Tempat Wisata di Wonogiri

Tempat Wisata di Wonogiri satu per satu mulai bermunculan ke permukaan, menghadirkan keindahan dan pesona akan wisata alam Wonogiri yang sesungguhnya. Menariknya lagi, tidak hanya kawasan alam yang elok tetapi, sejarah pun juga hadir disini memberikan warna yang elegan.

Menuju ke Wonogiri bisa dengan berbagai alat transportasi yang sudah diperbaiki dan memiliki fasilitas yang bagus. Seperti bus, atau juga kereta api dengan harga yang cukup murah.

Baiklah, tidak perlu menunggu durian runtu. Mari kita simak hasil penjelajahan beberapa rekomendasi tempat wisata di wonogiri yang harus anda masukkan dalan bucked list liburan anda.

1. Pantai Nampu

objek wisata di wonogiri jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/isnadseptiana/

Alamat: Dusun Dringo, Desa  Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 15.000,-

 

Kunjungan pertama yang bisa kita nikmati adalah Pantai nampu. Objek wisata di wonogiri jawa tengah ini mempunyai keindahan yang elok dan mengesankan.

Harga tiket masuknya kurang lebih 5 ribu rupiah. Di tambah dengan uang parkir 5 ribu rupiah bagi anda yang membawa mobil dan 3 ribu rupiah bagi yang membawa kendaraan bermotor.

Menuju ke kawasan ini anda diwajibkan menuruni anak tangga yang jumlahnya bisa ratusan. Tetapi, setelah anda sampai di lokasi pantainya, anda tidak akan pernah ingin kembali lagi karena, ada banyak hal yang bisa anda lakukan.

Seperti bermain dan berolahraga di bibir pantai nan luas. Ombaknya yang tidak terlalu deras, membuat kawasan ini pun bisa dijadikan sebagai alternatif kunjungan bersama dengan keluarga.

Tidak hanya itu saja, anda bisa melihat karang-karang yang indah dan cumi-cumi yang terdampar di pasir-pasir  dan sela-sela karang saat air laut sedang surut. Terakhir, anda bisa menikmati es kelapa muda yang segarnya tidak ada bisa mengalahkannya.

2. Air Terjun Seloresi Wonogiri

obyek wisata di wonogiri terbaru
foto: https://www.anomika.net

Alamat: Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24  Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Wisata alam di wonogiri terletak di Dusun Salam, Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Air terjun yang begitu menarik untuk dikunjungi karena, ditumbuhi dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

Siapa pun yang datang ke tempat ini pasti betah berlama-lama disini. Ketinggiannya mencapai 30 meter.

Air terjun Seloresi bukan termasuk air terjun musiman yang hanya ada di musim penghujan saja. Debit airnya cenderung stabil hingga, anda bisa menikmatinya kapan pun anda mau.

Menuju ke titik lokasi anda harus berjalan kaki kurang lebih 2 km dengan estimasi waktu 45 menit hingga 1 jam. Jalurnya memang agak susah tetapi, setelah tiba di lokasi, anda akan terdiam akan keindahannya.

3. Bukit Jonambang

 tempat wisata keluarga di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/wijaya.erik/

Alamat: Dusun Dawe, Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 06:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Akhir-akhir ini, wonogiri sedang menjadi bahan pembicaraan oleh para nitizen karena Bukit Jonambang. Tempat wisata baru di wonogiri  ini memiliki pemandangan alam yang sangat memukau.

Kesejukannya membuat anda enggan untuk segera pulang. Dari sini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan waduk Gajah Mungkur walau hanya terlihat kecil.

Tempat ini sudah dikelola oleh warga sekitar dengan cukup baik. Ada sebuah batu karst di atas yang bisa anda jadikan sebagai spot foto.

Bagi anda yang enggan pergi ke atas karena, takut lelah. Anda bisa memanfaatkan kuda yang disediakan setiap sore hari saja.

Nama dari jonambang sendiri diambil dari nama leluhur mereka yang sudah meninggal. Beliau dimakamkan di puncak bukit.

4. Pantai Pringjono

tempat wisata anak di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/eaprasetyo/

Alamat: Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 3.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Perlu diketahui bila nama tempat wisata ini sama dengan pantai yang terletak di Gunung Kidul. Obyek wisata di wonogiri terbaru ini terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

Pesona tebing yang memanjakan mata anda menjadi salah satu daya tarik yang tidak boleh anda lewatkan. Bebatuan karang bisa anda temui di bawah  dan juga tepiinya.

