasi sebuah jembatan beberapa meter sebelum masuk stasiun Malang Kota Baru.

Dahulu, kawasan ini adalah kampung kumuh yang tidak ada satu pun orang mau mengunjunginya.

Tetapi, saat ini kawasan ini sudah dirubah sedemikian rupa dan menjadi sebuah objek wisata unggulan.

Satu hal yang wajib anda persiapkan saat mengunjungi kawasan ini adalah kamera. Karena, hampir setiap tempat dan setiap spot layak untuk diabdaikan ke dalam foto dan gambar.

Spot pertama yang bisa anda nikmati adalah Lukisan 3D, ada berbagai macam lukisan yang menarik hati dan menawan yang bisa anda pilih.

Selanjutnya adalah dinding dan tangga warna-warni. Layaknya seperti pelangi, semuanya menonjolkan warna yang mempesona, membuat hasil gambar anda berkesan.

Tidak berhenti sampai disitu, anda akan disuguhkan dengan lorong payung. Ada banyak payung warna-warni di sepanjang lorong yang akan mengingatkan kita akan festival payung yang diadakan di beberapa kota.

Terakhir, anda akan disuguhkan dengan jembatan kaca yang bawahnya adalah sungai. Bagi anda yang berani dengan wahana ini tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jembatan ini menghubungkan antara kampung jodipan dengan  kampung Tridi yang terinspirasi jembatan kaca di zhangjiajie, Cina.

3. Masjid Tiban Turen Malang

objek wisata di Malang
foto: https://www.instagram.com/adzhera/

Alamat: Jalan Anggur, Sananrejo, Kecamatan Turen, Kota Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Wisata di daerah Malang selanjutnya berupa masjid yang sangat megah. Tidak hanya dengan ceritanya saja, melainkan arsitekturnya juga sangat mengesankan.

Perpaduan china, eropa dan India menjadi suguhan yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Selain digunakan sebagai tempat peribadatan, masjid ini juga digunakan untuk pondok pesantren.

Dimana, ada beberaoa hewan peliharaan yang bisa anda nikmati seperti kelinci,  kijang dan juga ayam.

Konon katanya, masjid tiban ini mempunyai 10 lantai yang memiliki fungsi berbeda-beda di setiap lantainya.

Untuk naik ke atas wisatawan sudah disediakan dengan berbagai macam pilihan ada tangga atau juga lift.

Sementara itu, bila anda ingin melihat keindahan di wilayah sekitarnya, anda bisa langsung pergi ke lantai 9.

Waktu terbaik menikmati masjid ini adalah malam hari. Dimana, anda bisa melihat lampu-lampu yang tampak begitu mengagumkan.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa menggunakan kendaraan umum. Dimana, rute pertama yang harus anda tuju adalah terminal Gadang menggunakan angkot ADL atau AL dan turun di Terminal ini.

Selanjutnya, lanjutkan perjalanan menuju ke objek wisata ini dengan menggunakan Bus dan turun tepat di depan masjid.

Untuk tarif anglot sendiri mencapai 4 ribu rupiah sementra untuk bus anda akan dikenakan biaya 7 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

4. Pemandian Kalireco Malang

obyek wisata di Malang
foto: https://www.instagram.com/tikaa_wijayanti/

Alamat: Jalan Sumber waras 2 No.97, Krajan, Kalireco, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang Jawa Timur 65216

Jam Buka: 05:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukSeikhlasnya
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini memang tidak terlalu luas, tetapi kesegaran air yang datang langsung dari sumbernya membuat, Pemandian kalireco tidak boleh untuk dilewatkan.

Jangan kaget kalau berkunjung ke objek wisata ini anda akan menemukan segala fasilitas yang sederhana dan cenderung kurang baik karena, pemandian ini sedang dalam proses pengembangan

5. Sumber Jenon

tempat menarik di Malang
foto: https://www.instagram.com/ikhsan_inf/

Alamat: Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Tumur 65172

Jam Buka: 08:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 10.000,-
Sewa BanRp 3,000
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata di Malang terbaru ini memang berbeda dari biasanya, dimana anda akan menemukan kejernihan air yang berpadu dengan batang dan ranting pohon yang terjatuh.

Anda bisa menyelam dan melewati berbagai rintangan yang ditawarkan disini. Anda juga bisa berenang bersama dengan ikan-ikan air tawar yang menggemaskan. Konon katanya ada mitos yang berkembang dan dipercaya hingga saat ini.

Dimana, penduduk sekitar percaya bahwa sumber jenon mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, warna air ini bisa berubah-rubah lho, sesuai dengan pertanda yang diberikan. Bila berubah menjadi hitam, maka akan ada pertanda buruk dengan adanya kandungan racun.

Bila berubah menjadi warna putih maka, air tersbut sedang berkahasiat dan baik digunaka.

Ciri khas lain dari sumber jenon ini adalah ikan sangkaing yang konon katanya tidak akan pernah ada habisnya walau anda sudah berkali-kali di pancing, dan usia dari ikan ini konon katanya ikan ini sudah menghuni sumber maron puluhan tahun lamanya.

Ada juga ritual yang biasa dilakukan di setiap tanggal 1 muharram, atau dalam jawa adalah satu suro. Dimana, banyak pengunjung yang akan berendam di tempat ini.

Jarak dari stasiun kota malang baru adalah 16,2 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 34 menit. Jalan yang bisa anda tempuh adalah jalan mayjen sungkono dan jalan Tlogowaru.

6. Coban Supit Urang

tempat wisata anak di Malang
foto: https://www.instagram.com/yugofairnando/

Alamat: Madiredo, Pujon, Kecamatan Wiyurejo, Kota Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Tempat wisata alam di Malang selanjutnya, adalah air terjun yang bila anda lihat bentuknya menyerupai supit urang. Sayangnya, belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan dari air terjun ini. Sehingga, masih terlihat asri.

Cocok sekali untuk anda yang ingin menyendiri atau meluruhkan segala penat yang mungkin sedang menghantui anda saat ini.

Bagi anda yang ingin berdiri di puncaknya memang  tidaklah mudah. Tebing-tebing yang curam menganga di depan mata anda. Tidak hanya itu, jalanannya cukup ekstrem dan juga sangat licin. Jadi, disarankan untuk anda berhati-hati. Jangan sampai lepas fokus

Panorama alam yang disuguhkan bukan hanya perkebunan warga saja, melainkan anda juga akan ditawarkan camping area yang cukup luas.

Tak jauh dari sini, ada sebuah tangga yang bisa anda manfaatkan untuk berdiri di puncak Coban supit urang.

Waktu paling tepat mengunjungi objek wisata ini adalah saat datang musim penghujan. Karena, saat musim kemarau debit airnya sangat sedikit sehingga, memgurangi keindahan dari objek wisata ini.

Disarankan bagi anda untuk naik motor saja, karena saat anda naik mobil. Jarak yang harus ditempuh dari parkiran mobil hingga ke air terjun sangat jauh.

Bila anda naik sepeda motor, jaraknya hanya 200 meter. sehingga, tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Saat berada di tempat ini anda, akan disuguhkan dengan 3 air terjun. Selain Coban supit urang, Ada coban watu talang yang mempunyai tinggi 10 meter, dan  air terjun watu ondo yang berjarak hanya 500 meter saja.

Menuju ke objek wisata ini, anda harus masuk terlebih dahulu ke kota Batu. Karena jarak dari terminal batu kurang lebih 20,3 km dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit. Melalui jalan Trunojoyo.

7. Museum Angkut

tempat wisata keluarga Malang
foto: https://www.instagram.com/museumangkut/

Alamat: Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur, 65314

Jam Buka: 12:00 – 20:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukWeek Day : Rp 100.000
Week End : Rp 100.000
Membawa KameraRp 30.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Siapa yang tidak mengenal Museum Angkut, dimana objek wisata ini merupakan ikon dari wisata kota batu yang tidak akan pernah luntur dan sepi oleh para pengunjung.  Selalu saja ada wisatawan yang ingin menyaksikan mobil-mobil antik yang mengesankan.

Terutama pada saat datang musim liburan, pengunjung akan membludak dari berbagai belahan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Disini, anda aka disuguhkan dengan berbagai macam sarana transportasi dari berbagai negara dan dari berbagai macam generasi. Dibagi menjadi beberapa zona.

Pertama, anda akan melewati zona edukasi dimana, berbagai macam alat angkut bisa anda nikmati mulai dari kereta kencana, mobil, motor, hingga helikopter tersedia dsini.

Ada beberapa informasi yang disediakan di tempat ini. Selanjutnya, ada transportasi Indonesia mulai dari becak, cikar, pegon,  angkong dan masih banyak lagi.

Lalu, anda akan disuguhkan dengan runway  27 Airport yang dilengkapi dengan pesawat kepresidenan dan anda bisa masuk ke sana merasakan bagaimana rasanya.

Selanjutnya, anda akan disuguhkan dengan zona pecinan dan sunda kelapa. Ada banyak gambar-gambar kapal yang berjajar. Kawasan pecinannya pun dibuat semirip mungkin dengan pecinan tempo dahulu.