Menariknya kawasan Pantai Pringjono ini sangat bersih, tidak ada satu pun sampah yang terlihat disini. Jadi, diharapkan anda untuk tidak membuang sampah sembarangan ya.

Di tempat ini kita akan disuguhkan denga berbagai macam pemandangan pepohonan yang rindang dan rimbun. Bagi anda yang pergi ke sini, diharakan untuk tidak berenang karena, ombaknya yang cukup membuat aktifitas ini sangat berbahaya apalagi, bagi anak-anak anda.

5. Air Terjun Girimanik

wisata di wonogiri dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/dharyadi19/

Alamat: Dusun Ngerapah, Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Wisata di wonogiri dan sekitarnya ini memang wajib untuk anda kunjungi karena, memiliki 3 air terjun sekaligus dalam satu kawasan. Ada manikmoyo dengan ketinggian 70 meter, Tejomoyo dengan ketinggian 30 meter, dan  Air terjun Condomoyo.

Objek wisat ini terletak di lereng gunung lawu dengan udara dingin yang sejuk akan sangat terasa. Tetapi, tahukah anda bila diantara ketiga air terjun itu ada satu yang mempunyai mitos nan menarik untuk dikunjungi.

Tempat tersebut adalah air terjun condomoyo. Disini, kita akan menemukan sebuah peninggalan raden mas said yang menjadi raja pertama keraton mangkunegaran solo.

Disini pula anda bisa menikmati upacara adat yang bernama susuk wangan. Fungsi dari upacara ini adalah rasa syukur atas hasil bumi yang diberikan.

Saat upacara ini anda akan melihat sesajinya berupa 1000 ayam panggang untuk penolak bala dan ucapan rasa syukur untuk Tuha.

Setelah puas menikati berbagai macam keindahan alamnya. Saatnya untuk menikmati kampung durian. Cita rasa buah durianyya benar-benar manis rasanya enggan untuk berhenti memakannya.

Untuk harga tiket masuk objek wisata ini anda tidak perlu membayarnya alias gratis. Hanya saha Anda wajib membayar uang sebesar 3 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah, bagi anda yang menggunakan mobil.

Lokasinya berada di 35 km dari pusat kota wonogiri. Tepatnya, berada di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Menuju ke objek wisata ini anda wajib menggunakan kendaraan pribadi karena, belum tersedianya transportasi umum yang akan mengantar anda.

6. Waduk Gajah Mungkur

Tempat wisata keluarga di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/bangjipn/

Alamat: Jl. Raya Wonogiri – Pracimantoro, Ds Pokoh Kidul, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri Jateng

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Waduk Rp 10.000,- Hingga Rp 12.500,-
Omah Jungkir Rp 25.000,- Hingga Rp 30.000,-
Waterboom Rp 10.000,- Hingga Rp 12.500,-
Taman Bunga Rp 5.000,-
Sewa Perahu Per orang : Rp 10.000,-
Karamba : Rp 100.000,-
Plasa Wonogiri : Rp 150.000,-
Naik Kereta Mini Rp 5.000,-
Waterboom Rp 15.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

 

Siapa yang tidak mengenal Waduk gajah Mungkur. Tempat wisata keluarga di wonogiri ini menghadirkan pesona seperti pantai.

Hanya saja, waduknya cukup tenang dengan semilir angin sepoi-sepoi yang tidak akan pernah berhenti. Harga tiket masuknya cukup bersahabat hanya 10 ribu rupiah saja pada week day dan untuk week day anda akan dikenakan biaya 12 ribu rupiah.

Menariknya, di tempat ini adalah hadirnya taman bunga yang bisa anda jadikan latar belakang foto. Hanya saja, anda harus membayar uang sebesar 5 ribu rupiah untuk bisa menikmatinya.

Sudah puas foto-foto, namaknya akan kurang afdol jika tidak menikmati waduknya. Anda bisa menggunakan kapal cepat dengan harga 10 ribu rupiah.

Bila anda datang dengan rombongan, anda pun bisa menyewanya dengan harga 150 ribu rupiah untuk berkeliling waduk.  Ada juga 100 ribu rupiah hanya sampai di karamba saja.

Selanjutnya, jangan lupa menikmati berbagai macam sajian kuliner yang nikmat. Salah satu makanan atau juga oleh-oleh khas dari Waduk Gajah Mungkur adalah ikan wader yang rasanya gurih dan cocok di makan bersama dengan sambal dan nasi hangat.

7. Pantai Banyutowo

wisata alam di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/leena_zuliandri/

Alamat: Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Nama objek wisata ini memang sangat unik, diambil dari bahasa jawa yang artinya adaah air tawar. Sehingga, saat anda berkunjung ke tempat ini anda tidak akan merasakan rasa asin sedikit pun.

Air tawar ini berasal dari sumber mata air yang berada di dalam tanah. Pantai Banyutowo terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, estimasi perjalanan dari pusat kota wonogiri kurang lebih 4 jam.

Hamparan karst yang terbentang di sepanjang pantai di tambah dengan air lautnya yang biru membuat kawasan ini layak untuk dikunjungi. Untuk menikmati pesonanya anda akan ditarik harga tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah.

8. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Tempat wisata di Wonogiri
foto: http://grandamirahotel.com

Alamat: Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo,  Kecamatan Jatipurno.Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 3.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Tempat wisata di Wonogiri ini terdiri dari dua air terjun, yang paling tinggi kurang lebih 40 meter. Dinamakan watu jadah karena, saat anda berkunjung ke tempat ini, anda akan disuguhkan dengan lempengan bebatuan kotak-kotak.

Bebatuan ini bila dilihat secara mendalam mirip dengan jaddah. Air terjun ini terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo,  Kecamatan Jatipurno.

Menuju ke ititk lokasi anda harus berjalan dahulu kurang lebih selama 1 jam. Hamparan sawah dengan pepohonan yang tumbuh rindang, serta air sungai yang mengalir menjadi sajian yang tidak boleh untuk dilewatkan.

40 menit pertama anda akan disambut dengan air terjun pertama dengan ketinggian 10 meter dan hadir lagi dengan ketinggian 25 meter. Di atasnya ada sebuah kubangan yang bisa anda manfaatkan untuk berendam.

Selanjutnya lanjutkan perjalanan sekitar 30 menit dengan sudut kemiringan mencapai 60 derajat. Disini anda harus berhati-hati karena, bisa menyebabkan terpeleset dan terjatuh.

Semua rasa lelah dan keringat yang bercucuran akan terhapus dengan sendirinya saat sampai di titik ini. Pesonanya masih sangat asri, airnya sangat dingin namun menyegarkan.

9. Taman Satwa Gajah Mungkur

Tempat wisata anak di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/gegfia/

Alamat: Jl. Raya Wonogiri, Dsn Godean, Desa Wuryorejo, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 08:00 – 17:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Tempat wisata anak di wonogiri ini masih di lingkungan Waduk Gajah Mungkur. Dimana, anda akan disuguhkan dengan taman satwa mini.

Kenapa disebut dengan mini? Karea, tempatnya tidak terlalu luas. Kemudian, satwa yang tinggal disini juga tidak terlalu banyak.

Ada gajah, rusa, bebragai jenis burung, buaya monyet dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja.

10. Pantai Sembukan

tempat liburan di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/agung_al/

Alamat: Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Inilah dia ikon wisata lain dari Wonogiri. Sebelum mengenal berbagai macam wisata pantai di kota ini, dahulu kita melihat bahwa objek wisata wonogiri hanya Pantai Sembukan dan Nampu.

Tetapi, saat ini sudah banyak bermunculan nama-nama pantai yang elok dan esoktis. hanya saja, Kawasan ini masih tidak gentar, tetap dijadikan favorit bagi sebagian besar wisatawan baik dari wonogiri dan sekitarnya.

Harga tiket masuknya pun cukup murah hanya 3 ribu rupah saja. Anda akan disuguhan drngan panorama yang elok, yang tidak akan pernah anda lupakan.

Bagi anda yang ingin berenang, sepertinya anda harus berhati-hati karena, karang-karang disini cukup tajam lho.