Selanjutnya,  Zona mobil antik yang tersedia beberapa koleksinya. Lalu, anda akan disuguhkan dengan zona gangster yang lengkap dengan sebuah cerita di amerika yang cukup terkenal.

Setelah terpacu dengan para gangster, anda akan direlaksasi dengan memasuki kawasan eropa dan juga kerajaan inggris. Disini anda bisa memanfaatkan kereta yang berputar mengelilingi kerajaan,  foto dengan ratu Elizabeth.

Terakhir adalah zona las vegas dan kereta api Indonesia zaman dahulu lengkap dengan suasananya yang dibuat sangat mirip.

8. Pasar Apung dan Museum Topeng

tempat liburan di Malang
foto: https://www.instagram.com/ati_janalexander2/

Alamat: Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur, 65314

Jam Buka: 12:00 – 20:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Pasar Apung NusantaraRp 10.000,-
Museum TopengRp 10.000,-
Naik PerahuRp 10.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Setelah puas mengeliling museum angkut, jangan langsung pulang karena, masih ada pasar apung dan museum D topeng yang tidak kalah mengesankannya.

Di Pasar apung  ini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam area kuliner, dan juga oleh-oleh. Untuk sistem pembayarannya, anda bisa menggunakan card elektronik yang harus anda tukarkan terlebih dahulu di kasir.

Daya tarik utama dari pasar apung ini adalah naik perahu sampan, menyusuri setiap sudut dan melihat bagaimana para pedagang melayani pembeli di atas kapal.

Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini adalah sore hari, dimana bila beruntung, anda bisa menikmati pesona senja yang mengesankan. Ada juga tari-tarian yang akan disuguhkan sebagai salah satu sarana hiburan untuk wisatawan.

Nah, terakhir jangan lupa untuk masuk ke D’topeng dimana, anda bisa menikmati seluruh topeng-topeng yang mengesankan.

Menuju ke objek wisata ini, anda bisa menggunakan alat transportasi. Bila anda memulai dari stasiun malang kota baru anda bisa naik angkot ADL. Turun di terminal landungsari, Kemudian, lanjutkan kembali dengan naik angkot warna kunig menuju ke terminal batu.

Selanjutnya, dari terminal batu anda bisa beralih ke angkot warna hijau atau orange dan anda akan turun tepat di depan museum ini.

9. Omah Kayu Batu Malang

wisata alam Malang
foto: https://www.instagram.com/novarida_m/

Alamat: Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, 65312

Jam Buka:

  • Penginapan : 24 Jam
  • Spot Area : 08:00 – 17:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukWeek End : Rp 15.000,-
Week Day : Rp 10.000,-
Harga Per KamarMulai dari Rp 400.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Malang memang tidak ada habisnya, selalu saja ada keindahan yang bisa dimanfaatkan dan bisa dinikmati. Seperti halnya, Omah Kayu yang menghadirkan nuansa menginap di atas pohon.

Memiliki 6 unit dengan luas 3 x 2 x 2 meter, bahan bakunya di buat semua dari kayu, dengan fasilitas yang layaknya bintang 5.

Seperti tempat tidur, bantal dan selimut serta peralatan makan. Ada juga  2 kamar mandi yang disediakan di luar dilengkapi dengan air hangat.

Jenis kayu yang digunakan adalah kayu eukaliptus yang terjamin keamanan dan kekuatannya. Sehingga, anda tidak perlu takut untuk menginap di tempat ini.

Atap bangunannya pun menggunakan bahan dari ijuk yang membuat kondisi ruangan anda menjadi hangat.

Kelebihan anda menginap disini adalah anda bisa melihat pemandangan indah matahari terbit yang keluar dari balik Gunung Banyak.

Selain itu, bintang-bintang kecil tampak di depan mata. Menghadirkan keindahan malam yang seakan tidak akan pernah bisa anda lupakan bersama dengan keluarga.

Kawasan ini dibangun bukan hanya bagi anda yang ingin menginap saja, melainkan bagi anda yang ingin santai dan menikmati segar dan sejuknya area hutan.

Bila ingin mendapatkan berbagai macam spot foto yang instagramble disini, anda harus hati-hati dan sabar. Namanya juga kayu jadi tidak kuat menahan beban orang banyak.

Objek wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jarak dari terminal batu kurang lebih 10,8 kilometer dengan estimasi waktu 28 menit. Jalan yang bisa anda lewati untuk rute tercepat ini adalah jalan Rajek Wesi.

10. Wisata Paralayang Batu

wisata Malang hits
foto: https://www.instagram.com/ivansamanjaya/

Alamat: Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, 65312

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Week DayRp 10.000,-
Week EndRp 15.000,-
Harga Paket Paralayang
Basic ARp 450.000,-
Medium BRp 550.000,-
Advance CRp 600.000,-
Premium DRp 650.000,-
Night Flight ERp 850.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 20.000,-

Objek wisata selanjutnya yang tidak jauh dari omah kayu adalah Wisata paralayang. Dimana, anda bisa menikmati keindahan Desa Pujon dan kota batu dari atas.

Wisata outbound di Malang ini bisa anda jadikan pembuktian diri, melawan rasa takut dari atas ketinggian, dengan beberapa paket yang sudah disediakan.

Fasilitas yang akan anda dapatkan adalah Fasilitas antar jemput,  foto mulai dari 8 kali hingga 12 kali sesuai dengan paket yang anda pilih, Welcome drink, post card paraglinding.

Kemudian, ada T-shirt, stiker, dan pin kemudian ada juga video file serta minuman hangat berupa susu dan jagung bakar bila anda memilih paket night flight.

Bagi anda yang tidak ingin terbang di udara, anda bisa menikmati tempat ini dengan beberpa spot foto yang sudah tersedia.

Cobalah datang sebelum matahari terbit, keindahannya bisa anda rasakan dengan pesona sang fajar yang mengensankan memberikan harapan.

Kunjungi juga –> 21 Tempat Wisata di Madura Terbaru

11. Kusuma Agrowisata

wisata terbaru di Malang
foto: https://www.instagram.com/julia_froska/

Alamat: Jalan Abdul Gani Atas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Jam Buka:

  • Senin – Jumat 08:00 – 17:00
  • Sabtu, Minggu dan hari libur: 08:00 – 18:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Harga Paket
Ayok JambuRp 25.000,-
Ayok PanenRp 35.000,-
Ayok Petik ApelRp 60.000,-
Ayok Buah NagaRp 60.000,-
Ayok StrawberryRp 75.000,-
Paket HoreRp 105.000,-
Paket BoomRp 115.000,-
Water ParkRp 20.000,- hingga Rp 25.000,-
Paket EdukasiRp 120.000,-
Eskul BiologiRp 135.000,-
Paintball CombatRp 100.000,-
Air SofgunRp 200.000,-
Motorcross FunrideRp 60.000,-
Mobil KomodoRp 100.000,-
Flying FoxRp 25.000.-
Paket TransitRp 35.000,-
Spot FotoRp 10.000,-
OutbondRp 105.000,- samai Rp 150.000,-
PenginapanMulai dari Rp 1.000.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Belum ke malang tampaknya bila anda tidak menikmati pesona agrowisatanya. Disini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam buah dan sayur yang bisa anda petik dan nikmati.

Seperti strawberry, buah naga, jeruk, jambu merah, pok coy, tomat, selada, sawi dan berbagai macam sayuran organic lainnya.

Daya tarik lain dari agrowisata ini adalah letaknya yang berada di ketinggian 1000 mdpl yang membuat anda bisa merasakan kesejukan dan kesegaran alami.

Selain untuk memetik buah, kawasan ini juga menyediakan berbagai macam pesna outbond seperti wargame, air softgun, dan Paintball.

Selain itu anda bisa menikmati berbagai macam paket yang bisa anda nikmati. Tidak hanya itu saja, paket outbond pun juga bisa anda pilih mulai dari tingkat TK hingga Dewasa.

Terakhir, ada waterpark dengan berbagai macam permainan dan kesegaran air yang menghadirkan keseruan maksimal.

12. Coban Tengah

air terjun di Malang
foto: https://www.instagram.com/setapakkecil/

Alamat: Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Jawa Timur

Jam Buka:  24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Wisata baru di Malang ini mempunyai sejarah panjang dimana,  Dahulu ada sepasang suami istri bernama Raden Baron Kusumo dan Dewi Anjarwati. Mereka adalah pengantin baru, menurut mitos jawa kuno, sepasang pengantin yang belum genap 40 hari tidak diizinkan untuk pergi kemana-mana.

Tetapi, mereka berdua seakan tidak percaya dengan mitos tersebut dan pergi. Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan joko lelono  yang menyukai kecantikan jelita Dewi Anjani.

Joko lelono dan Raden Baron Kusumo pun tewas dalam pertarungan. Dewi Anjarwati pun meratapi nasibnya disini.

Sehingga, ada sebuah mitos yang dipercaya bila ada sepasang kekasih datang kesini, maka mereka akan putus.

Menuju air terjun ini anda harus siap lelah dan berkeringat lantaran jalur yang disuguhkan tidaklah mudah.

Tidak hanya hutan saja tetapi, anda juga akan disuguhkan dengan sungai-sungai kecil yang jernih. Dengan perkebunan sayur milik warga yang juga bisa anda jadikan spot untuk foto.

Total perjalanan yang anda butuhkan kurang lebih 2 jam. Saking sulitnya dijangkau kawasan ini pun sangat sepi yang membuat tempat ini tampak asri dan sejuk. Apalagi, air yang akan anda nikmati pun sangat segar.

Jarak dari terminal kota menuju objek wisata ini kurang lebih 13,1 km. Estimasi waktu yang anda butuhkan menuju ke titik ini  27 menit, melalui jalan Trunojoyo dan jalan Coban Rondo.

13. Labirin Coban Rondo

wisata baru di Malang
foto: https://www.instagram.com/ekahandaa/

Alamat: Jurangjero, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Malang, Jawa Timur, 65361

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 7.500,-
Kereta KelinciRp 5.000,-
Kuda TunggangRp 12.000,-
Fun TubingRp 35.000,-
Sepeda GunungRp 5.000,-
Paint BallRp 450.000,-
Flying FoxRp 30.000,-
ATVRp 25.000,-
Wahana Satwa dan KebunRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Labirin ini memiliki luas kurang lebih 2 meter. Anda bisa menikmatinya dengan mencari titik tengahnya.

Anda juga bisa mengarahkan mereka dari atas, yang tersedia gardu pandang yang cukup tinggi. Biasanya, beberapa wisatawan yang tidak ingin masuk ke dalam akan berdiri di titik ini.

Keindahan yang ditawarkan dari labirin ini adalah sebuah taman kecil yang bisa anda nikmati. Hanya saja, taman ini tidak terlalu luas, sehingga, hanya untuk beberapa orang saja.

Selain labirin ini, anda bisa menikmati taman-taman yang indah disekitarnya, suasananya yang asri membuat anda wajib berlama-lama di kawasan ini.

Segala permainan pun juga bisa anda nikmati seperti, Fun tubing yang beranggotakan minimal 2 orang dan menyusuri sungai dilengkapi dengan baju pelindung dan ban.

Ada juga permainan paint ball yang bisa anda nikmati bersama dengan keluarga atau teman anda. Anda akan mendapatkan 150 peluru dan nikmatilah sensasi berperang di dalam hutan.

Bila ingin berkeliling di area ini, anda bisa menyewa sepeda gunung yang disewakan oleh pihak pengelola. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa belajar melihat satwa dan menanam kebun.

Terakhir, anda bisa menikmati nikmatnya café dengan berbagai macam menu makanan dan minuman yang mampu mengalihkan dunia anda untuk sejenak

Menuju ke objek wisata ini, anda bisa memulainya dari kota batu dengan jarak kurang lebih 10,9 kilometer dengan estimasi waktu 22 menit saja. Melalui jalan Trunojoyo.

14. Coban Talun

curug di Malang
foto: https://www.instagram.com/noufalrid/

Alamat: Dusun Wonorejo, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336

Jam Buka: 07:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 10.000,-
Harga Spot Foto
Apache Camp Rp 10.000,-
PaguponRp 10.000,-
Taman BungaRp 10.000,-
Penginapan Apache CampMulai dari Rp 400.000,-
Penginapan PaguponMulai dari Rp 300.000,-
ATVRp 30.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Coban atau air terjun ini terletak di lereng Gunung Arjuno atau di sisi baratnya. Pesona air terjun yang merupakan hulu dari sungai brantas ini memang tidak kalah dengan yang disuguhkan di kota batu.

Pepohonan pinus yang membuat rasa asri dan nyaman di hati ini menjulang tinggi, berpadu dengan iringan air terjun yang mempunyai tinggi kurang lebih 30 meter.

Kerseruan lain yang disajikan disini tidak hanya focus kepada air terjunnya saja. Melainkan ada pula spot foto taman bunga yang menakjubkan.

Warna-warninya membuat anda ingin sekali mengabadikannya ke dalam foto dan gambar. Tidak hanya sampai disitu, bagi anda yang membutuhkan penginapan, di Coban Talun sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa anda pilih.

Ada Apache, rumah khas suku indian dengan segala arsitektur dan rasa yang sama. Disini, juga tersedia aneka souvenir suku indian yang bisa anda beli.

Tersedia pula berbagai aneka makanan yang pastinya bakal memanjakan anda. Selain itu, ada lagi Pagupon, penginapan yang berbentuk seperti sangkar burung.

Selain itu, anda juga bakal dimanjakan dengan berbagai fasilitas lain seperti musholla, toilet dan masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan di tempat ini.

Di tempat ini pula anda akan disuguhkan dengan cerita mitos yang berkembang dimana ada sebuah jembatan yang lebarnya 1 meter dengan panjang mencapai 14 meter.

Terbuat dari bambu dan kayu bila ada sepasang kekasih yang melewati jembatan ini maka, hubungan mereka akan langgeng.

15. Jawa Timur Park 2

museum di Malang
foto: https://www.instagram.com/malangjourney/

Alamat: Jalan oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Batu, Jawa Timur 65315

Jam Buka: 10:00 – 18:00

No. telp: 0341 5025777

Harga yang Harus Dibayarkan
Batu Secreet Zoo dan Museum SatwaRp 85.000,- Week Day, Rp 120.000,- Week End
Eco Green ParkRp 50.000,- Week Day, Rp 70.000,- Week End
Tiket TerusanRp 105.000,- Week Day, Rp 150.000,Week End
Foto dengan satwaRp 5.000,-
Memberi makan hewanRp 10.000,-
Angkutan umumRp 5.000,- per angkot
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Setelah puas bermain dan belajar di Jatim Park 1. Tidak ada salahya bagi anda untuk mengunjungi Jatim Park 2 yang juga sarana edukasi dan belajar bagi anak anda.

Tempat wisata anak di Malang ini menghadirkan berbagai informasi mengenai hewan-hewan di museum satwa dan batu secreet zoo.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa saja yang ada di dalamnya, mari kita simak dahulu bagaimana cara anda bisa sampai di tempat ini.

Kota Batu dan Malang memang sudah ramah dengan berbagai macam angkutan umumnya. Jadi, menuju ke Jatim Park 2 ini anda tidak perlu takut atau bingung.

Bila anda turun di stasiun Malang, anda bisa naik angkot berwarna biru dengan jurusan AL atau Arjosari – Landungsari. Bisa juga naik angkot dengan kode ADL atau Arjosari – Dinoyo – Landungsari.

Turunlah di Terminal Landungsari kemudian,  naik angkot  BIL  jurusan Landungsari – Junrejo – Batu. Kemudian, anda bisa turun di Jatim Park 2.

16. Batu Secret Zoo

kebun binatang di Malang
foto: https://www.instagram.com/ongistravel/

Baiklah, mari kita lanjutkan perjalanan menyusuri Jatim Park 2 dengan memulainya dari Batu Secret Zoo.

Disini, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam tingkah laku binatang yang lucu dan menggemaskan. Perbedaan dari taman safari adalah anda tidak berada di dalam kendaraan. Tetapi, anda bisa menikmatinya di depan kaca yang cukup tebal.

Luasnya kurang lebih 6 hektar yang terbagi menjadi 6 bagian yaitu Area Reptile yang menghadirkan berbagai macam hewan-hewan reptile dan lingkungannya pun di sesuaikan dengan habitat aslinya.

Selanjutnya adalah Area Aquarium dengan berbagai macam ikan air tawar dan air laut yang mengesankan. Selanjutnya, adalah area savannah yang hadir dengan berbagai jenis hewan yang berasal dari Afrika.

Selain bisa melihat berbagai macam hewan, anda juga bisa memberikan makan untuk gajah-gajah yang ada disini lho.

Selanjutnya, arena Fantasy land dan Advanture land yang hadir dengan daya tarik kapal nabi nuhnya yang dinaiki dengan berbagai jenis patung hewan.

Selanjutnya, ada lagi tiger land yang menghadirkan berbagai macam harimau mulai dari sumatera, emas, putih, chetta.

Anda juga akan dihibur dengan arena memacu adrenalin yang tidak boleh dilewatkan yaitu roller coaster mini, bombom car,  kursi pontang-panting, Gajah terbang dan Carrousel.

Bagi anda yang hobi selfi, anda bisa menikmatinya dengan lukisan 3D yang tersedia di tempat ini.

Aktifitas yang wajib anda lakukan disini adalah memberi makan binatang-binatang dengan mengendarai kereta yang jumlahnya 3 gerbong.

Bila masih kurang, anda tidak perlu khawatir karena masih banyak  wahana yang bisa anda lakukan disini mulai dari horror house, Beach boat, spongebob water shoot

17. Museum Satwa

tempat wisata di Malang jawa timur
foto: https://www.instagram.com/trace_trip_organizer/

Perjalanan selanjutnya adalah museum satwa dimana, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam satwa-satwa menarik mulai dari zaman dinosaurus yang hadir dengan replika tirexnya.

Fosil binatang purba yang punah dan diorama mengenai kehidupan asli binatang di alam bebas. Ada juga berbagai macam koleksi serangga yang jumlahnya mencapai 5000an. Koleksinya mulai dari kolombia, peru, madagaskar, papua nugini, serta Malaysia.