Jangan lupa setelah sampai disini untuk meniccipi berbagai macam aneka kuliner yang nikmatnya menggoda. Aneka seafood menjadi sajian utama dengan berbagai macam olahan yang nikmat, membuat lidah anda bergoyang tanoa henti.

Jangan lupa untuk menikmati segarnya es degan yang dipetik langsung dari pohonnya. Bagi anda yang menyukai  kegiatan memancing, kawasan ini adalah tempat yang tepat untuk melakukan aktifitas tersebut.

Hanya saja, anda harus membawa perlatan tempurnya sendiri. Anda pun bisa mengikuti beberapa warga yang juga hendak memancing di kawasan ini.

11. Air Terjun Kali Kothak

Tempat liburan di wonogiri
foto: https://joglosemarnews.com

Alamat: Dusun Ciman, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Tempat liburan di wonogiri ini terletak di Dusun Ciman, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto,  Kabupaten Wonogiri. Jarak dari pemukiman warga kurang lebih 2,6 km.

Jadi, persiapkan fisik anda lantaran, jalanan yang harus di lalui tidak mudah. !00 meter sebelum tiba di titik lokasi, anda akan disuguhkan dengan jalur yang super menantang.

Jalur bebatuan yang dipenuhi dengan lumut, membuat pijakan kaki begitu licin. Anda harus berhati-hati agar tidak tepeleset dan terjatuh. Air terjun ini hanya memiliki tinggi 6 meter saja.

Tetapi, daya tarik utamanya adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat. Air terjunnya memiliki dua sisi karena, di tengah alirannya terdapat sebuah batu besar, sehingga memecah keduanya.  Di bawah batu tersebut terdapat  sebuah rongga, yang bisa dikatakan sebagai mulut goa.

Anda bisa masuk ke dalam sana dengan kapasitas 5 orang. Di dalam udaranya, cukup dingin. Selain itu, air yang berasal dari atas juga terpecah sehingga, menetes di depan mulut goa.

12. Bukit Cumbri

tempat wisata baru di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/saidoen_/

Alamat: Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,- (Menginap Rp 10.000,-)
Parkir Mobil Rp 5.000,- (Menginap Rp 15.000,-)

 

Mungkin, sebagian besar dari anda sudah mengenal bukit cumbri yang sempat hits. Objek wisata ini terletak di perbatasan antara wonogiri dengan ponorogo.

Track yang disuguhkan tidak terlalu sulit, cocok bagi anda yang sedang belajar mendaki. Hanya saja, kalau anda datang saat musim kemarau disarankan untuk membawa masker.

Debu yang dihasilkan cukup banyak, terlebih lagi angin di tempat ini cukup kencang. Bila anda datang di musim penghujan , anda harus berhati-hati karena, jalanannya sedikit licin.

Ketinggian dari bukit cumbri ini hanya 638 mdpl saja. Tidak tinggi memang, tetapi cukup mempesona untuk menikmati keindahan alam wonogiri dan ponorogo.

Sesampainya di puncak anda akan di sambut dengan bebatuan besar. Ada 2 batu yang bisa anda pilih, hanya saja harus berhati-hati karena, jalanan begitu sempit. Selain itu, angin yang berhembus cukup kencang.

13. Pantai Dadapan

objek wisata di wonogiri jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/aminrahmadi/

Alamat: Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Pantai ini merupakan perbatasan dua wilayah yaitu wonogiri, jawa tengah dengan gunung kidul, Yogyakarta. Daya tarik dari objek wisata ini adalah pesona tracking yang cukup melelahkan namun juga menyenangkan.

Tetapi, setelah anda sampai di objek wisata ini. Hamparan pasir putih akan terlihat begitu mempesona menyambut kedatangan anda.

Tidak hanya itu saja, di samping kanan dan kirinya terdapat sebuah tebing yang membuat kawasan ini seperti terapit karang. Sungguh pemandangan yang sangat elok tercipta di depan mata.

Menarinya lagi, anda tidak hanya disambut dengan esoktisnya pasir putih. Ada juga kupu-kupu yang bertebangan kesana-kemari, mereka seakan memberikan ucapan selamat datang.

Nama pantai dadapan sendiri ternyata di ambil dari sebuah nama pohon yang bernama dadap. Tetapi, saat ini pohon ini sudah tidak bisa anda nikmati.