18. Eco Green Park

wisata outbound di Malang
foto: https://www.instagram.com/villabatu_rafif/

Perjalanan terakhir di Jatim Park 2 adalah Eco Green Park yang letaknya masih di satu area kawasan. Luasnya kurang lebih 5 hektar dengan dengan konsep go green.

Disini, anda akan disuguhkan dengan miniature candi yang dipadukan dengan tokoh transformer yang cukup terkenal yaitu optimus prime dan bumble bee.

Selanjutnya kawasan insectarium yang mempunyai koleksi berupa serangga yang diawetkan. Hadir juga, music plaza yang berukuran besar dan diatas kolam dikelilingin plat-plat besi yang mengeluarkan bunyi yang cukup unik.

Bila anda ingin menikmati bumi di masa lampau dengan terbentuknya gunung-gunung, laut, sungai, dan danau dengan menggunakan kereta kapsul.

Diharapkan setelah melihat semua ini anda sekeluarga akan semakin cinta. Ada lagi, hewan-hewan ternak yang sering dijumpai seperti, sapi, kambing, bebek, dan ayam.

Ada berbagai penggemar tanaman hidroponik seperti tomat, paprika, dan juga strawberry. Disini, anda dapat menikmati berbagai macam olahan jamur beserta cara pengembangbiakannya di rumah jamur.

Hadir lagi, berbagai macam burung beo yang  jumlahnya kurang lebih 50 spesies mulai dari negara-negara asia dan amerika yang menirukan berbagai macam suara manusia.

Kemudian, ada lagi dunia bebek dari seluruh penjuru dunia, seperti Swan yang berasal dari amerika utara, Burung rangkok dan burung Nuri.

Tempat wisata keluarga Malang selanjutnya adalah Jungle Advanture dimana, anda akan diajak bermain mengendarai kereta dan bertugas sebagai  pelindung hutan. Ada pistol yang sudah disediakan.

Selain itu, masih ada lagi wahana permainan berubah rumah terbalik, Dome Multimedia, Water Track, Wood Recycle, Eoctic White Peacock, Bird Show, Water Outbond, Taman Biogas, Bird Gallery, dan juga Merpati Dunia.

19. Coban Sewu

Coban Sewu
foto: https://www.instagram.com/rizha.octvn/

Alamat: Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kota Malang, Jawa Timur 65391

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Camping AreaRp 50.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Coban sewu ini terletak di kabupaten malang dan juga kabupaten Lumajang.  Nama lain dari objek wisata ini adalah Tumpak sewu.

Menuju ke tempat ini anda akan disuguhkan dengan panorama sawah yang hijau, sungai, bukit,  dan juga gunung semeru yang terlihat mempesona.

Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 180 meter. Air nya cukup jernih dan bila terkena airnya akan terasa sangat menyegarkan.

Anda juga akan disuguhkan dengan  perjalanan menyusuri sungai, melawan arus, dan bebatuan dasar dari sungai yang sangat licin. Anda harus benar-benar berhati-hati agar tidak terjatuh.

Tidak jauh dari tempat ini, anda juga bisa menemukan homestay yang dikelola oleh warga sekitar dengan harga mulai dari 200 ribu.

20. Jawa Timur Park 1

jatim park 1
foto: https://www.instagram.com/malangjourney/

Alamat: Jalan Kartika No.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Jam Buka: 08:30 – 16:30

Harga yang Harus Dibayarkan
Week endRp 130.000
Wee DayRp 70.000
TerusanRp 130.000 – Rp 150.000,-
Angkot stasiun ke Terminal LandungsariRp 4.000,-
Angkot Terminal Landungsari ke jatimparkRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Di Jatim Park 1 ini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam alat tradisonal nusantara, pakaian adat, dan beberapa ilmu pengetahuan mulai dari fisika dan kimia.

Replika-replika candi pun juga bisa anda nikmati disini. Selain itu, anda juga bisa mengenal sejarah kartu pos dari awal sampai saat ini.

Dari segi permainannya lebih seru karena, banyak yang memacu adrenalin. Mulai dari  superman coaster yang lintasanya mampu memutar 360 derajat, ada juga sky ride, waterboom, Flying tornado, Ghost hunter dan masih banyak lagi permainan-permainan seru lainnya

Menuju ke objek wisata ini, anda bisa menggunakan transportasi umum. Naik kereta api dan turunlah di stasiun Malang. Kemudian, berpindah menggunakan angkot ADL dan turun di terminal Landungsari.

Kemudian, anda bisa beralih menggunakan angkot menuju ke terminal Batu dan turun tepat di depan Jatim Park 1.

Kunjungi juga –> 20 Tempat Wisata di Madiun Terbaru

21. Coban Jahe

objek wisata di Malang terbaru
foto: https://www.instagram.com/demitria.valentina/

Alamat: Dusun Begawan, Desa Pandasari Lor, Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156

Jam Buka: 08:00 – 16:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
River TubingRp 75.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Daya tarik dari objek wisata ini adalah masih satu jalur dengan Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Banyak para pendaki yang menjadikan Coban Jahe menjadi tempat singgah wajib.

Tempat menarik di Malang ini berasal dari nama Pejahe yang artinya sendiri adalah meninggal dunia.

Nama dari jahe ini, berasal dari sebuah pertempuran antara prajurit TNI yang dipimpin oleh  Ali Murtopo yang melawan tentara belanda.

Dalam pertempuran ini, kurang lebih ada 50 prajurit TNI yang berguguran. Dalam bahasa jawa, mati adalah pejah. Sehingga, masyarakat menyebutnya dengan nama jahe.

Disini pula, anda bisa menemukan sebuah prasasti yang dipahat pada sebuah batu marmer berwarna hitam.

Tidak hanya itu saja, ada kolam yang cukup besar, hanya saja anda disarankan untuk tidak berenang ke dalamnya.

Air terjun ini mempunyai suhu air yang sangat dingin, sehingga anda yang tidak tahan dingin disarankan jangan menyentuhnya atau membasuhnya ke muka.

Keindahan lain yang bisa anda nikmati disini adalah river tubing dengan berbagai fasilitas seperti ban, helm, pelampung, guide, makanan dan minuman.

Aktifitas ini memacu adrenalin anda dengan menghadirkan berbagai macam spot fotogenic yang siap memanjakan mata.

Menuju objek wisata ini, anda bisa mengarahkan kendaraan dari terminal Batu menuju ke Jalan Raya Pakis dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 28 menit dengan jarak yang ditempuh kurang lebih 38,4 km.

22. Pantai Lenggoksono

pantai di malang
foto:https://www.instagram.com/lil_deedh._/

Alamat: Des Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 65182

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Spot KletekanMulai dari Rp 25.000,-
Sewa PerahuMulai dari Rp 50.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Salah satu ciri khas yang tidak akan pernah anda lupakan di tempat ini adalah Pantai Lenggoksono. Tidak hanya itu, garis pantainya pun sangat indah dikelilingi tebing dan pepohonan yang rimbun.

Sementara itu, keindahan pantai lenggoksono juga bisa terlihat dari ikan-ikan yang terkadang sering bermunculan.

Seperti, cumi-cumi, lobster, layang tuna, dan juga cakalang. Nah, untuk lobsternya sendiri anda bisa menikmati daerah konservasinya yang berada di pulau gadang. Meliputi lobster pasir, mutiara yang terletak di goa-goa yang dijaga ketat agar nelayan-nelayan nakal tidak menangkapnya dengan potassium.

Disini, anda juga bisa menikmati permainan berupa ayunan. Pesona lainnya yang bisa anda nikmati disini adalah area snorkeling yang berada di spot kletekan.

Mau berkeliling ke daerah sekitar, anda juga bisa menyewa perahu berkunjung ke berbagai pantai sekitar yang tidak kalah eloknya.

23. Coban Kethak

wisata alam terbaru di Malang
foto: https://www.instagram.com/andhikadwi15/

Alamat: Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65393

Jam Buka: 08:30 – 16:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Coban kethak ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter. Pesona yang bisa anda nikmati dari objek wisata ini adalah bebatuan yang cukup besar dan licin.

Susahnya perjalanan yang akan anda lewati, akan terbayar dengan pemandangan yang esoktis dengan pohon duriannya.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah warung makan yang menyediakan berbagai macam menu yang mampu menggoda lidah anda.

Nama lain dari coban kethak ini adalah coban singo edan. Lantaran, air terjunnya yang berbentuk seperti kepala seekor singa.

Menuju objek wisata ini, anda bisa memulainya dari terminal kota batu. Lakukan perjalanan melalui jalan Brigjend ABD Manan Wijaya sejauh 1 jam 9 menit dengan jarak 38,4 km.

24. Pantai Bolu-Bolu

wisata Malang dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/pantaibolubolu/

Alamat: Gunung, Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Jawa Timur, 65182

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
SnoekelingRp 50.000,-
Sewa PerahuRp 50.000,-
Sewa Perahu Dari Lenggoksono ke bolu-boluMulai dari Rp 350.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Saat ini kabupaten malang tidak mau kalah menghadirkan pesona pantainya yang sangat mempesona. Terbukti dengan hadirnya pantai bolu-bolu yang bisa anda manfaatkan untuk arena snorkeling.

Menariknya, sebelum anda menikmati pemandangan bawah lautnya, anda harus pergi ke tengah laut terlebih dahulu menggunakan jukung.

Nah, jukung sendiri adalah perahu milik nelayan yang biasanya digunakan untu melaut. Jukung ini sendiri tidak hanya akan membawa ke tengah lautan saja.

Melainkan dan juga bisa menyewanya untuk berkeliling di sekitar area pantai. Sayang sekali bukan sudah sampai disini, tetapi tidak bisa melihat seluruh keindahannya.

Bila anda sudah lapar, anda bisa langsung pergi ke warung-warung yang sudah berdiri dengan berbagai macam  makanan dan minuman yang bakal membuat anda semakin terhipnotis.

Menuju ke pantai bolu-bolu anda wajib melewati pantai lenggoksono terlebih dahulu. Biasanya wisatawan memilih berjalan kaki dengan jarak tempuh mencapai 1 jam, lantaran jalanan yang tidak ramah untuk kendaraan pribadi

Jika anda lelah dengan berjalan kaki, bisa menggunakan opsi lain dengan menyewa perahu. Kapasitasnya mulai dari 8 orang hingga 12 orang dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit hingga 20 menit

25. Coban kembar

coban kembar
foto: https://www.instagram.com/yudhatamaa_/

Alamat: Desa Tambaksari, kecamatan sumbermanjing wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini memang kurang terkenal di kalangan  wisatawan. Lantaran jalur dan medannya yang cukup sulit. Tetapi, perlu anda ketahui bahwa sebenarnya Coban kembar ini mempunyai keindahan yang tidak akan pernah anda sangka sebelumnya.

Ketinggiannya kurang lebih 20 meter dengan air yang mengalir tidak hanya ada satu saja melainkan ada beberapa yang membuat pemandangan di tempat ini benar-benar menakjubkan.

Menuju ke objek iwsata ini anda bisa memulainya dari Pantai sendang biru yang merupakan titik awal melakukan perjalanan panjang ke coban kembar.

Pepohonan, suasana, dan nuansanya yang sangat sejuk dengan beberapa kicauan burung yang terkadang terdengar membuat anda merasakan kenyamanan yang berbeda dengan curug yang lainnya. Jadi, jangan sampai terlewat ya,

26. Pantai Banyuanjlok

 wisata Malang dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/banyuanjlokbowele/

Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Jasa OjekRp 25.000,-
Sewa PerahuRp 400.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Wisata Malang hits ini memang sangat memukau dimana, anda akan disuguhkan dengan pesona air terjun yang jatuh langsung ke laut.

Salah satu daya tarik dari Pantai Banyuanjlok adalah perjalanannya yang cukup menyenangkan. Kurang lebih 1 jam lamanya.

Bagi anda yang tidak ingin lelah-lelah berjalan kaki, anda bisa memanfaatkan ojek yang siap mengantar anda ke tempat ini.

Bisa juga menggunakan perahu yang bisa disewa dengan kapasitas 8 orang hingga 10 orang. Tidak hanya air terjunnya saja, anda juga bisa menikmati goa sarang dompet.

Bagi anda yang suka memancing, tempat ini memang kawasannya. Ada berbagai macam ikan cakalang dan cumi yang bisa anda nikmati. Hanya saja, anda harus membawa peralatan memancingnya sendiri ya.

Tidak jauh dari sini pula anda bisa melihat tempat konservasi dan budidaya lobster yang benar-benar dilindungi oleh para nelayan.

27. Coban Pelangi

tempat wisata alam di Malang
foto: https://www.instagram.com/sintiadwf/

Alamat: Dusun Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 65157

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

lokasi wisata di Malang ini terletak di ketinggian 1400 mdpl. Letaknya berada di dalam taman nasional gunung bromo tengger semeru.

Bagi anda yang ingin pergi ke gunung semeru dari tumpang, Malang maka anda akan melewati Coban Pelangi ini.

Jarak dari gapura retibusi menuju ke titik lokasi tidaklah terlalu jauh. Anda akan menyeberang jembatan kayu yang cukup unik.

Anda bisa menikmati pesona hijau yang mengesankan dengan air terjunnya yang sangat deras. Bagi anda yang beruntung, anda bisa menikmati pelangimya. Oleh karena itu, nama objek wisata ini disebut dengan coban pelangi.

Waktu yang terbaik menikmati Coban Pelangi ini anda bisa mengunjunginya mulai pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang.

28. Pantai Wedi Putih

pantai pasir putih di malang
foto:https://www.instagram.com/syafrianzamorano/

Alamat: Balearjo, Purwodadi, Kecamatan Tirto Yudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65182

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Sewa PerahuRp 40.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Daya tarik dari objek wisata ini anda bisa menemukan ikan-ikan kecil dan aneka biota laut nan mengesankan. Apalagi, bintang laut disini juga cantik dan elegan.

Dari segi fotografi, anda bisa memanfaatkan beberapa spot berupa bebatuan-bebatuan nan mengesankan.

Nah, di Pantai Wedi putih ini anda bisa menikmati area camping. Hanya saja, anda wajib membawa peralatan camping sendiri dari rumah.

Anda bisa menikmati berjemur dan juga bermain pasir disini, atau juga membawa tikar dan menikmati segala keindahannya. Ombak-ombak di pantai wedi putih ini memang begitu besar sehingga, anda harus berhati-hati bila ingin berenang di tempat ini.

30. Hawai Water Park

Hawai Water Park
foto: https://www.instagram.com/malanghitst/

Alamat: Jalan Graha Kencana Utara V, Karanglo, Banjararum, Kecamatan Singosari, Kota Malang, Jawa Timur 65153

Jam Buka:

  • Senin – Jumat: 10:00 – 16:00
  • Sabtu, Minggu, dan Hari libur:  08:00 – 17:00

No. Telp: 0341 4351797

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk DewasaWeek Day: Rp 45.000,-
Week End: Rp 100.000,-
Tiket Masuk Anak-AnakWeek Day: Rp 74.000,-
Week End: Rp 100.000,-
Ban SingleRp 15.000,-
Ban DoubleRp 30.000,-
Loker StandarRp 25.000,-
Loker KeluargaRp 30.000,-
GazaboHari biasa: Rp 60.000,-
Hari Libur: Rp 125.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini menghadirkan berbagai macam keseruan yang pastinya membuat anda ingin kembali lagi kesini.

Seperti ekoluslide yang memiliki ketinggian 15 meter dengan lebar 80 meter panjangnya mencapai 100 meter. Ada tiga line seluncuran yang bisa anda nikmati.

Dengan sudut kemiringan mencapai 90 derajat dan kontur yang berkelok. Selanjutnya, open spiral slide yang mempunyai tinggi 115 meter dengan terowongan kecil nan gelap dengan kecepatan tinggi.

Kemudian, dengan 23 meter dan 140 meternya yaitu Hula-hula slide. Disini, anda bisa meluncur berdua dengan menggunakan ban.

Selain seluncuran slide anda juga bisa menikmati wahan kolam ombak yaitu wakiki beach. Atau juga Mavi island  yang disukai oleh anak-anak. Atau juga bisa bersantai-santai sepanjang 432 meter di kolam arus waimea stream river hawai waterpark.

Ada pula water plaza yang desainnya seperti teras dan dilengkapi dengan replika dinosaurus yang seolah-olah  anda akan berada di zaman prasejarah.

Ada berbagai macam fasilitas yang bisa anda manfaatkan seperti gazebo, foodcourt, loker, toilet serta beberapa toko souvenir yang bisa anda beli untuk buah tangan.

Lihat juga –> 18 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru

31. Sumber Taman

Sumber Taman
foto: https://www.instagram.com/letsgetl0st__/

Alamat: Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, kabupaten malang, Jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini merupakan pemandian yang menyediakan air nan segar. Disini, anda akan disuguhkan dengan pepohonan yang berusia puluhan hingga ratusan tahun lamanya.

Kedalamannya kurang lebih 1 meter hingga 1,5 meter dengan luasnya mencapai 30 meter persegi. Di tempat ini pula, kita bisa menikmati camping area dan juga outbond yang biasa dilakukan di setiap sabtu dan minggu.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa naik angutan umum AG, GL, menuju ke Terminal Hamid Rusdi kemudian, naik lagi menuju ke karangsuko dengan ojek ke sumber taman.

32. Pantai Bantol

Pantai Bantol
foto: https://www.instagram.com/subangun_anggara_p/

Alamat: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malan, Jawa Timur 65167

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
LobsterRp 80.000,- / kilo
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Keunikan dari Pantai Bantol adalah ombaknya yang cukup tenang, sehingga ramah digunakan sebagai kunjungan anak anda.

Selain itu, anda juga bisa melihat betapa megahnya hutan bakau, yang berair payau yang merupakan muara air di sungai-sungai kecil.

Ada juga goa kapur yang merupakan bagian dari pegunungan gamping. Ada pula sebuah pesanggrahan yang bisa anda nikmati yang terletak di sisi timur teluk bantol.