Bagi warga jogja, objek wisata ini juga disebut dengan nama pantai mengetan. Arti dari mengetan berasal dari bahasa jawa yaitu mengetan yang artinya adalah timur atau pantai yang berada di sisi paling timur Yogyakarta.

14. Air Terjun Kahyangan Tirtomoyo

obyek wisata di wonogiri terbaru
foto: https://joglosemarnews.com

Alamat: Desa Dlepih, Kecamatan  Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 08:00  – 16:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Objek wisata ini terletak di Desa Dlepih, Kecamatan  Tirtomoyo, kabupaten Wonogiri. Jaraknya dari pusat kota wonogiri kurang lebih 50 km. Akses menuju ke Air terjun kahyangan tidaklah sulit.

Sudah ada beberapa papan petunjuk yang bisa anda gunakan sebagai papan petunjuk. Kawasan ini terletak di pengunungan Tirtomoyo yang dikelilingi oleh hutan hijau yang benar-benar menawan.

Di sela-sela bebatuan pegunungan ini ada air terjun alami yang menarik untuk di nikmati. Tempat ini punya mitos yang wajib anda patuhi bila ingin berkunjung.

Dimana, anda tidak boleh menggunakan baju berwarna hijau. Warga sekitar pun percaya bila anda membawa pakaian hijau walau ditaruh di dalam tas, maka anda akan celaka.

Di tempat ini beberapa warga sekitar percaya bila sebelum mendirikan kerajaan mataram islam. Panembahan senopati bertemu dengan Nyi Roro Kidul dan mengadakan sebuah perjanjian.

Objek wisata ini sering digunakan untuk bertapa atau bersemedi. Terlebih lagi saat pencalegan datang, banyak dari mereka yang memilih untuk tirakatan disini.

15. Pantai Waru

tempat wisata keluarga di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/saktibayu13_/

Alamat:Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 15.000,-

 

Pantai ini terletak di  Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Pasir pantainya cukup bagus dan menarik untuk dikunjungi.

Tiket masuk objek wisata ini 5 ribu per orang, dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang mumpuni. Seperti, tempat ibadah, toilet dan area parkir.

Selain pasir yang mempesona mata, anda juga akan disuguhkan dengan bebatuan karang yang terlihat sempurna. Tebing karang ini mempunyai tinggi kurang lebih 30 meter.

16. Hutan Pinus Bukit Suwondo

tempat wisata anak di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/goenhaidar/

Alamat: Dsn Tempuharjo, Ds. gumiwang lor, Kec. Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Saat ini hutan pinus menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi berbagai wisatawan dari berbagai kalangan. Seperti halnya, Hutan Pinus bukit Suwondo yang terletak di tempuharjo, gumiwang lor, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Sebelum menjadi objek wisata yang digandrungi para remaja. Kawasan ini hanyalah sebuah kawasan pinus yang tidak terawatt dan terabaikan.

Semakin meningkatnya objek wisata berupa hutan membuat kawasan ini oun di sulap menjadi tempat wisata dengan berbagai macam spot selfi nan menarik. Ada juga gardu pandang yang sudah terlihat sayang untuk dilewatkan.

Berada disini terasa sangat menyenangkan. Sejuk, teduh dan benar-benar membuat anda merasakan liburan bersama dengan keluarga yang sesungguhnya.

17. Telaga Claket

wisata di wonogiri dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/ferdianita13/

Alamat: Jalan Claker, Dk. Ngawen, Dsn. Klebokan, Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Objek wisata terletak di Jalan Claker, Ngawen, Klebokan, Sendangijo, Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Telaga Claket merupakan wisata air kekinian, dimana banyak wisatawan yang menyamakannya dengan Ranu Kumbolo yang berada di Gunung Semeru.

Luas dari Telaga claket sendiri kurang lebih 1 hektar, disini tidak hanya pemandangan alamnya saja yang esoktis. Melainkan, anda bisa menikmati pemandangan lain yaitu budidaya lele.

Keindahan dan pesonanya membuat beberapa wisatawan memanfaatkannya untuk lokasi prewedding. Untuk menikmati semua pesona yang ada disini, anda akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah.

18. Pantai Puyangan

wisata alam di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/alfinnfr/

Alamat: Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 08:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Pantai Puyangan terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Keindahan dari objek wisata ini terletak di panjang bibir pantai yang mencapai 100 meter hingga 200 meter.