Terakhir, anda juga bisa menikmati bagaimana rasanya menangkap lobster dan memancing dimana, ada tiga jenis yang disajikan disini yaitu kembang, macan, dan juga warna,

Menuju ke objek wisata ini anda bisa memulainya dari stasiun kota baru kemudian ikuti jalan kolonel sugiono sejauh 65,6 kilometer dengan estimasi waktu 1 jam 42 menit.

33. Pantai Kletekan

tempat menarik di Malang
foto: https://www.instagram.com/didin_emelu/

Alamat: Sindurejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
SnorkelingRp 50.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Pantai ini adalah surganya bagi anda yag menyukai aktiftas snorkeling. Warga sekitar sering menyebutnya dengan nama teluk kletekan.

Kedalaman area snorkeling ini kurang lebih 4 sampai 7 meter. Dilengkapi dengan pengaman seperti, pelampung, kacamata, sepatu dan sudah berstandar internasional.

Bagi anda yang ingin menikmati snorkeling, disarankan untuk melihat bagaimana faktor cuacanya terlebih dahulu, agar anda bisa nyaman menikmati aktifitas ini.

34. Pantai Wedi awu

Pantai Wedi awu
foto: https://www.instagram.com/yoga.c.s/

Alamat:Dusun Balearjo, Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Perahu menuju Pantai Wedi AwuRp 50.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Tempat Wisata di Malang merupakan surganya surfing dan merupakan satu-satunya di Kota Apel. Tinggi ombaknya bisa mencapai 5 meter lho.

Pasir pantainya pun sangat bersih walau tidak putih, airnya bewarna kebiruan seperti bias langit. Menambah kesan elok Pantai Wedi awu.

Selain surfing anda juga bisa menikmati camping disini, biasanya wisatawan lain memanfaatkannya dengan surfcamp.

Beberapa komunitas surfing pun akan berkunjung ke sini pada saat week end tiba. Selain surfing anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut mulai dari snorkeling hingga diving sekaligus.

35. Pantai sendiki

Pantai sendiki
foto: https://www.instagram.com/srimudjajani/

Alamat: Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65418

Jam Buka:  24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week dayRp 10.000,-
Tiket Masuk Week endRp 15.000,-
Sewa TendaRp 75.000,-
CampingRp 20.000,-
Penginapan rumah pohonMulai dari Rp 150.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Keindahan pantai di malang bisa anda dilihat dari Pantai Sendiki, dimana anda akan disuguhkan dengan rumah pohon yang unik dan menarik.

Rumah pohon ini adalah sebuah penginapan yang bisa anda sewa setiap malamnya. Bila anda tidak ingin menyewanya, anda bisa menikmati camping di seberang laut yang mengesankan.

Disini pula, kita bisa bermain ayunan dan mempelajari sebuah mitos mengenai asal usul pantai sendiki.

Jadi, konon cerita dahulu ada 4 orang sahabat dimana mereka membagi kawasan dengan petak-petak. Nah, mbah singo lelono menjadi yang terakhir dan beliau mengatakan, “Nggonaku seg ndi ki?” akhirnya, kawasan ini diberi nama sendiki.

Bila anda berjalan kearah timur, anda akan menemukan makam mbah singo lelono. Jarak dari kota malang kurang lebih 70 kilometer dengan estimasi waktu 2 jam hingga 3 jam lamanya.

36. Coban Putri

Coban Putri
foto: https://www.instagram.com/hermawan_gondhanks/

Alamat: Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur

Jam Buka: 09:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 8.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Wisata Malang dan sekitarnya ini memang naik daun dimana, objek wisata ini adalah air terjun bertingkat yang menawan dan menarik hati.

Disini, anda bisa menikmati beberapa spot yang cukup menarik berupa jembatan dan ayunan nan instagramable. Dengan bunga-bunga plastic yang membuat pemandangannya semakin mengagumkan.

Jangan lewatkan pula untuk menikmati gardu pandangnya yang sudah dilengkapi berbagai spot foto kekinian. Serta bentang pepohonan hijau yang tampak menawan.

Dari terminal batu anda bisa menempuhnya kurang lebih 13 menit dengan jarak 5,6 kilometer melalui jalan oro-oro ombo.

37. Pantai Joggring Saloka

Pantai Joggring Saloka
foto: https://www.instagram.com/_rendy/

Alamat: Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Pantai Jonggring saloka dahulu pernah digunakan sebagai tempat upacara tradisional yang diadakan setiap 14 muharram. Hanya saja, saat ini upacara ini pun sudah tidak lagi diadakan.

Pesona dan daya tarik dari objek wisata ini adalah beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan seperti memancing, camping, atau anda juga bisa memanfaatkan pepohonan yang tumbuh dengan memasang hammock.

Bila berangkat dar stasiun malang membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam hingga 3 jam dengan jarak yang harus ditempuh 68 kilometer melalui, jalan colonel sugiono

38. Sumber Pitu Tumpang

Sumber Pitu Tumpang
foto: https://www.instagram.com/annissa.fauziah/

Alamat: Dusun Duwet, Desa Krajan, Kecamatan Tumpang, kabupaten Malang, Jawa Timur 65156

Jam Buka: 08:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Sumber pitu merupakan air terjun yang tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semneru.

Sebenarnya, air terjun ini tidak terlalu tinggi hanya 70 meter saja tetapi, debit airnya cukup deras dan tidak hanya berada di satu titik saja. Pesona inilah yang membuat Sumber pitu menjadi kawasan alam yang instagramable.

Perjalanan dari tempat parkir menuju ke titik lokasi mencapai 2 km. Jadi, jangan lupa persiapkan benar-benar kekuatan kalian agar bisa sampai di titik lokasi.

Jangan patah semangat dahulu, selama perjalanan anda akan disuguhkan dan dimanjakan dengan berbagai pesona seperti pepohonan yang rindang.

Perbukitan warga mulai dari buah-buahan dan juga sayur mayor, bisa anda nikmati. Bila beruntung anda juga bisa menikmati bagaimana rasanya.

Menuju objek wisata ini anda bisa memulainya dari Stasiun malang kota lama. Menyusuri jalan KH. Malik sejauh  24,6 kilometer dengan estimasi waktu mencapai 50 menit.

39. Wisata Air Krabyakan

Wisata Air Krabyakan
foto: https://www.instagram.com/rendriy/

Alamat: Desa Sumber ngepoh, Kecamatan Lawang, Kota Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Inilah dia sumber mata air alami yang terletak di sisi utara kabupaten malang. Suasananya memang sangat mengesankan hingga, rasanya enggan untuk pergi begitu saja.

Pemandangan hijaunya memang tampak mengesankan. Sajian yang bisa anda nikmati disini adalah terapi ikan yang akan membersihkan sel kulit mati anda.

Kebersihan dan kejernihannya dijamin juara. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner yang bakal menggoyang lidah.

Menuju objek wisata ini anda bisa menempuhnya dari stasiun kota malang dengan jarak 30 km atau estimasi waktu kurang lebih 50 menit. Menggunakan Jalur Via Jalan tol Pandaan – Malang.

40. Sumber Maron

wisata di daerah Malang
foto: https://www.instagram.com/hisbul_maulana/

Alamat: Desa Karangsuko, Kecamatan pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 07:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 8.000,-
Terapi ikanRp 15.000,-
Flying FoxRp 10.000,-
Sewa LokerRp 3.000,-
Sewa BanKecil : Rp 3.000,-
Tengah : Rp 7.000,-
River Tubing : Rp 10.000,-
Sewa karpetRp 3.000,-
Ruang ganti dan kamar mandiRp 2.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Ada lagi air terjun di Malang bernama Sumber Maron. Terjunannya pun tersebar di antara bebatuan. Menjadikan spot foto yang instagramable.

Selain anda bisa menikmati segarnya air, anda juga bisa bermain-main seperti river tubing. Anda bisa menyusuri setiap aliran sungai dengan menggunakan ban.

Anda bisa melakukannya sendirian atau juga beramai-ramai. Selain itu, Sumber maron juga menghadirkan terapi ikan yang cukup menggelikan tetapi menyehatkan. Lantaran mereka bisa memakan sel-sel kulit mati anda.

Masih kurang? Disini tersedia pula wahana flying fox yang siap memacu adrenalin anda. Menuju ke objek wisata ini anda bisa melalui ke jalan kolonel Sugiono dengan waktu tempuh kurang lebih 55 menit dengan jarak 26,3 kilometer.

Baca juga –> 18 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru

41. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter
foto: https://www.instagram.com/fathon_smartboy/

Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 10.000,-
Tambahan Biaya MenginapRp 3.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Pemandangan batuan karang bisa anda nikmati di kawasan ini. Selain itu, kondisinya lebih bersih dan lebih asri dibandingkan dengan beberapa pantai di Malang.

Pesona lain yang bisa anda nikmati adalah pemandangan hutan bakau yang mengesankan. Disini juga terdapat muara sungai  sitiarjo,

Aktifitas lain yang bisa anda lakukan disini adalah snorkeling dan menikmati malam bersama dengan bintang-bintang dengan mendirikan tenda.

Kawasannya yang masih sepi membuat tempat ini dijadikan sebagai konservasi penyu. Bila anda beruntung, anda bisa menikmati keindahan penyu-penyu yang sedang dilepaskan kealam habitatnya.

Bila anda sudah bersenang-senang di pantai sendiki anda bisa melanjutkan ke pantai watu leter. Jarak yang di tempuh kurang lebih 18,6 km dengan waktu tempuah 32 menit.

42. Pantai Wonogoro

tempat wisata di kota Malang
foto: https://www.instagram.com/whiempy/

Alamat: Dusun Sukorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Gendangan, Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Hamparan pasir putihnya pun bercampur dengan pasir besi. Sehingga, saat terkena matahari pasir ini akan berkilauan.

Ombaknya pun juga terlihat tenang, suasananya sangat asri dan teduh yang membuat objek wisata ini semakin hari semakin berkemilau.

Kebersihannya pun bisa diacungi jempol sehingga, disarankan bagi anda yang datang ke tempat ini untuk membawa kembali sampahnya dan jangan di buang di sembarang tempat.

43. Coban Tundo

tempat wisata di kabupaten Malang
foto: https://www.instagram.com/mufidz7/

Alamat: Dusun Sidoasri, Desa Tambaksari, Kecamatan Sumbermanjing wetan, Malang, Jawa Timur 65181

Jam Buka: 07:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Sewa PelampungRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Menyusuri Coban Tundo memang sangat menyenangkan, dimana anda harus melewati perbukitan yang asri dengan pemandangan hijau nan mengesankan. Tetapi, jangan patah menyerah dahulu, karena keindahan alamnya akan tersaji di depan mata.

Setidaknya anda bisa menikmati 4 Air terjun dengan 4 kolam sekaligus. Coban Tundo yang pertama anda bisa menikmati air terjun dengan ketinggian 5 meter dan kedalamannya mencapai 2 meter.

Coban Tundo yang kedua tingginya mencapai 10 meter, dengan kedalaman air mencapai 7 meter. Disini, banyak para pengunjung yang memanfaatkan untuk clift jumping. Sedangkan yang ke 3 tingginya 15 meter

Dari terminal kota batu ini menuju ke objek coban Tundo ini kurang lebih  2 jam 44 menit, atau membutuhkan jarak kurang lebih 75 kilometer.

44. Pantai pancer

wisata outbound di Malang
foto: https://www.instagram.com/pantaisidoasri/

Alamat: Desa Sidosari,Kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Bagi anda yang menyukai wisata pantai. Nama Pantai pancer mungkin masih terkesan asing. Maklum saja, kawasan ini memang tergolong masih baru.

Belum banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Ombaknya juga tidak terlalu tinggi, sehingga cukup nyaman untuk anda menikmatinya. Tempat ini pun menyediakan perbukitan yang jalannya cukup terjal namun sangat mengesankan.

Bagi anda yang ingin menikmati pesona matahari terbitnya, anda bisa mendirikan tenda disini. Jarak dari pantai sendiki kurang lebih 14,5 kilometer atau membutuhkan waktu 53 menit.

45. Pantai Licin

foto: https://www.instagram.com/ahmed25_al.ali/

Alamat: Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa timur, 65183

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Bila kebanyakan pantai lain adalah berpasir putih, maka disini anda akan melihat pasir berwarna hitam yang membuat tempat ini menjadi berbeda.

Keunikan lain yang bisa kita nikmati adalah karang-karang yang tampak mengesankan. Hewan-Hewan laut pun bisa anda nikmati di sini seperti kepiting, yang terkadang berlari-larian.

Bila anda lihat dari atas, anda akan menemukan garis pantai yang melengkung selain itu, disini ada sebuah terowongan yang menghubungkan pantai licin dengan laut selatan. Sayangnya, anda harus menyewa perahu untuk bisa menikmatinya.

Keunikan lain yang tidak kalah megahnya adalah tebing-tebing yang tampak mempesona dengan pemandangan seperti sebuah portal memasuki dunia tertentu.

Bagi anda yang ingin naik ke atasnya jangan lupa siapkan benar-benar fisik anda karena, perjalanannya tidak akan mudah.

Bila anda melihatnya dari titik ini, anda bisa melihat betapa jernihnya Pantai Licin sehingga, anda tidak salah mengunjunginya. Disini, anda juga bisa berkemah lho? mendirikan tenda menikmati malamnya yang bertahtakan bintang-bintang.

46. Pantai Bangsong

pantai pasir putih di malang
foto: https://www.instagram.com/wijapuccino/

Alamat: Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Menuju ke objek wisata ini, anda wajib pergi ke pantai teluk asmoro terlebih dahulu. Dimana, letak objek wisata ini masih berada di satu kawasan. Anda hanya pelu berjalan kurang lebih 50 meter saja.

Ombaknya cukup tenang, membuat anda bisa bersenang-senang dengan berenang di kawasan ini. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah pada saat musim penghujan dimana, padang ilalangnya sangat mengesankan.

47. Museum Tubuh

foto: https://www.instagram.com/artantifinna/

Alamat: Kawasan Jatim Park 1,  Jalan Kartika No,2,  Sisir, Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur 65134

Jam Buka: 08:30 – 16:30

No. Telp:  0341 597778

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week DayRp 40.000,-
Tiket Masuk Week EndRp 60.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini merupakan sebuah museum mengenai kondisi tubuh kita. Mulai dari bagian otak, lidah, mulut, hingga ke bagian bawah bisa anda nikmati dengan berbagai macam pengetahuan dan juga penelitian yang bisa anda coba serta anda nikmati.

Selain itu, anda bisa cek darah gratis dan juga cek kesehatan mata anda. Di tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai kantin yang menyediakan minuman serta makanan yang nikmat dan sehat.

48. Sumber Sirah

wisata Malang dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/novanirza/

Alamat: Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, jawa Timur 65174

Jam Buka: 07:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Sewa BanTp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Keunikan yang bisa anda nikmati dari objek wisata sumber sirah adalah sumber mata airnya yang berada di dalam perut bumi.

Tempat ini juga digunakan sebagai kawasan irigasi untuk para warga. Warna airnya sedikit hijau lantaran, di dasar airnya kita bisa melihat lumut-lumut sejenis hydrilla yang sangat mempesona.

Di dalamnya kita bisa melihat ikan-ikan kecil dan pasir berwarna hitam yang membuat Sumber Sirah semakin esoktis.

Kedalamannya mulai dari 0,8 meter hingga 1,5 meter. Jangan lupa untuk membawa kamera bawah laut agar anda bisa mengabadikan setiap keindahannya saat berada di dalam sumber mata air ini.

Menuju ke objek wisata ini anda bisa menmpuhnya dari terminal landungsari. Jarak yang ditempuh kurang lebih 26,7 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 5 menit.

49. Coban Nirwana

foto: https://www.instagram.com/darushadi/

Alamat: Desa Gedangan, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Nama lain dari objek wisata ini adalah Coban Gedangan lantaran, terletak di Desa Gedangan. Maklum saja, belum ada nama resmi yang disematkan di air terjun ini.

Keindahannya bisa anda lihat dari dekat, dimana airnya sangat jernih, dingin nan menyegarkan. Sementara itu, bentuknya bertingkat, menghadirkan suasana asri dan damai di hati.

Jarak yang harus anda tempuh menuju ke objek wisata ini bila dari pusat kota Malang kurang lebih 50 kilometer dengan estimasi waktu 90 menit.

50. Pantai Ngantep

tempat wisata di malang jawa timur
foto: https://www.instagram.com/imron.rosydi/

Alamat: Dusun Sukorejo, Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 10.000,-
Parkir MobilRp 15.000,-

Saat anda menginjakkan kaki di pantai ini, anda pasti setuju bila kawasan ini mempunyai pasir yang sangat lembut. Selain itu, anda juga bisa menikmati malam yang indah dengan mendirikan tenda.

Mendengarkan deburan ombak sembari menikmati hangatnya api unggun bersama dengan teman memang tampak menggoda iman.

Disini, anda juga bisa melihat petilasan berupa bangunan berundak Dengan warna merah yang menghiasi setiap sudutnya. Beberapa warga menyebutnya dengan Panembahan Pantai Ngatep.

Pergi ke objek wisata ini bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau yang kedua dengan menggunakan transportasi umum.

Bila anda dari Terminal Arjosari, naiklah angkot dengan jurusan Terminal Gadang. Lalu, beralih angkot menuju ke Batur. Setelah itu, anda bisa menggunakan ojek menuju ke kawasan ini.

Datang juga ke –> 18 Tempat wisata di Magetan Terbaru

51. Alun-Alun Kota Batu

wisata malam di malang
foto: https://www.instagram.com/mutii_i/

Alamat: Jalan Diponegoro, Sisir, Kecamatan batu, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukGratis
BianglalaRp 5.000,-
Mobil HiasRp 100.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Alun-alun adalah tempat berkumpulnya seluruh warga dan menikmati berbagai macam hiburan yang sudah disiapkan.

Seperti halnya, Alun-Alun kota Batu yang juga dijadikan sebagai temat berkumpul tidak hanya untuk warga Batu saja. Melainkan, untuk wisatawan yang berasal dari berbagai penjuru, bahkan wisatawan mancanegara pun juga menyukai tempat ini.