Deburan ombaknya cukup besar khas pantai selatan. Oleh Karen itu, anda harus berhati-hati bila ingin berenang disini.

Sayangnya, disini anda tidak bisa menemukan berbagai macam warung-warung. Jadi, anda harus membawa perbekalan sendiri dari rumah.

19. Telaga Rowo Batuwarno

wisata alam di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/wonogirimendunia/

Alamat:Desa Sumberejo Kec Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 07:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Wahana Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-

 

Anda pecinta fotografi? Mungkin, tempat ini bisa anda jadikan sebagai solusi kunjungan wisata anda berikutnya.

Terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri. Tersedia berbagai macam spot foto menarik yang bisa anda manfaatkan.

Selain digunakan sebagai tempat mengambil beberapa spot foto. Telaga Rowo Batuwarno ini pun juga bisa digunakan untuk prewedding lho.

20. Cagar Alam Danalaya

tempat wisata baru di wonogiri
foto: https://ihategreenjello.com/

Alamat: Desa Watusomo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Pesona pohon jati yang elok nan esoktis menjadikan tempat ini wajib untuk anda kunjungi. Menariknya, kayu-kayu jati yang ada di tempat ini dimanfaatkan bagi istana kerajaan Surakarta bila membutuhkan kayu untuk membangun sesuatu.

Disini, anda akan disuguhkan dengan area camping,  outbond, dan masih banyak lagi kegiatan seru yang bisa anda habiskan disini. Menuju ke tempat ini anda harus menempuh jarak kurang lebih 45 km dari pusat kota wonogiri.

Selengkpanya –> Cagar Alam Danalaya Wonogiri

21. Alas Kethu

tempat liburan di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/bangjay769/

Alamat: Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Wisata alam ini terletak di Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri, kabupaten Wonogiri. Daya tarik dari objek wisata ini hadir dengan berbagai macam pohon jati dan pohon mahoni yang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

Luasnya mencapai 93 hektar, suasananya benar-benar menarik untuk anda nikmati bersama dengan keluarga. Menuju ke tempat ini pun cukup mudah karena, terletak di pusat kota.

Kawasan ini juga digunakan sebagai hutan penelitian biteknologi dan juga pemuliaan tanaman hutan. Jadi, jangan sampai anda lewatkan objek wisata ini ya.

22. Watu Cenik

tempat wisata keluarga di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/anggarawepe/

Alamat: Desa Sendang, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 08:00 –  19:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Daya tarik utama dari Watu Cenik adalah pesona waduk gajah mungkur yang bisa anda nikmati dari atas. Ada beberapa spot foto menarik yaitu balon udara yang bisa anda jadikan spot foto.

Selain itu, ada juga gazebo-gazebo yang sudah dilengkapi dengan akses free wifi super kencang. Beberapa warung pun sudah berdiiri di tempat ini dengan menghadirkan beberapa aneka makanan dan minuman.

Untuk menikmati objek wisata ini anda akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah.

23. Gua Ngantap

tempat wisata anak di wonogiri
foto: https://travelingyuk.com

Alamat: Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Gua Ngantap ini terletak di kelurahan bayemharjo, kecamatan giritontro, kabupaten wonogiri. Formasi stalaktit dan stalakmitnya benar-benar mengesankan.

Objek wisata ini terbentuk dari sebuah cerugan. Hanya saja, kawasan ini mulai ditinggalkan karena kurang terawatt dengan baik.

24. Museum Karst

wisata di wonogiri dan sekitarnya
foto: https://www.instagram.com/yoki_osanai/

Alamat: Dusun Mudal, Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka:

  • Jumat Tutup
  • Sabtu – Kamis 08:30 – 15:30
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Mau melihat keindahan lain dari wonogiri. Anda bisa berkunjung ke museum karst dunia yang berada di Karang lo wetan, gebang harjo, pracimantoro, kabupaten wonogiri.

Menariknya, museum ini termasuk dalam museum karst terbesar di asia tenggara. Luas museumnya mencapai 25 hektar dengan luas bangunannya mencapai 300 meter persegi.

Banyak wisatawan yang menyebut tempat ini sebagai miniature dari stalaktit dan stalakmit. Ada pula berbagai macam alat budaya dan diorama mengenai kehidupan pada zaman purba yang mengesankan.

Untuj masuk dan menikmati berbagai macam keindahannya, anda wajib membayar uang sebesar 5 ribu rupiah saja. Setelah itu, anda akan disuguhkan dengan berbagai pengetahuan menarik mengenai karst.

Jadi, jangan sampai ketinggalan dan tidak mengunjungi objek wisata ini ya. Jangan lupa pula bawa kamera mumpuni, agar semua keindahannya bisa anda abadikan ke dalam gambar dan foto.

25. Pantai Njujugan

wisata di wonogiri dan sekitarnya
foto: https://medium.com

Alamat: Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Pantai lain yang bisa anda kunjungi di Wonogiri adalah Pantai Njujugan yang mempunyai keindahan nan esoktis. Bebatuan karang yang mengesankan menjadi sajian utamanya.

Menikmati tempat ini anda bisa naik ke atas bukit yang berada di sebelah timur. Kawasan ini terletak di Klampeyan, paranggupito,  Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

26. Gunung Brojo

wisata alam di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/alifabdulloh7/

Alamat: Jl. Pd. Banaran, Rt.03/Rw.05, Dusun Wotgingang, Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Ada lagi gunung yang bisa anda jadikan tempat menghabiskan waktu selama liburan. Namanya adalah Gunung Brojo yang mempunyai keindahan alam dan pemandangan yang benar-benar sempurna.

Menuju ke atas puncaknya, anda wajib berjalan dari kampung penduduk sejauh 1 km. Disini, kita akan menikmati berbagai panorama alam mulai dari hutan, kicauan burung yang terdengar merdu, dan masih banyak lagi.

Dari atas puncaknya kita akan disuguhkan dengan panorama alam Purwantoro, ponorogo, madiun, dan magetan yang cukup luas.

Sampai disini, jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari terbenam dan matahari terbit yang menjadi sajian utama dari kawasan ini.

27. Air Terjun Jurug Kemukus

tempat wisata baru di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/salvajulio_/

Alamat: Desa Posong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 24 Jam

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

28. Bukit Paralayang

tempat wisata baru di wonogir
foto: https://www.instagram.com/atriastama/

Alamat: Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka: 08:00 – 18:00

Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Objek wisata ini memang terlihat mengesankan. Dimana, anda bisa menikmati keindahan waduk gajah mungkur dari atas ketinggian.

Walaupun, menuju ke tempat ini anda harus menguras tenaga dengan berjalan sedikit menanjak keatas.

Biasanya, di bukit paralayang ini, sering mengadakan berbagai macam event-event internasional.

29. Museum Wayang Indonesia

 tempat wisata keluarga di wonogiri
foto: https://www.instagram.com/greg_the_traveller/

Alamat: Jl. Wuryantoro No. 184, Desa Ngebel, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam Buka:

  • Jumat Tutup
  • Sabtu – Kamis 08:00 – 15:00
Harga yang Harus Dibayarkan
Tiket Masuk Free
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-

 

Rekomendasi terakhir yang bisa anda kunjungi saat berada di wonogiri adalah Museum Wayang Indonesia. Dari namanya saja, pasti anda sudah tahu bahwa disini, kita akan melihat berbagai macam wayang.

Objek wisata ini terletak di Jalan Raya Wuryantoro no. 184, Ngebel, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Diresmikan pada tanggal 1 september 2014 oleh ibu presiden megawati.

Buka pukul 7 pagi hingga pukul 2 siang. Ada kurang lebih 200 koleksi wayang yang tersimpan rapi di tempat ini.

Itulah negeri Indonesia yang mempunyai berbagai macam keindahan yang wajib kita jaga. Karena, pesona ini tidak hanya untuk kita saja melainkan untuk anak cucu kita esok dan seterusnya.

Sampai di sini perjalanan menuju tempat wisata di wonogiri yang sudah kita kupas tuntas dari sudut hingga ke sudut lagi. Kalau anda pergi ke kota ini, mana yang akan jadi kunjungan anda pertama kali?

Wisata Wonogiri

100%
Recomended
  • Keindahan Wisata
  • Spot Foto

Leave A Reply

Your email address will not be published.