Disini, ada banyak hal yang akan memanjakan anda, mulai dari permainan anak-anak sperti bianglala yang menjadi ikon dari kawasan ini.

Bagi anda yang membawa anak kemari, rasanya menjadi pilihan yang tepat lantaran Objek wisata ini mempunyai arena bermain yang cukup lengkap.

Ada juga air mancur yang siap memberikan sensasi dan nuansa yang berbeda dari alun-alun kota lainnya.

Wahana anak-anak pun tidak hanya berhenti sampai di area playground saja, melainkan ada juga mobil hias yang bisa anda sewa dan menikmatinya berkeliling area alun-alun.

Pesona terakhir yang disuguhkan kepada anda sekeluarga adalah kawasan kuliner yang menyajikan berbagai menu makanan. Salah satunya adalah ketan legenda yang menjadi ikon lain dari kawasan ini.

52. Pantai Tamban

tempat wisata alam di Malang
foto: https://www.instagram.com/adilaksmono/

Alamat: Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 6.000,-
Sewa PerahuRp 50.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Pantai Tamban adalah salah satu destinasi wisata di malang yang wajib anda kunjungi khususnya bagi yang menyukai kegiatan memancing.

Disini, disediakan tempat khusus untuk memenuhi kebutuhan anda dalam mencari ikan. Hanya saja, anda harus membawa peralatannya sendiri dari rumah. Karena, beberapa nelayan disini, tidak menyewakan jasa sewa alat pancing.

Kawasan Ini pun mempunyai sebuah kisah yang cukup unik dimana kata tamban diambil dari bahasa jawa yang berarti tombo atau obat.

Jadi, menurut cerita warga sekitar dahulu kala ada tiga orang kyai yang sedang menebang hutan. Persediaan air mereka sudah habis, hingga akhirnya meminum air laut.

Setelah diminum, air ini mempunyai rasa tawar dan mereka merasa punya energi baru untuk melanjutkan aktifitas mereka. Dari situlah nama pantai Tamban ini berasal.

Menariknya disini, anda bisa menikmati sarana homestay dan pengianapan dengan harga yang bersahabat dengan kantong anda.

53. Pantai Sendang biru

tempat hunting foto di malang
foto: https://www.instagram.com/gi.gih.1989/

Alamat: Tambakrejo, Sumbermanjing wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Perahu MotorRp 100.000,- hingga Rp 150.000,-
Perahu DayungRp 50.000,- hingga Rp 70.000,-
Menuju Pulau sempuRp 100.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini memang memiliki keindahan berupa pantainya yang biru membiru. Selain itu, anda bisa menikmati pemandangan sekitar yang sangat menarik dengan menggunakan perahu motor atau juga perahu dayung yang bisa anda sewa.

Bagi anda yang ingin pergi ke pulau sempu, anda juga bisa memanfaatkan perahu nelayan untuk mengantarkan anda.

Karena, menuju ke pulau ini hanya bisa anda lakukan dengan menggunakan perahu. Pantai Sendang biru juga terkenal dengan wisata memancingnya, dimana banyak nelayan yang selalu datang dan pergi menangkap berbagai macam ikan yang cukup banyak nan melimpah.

Cobalah datang pada bulan September dimana, akan ada pesta laut berupa pelik laut yang akan diadakan kurang lebih selama 1 minggu dengan berbagai macam hiburan yang menarik.

Di sekitar objek wisata ini anda bisa memilih kurang lebih 7 hingga 10 homestay dengan harga mulai dari 200 ribuan.

54. Pantai Tiga warna

foto: https://www.instagram.com/bagasant/

Alamat: Jalan sendang biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, 65176

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
GuideRp 100.000 hingga Rp 200.000
Camping areaRp 25.000
Alat SnorkelingRp 25.000
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Dari segi namanya saja, kita sudah mengetahui bahwa keunikan utama dari Objek wisata ini adalah warna pantainya yang ada tiga.

Keindahannya benar-benar menawan hati dan jiwa anda. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan area ini untuk berkemah.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati tebing-tebing yang mampu mengalihkan dunia anda untuk sementara.

Mau menikmati keindahan dunia bawah lautnya, anda bisa menyewa peralatan snorkeling yang lengkap dengan standar internasional.

Keunikan lainnya adalah ubur-ubur yang cukup banyak yang bisa anda abadikan ke dalam foto dan gambar.

Menuju ke objek wisata ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 1 menit dengan jarak kurang lebih 71,5 km melalui jalan colonel Sugiono.

55. Coban Kedung Malang

foto:https://www.instagram.com/evearden/

Alamat: Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini mempunyai debit air yang cukup deras dengan air terjunnya yang melebar. Lebarnya kurang lebih 25 meter dengan tinggi mencapai 20 meter.

Bagi anda yang ingin berenang, anda harus berhati-hati karena cukup dalam. Bagi anda yang berasal dari luar kota, bisa turun di stasiun malang. Melalui jalan colonel sugiono sejauh 44 kilometer dengan estimasi waktu kurang lebih 44 menit.

56. Kusuma Waterpark

waterboom di malang
foto: https://www.instagram.com/febryoki87/

Alamat: Jalan Abdul Ghani atas, Ngaglik, Batu, Jawa Timur

Jam Buka: 09:00 – 16:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Week DayRp 25.000,-
Tiket Masuk week EndRp 30.000
Sewa GazeboRp 100.000,- per 3 jam
Parkir MotorRp 5.000,-
Sewa BanRp 10.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Inulah dia waterpark yang berada di ketinggian kurang lebih 1100 mdpl. Menariknya lagi, anda bisa menikmati berbagai macam kolam dengan nama-nama buah. Seperti kolam apel, berupa perosotan mini, pancuran air,  dan juga ember tumpah.

Ada juga kolam buah naga yang mempunyai kolam arus dengan kedalamannya 1 meter. Selain itu, anda bisa menikmati berbagai macam slide-slide mulai dari 1 meter hingga 1,5 meter.

Ada lagi kolam kopi, berupa kolam air hangat Bagi anda yang ingin pergi ke tempat ini, anda bisa menempuhnya terlebih dahulu ke terminal kota batu. Jaraknya kurang lebih 3,3 kilometer dengan waktu tempuh 8 menit.

57. Pantai Gatra

tempat foto di malang
foto: https://www.instagram.com/nadiagariza_/

Alamat: Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 10.000,-
Sewa KanoRp 25.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Objek wisata ini, dikenal di kalangan wisatawan sebagai raja ampatnya Malang. Dimana, terdapat seperti sebuah pula-pulau yang sangat mengesankan.

Selain itu, kawasan ini menjadi tempat konservasi hutan. Bagi anda yang memutuskan untuk masuk ke kawasan ini, anda diwajibkan untuk membawa kembali sampah yang mungkin anda bawa.

Lantaran, tempat ini memiliki kondisi yang sangat bersih. Wahana yang bisa anda manfaatkan disini adalah sewa kano, dan berkeliling ke seluruh pelosok Pantai Gatra.

Bila berjalan dari alun-alun kota malang, anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 57 menit atau jaraknya kurang lebih 70 kilometer.

58. Bromo

gunung bromo malang
foto: https://www.instagram.com/frdaamal/

Alamat: Kabupaten Malang

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 29.000,- hingga Rp 34.000
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Inilah dia, ikon yang tidak boleh anda lewatkan bila berkunjung ke kota malang, dimana keindahannya benar-benar menakjubkan. Apalagi, keindahan matahari terbitnya yang tidak bisa dibayangkan keindahannya.

Semua pesona ini tidak hanya diakui oleh wisatawan nusantara saja. Melainkan, wisatawan mancanegara pun rela antri untuk melihat pemandangan yang benar-benar mengesankan.

Pesona Bromo memang tidak ada yang bisa mengalahkan atau pun menggantuiikannya dimana, anda bisa menikmati upacara adat suku tengger yang cukup esoktik nan sakral.

Menuju ke objek wisata ini bila anda melalui kabupaten malang, anda akan melewati kawasan hutan yang cukup lebat. Pesona bukit teletabis dan pasir berbisiknya bisa membuat anda tidak akan pernah lupa akan kawasan ini.

59. Pantai Bajulmati

Pantai Bajulmati
foto: https://www.instagram.com/agunk_wi/

Alamat: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur,

Jam Buka: 24 jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 5.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-

Pantai Bajulmati ini mempunyai keindahan akan jembatannya. Dengan panorama perbukitan yang membuat anda wajib untuk mengabadikannya.

Muara sungainya  berwarna hijau dengan air laut yang membuat pemandangan kawasan ini membuat mata anda enggan untuk berkedip

Nah, disini anda bisa pula menikmati asal-usul dan cerita tentang kawasan ini. Dimana, pantai bajulmati ini berasal dari ditemukannya buaya yang mati. Dalam bahasa jawa, buaya diesebut juga dengan bajul.

Legenda kedua, merupakan karang-karang yang berbentuk buaya, lalu ada lagi pula yang ketiga dimana ada cerita mengenai pertarungan antara nyi roro kidul dengan buaya-buaya yang dibunuhnya.</